Billie Eilish ~ Xanny | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

makna lagu Xanny menceritkan tentang kebencian Billie Eilish pada obat terlarang bernama Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya

Makna Lirik Lagu Xanny milik Billie Eilish

Dianalisis dari judulnya, kata “xanny” sebenarnya adalah kata singkatan atau plesetan dari kata Xanax. Seperti yang kita ketahui, xanax merupakan nama merek obat alprazolam, obat ini berfungsi mengatasi masalah psikis, seperti depresi, gangguan kecemasan dan serangan panik. Xanax memberikan efek menenangkan, bila dikonsumsi terus-menerus seseorang lama-lama juga akan kecanduan. Xanax adalah obat medis, namun obat ini disalah gunakan orang-orang sebagai obat penenang dan termasuk dalam obat-obatan terlarang. 

Dalam video yang diunggah dalam chenel youtube pribadinya yang berjudul A Snippet into Billie's Mind, Billie Eilish menerangkan bahwa lagu “Xanny” menceritakan tentang pengalaman pribadinya bersama sekelompok teman yang semuanya mabuk dan muntah terus menerus karena mereka mengkonsumsi alkohol dan obat terlarang layaknya Xanax.

Billie yang mengetahui bahaya dari semua itu, seolah mengungkapkan pengalamanya lewat lagu ini. Dalam lagu ini, Billie Eilish seolah mengungkapkan semua kebeciannya dengan Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan yang lain, karena efeknya yang memabukkan. Billie Eilish juga mempertanyakan di mana menariknya semua hal bodoh tersebut didalam lagu ini. Berikut merupakan interpretasi makna dari lirik lagunya;

Makna Lirik Verse 1: Lagu "xanny," terinspirasi dari pegalaman Billie saat kumpul-kumpul bersama sekelompok teman-nya, dan mereka semua mabuk dan muntah-muntah. Lirik (They just keep doing nothing / Mereka terus melakukan hal tak berguna) menjelaskan kalau kawan Billie selalu melakukan hal tak berguna seperti minum, meroko* dan mabuk, terus muntah, terus minum lebih banyak, terus muntah lagi, dan terus minum begitu seterusnya.

Billie yang tak ikut-ikutan mabuk, akhirnya merasa aneh dan seolah berkata dalam hati “ngapain sih mereka ini?” billie hanya merasa aneh karena menyaksikan dan mengamati peribadian teman-temanya yang tak sadarkan diri, ngoceh kesana kemari kaya orang bodoh. Melihat itu semua Billie jadi mikir untuk tak berteman lagi sama mereka (Better off without them / Lebih baik tanpa mereka)

Makna Lirik Reff/Chorus: Billie dalam lirik Chorus/reff ini, juga mengamati bahwa teman-temanya selain pemabuk juga rupanya per*kok berat. Billie yang bukan perokok pun akhirnya terkena dampaknya, ia kemudian jadi perokok pasif (I’m their second hand smoke / Aku per*kok pasif)

Selain pemabuk dan per*kok, kawan-kawanya juga seolah ingin menawarkan obat xanny atau Xanax pada Billie. Namun, Billie seolah menolaknya karna ia berfikir untuk apa mengunakan obat-obatan terlarang (I don’t need a xanny to feel better / Aku tak perlu xanny untuk merasa lebih baik). Dia menggambarkan dirinya bercitra positif di lirik ini dengan mengatakan bahwa ia hanyalah gadis lugu yang hanya meminum minuman kaleng (Still just drinking canned coke / Hanya meminum muman kalengan)

Makna Lirik Verse 2: Penggunaan narkoba, miras, r*kok, juga menghasilkan kecenderungan egois dalam diri teman-temanya. Lirik verse 2 yang berbunyi (Waking up at sundown / Bangun saat matahari terbenam) menjelaskan kalau teman-teman Billie bangun dan sadar dari mabuk setelah seharian tidur, semua itu membuat teman-temanya malas. Orang yang ketergantungan akan obat, juga biasanya sering menyalahkan keadaan, mereka takkan pernah belajar dari kesalahan mereka.

Kesimpulan: Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa makna lagu Xanny menceritkan tentang kebencian Billie Eilish pada obat terlarang bernama Xanax, r*kok, alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya, karena efeknya yang memabukkan. Billie Eilish dalam lirik lagu ini seolah mempertanyakan di mana menariknya semua hal bodoh tersebut?

Lewat lagu Xanny Billie seolah-olah ingin menasihati kita untuk berbuat positif dalam hidup kita, bukan malah melakukan hal-hal bodoh layaknya mero*kok, minum-minum, apalagi mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Masih banyak kok hal-hal yang menarik daripada kita harus melakukan kegiatan gak berfaedah kaya begitu.

Oke mungin itu saja makna singkat lirik lagu Xanny milik Billie Eilish. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik Xanny milik Billie Eilish, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu Xanny milik Billie Eilish yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu Xanny milik Billie Eilish di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music, instagram story, facebook story atau TikTok.

Terjemahan Arti Lirik Lagu Xanny milik Billie Eilish

Verse 1:
What is it about them?
Ada apa dengan mereka?
I must be missing something
Aku pasti melewatkan sesuatu
They just keep doing nothing
Mereka terus melakukan hal tak berguna
Too intoxicated to be scared
Terlalu mabuk untuk jadi takut
Better off without them
Lebih baik tanpa mereka
They’re nothing but unstable
Mereka bukanlah apa-apa namun sedikit agresif
Bring ashtrays to the table
Membawa asbak ke meja
And that’s about the only thing they share
Dan itulah satu-satunya hal yang mereka bagikan

Chorus
I’m their second hand smoke
Aku per*kok pasif
Still just drinking canned coke
Hanya meminum muman kalengan
I don’t need a xanny to feel better
Aku tak perlu xanny untuk merasa lebih baik
On designated drives home
Dalam perjalanan pulang
Only one who’s not stoned
Hanya itu satu-satunya nya yang tak begitu memabukan
Don’t give me a xanny now or ever
Jangan berikan aku xanny sekarang dan selamanya

Verse 2
Waking up at sundown
Bangun saat matahari terbenam
They’re late to every party
Mereka terlambat ke setiap pesta
Nobody’s ever sorry
Tak ada yang pernah menyesal
Too inebriated now to dance
Terlalu mabuk untuk menari
Morning as they come down
Pagi saat mereka sadarkan diri (dari mabuk)
Their pretty heads are hurting
Kepala mereka yang bagus terasa sakit
They’re awfully bad at learning
Mereka sangat buruk dalam belajar
Make the same mistakes, blame circumstance
Lakukan kesalahan yang sama, menyalahkan keadaan

Bridge:
Please don’t try to kiss me on the sidewalk
Tolong jangan mencoba menciumku di jalan
On your cigarette break
Saat r*kokmu tak di hisap
I can’t afford to love someone
Aku tak mampu mencintai seseorang
Who isn’t dying by mistake in silver lake
Yang hampir mati karena kesalahan di silver lake

Outro
What is it about them?
Ada apa dengan mereka?
I must be missing something
Aku pasti melewatkan sesuatu
They just keep doing nothing
Mereka terus melakukan hal tak berguna
Too intoxicated to be scared
Terlalu mabuk untuk takut

Informasi Lirik Lagu Xanny

*Penulis lirik lagu Xanny adalah Billie Eilish dan Finneas. Lagu Xanny rilis pada tanggal 29 Maret tahun 2019. Lagu Xanny masuk ke dalam album Album WHEN WE ALL FALL ASLEEP WHERE DO WE GO? (2019). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Xanny berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu Xanny milik Billie Eilish ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Xanny milik Billie Eilish ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Xanny milik Billie Eilish ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Billie Eilish~ Xanny (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer