Makna Dibalik Lagu Pamungkas ~ Flying Solo

Lagu “Flying Solo” pada dasarnya menceritakan tentang Pamungkas yang ingin menikmati kesendirianyanya, setelah ia putus dengan pujaan hatinya. Dalam lagu dijelaskan bahwa ia hanya tak mau terlarut dalam patah hati, terlarut dengan kegalauan, dan satu-satunya cara agar dia melupakan keterpurukan patah hati saat putus cinta adalah dengan bangkit, melakukan aktifitas yang ia sukai dan melanjutkan hidup dengan pikiran optimis.
Lagu Flying Solo pada dasarnya menceritakan tentang Pamungkas yang ingin menikmati kesendirianyanya, setelah ia putus dengan pujaan hatinya. Dalam lagu dijelaskan bahwa ia hanya tak mau terlarut dalam patah hati, terlarut dengan kegalauan, dan satu-satunya cara agar dia melupakan keterpurukan patah hati saat putus cinta adalah dengan bangkit, melakukan aktifitas yang ia sukai dan melanjutkan hidup dengan pikiran optimis.

Bagi kamu yang sedang merasa patah hati akibat putus cinta, dengarkanlah saja lagu ini. percayalah, lagu ini akan meredakan kegalauanmu dan menyuruhmu untuk bangkit. Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.


Interpretasi Makna Lirik Lagu Flying Solo Milik Pamungkas


Verse 1:
Won’t be home for now
Tak ingin berada di rumah untuk saat ini

I'm on a break
Aku sedang rehat

Detaching for a while
Mengasingkan (diri) sebentar

I grow my hair
Kan ku panjangkan rambutku

So then I could get out
supaya aku bisa pegi
And start to rock the world
Dan mulai mengguncang dunia


Makna Verse 1: Setelah putus dengan pujaan hatinya, Pamungkas akhirnya memutuskan untuk rehat sejenak dari drama percintaan yang memuakkan. Ia akhirnya mengasingkan diri, dengan melakukan hal-hal yang ia sukai seperti memanjangkan rambut, mengarang lagu untuk mengguncangkan dunia dll.

Pre-chorus:

Without thinking of you
Tanpa memikirkan dirimu

I'm free
Aku bebas

No more thoughts about you
Tidak ada lagi pikiran-pikiran tentangmu

And me
Dan aku


Makna Lirik Pre-chorus: Dari kegiatan di verse 1, ia seolah merasakan hidupnya lebih Bahagia dibandingkan hidupnya yang dulu saat masih bersama pujaan hatinya pada lirik Pre-chorus ini. ia seolah merasa senang sendirian, bebas, dan taka da lagi pikiran-pikiran tentang pujaan hatinya yang telah pergi tersebut.

Chorus:
I'm flying solo
Aku terbang seorang diri

I'll fly without you
Aku kan terbang tanpamu

I'll go by myself
Aku akan pergi sendiri

I'm flying solo
Aku terbang seorang diri

I'll spread my own wings
Aku akan hempaskan sayapku

I'll hibernate and sing
Aku akan hibernasi dan menyanyi

I'm flying solo (so, so, so low, so, so, so low)
Aku terbang seorang diri (dengan perlahan)
I'm flying solo (so, so, so low, so low)
Aku terbang seorang diri (dengan perlahan)


Makna Lirik Chorus: Untuk apa menjalin cinta jika kita terus-terusan merasa sakit? lebih baik sendirian, terbang seorang diri, bebas dari sandiwara cinta yang tak berujung. Begitulah mungkin yang ingin disampaikan oleh Pamugkan di lirik reff/Chorus ini.

Verse 2:

You do you for now
Kau melakukan sekarang

I'm all I need
Ku lakukan semua yang ku butuhkan

I'm good, I'm solo now
Aku bak-baik saja, aku sendirian sekarang

Swallow all the pain
Kutelan semua rasa sakit

I'm fine again
Aku selalu baik-baik saja

Not dead, I'm stronger now
Tak akan mati, kini aku lebih kuat


Makna Lirik Verse 2:
 
Jika kita punya pasangan tetapi kamu terus saja merasakan sakit karena sikapnya. Entah dia yang selingkuh atau melakukan hal-hal bodoh yang membuatmu bersedih dan kamu masih saja ingin bersamanya tanpa berani mengambil keputusan yang tegas. Sudah saatnya kamu bangun dan ambil keputusan. Untuk apa bersama dengan orang yang salah jika sendiri bisa membuatmu lebih Bahagia. kita tak akan mati kok Cuma gara-gara putus cinta. Begitulah menurut pamungkas dalam lirik ini..

Bridge:

I'll be leaving you
Aku akan meninggalkanmu

'Cause no more I believe in you (so, so, so low)
Karena takkan perna aku memercayaimu lagi
I'll be leaving you (so, so, so low, so, so, so low)
Aku akan meninggalkanmu
'Cause no more I believe in you (so, so, so low, so, so, so low)
Karena takkan perna aku memercayaimu lagi

Makna Lirik Bridge:
Lirik Bridge, sepertinya adalah lirik yang mengungkapkan lebih spesifik kenapa hubungan Pamungkas dengan kekasihnya harus berakhir. Lirik “no more I believe in you” menerangkan bahwa pamungkas takkan pernah mau mempercayai kekasihnya lagi. mungkin saja kekasihnya selingku atau apa. Oleh sebab itu, dengan keputusan yang tegas, ia akan meninggalkan kekasihnya.


Kesimpulan Lirik Lagu Flying Solo Milik Pamungkas:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Flying Solo” pada dasarnya menceritakan tentang Pamungkas yang ingin menikmati kesendirianyanya, setelah ia putus dengan pujaan hatinya. Dalam lagu dijelaskan bahwa ia hanya tak mau terlarut dalam patah hati, terlarut dengan kegalauan, dan satu-satunya cara agar dia melupakan keterpurukan patah hati saat putus cinta adalah dengan bangkit, melakukan aktifitas yang ia sukai dan melanjutkan hidup dengan pikiran optimis

Dari pemikiran itu, Pamungkas akhirnya memutuskan untuk rehat sejenak dari drama percintaan yang memuakkan. Ia akhirnya mengasingkan diri, dengan melakukan hal-hal yang ia sukai seperti memanjangkan rambut, mengarang lagu untuk mengguncangkan dunia dll. Untuk apa menjalin cinta jika kita terus-terusan merasa sakit? lebih baik sendirian, terbang seorang diri, bebas dari sandiwara cinta yang tak berujung.

Tersirat juga dari liriknya, Pamungkas seolah ingin mengungkapkan bahwa Jika kita punya pasangan tetapi kita terus saja merasakan sakit karena sikapnya. Entah dia yang selingkuh atau melakukan hal-hal bodoh yang membuatmu bersedih dan kamu masih saja ingin bersamanya tanpa berani mengambil keputusan yang tegas. Sudah saatnya kamu bangun dan ambil keputusan. Untuk apa bersama dengan orang yang salah jika sendiri bisa membuatmu lebih Bahagia. kita tak akan mati kok Cuma gara-gara putus cinta.


Yang Bisa Dipelajari dari Lagunya

perpisah dengan kekasih yang kita sayangi kadang kala selalu menyakitkan. Salah satu cara membuat kita melupakan keterpurukan patah hati saat putus cinta adalah dengan bangkit dan melanjutkan hidup. setelah kita maknai lebih mendalam, lagu “Flying Solo” mengajarkan kita akan beberapa hal;

Pertama, tunjukkan pada mantan kita bahwa kita bahagia. lagu ini seolah menyuruh kita untuk tak berlarut-larut galau karna cinta.kita bisa mengisi kesendirian kita dengan hal-hal yang menyenangkan seperti rehat atau memanjangkan rambut seperti yang Pamungkas lakukan missal. Jika kita terlihat Bahagia, hal ini akan membuat mantan Anda berpikir bahwa Anda telah bangkit dari patah hati dan bahagia meskipun tanpa dia.

Kedua, Lakukan hal produktif. Dalam kesendirian kita, jangan pernah merasa galau dengan bermalas malasan. Lagu ini menyuruh kita untuk melakukan hobi baru seperti menulis lagu untuk mengguncangkan dunia sebagaimana yang pamungkas lakukan missal.

Bahagialah dengan apapun yang kita miliki. Lagu ini seolah menyuruh kita Bahagia dalam kesendirian. Karna jika kita punya kekasih yang hanya terus akan menyakiti kita, untuk apa gunanya kan? Lagu yang luar biasa 

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu DOA ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

*Penulis lirik lagu Flying Solo adalah Pamungkas. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Pamungkas ~ Flying Solo (Official Video)

Sometimes you just don't know the answer