Pencarian

Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Bored: Bosan Selalu Mempertahankan

Lagu “Bored” menceritakan tentang seorang wanita (Billie Eilish) yang mencoba untuk menjaga hubungan percintaan dengan cowonya. Dalam lagunya dijelaskan bahwa Billie telah memberikan apapun yang cowo-nya mau, ia juga memberikan apapun yang cowo-nya inginkan, namun semua usahanya tersebut akirnya sia-sia karena cowonya akhirnya pergi meninggalkanya.

Dalam wawancaranya dengan majalah ELLE, Billie Eilish menjelaskan “when you’re in such a toxic place with someone and you’re treated so badly for such a long time that eventually you’re used to it.” Dalam artian, Billie lewat wawancara tersebut ingin menjelaskan bahwa Ketika kita berada dalam suatu hubungan dimana kita sudah mempertahankan orang yang kita cintai namun akhirnya kita malah diperlakukan sangat buruk oleh orang yang kita cintai (orang yang kita cintai meninggalkan kita, menghianayti kita dsb). Dan sepatutnyalah di fase tersebut, baiknya kita mengakhiri hubungan tersebut, karena kita sudah terlalu “Bored/bosan” mempertahankan.

untuk lebih jelasnya lagi, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
The games you played were never fun
Game yang kau mainkan tak pernah menyenangkan
You'd say you'd stay but then you'd run
Katanya kau kan bertahan, namun nyatanya kau pun pergi
Billie, merasa sangat sakit karena melihat hubungan percintaanya yang ia anggap indah rupanya adalah kebohongan belaka. Cowonya, rupanya selalu mempermainkan perasaanya, dan semua itu sangat tak menyenangkan untuknya.
Janji demi janji diucapkan dengan mudah oleh cowo-nya, seolah membuat Billie terbuai. Setelahnya, Billie kemudian sadar jika semua itu hanya bualan semata, karena Cowo-nya pada kenyataanya pergi meninggalkanya.

Pre-Chorus
Giving you what you're begging for
Kuberikan apa yang kau minta
Giving you what you say I need
Kuberikan apa yang kau butuhkan
I don't want any settled scores
Aku tak ingin diberi penilaian
I just want you to set me free
Aku hanya ingin kau melepaskanku
Giving you what you're begging for
Kuberikan apa yang kau minta
Giving you what you say I need, say I need
Kuberikan apa yang kau butuhkan, kau butuhkan
Padahal Billie telah memberikan apa yang cowo-nya mau, apa yang cowo-nya butuhkan, memberikan apa yang cowo-nya pinta, dan ia tak ingin semua itu dibalas dan diberikan penilaian. Billie melakukan semua itu karena ia cinta, namun apa kenyataanya? Cowo-nya malah selalu menyakiti

Chorus
I'm not afraid anymore
Aku tak takut lagi
What makes you sure you're all I need? (I need)
Apa yang membuatmu yakin bahwa kaulah yang ku butuhkan? (ku butuhkan)
Forget about it
Lupakan saja lah
When you walk out the door and leave me torn
Saat kau keluar dan meninggalkan luka
You're teaching me to live without it
Kau mengajarkanku untuk hidup tanpa semua ini
Bored, I'm so bored, I'm so bored, so bored
Bosan, aku sangat bosan, aku sangat bosan, sangat bosan
Berbagai macam cara tlah Billie lakukan untuk membuatnya bertahan, apapun ia berikan asalkan cowo-nya mau bersama dia. Namun ia sadar akan satu hal, Billie seolah kehilangan akal sehat, ia akhirnya tak takut kehilangan cowo-nya lagi, ia bosan mempertahankan hubungan ini.
.
Dalam lirik ini, Billie seolah ingin menggambarkan bahwa kita itu jangan takut kehilangan seseorang.
Tak perlu takut dia pergi, karena bila dia nyata mencintai, tanpa kamu minta dia akan setia dengan keinginannya sendiri. Bila memang dia yang terbaik untukmu, Tuhan tidak akan membiarkannya pergi dari kehidupanmu.

Verse 2
I'm home alone, you're God-knows-where
Aku di rumah sendiri, kau tau tempatnya
I hope you don't think that shit's fair
Ku harap kau tak menganggap semua ini adil
Biliie yang seolah merasa tersakiti dalam sepanjang hubungan percintaan dengan cowonya, menganggap bahwa semua itu tak adil. Kenapa? Ya karna billie selalu mempertahankan cowo-nya, tapi cowo-nya malah bergi gitu aja.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Bored” menceritakan tentang seorang wanita (Billie Eilish) yang mencoba untuk menjaga hubungan percintaan dengan cowonya. Dalam lagunya dijelaskan bahwa Billie telah memberikan apa yang cowo-nya mau, apa yang cowo-nya butuhkan, memberikan apa yang cowo-nya pinta, dan ia tak ingin semua itu dibalas dan diberikan penilaian. Billie melakukan semua itu karena ia cinta, namun apa kenyataanya? Cowo-nya malah selalu menyakiti dan malah pergi meninggalkanya.

Berbagai macam cara tlah Billie lakukan untuk membuatnya bertahan, apapun ia berikan asalkan cowo-nya mau bersama dia. Namun ia sadar akan satu hal, Billie seolah kehilangan akal sehat, ia akhirnya tak takut kehilangan cowo-nya lagi.  ia “Bored/bosan” mempertahankan hubungan tersebut. Lebih baik pergi daripada tak dihargai, lebih baik pergi daripada terus disakiti…. Karena percumah saja berjuang untuk orang lain, jika orang lain tersebut tak memperjuangkan kita. Percuma saja mencintai orang lain, jika orang tersebut tak mencintai kita. Jadi ia hanya merasa Lelah.

Yang harus kita pelajari dari lagunya
lagu “Bored” seolah ingin mengajarkan pada kita bahwa Ketika kita sudah mempertahankan sebuah hubungan dengan semaksimal mungkin, namun pada akhirnya kita tak dianggap, maka lebih baik kita pergi saja. Dalam lagu ini, Billie seolah ingin menggambarkan bahwa kita itu jangan takut kehilangan seseorang. Tak perlu takut dia pergi, karena bila dia nyata mencintai, tanpa kamu minta dia akan setia dengan keinginannya sendiri. Bila memang dia yang terbaik untukmu, Tuhan tidak akan membiarkannya pergi dari kehidupanmu.





*Penulis lirik lagu Bored adalah Billie Eilish, Aron Forbes, Tim Anderson & FINNEAS. Lagu ini rilis tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Billie Eilish ~ Bored (Official Video)
Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Bored: Bosan Selalu Mempertahankan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel