Pencarian

Makna Dibalik Lagu Powfu ~ Death Bed (Ft. beabadoobee)

Saya telah membaca-baca artikel mengenai lagu "Death Bed," dan mendapat kesimpulan bahwa lagu ini mempunyai 2 tema yang berbeda. Tema pertama, lagu ini dikatakan sebagai lagu perpisahan tentang kematian. Sedangkan tema kedua, lagu ini dikatakan sebagai lagu tentang hubungan mantan. Karena membahas kedua tema dalam lagu mungkin akan terlalu luas, maka saya akan membahas lagu ini berdasarkan tema mantan saja.

Dari tema percintaan, Lagu "Death Bed," berkisah tentang hubungan antara seorang pria bernama Powfu, dengan seorang wanita bernama beabadoobee, yang keduanya sudah menjadi mantan. Dalam lagu itu, Powfu terus-terusan mengenang kenangan masa lalunya dengan beabadoobee, dan terus-terusan menjadi galau. Sementara beabadoobee yang mengetahui akan hal tersebut, akhirnya berusaha menenangkan Powfu dengan menasihatiya sembari membuatkan secangkir kopi.

Kata “Dead Bed” atau jika dibahasa indonesiakan berarti ranjang “kematian,” jika dilihat dari kacamata percintaan dapat bermakna sebagai sebuah kegalauan. Kita tahu bahwa orang yang galau, biasanya akan begadangan sampai larut malam, dan ketika seseorang tersebut akhirnya tidur di ranjang, ia kadang tak mau bangun-bangun lagi, bagai orang mati

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Intro: beabadoobee
Don’t stay awake for too long
Jangan terbangun terlalu lama
Don’t go to bed
Jangan pergi tidur
I’ll make a cup of coffee for your head
Aku akan menyeduh secangkir kopi untuk menjernihkan pikiranmu
It’ll get you up and going out of bed
Supaya kamu tetap terbangun dan tidak terbaring di kasur
Lrik intro, sebenarnya adalah lirik reff, yang terus-terus diulang dalam keseluruhan lagu. lirik ini dinyanyikan oleh beabadoobee untuk menasihati mantan pacarnya Powfu, yang terus-terusan galau memikirkan kisah percintaan mereka yang kandas.
Di lirik lini beabadoobee seolah bersikap sangat dewasa dengan menasehati Powfu untuk tak begadang terlalu malam, untuk tak tidur terlalu lama sembari membuatkan powfu kopi. Kata “coffee” juga dapat bermakna tentang ketenangan. Kita tahu bahwa orang yang kalut, biasanya meminum kopi untuk membuatnya tenang. karna kopi mempunyai zat bernama Peptida, yang membuat seseorang yang meminumnya akan merasa tenang.

Verse 1: Powfu
Yeah.. I don’t wanna fall asleep, I don’t wanna pass away
Aku tak ingin tertidur, aku tak ingin mati
I been thinking of our future cause I’ll never see those days
Aku sedang memikirkan tentang masa depan kita, karna aku tak kan pernah menjalani hari-hari itu
I don’t know why this has happened, but I probably deserve it
Aku tak tahu kenapa ini bisa terjadi, tapi mungkin aku memang pantas mendapatkannya
I tried to do my best, but you know that I’m not perfect
Aku sudah berusaha sebaik mungkin, tapi kau tahu kalau aku tidaklah sempurna
I been praying for forgiveness, you been praying for my health
Aku telah berdoa memohon pengampunan, kau telah berdoa untuk kesehatanku
When I leave this earth, hoping you’ll find someone else
Ketika aku meninggalkan dunia ini, ku harap kau akan menemukan seseorang yang lain
Cause yeah, we still young there’s so much we haven’t done
Karena yeah, kita masih muda masih banyak yang belum kita lakukan
Getting married, start a family, watch your husband with his son
Menikah, memulai keluarga, melihat suamimu bersama dengan anaknya
I wish it could be me, but I won’t make it off this bed
Aku harap itu (si suami) adalah aku, tapi aku tidak akan bisa beranjak dari ranjang ini
I hope I go to heaven, so I see you once again
Aku harap aku bisa ke surga supaya dapat bertemu denganmu lagi
My life was kinda short, but I got so many blessings
Hidupku memang singkat, tapi aku sudah mendapat banyak anugerah
Happy you were mine, it sucks that it’s all ending
Aku bahagia kamu sempat menjadi milikku, meskupun mengesalkan bahwa ini semua akan berakhir
Walaupun Powfu dan beabadoobee sudah berpisah, bukan berarti Powfu benar-benar sudah tidak menyimpan perasaan kepadanya. Lirik “I don’t wanna fall asleep, I don’t wanna pass” dari kacamata percintaan dapat bermakna bahwa Powfu tak ingin perasaan cintanya pada beabadoobee mati. Walau pun mereka sudah berpisah, walapun tak akan adalagi cerita percintaan mereka dimasa depan, namun Powfu terus saja memikirkan masa depan kisah percintaanya.
Namun, jika akhirnya mereka berdua berpisah, Powfu dalam lirik ini seolah berdoa pada mantan kekasihnya agar hidup bahagia, akan menemukan seseorang yang lain yang lebih baik dari dirinya, menikah dan punya anak.
Di lirik ini, Powfu juga mengatakan bahwa ia Bahagia bisa memiliki beabadoobee, dan meskipun kisah mereka sangat mengesankan, nyatanya semuanya memang telah berakhir mantannya tersebut benar-benar pergi dari kehidupannya.

Verse 2: Powfu
I’m happy that you’re here with me, I’m sorry if I tear up
Aku bahagia kamu ada di sini bersamaku, maaf kalau aku menangis
When me and you were younger you would always make me cheer up
Ketika aku dan kamu masih muda kamu selalu dapat membuatku tersenyum
Taking goofy videos while walking through the park
Merekam video-video konyol sembari berjalan menyusuri taman
You would jump into my arms every time you heard a bark
Kamu selalu merangkulku setiap kamu mendengar anjing yang menggonggong
Cuddle in your sheets, sang me sound asleep
Bermesraan di tempat tidurmu, menyanyikanku hingga tertidur
And sneak out through your kitchen at exactly 1:03
Dan menyelinap ke dapurmu setiap jam 1:03 pagi
Sundays went to church, on Mondays watched a movie
Minggu (kita) pergi ke gereja, dan Senin kita nonton film bersama-sama
Soon you’ll be alone, sorry that you have to lose me
Sebentar lagi kamu akan sendirian, maaf kamu harus kehilangan diriku
Menjalin cinta mungkin tak selamanya berakhir bahagia. Meskipun banyak cara yang telah Pawfu lakukan untuk mempertahankan hubunganya dengan beabadoobee, tak ada jaminan karena akhirnya mereka tetap berpisah. Tapi paling tidak, beabadoobee sudah menjadi sosok terindah bagi Pawfu. Oleh sebab itu, Powfu masih mengingat tentang dirinya. Tentang kisah dimana beabadoobee selalu tersenyum, melakukan hal-hal yang konyol, pergi ke greja, nonton film dan sebagainya. Pada lirik inilah akhirnya Powfu meminta maaf kepada beabadoobee.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu "Death Bed," jika dilihat dari kacamata percintaan, berkisah tentang hubungan antara seorang pria bernama Powfu, dengan seorang wanita bernama beabadoobee, yang keduanya sudah menjadi mantan. Dalam lagu itu, Powfu terus-terusan mengenang kenangan masa lalunya dengan beabadoobee, dan terus-terusan menjadi galau. Walaupun Powfu dan beabadoobee sudah berpisah, bukan berarti Powfu benar-benar sudah tidak menyimpan perasaan kepadanya.

Namun, jika takdirnya kisah percintaan mereka usai, Powfu dalam lagu ini seolah berdoa pada mantan kekasihnya agar hidup bahagia, akan menemukan seseorang yang lain yang lebih baik dari dirinya, menikah dan punya anak. Powfu juga mengatakan bahwa ia bahagia bisa memiliki beabadoobee, dan meskipun kisah mereka sangat mengesankan, nyatanya semuanya memang telah berakhir.

Beabadoobee yang mengetahui Powfu galau karena memikirkanya, akhirnya berusaha menenangkan Powfu dengan menasihatiya sembari membuatkan secangkir kopi. Lewat lirik Reff yang terus-menerus diulang disepanjang lagu, beabadoobee seolah bersikap sangat dewasa dengan menasehati Powfu untuk tak begadang terlalu malam, untuk tak tidur terlalu lama, atau bisa juga bermakna untuk tak galau-galau terlalu lama. Karna sepertinya takdir juga sudah berkata bahwa hubungan mereka juga telah berakhir.

Punya makna lain tentang kematian:
Selain dimaknai sebagai lagu cinta, lagu "Death Bed," punya rupanya mempunyai makna lain yaitu tentanng kematian. Jika ditilik dari pemaknaan tentang kematian, kata “Death Bed” sendiri memiliki arti “Ranjang Kematian” alias “Ajal”.

Jika dilihat dari kacamata kematian, alur lirik lagu ini seolah bercerita tentang seseorang pria yang sekarat menuju kematian. Dalam sekaratnya tersebut, ia kemudian mengingat wanita yang sangat ia cintai dan kemudian menjadi gala, karena jika ia akhirnya meninggal, ia tak bisa lagi hidup denganya.oleh sebab itu, dalam liriknya pria tersebut seolah ingin meminta maaf atas semua kesalahan yang selama ini telah ia buat kepada wanitanya dan mengatakan bahwa ia bukanlah orang yang sempurnya.

Di liriknya ia juga seolah berharap yang terbaik untuk wanitanyanya jika akhirnya ia meninggal. Ia ingin melihat wanitanya hidup bahagia, menemukan seseorang yang lain yang lebih baik dari dirinya, menikah dan punya anak. Sedih

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊




*Penulis lirik lagu Death Bed adalah beabadoobee, Pig (Oscar Lang) & Otterpop. Lagu ini rilis tahun 2001 dan diarasemen ulang tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Official Video Powfu ~ (Death Bed Ft. beabadoobee)



Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

9 Responses to "Makna Dibalik Lagu Powfu ~ Death Bed (Ft. beabadoobee)"

  1. Mantab gan πŸ‘
    Imajinasi nya main😁

    ReplyDelete
  2. kayak berasa baca modul perkuliahan ilmu komunikasi kwkwk, analisanya bagus.

    ReplyDelete
  3. Relate banget maknanya,
    But makasih bgt udh buat pola pikir terbuka luas tentang percintaan, gakselamanya abis putus benar" udah saling gaada rasa.

    ReplyDelete
  4. Good
    Sangat bagus tafsiranya aku juga sempat berfikir kematian tapi masih ada percintaany setelah aku baca semuany kejawab

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel