Pencarian

Makna Dibalik Lagu: PUBLIC ~ Make You Mine


lagu "Make You Mine" awalnya dirilis pada tahun 2014. Namun lagu ini, akhir-akhir ini mendadak viral  karena sering dipakai orang untuk jadi backsound akun TikTok. Segera setelah viralnya lagu ini di TiKtok, membuat lagu ini juga viral di Spotify pada akhir Mei 2019.

Dalam video YouTube yang diposting oleh PUBLIC, vokalisnya, John Vaughn menjelaskan inspirasi penciptaan "Make You Mine,” ia mengatakan bahwa lagu ini, terinspirasi dari seorang wanita yang sangat ia cintainya. Vaughn juga mengatakan bahwa dalam mencintai seseorang, kita itu jangan muluk-muluk penuh drama. Mencintai itu dimulai dari “hal-hal kecil” seperti tatapan romantis, senyuman, atau berusaha bergandengan tangan.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Well, I will call you darlin' and everything will be okay
Ya, aku kan menghubungimu sayang, dan semuanya kan baik-baik saja
'Cause I know that I am yours and you are mine
Karena kutahu kalau aku milikmu dan kau milikku
Doesn't matter anyway
Lagipula tak masalah
In the night, we'll take a walk, it's nothin' funny
Di malam hari, kita kan berjalan, tak ada yang lucu
Just to talk
Hanya sekedar bicara
John Vaughn mengatakan bahwa kisah di lagu ini adalah kisah nyata. Ia mengatakan bahwa kisah di lagu ini adalah kisah tentang cinta pertamanya. Jadi lirik “I will call you darlin’” mengacu pada Vaught yang terus menerus menghubungi kekasihnya lewat video call Skype sampai jam 4:00 pagi.
Walaupun hanya bertemu lewat video call dan terpisah jarak, Vaughn dan kekasihnya tak mempermasalahkan semua itu karena mereka yakin dengan ungkapan “I am yours and you are mine

Chorus:
Put your hand in mine
Genggam tanganku
You know that I want to be with you all the time
Ketahuilah bahwa aku ingin bersamamu setiap waktu
You know that I won't stop until I make you mine
Ketahuilah bahwa aku takkan berhenti sampai kau jadi milikku
You know that I won't stop until I make you mine
Ketahuilah bahwa aku takkan berhenti sampai kau jadi milikku
Until I make you mine
Sampai kau jadi milikku
Setelah hanya bertemu lewat video call Skype, timbul lah perasaan saling suka diantara John Vaughn  dan kekasihnya, akhirnya mereka pun bertemu, dan bergandengan tangan. John Vaughn merasakan lebih banyak getaran cinta, dan menginginkan kisah tersebut berlanjut, ia ingin berada di sisi kekasihnya sepanjang waktu.
Tidak semua  orang pacaran itu berbau ciuman, atau pelukan, atau hal lain lah apapun itu. cukup dengan bergandengan tangan saja kita kadang cukup Bahagia..

Verse 2:
Well, I have called you darlin' and I'll say it again, again
Ya, aku kan menghubungimu sayang, dan mengatakannya lagi dan lagi
So kiss me 'til I'm sorry, babe, that you are gone and I'm a mess
Jadi ciamlah aku sampai kumenyesal, kasih, bahwa kau pergi, aku merasaberantakan
And I'll hurt you and you'll hurt me and we'll say things we can't repeat
Kita kan saling menyakiti dan mengatakan hal-hal yang takkan bisa kita ulang lagi
Setelah John Vaughn dan kekasihnya pacaran, mereka sampai ketahap berikutnya yaitu tahap pertengkaran, karna tak mungkin orang pacaran taka da yang bertengkar. John Vaughn   dalam lirik ini seolah ingin mengungkapkan bahwa wajar dalam sebuah hubungan ada pertengkaran, dan jurus yang paling jitu agar pertengkaran itu segera berakhir adalah dengan meminta maaf, mengaku menyesal berbuat salah. Simple kan? Harusnya pacarana ya se simple itu, gak perlu perlu banyak-banyak drama.

Bridge:
You need to know
Kau harus tahu
We'll take it slow
Kita kan melakukannya secara perlahan
I miss you so
Aku sangat merindukanmu
We'll take it slow
Kita kan melakukannya secara perlahan
It's hard to feel you slipping (You need to know)
Sulit tuk merasakan dirimu (Kau harus tahu)
Through my fingers are so numb (We'll take it slow)
Dengan jariku yang begitu mati rasa (Kita kan melakukannya secara perlahan)
And how was I supposed to know (I miss you so)
Dan bagaimana aku bisa tahu (Aku sangat merindukanmu)
That you were not the one ?
Jika kau bukanlah orangnya ?
Nyatanya, Vaughn tergila-gila pada pujaan hatinya, yang mana ia menyatakan akan melakukan apa saja (hal hal kecil sekalipun) supaya bisa bersama, meskipun ia tahu bahwa mungkin kedepannya akan berakhir menyakitkan, tapi ia tetap mau mencoba

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu "Make You Mine" mengisahkan tentang John Vaughn (vokalis PUBLIC) yang tergila-gila oleh seorang wanita. Lagu ini merupakan kisah nyata, sebuah kisah cinta pertama John Vaughn pada seorang wanita. Dikisahkan dalam lirik verse 1 “I will call you darling,” bahwa dalam masa PDKT mereka berdua selalu saling menghubungi lewat video call Skype. Dan walau hanya lewat tatapan, mereka berdua akhirnya jatuh cinta.

Setelah hanya bertemu lewat video call Skype, timbul lah perasaan saling suka diantara John Vaughn  dan kekasihnya, akhirnya mereka pun bertemu, dan bergandengan tangan. John Vaughn merasakan lebih banyak getaran cinta, dan menginginkan kisah tersebut berlanjut, ia ingin berada di sisi kekasihnya sepanjang waktu. Vaughn tergila-gila pada pujaan hatinya, yang mana ia menyatakan akan melakukan apa saja (hal hal kecil sekalipun) supaya bisa bersama, meskipun ia tahu bahwa mungkin kedepannya akan berakhir menyakitkan, tapi ia tetap mau mencoba.

Yang dapat kita pelajari dari liriknya:
Lagu ini sangat berkesan menurutku, karena lagu ini berusaha mengungkapkan bahwa dalam mencintai seseorang, kita itu jangan muluk-muluk penuh drama. Mencintai itu dimulai dari “hal-hal kecil” seperti tatapan romantic di video call, senyuman, atau berusaha bergandengan tangan.Tidak semua orang pacaran itu berbau ciuman, atau pelukan, atau hal lain lah apapun itu. cukup dengan bergandengan tangan dan melakukan hal-hal kecil saja, kita kadang cukup Bahagia.

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊




*Penulis lirik lagu Make You Mine adalah Matthew Alvarado, Ben Lapps & John Vaughn. Lagu ini rilis tahun 2014. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


PUBLIC ~ Make You Mine (Official Video)

Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: PUBLIC ~ Make You Mine"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel