Makna Dibalik Lagu: John Legend ~ All of Me

John Legend mengatakan dalam wawancara bahwa lagu All of Me terinspirasi dari kisah percintaanya dengan kekasihnya Chrissy Teigen. pada tahun 2013, mereka berdua akhirnya menikah dan John Legemd menghadiahkan lagu ini pada kekasihnya, sebagai tanda cinta dan kasih sayangnya pada Teigen.

Kata All of Me atau jika dibahasa indonesiakan berarti “sepenuh diriku” terispirasi dari pepatah cinta klasik. Yaitu jika kita memberikan cinta kita sepenuhnya untuk seseorang yang kita cintai, maka seseorang yang kita cintai tersebut juga akah memberikan sepenuhnya cinta untuk kita. Atau simple nya jika aku memberikan all of me, makan kau juga kan memberikan all of you. Kece badai he he he.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Interpretasi dan Pemaknaan Lirik Lagu All of Me 

Verse 1:
What would I do without your smart mouth
Apa yang kan kulakukan tanpa mulut pintarmu

Drawing me in, and you kicking me out
Menarikku, dan kau menendangku
Got my head spinning, no kidding
Kau buat aku pening, sungguh
I can't pin you down
Aku tak bisa membuatmu diam

What's going on in that beautiful mind
Apa yang terjadi di dalam pikiran yang indah itu

I'm on your magical mystery ride
Aku ada di dalam kendaraan misterimu yang ajaib

And I'm so dizzy
Aku sungguh pusing

Don't know what hit me
Tak tahu (siapa) yang memukulku

But I'll be alright
Tapi aku kan baik-baik saja


Verse 1: Pada verse 1, Jhon Legend berusaha untuk menggambarkan kepribadian daripada dari kekasihnya yang mungkin sedikiti ‘cerewet”. Pendapat ini diperkuat oleh lirik “your smart mouth” yang dapat bermakna bahwa kekasihnya mungkin cerewet, bisa juga crewet karena peduli dan seolah Ceplas-ceplos. Semua sikap itu pada akhirnya disukai Jhon Legend.

Sementara lirik “I'm on your magical mystery ride” terinspirasi dari film magical mystery, dimana dalam film tersebut ada tokoh wanita yang seolah mirip dengan kekasihnya, sarkastik tapi penuh cinta.

Pre-Chorus:
My head's underwater
Kepalaku di dalam air
But I'm breathing fine
Tapi aku bisa bernafas tanpa kesulitan
You're crazy and I'm out of my mind
Kau gila dan aku tak waras

Pre-Chorus: Cinta bisa terasa luar biasa, seperti berenang di arus samudera yang kuat. Namun Jhon Legend seolah bisa bernapas dan baik-baik saja dengan semua itu. dia bernapas di "Laut Cinta" yang menandakan bahwa laut dan cinta adalah sebuah elemen yang alami yang harus dihadapi.

Cinta mereka mungkin membuat mereka tampak gila bagisebagian orang. Cuma ya namanya cinta, orang bisa jadi apasaja kalau sedang jatuh cinta.

Chorus:
Cause all of me
Karena sepenuh diriku

Loves all of you
Mencintai sepenuh dirimu

Love your curves and all your edges
Kucinta lengkungan dan semua tepimu

All your perfect imperfections
Semua ketaksempurnaanmu yang sempurna

Give your all to me
Berikanlah sepenuh dirimu padaku

I'll give my all to you
Kan kuberikan sepenuh diriku padamu

You're my end and my beginning
Kaulah akhir dan awalku
Even when I lose I'm winning
Meski saat kalah pun aku menang


Chorus: Jhon Legend tau semua kekurangan dari kekasihnya, namui ia berusaha sepenuhnya untuk tetap mencintai. Lebih lanjut, “Love your curves and all your edges” mengartikan bahwa kecantikan seseorang itu relatif, atau fleksibel kadan melengkung kadang sesuai alur. Pokoknya dalam mencintai seseorang itu, tergantung bagaimana cara kita, seburuk apapun orang kalau kita cinta padanya ya bakalan tetep indah.

Post-Chorus:
Cause I give you all of me
Karena kuberikan sepenuh diriku padamu
And you give me all of you, oh
Dan kau berikan sepenuh dirimu padaku

Post-Chorus: “All of Me” atau jika dibahasa indonesiakan berarti “sepenuh diriku” terispirasi dari pepatah cinta klasik. Yaitu jika kita memberikan cinta kita sepenuhnya untuk seseorang yang kita cintai, maka seseorang yang kita cintai tersebut juga akah memberikan sepenuhnya cinta untuk kita.

Verse 2:
How many times do I have to tell you
Berapa kali harus kukatakan padamu
Even when you're crying you're beautiful too
Meskipun saat menangis kau tetaplah cantik
The world is beating you down
Dunia ini mengecilkan hatimu
I'm around through every mood
Aku kan selalu ada
You're my downfall, you're my muse
Kaulah kehancuranku, kaulah dewi inspirasiku

My worst distraction, my rhythm and blues
Gangguan terburukku, ritme dan bluesku
I can't stop singing,
Aku tak bisa berhenti bernyanyi,
It's ringing in my head for you
Selalu terngiang senandung di kepalaku untukmu


Verse 2: Dalam mencintai seseorang itu, tergantung bagaimana cara kita, seburuk apapun orang kalau kita cinta padanya ya bakalan tetep indah, sekalipun ia menangis. Disini, Jhon Legend mengibaratkan kekasihnya sebagai “my muse” stsu Muse seperti yang kita tahu adalah dewi inspirasi dalam mitologi yunanit. Jadi dapat dimaknai bahwa lagu ini terinspirasi dari kekasihnya.

Bridge

Give me all of you, oh
Berikan sepenuh dirimu padaku

Cards on the table, we're both showing hearts
Kartu di meja, kita berdua kan tunjukkan gambar hati

Risking it all, though it's hard
Pertaruhkan segalanya, meski berat terasa


Bridge: kata "Cards on the table" dalam lirik Bridke menjelaskan bahwa,  Meletakkan kartu Anda di atas meja adalah metafora bahwa bahwa cinta itu bagai judi, kita kadang takt ahu siapa yang beruntung. Namun jika mereka sudaah punya kartu AS (joker) kadang permainan kartu juga akan lebih mudah.

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “All of Me” berkisah tentang hubungan romantic antara Jhon Legen dengan kekasihnya, Chrissy Teigen. Diterangkan dalam liriknya bahwa Chrissy Teigen adalah pribadi mungkin cerewet, bisa juga crewet karena peduli dan seolah Ceplas-ceplos.

Semua sikap itu pada akhirnya disukai Jhon Legend. Jhon Legend tau semua kekurangan dari kekasihnya, namui ia berusaha sepenuhnya untuk tetap mencintai, karena menganggap bahwa sikap dan kecantikan seseorang itu relatif, atau fleksibel kadan melengkung kadang sesuai alur. Pokoknya dalam mencintai seseorang itu, tergantung bagaimana cara kita, seburuk apapun orang kalau kita cinta padanya, ya bakalan tetep indah.

Lagu ini juga seolah mengajarkan pada kita, bahwa jika kita memberikan cinta kita sepenuhnya untuk seseorang yang kita cintai, maka seseorang yang kita cintai tersebut juga akah memberikan sepenuhnya cinta untuk kita. Lagu yang sangat romantic.


Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu All of Me  berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu All of Me, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu All of Me  ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu All of Me adalah John Legend & Toby Gad. Lagu ini rilis tahun 2013. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

John Legend ~ All of Me (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: John Legend ~ All of Me "

Post a Comment