Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ Paranoid Android: Sebuah Renungan Ketakutan Akan Moral


Lagu Paranoid Android, berkisah tentang pengalaman Thom Yorke (Vokalis radiohead) saat terpaksa harus hidup ditengah-tengah perkotaan negara Amerika. Pada saat itu, Thom Yorke yang memutuskan untuk pergi ke sebuah Bar di Los Angeles untuk bersenang-senang, malah di kroyok oleh sekumpulan orang-orang jahat. Kejadian tersebut, akhirnya tergiang dikepala Thom yang akhirnya menjadikan pengalaman tersebut menjadi sebuah lagu. Lewat lagu "Paranoid Android,” Yorke seolah ingin menggambarkan lanskap emosional paranoia dan kebingungan yang diciptakan oleh kehidupan perkotaan modern dan interaksi dengan orang asing. Atau simpelnya, thom menganggap bahwa kehidupan perkotaan itu terlalu kejam, banyak orang jahat di dalamya, banyak orang bersikap kasar, pun juga termasuk juga orang-orang berdasi terlihat sempurna namun kejam perlahan-lahan dan tak bermoral.

Kata “Paranoid” atau bisa diartikan sebagai paranoia dalam Bahasa Yunani kuno, adalah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Sementara kata “android” bisa jadi bermakna tentang kemuajuan jaman modern, kata ini akhirnya juga dipakai pada sistem oprasi Handphone jaman modern. Jadi jika kata itu disatukan, kata "Paranoid Android,” bisa saja bermakna tentang ketakutan seseorang akan kemajuan zaman yang semakin modern layaknya yang terjadi pada daerah-daerah perkotaan.

Seperti yang sering dilakukannya, Yorke akhirnya mengabstraksi pengalaman mengerikan yang ia miliki dan menggunakannya sebagai inspirasi untuk lagu, dengan makna yang lebih umum dan sangat-sangat dalam. Lagu ini benar-benar abstrak menurutku.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1
Please, could you stop the noise
Tolong, bisakah kau menghentikan kebisingan ini
I'm trying to get some rest
aku sedang mencoba untuk beristirahat
From all the unborn chicken voices
Dari semua suara ayam yang belum menetas
In my head
Didalam kepalaku
Keseluruhan dari lagu ini, menceritakan tentang kehidupan perkotaan yang kejam. Kita tahu, bahwa kota adalah tempat terbising untuk kita tinggali, tak ada istirahatnya, mau siang mau malam juga terasa bising, contohnya saja seperti kota Jakarta.
Kata “unborn chicken voices” menerangkan lebih lanjut bahwa orang-orang kota, adalah orang-orang yang pengecut. Mereka bersura dengan merdunya, dengan senyumya, namun semua suara mereka hanyalah basabasi kejam, sehingga Thom merasa lelah dan ingin istirahat dari semua hal tersebut.

Chorus:
What's that?
Apa itu?
(I may be paranoid, but not an android)
(Aku mungkin paranoid, tapi bukan android)
What's that?
Apa itu?
(I may be paranoid, but not an android)
(Aku mungkin paranoid, tapi bukan android)
Kata “Paranoid” atau bisa diartikan sebagai paranoia dalam Bahasa Yunani kuno, adalah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya.
sementara kata “android” bisa jadi bermakna tentang kemuajuan jaman modern, kata ini akhirnya juga dipakai pada system oprasi Handphone jaman modern. Jadi jika kata itu disatukan, kata "Paranoid Android,” bisa saja bermakna tentang ketakutan seseorang akan kemajuan zaman yang semakin modern layaknya yang terjadi pada daerah-daerah perkotaan.

Verse 2
When I am king
Ketika aku menjadi raja
You will be first against the wall
Kau akan menjadi yang pertama, yang melawan tembok
With your opinion
Dengan pendapatmu
Which is of no consequence at all
Tanpa ada konsekuensi sama sekali
Kata “king” dalam lirik lagu, bisa jadi adalah harapan Thom bahwa jika suatu saat ia menjadi seorang raja, ia mungkin akan membinasakan orang-orang jahat diperkotaa tersebut. Dalam lirik ini, Yorke seolah-olah ingin memamerkan sinisme khasnya, mengatakan bahwa orang-orang perkotaan akan mati dengan semua pikiran yang tidak berharga tentang hal-hal yang tidak berharga (missal orang kota selalu aja nyinyir di medsos, itu Tindakan ga berharga sama sekali). (ini hanya asumsi pribadi saya saja)

Verse 3
Ambition makes you look pretty ugly
Ambisi membuat mu terlihat sangat jelek
Kicking, squealing, Gucci little piggy
Menendangi, menjeriti, bejana berbentuk anak babi
You don't remember
Kau takpernah mengingatnya
You don't remember
Kau takpernah ingat namaku
Why don't you remember my name?
Kenapa kau tak pernah mengingat namaku?
Off with his head, man
Kepalamu mati, bung
Off with his head, man
Kepalamu mati, bung
Why don't you remember my name?
Kenapa kau tak pernah mengingat namaku?
I guess he does
Sudah kutebak kau melakukanya
Di daerah perkotaan, entah dinegara amerika, Indonesia, dsb. Orang-orangnya selalu saja ambisius dengan melakukan semua hal, semua cara untuk mendapatkan kepuasan. Keambisiusan tersebut membuat mereka terlihat jelek dan tak bermoral. Lirik “Gucci little piggy” seolah menyiratkan bahwa orang-orang tersebut sebagai orang yang tak tahu malu karena melakukan ambisinya dengan menjual harga diri mereka. seekor babi secara stereotip adalah mahluk kotor yang berkubang dalam kotorannya sendiri. Di lirik tersebut, thom seolah merujuk pada individu tertentu.

Bridge
Rain down, rain down
Hujan turun, hujan turun
Come on rain down on me
Ayo turunkan hujan padaku
From a great height
Dari ketinggian
From a great height, height
Dari ketinggian ... ketinggian
Rain down, rain down
Hujan turun, hujan turun
Come on rain down on me
Ayo turunkan hujan pada aku
From a great height
Dari ketinggian
From a great height, height
Dari ketinggian, ketinggian
Rain down, rain down
Hujan turun, hujan turun
Come on rain down on me
Ayo turunkan hujan pada ku
Lirik “Rain down, rain down” setelah say abaca-baca pada sebuah artikel, merujuk pada kisah kapal nabi Nuh yang tertulis di dalam Alkitab maupun dalam al-quran. Dalam kisah tersebut diceritakan bahwa untuk menghapus semua moral buruk manusia, tuhan kemudian menurunkan hujan dan banjir.
Sama saja di masa sekranag, menurut Thom jaman modern seperti sekarang ini, dimana manusianya taka da yang bermoral, seharusnya tuhan juga mengirimkan ujian berupa hujan dan banjir untuk menghapus dosa-dosa mereka.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu “Paranoid Android” mengisahkan tentang pengalaman Thom Yorke (Vokalis radiohead), yang merasa ketakutan akan kemajuan zaman yang semakin modern layaknya yang terjadi pada daerah-daerah perkotaan. thom menganggap bahwa kehidupan perkotaan zaman modern itu terlalu kejam, banyak orang jahat di dalamya, banyak orang bersikap kasar, pun juga termasuk juga orang-orang berdasi terlihat sempurna namun kejam perlahan-lahan dan pengecut.

Dalam lirik lagunya juga digambarkan bahwa manusia zaman sekarang khususnya orang-orang kota, adalah orang-orang yang pengecut. Mereka bersura dengan merdunya, dengan senyumya, namun semua suara mereka hanyalah basabasi kejam, sehingga Thom merasa lelah dan ingin istirahat dari semua hal tersebut. Orang-orang zama sekarang, juga selalu saja ambisius dengan melakukan semua hal, semua cara untuk mendapatkan kepuasan. Keambisiusan tersebut membuat mereka terlihat jelek dan tak bermoral. Lirik “Gucci little piggy” seolah menyiratkan bahwa orang-orang tersebut sebagai orang yang tak tahu malu karena melakukan ambisinya dengan menjual harga diri mereka. Thom seolah menggambarkan orang-orang tersebut seperti seekor babi yang  secara stereotip adalah mahluk kotor yang berkubang dalam kotorannya sendiri.

Thom, melihat semua keadaan tersebut seperti yang sudah dijelaskan diatas, hanya merasa ketakutan (paranoid). Ia hanya seolah menganggap bahwa manusia zaman sekarang itu sangat tak bermoral, dan berharap semua manusia tersebut dimusnahkan oleh tuhan layaknya pada zaman nabi nuh dimana tuhan memusnakhan umat manusia lewat hujan dan banjir.

Dianggap sebagai sebuah lagu ramalan yang jadi kenyataan
Ramalan adalah usaha-usaha untuk memperoleh pengetahuan atas pertanyaan atau situasi di zaman masa depan. Layaknya lagu-lagu di album OK Computer lainya, lagu Paranoid Android bagi Sebagian fans Radiohead dianggap sebagai sebuah ramalan buruk di masa depan.

Lagu ini seolah meramalkan tentang semua kelakuan manusia yang buruk dan tak bermoral dan semua itu akhirnya jadi kenyataan pada jaman sekarang ini. ingat, lagu ini rilis pada tahun 1997. Dan yang menjadi lebih mengherankan lagi, kata “android” “yang pada saat itu bermakna tentang kemuajuan jaman modern, kata ini akhirnya juga dipakai pada system oprasi Handphone jaman modern. Lewat kecanggihan handphobe/smartphone, kadang manusia juga dapat menjadi tak lebih bermoral.

Jadi bagaimana? Apakah kamu percaya akan ramalan di lagu ini? kalo aku sih enggak. Kenapa? Ya karna aku percaya kalo Thom DKK itu jenius banget. Mereka seolah nyiptain lagu lewat data dan fakta tentang apa yang terjadi kedepanya, lewat lagu abstrak penuh makna. Super duper keren 😊

Penutup:
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah yaaaa 😊





*Penulis lirik lagu Paranoid Android adalah Thom Yorke, Colin Greenwood, Jonny Greenwood, Philip Selway & Ed O’Brien. Lagu ini rilis tahun 1997. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


Radiohead ~ Paranoid Android (Official Video)
Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ Paranoid Android: Sebuah Renungan Ketakutan Akan Moral "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel