Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish~ Xanny


Dianalisis dari judulnya, kata “xanny” sebenarnya adalah kata singkatan atau plesetan dari kata Xanax. Seperti yang kita ketahui, xanax merupakan nama merek obat alprazolam, obat ini berfungsi mengatasi masalah psikis, seperti depresi, gangguan kecemasan dan serangan panik. Xanax memberikan efek menenangkan, bila dikonsumsi terus-menerus seseorang lama-lama juga akan kecanduan. Xanax adalah obat medis, namun obat ini disalah gunakan orang-orang sebagai obat penenang dan termasuk dalam obat-obatan terlarang
…………
Dalam video yang diunggah dalam chenel youtube pribadinya yang berjudul A Snippet into Billie's Mind, Billie Eilish menerangkan bahwa lagu “Xanny” menceritakan tentang pengalaman pribadinya bersama sekelompok teman yang semuanya mabuk dan muntah terus menerus karena mereka mengkonsumsi alkohol dan obat terlarang layaknya Xanax.
…………
Billie yang mengetahui bahaya dari semua itu, seolah mengungkapkan pengalamanya lewat lagu ini. Dalam lagu ini, Billie Eilish seolah mengungkapkan semua kebeciannya dengan Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan yang lain, karena efeknya yang memabukkan. Billie Eilish juga mempertanyakan di mana menariknya semua hal bodoh tersebut didalam lagu ini.
…………..
Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
What is it about them?
Ada apa dengan mereka?
I must be missing something
Aku pasti melewatkan sesuatu
They just keep doing nothing
Mereka terus melakukan hal tak berguna
Too intoxicated to be scared
Terlalu mabuk untuk jadi takut
Better off without them
Lebih baik tanpa mereka
They’re nothing but unstable
Mereka bukanlah apa-apa namun sedikit agresif
Bring ashtrays to the table
Membawa asbak ke meja
And that’s about the only thing they share
Dan itulah satu-satunya hal yang mereka bagikan
Lagu "xanny," terinspirasi dari pegalaman Billie saat kumpul-kumpul bersama sekelompok teman-nya, dan mereka semua mabuk dan muntah-muntah. Mereka minum dan mabuk, terus muntah, terus minum lebih banyak, terus muntah lagi, dan terus minum begitu seterusnya.
.
Billie yang tak ikut-ikutan mabuk, akhirnya merasa aneh dan seolah berkata dalam hati “ngapain sih mereka ini?” billie hanya merasa aneh karena menyaksikan dan mengamati peribadian teman-temanya yang tak sadarkan diri, ngoceh kesana kemari kaya orang bodoh

Chorus
I’m their second hand smoke
Aku per*kok pasif
Still just drinking canned coke
Hanya meminum muman kalengan
I don’t need a xanny to feel better
Aku tak perlu xanny untuk merasa lebih baik
On designated drives home
Dalam perjalanan pulang
Only one who’s not stoned
Hanya itu satu-satunya nya yang tak begitu memabukan
Don’t give me a xanny now or ever
Jangan berikan aku xanny sekarang dan selamanya
Billie dalam lirik Chorus/reff ini, juga mengamati bahwa teman-temanya selain pemabuk juga rupanya per*kok berat. Orang yang tak mer*kok, treus ketemu orang per*kok dan kita ngisep asepnya gimana sih perasaanya, kesel banget kan?
.
Selain pemabuk dan per*kok, kawan-kawanya juga seolah ingin menawarkan obat xanny atau Xanax pada Billie. Namun, Billie seolah menolaknya karna ia berfikir untuk apa mengunakan obat-obatan terlarang. Dia menggambarkan dirinya bercitra positif di lirik ini dengan mengatakan bahwa ia hanyalah gadis lugu yang hanya meminum minuman kaleng.

Verse 2
Waking up at sundown
Bangun saat matahari terbenam
They’re late to every party
Mereka terlambat ke setiap pesta
Nobody’s ever sorry
Tak ada yang pernah menyesal
Too inebriated now to dance
Terlalu mabuk untuk menari
Morning as they come down
Pagi saat mereka sadarkan diri (dari mabuk)
Their pretty heads are hurting
Kepala mereka yang bagus terasa sakit
They’re awfully bad at learning
Mereka sangat buruk dalam belajar
Make the same mistakes, blame circumstance
Lakukan kesalahan yang sama, menyalahkan keadaan
Penggunaan narkoba, miras, r*kok, juga menghasilkan kecenderungan egois dalam diri teman-temanya. Mereka bangun dan sadar dari mabuk setelah seharian tidur, semua itu membuat teman-temanya malas.  Orang yang ketergantungan akan obat, juga biasanya sering menyalahkan keadaan, mereka takkan pernah belajar dari kesalahan mereka.

Bridge
Please don’t try to kiss me on the sidewalk
Tolong jangan mencoba menciumku di jalan
On your cigarette break
Saat r*kokmu tak di hisap
I can’t afford to love someone
Aku tak mampu mencintai seseorang
Who isn’t dying by mistake in silver lake
Yang hampir mati karena kesalahan di silver lake
Mengonsumsi miras dan narkoba, juga membuat teman-temanya tak sadar dan melakukan hal konyol nan berani seperti tiba-tiba mencium Billie. Billie hanya takmau melakukan semua itu, karna nyatanya mereka sedang tak sadar.

Outro
What is it about them?
Ada apa dengan mereka?
I must be missing something
Aku pasti melewatkan sesuatu
They just keep doing nothing
Mereka terus melakukan hal tak berguna
Too intoxicated to be scared
Terlalu mabuk untuk takut
Billie Eilish seolah mengungkapkan semua kebeciannya dengan Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan yang lain, karena efeknya yang memabukkan. Billie Eilish juga mempertanyakan di mana menariknya semua hal bodoh tersebut?

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu lagu “Xanny” menceritakan tentang pengalaman pribadi Billie Eilish yang pada waktu itu kumpu-kumpul bersama sekelompok teman yang semuanya mabuk dan muntah terus menerus karena mereka mengkonsumsi alkohol dan obat terlarang layaknya Xanax. Dalam lagu ini, Billie Eilish seolah mengungkapkan semua kebeciannya dengan Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan yang lain, karena efeknya yang memabukkan.

Billie yang tak ikut-ikutan mabuk, akhirnya merasa aneh dan seolah berkata dalam hati “ngapain sih mereka ini?” billie hanya merasa aneh karena menyaksikan dan mengamati peribadian teman-temanya yang tak sadarkan diri, ngoceh kesana kemari kaya orang bodoh. Penggunaan narkoba, miras, r*kok, juga menghasilkan kecenderungan egois dalam diri teman-temanya. Mereka bangun dan sadar dari mabuk setelah seharian tidur, semua itu membuat teman-temanya malas.  Orang yang ketergantungan akan obat, juga biasanya sering menyalahkan keadaan, mereka takkan pernah belajar dari kesalahan mereka.

Leewat lagu ini Billie seolah-olah ingin menasihati kita untuk berbuat positif dalam hidup kita, bukan malah melakukan hal-hal bodoh layaknya mero*kok, minum-minum, apalagi mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Masih banyak kok hal-hal yang menarik daripada kita harus melakukan kegiatan gak berfaedah kaya begitu.






*Penulis lirik lagu Xanny adalah Billie Eilish & Finneas. Lagu ini rilis pada tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

 Billie Eilish~ Xanny (Official Video)
Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Billie Eilish~ Xanny"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel