Makna Dibalik Lagu: Bruno Mars ~ Just the Way You Are

makna lagu Just the Way You Are bercerita tentang perasaan Bruno Mars yang terkagum-kagum akan kecantikan dari seorang wanita yang ia cintai.
Dalam wawancaranya dengan majalah online bluesandsoul.com, Bruno Mars mengatakan "Bagi saya Just The Way You Are adalah salah satu lagu yang datang dari hati. Tidak ada yang mengejutkan tentang itu. Saya hanya memberi tahu seorang wanita bahwa dia terlihat cantik apa adanya. Dan, jujur ​​saja, wanita mana yang tidak ingin mendengar lirik lagu ini"

Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan secara garis besar bahwa, makna lagu Just the Way You Are bercerita tentang perasaan Bruno Mars yang terkagum-kagum akan kecantikan dari seorang wanita yang ia cintai. Dalam lagu ini, Bruno menyuruh wanita tersebut untuk tampil apa adanya, dan menjadi diri sendiri karena Bruno Mars menganggap bahwa apapun yang wanita itu lakukan, bagi Bruno semuaya terlihat indah.

Dalam wawancaranya dengan majalah Blues And Soul Magazine, Bruno Mars mengungkapkan “And to me ‘Just The Way You Are’ is one of those songs. I’m just telling a woman she looks beautiful the way she is” pernyataan tersebut kemudian juga menimbulkan makna bahwa lagu ini seolah ingin memberitahukan pada kita bahwa seberuruk apapun kita, sejelek apapun kita, jika ada seorang pria benar-benar mencintai kita, maka kita itu akan dianggap sempurna oleh pria tersebut. Jadi, jadilah diri sendiri, jadilah cantik menurut dirimu sendiri, jangan minder karena suatu saat ada kok seseorang yang bisa mencintai keunikanmu dan menerima kamu apa adanya.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Interpretasi makna lirik lagu just the way you are

Verse 1
Oh, her eyes, her eyes make the stars look like they're not shinin'
Oh, matanya, matanya membuat kialau bintang tampak tak bersinar
Her hair, her hair falls perfectly without her tryin'
Rambutnya, rambutnya tergerai sempurna tanpa dia sengaja
She's so beautiful
Dia begitu cantik
And I tell her everyday
Dan kukatakan itu padanya setiap hari

Makna Lirik Verse 1: Lagu ini bercerita tentang perasaan Bruno Mars yang terkagum-kagum akan keindahan dari seorang wanita yang ia cintai. Di ibaratkan oleh lirik (her eyes make the stars look like they're not shinin' / matanya membuat kialau bintang tampak tak bersinar), bahwa wanita tersebut memiliki mata yang kilaunya melebihi bintang, yang dapat dilihat dari jarak jauh hingga milyaran tahun jauhnya. Wanita tersebut juga memiliki rambut yang tergerai, yang jika disingkapkan akan terlihat sempurna (Her hair, her hair falls perfectly without her tryin' / Rambutnya, rambutnya tergerai sempurna tanpa dia sengaja). Begitulah gombalan lelaki jika ia sedang suka dengan seorang wanita. Bagi seorang lelaki yang sedang jatuh cinta, mau apapun bentuknya wanita tersebut, ia akan tetap kelihatan cantik.

Verse 2
Yeah, I know, I know when I compliment her, she won't believe me
Yeah, aku tahu, aku tahu saat aku memujinya, dia tak percaya
And it's so, it's so sad to think that she don't see what I see
Dan sungguh, sungguh menyedihkan tahu dia tak melihat yang kulihat
But every time she asks me do I look okay?
Namun tiap kali dia bertanya padaku apa aku tampak cantik?
I say
Kukatakan

Makna Lirik Verse 2: Walaupun Bruno Mars selalu berkata pada wanita tersebut bahwa wanita tersebut cantik, wanita tersebut malah tetap tidak percaya akan kecantikan yang ia punyai (I know when I compliment her, she won't believe me / aku tahu saat aku memujinya, dia tak percaya). Wanita dalam lirik ini, seolah tidak percaya diri dengan apa yang ia punya. Dia selalu khawatir dengan apa yang orang-orang pikirkan tentang dirinya. Jadi lirik ini, Bruno Mars juga seolah ingin menekankan pada wanita tersebut untuk mulai mencintai diri sendiri dengan percaya atas segala kelebihan yang ia miliki. Bagi Bruno, wanita tersebut selalu terlihat cantik kok, jadi tiap kali wanita itu berkata “aku cantik gak?” maka Bruno selalu akan mengatakan…

Chorus
When I see your face
Saat kulihat wajahmu
There's not a thing that I would change
Tak ada sesuatupun yang akan berubah
'Cause you're amazing
Karna kau mempesona
Just the way you are
Apa adanya dirimu
And when you smile
Dan saat kau tersenyum
The whole world stops and stares for awhile
Dunia berhenti berputar dan memandangimu sebentar
'Cause girl, you're amazing
Karna kasih, kau mempesona
Just the way you are
Apa adanya dirimu

Makna Lirik Chorus: Tiapkali wanita itu berkata “aku cantik gak?” maka Bruno selalu akan mengatakan lewat lirik chorus/reff ini kalau wanita itu cantik, wanita itu luar biasa dan mempesona ('Cause you're amazing / Karna kau mempesona). Jadi Bruno Mars menyuruh wanita tersebut agar tak perlu mengubah dirinya sendiri agar terlihat cantik dimata orang lain. Cukup apa adanya (Just the way you are), sederhana, mudah tersenyum, semua itu mampu meluluh lantakkan hati Bruno Mars.

Bruno Mars dalam lirik reff/ chorus ini, juga seolah beranggapan bahwa wanita tersebut selalu terlihat sempurna dengan caranya sendiri dan dia tidak perlu khawatir tentang kekurangan kecil yang dia miliki. Wanita itu berpikir bahwa dia bukan siapa-siapa karena banyak pria di luar sana kadang mencintai seorang gadis karena kecantikannya. Tapi Bruno selalu meyakinkan, bahwa Bruno mencintai wanita tersebut apa adanya

Verse 3
Her lips, her lips, I could kiss them all day if she'd let me
Bibirnya, bibirnya, aku bisa menciuminya sepanjang hari jika aku di ijinkan
Her laugh her laugh, she hates but I think it's so sexy
Tawanya, tawanya, dia benci namun kurasa itu sexy
She's so beautiful
Dia begitu cantik
And I tell her everyday
Dan kukatakan itu padanya tiap hari

Makna Lirik Verse 3: Tak perlu juga fisik yang sempurna, cukup melihatnya tertawa setiap hari saja kita sudah senang. (Her laugh her laugh, she hates but I think it's so sexy / Tawanya, tawanya, dia benci namun kurasa itu sexy)

Verse 4
Oh, you know, you know, you know I'd never ask you to change
Oh, kau tahu, kau tahu, kau tahu aku takkan pernah memintamu untuk berubah
If perfect's what you're searching for, then just stay the same
Jika kesempurnaan yang kau cari, maka tetaplah begitu
So don't even bother asking if you look okay
Maka jangan lagi bertanya apakah engaku terlihat cantik
You know I'll say
Kau tahu aku 'kan berkata

Makna Lirik Verse 4: Lirik ini, menurutku, adalah inti lagunya setelah lirik Chorus/reff. Bruno Mars dalam lirik ini  seolah berbicara tentang kecantikan wanita tersebut, tidak peduli apa kata orang, tetap apa adanya, karena dimata Bruno Mars wanita tersebut sudah sempurna jadi tak ada lagi yang perlu diubah (If perfect's what you're searching for, then just stay the same / Jika kesempurnaan yang kau cari, maka tetaplah begitu). Saya suka bagian lirik ini karena sangat lucu dan manis. Bruno Mars seolah menyampaikan pesan bahwa cinta itu simple, cinta itu tanpa syarat! Kalau kita sudah cinta sama orang, mau kekuranganya sebanyak apapun, ia selalu saja terlihat sempurna. Manis sekali 😊


Kesimpulan makna lirik lagu just the way you are:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Just the Way You Are” bercerita tentang perasaan Bruno Mars yang terkagum-kagum akan keindahan dari seorang wanita yang ia cintai. 

Namun, walaupun Bruno Mars selalu berkata pada wanita tersebut bahwa wanita tersebut cantik, wanita tersebut malah tetap tidak percaya akan kecantikan yang ia punyai. Wanita dalam lirik ini, seolah tidak percaya diri dengan apa yang ia punya. Dia selalu khawatir dengan apa yang orang-orang pikirkan tentang dirinya.

Karena wanita tersebut seolah pesimis, Bruno Mars dalam lagu ini terus terusan mengingatkan bahwa wanita tersebut itu cantik, dimata Bruno wanita tersebut terlihat sempurna dengan caranya sendiri dan tak ada lagi yang perlu diubah, cukup apa adanya.

Saya sangat suka lagu ini, menurut saya lagunya sangat manis. Dalam lagu ini, Bruno Mars menurut saya seolah menyampaikan pesan bahwa cinta itu simple, cinta itu tanpa syarat! Kalau kita sudah cinta sama orang, mau kekuranganya sebanyak apapun, ia selalu saja terlihat sempurna. lagu ini seolah ingin memberitahukan pada kita bahwa seburuk apapun kita, sejelek apapun kita, jika ada seorang pria benar-benar mencintai kita, maka kita itu akan dianggap sempurna oleh pria tersebut. Maka, jadilah diri sendiri, suatu saat ada kok seseorang yang bisa mencintai keunikanmu dan menerima kamu apa adanya.

Informasi Lirik Lagu Just the Way You Are

*Penulis lirik lagu Just the Way You Are adalah Philip Lawrence, Ari Levine, Needlz, Saint Cassius, The Smeezingtons & Bruno Mars. Lagu Just the Way You Are rilis pada tanggal 20 Juli tahun 2010. Lagu Just the Way You Are masuk ke dalam album Doo-Wops & Hooligans (2010). Sedangkan interpretasi makna pada lirik lagu Just the Way You Are berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi makna di lirik lagu Just the Way You Are milik Bruno Mars ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Just the Way You Are milik Bruno Mars ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi makna dan terjemahan di lirik lagu Just the Way You Are milik Bruno Mars ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Bruno Mars ~ Just the Way You Are (Official Video)

Sometimes you just don't know the answer