Weird Genius ~ LATHI | Terjemahan Arti & Makna Lirik Lagu

makna lirik lagu lathi menceritakan tentang seorang wanita, yang terjebak dalam hubungan toxic relationship.

Makna Singkat Lirik Lagu LATHI ꦭꦛꦶ ~ Weird Genius

Terjemahan arti lirik lagu lathi. Dalam wawancaranya dengan Ganjar Pranowo di kanal YouTube Ganjar Pranowo, sang penulis lirik lathi Eka Gustiwana, mengatakan tentang makna lirik lagu ini. Dalalm wawancara itu, Eka menjelaskan "Inti makna lirik lagunya adalah tentang seseorang yang tenggelam dalam hubungan cinta, tapi hubungan mereka enggak sehat, atau kalau bahasa anak-anak sekarang toxic relationship. Orang itu selalu dapat tekanan, bahkan seringkali ada kekerasan fisik (kdrt)".

Eka menambahkan dalam wawancara tersebut "Dalam hubungan toxic, seseorang tersebut tidak bisa lepas, tapi orang ngalah ada batasnya, lama-lama dia akan meledak kalau dipendam-pendam terus. Nah, makanya secara emosional lagunya di awal-awal pelan, sedih, tapi begitu masuk chorus/reff meledak"

Seperti yang kita ketahui, toxic relationship atau hubungan beracun adalah istilah untuk menggambarkan suatu hubungan tidak sehat yang dapat berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang. Hubungan ini bisanya terjadi pada sepasang kekasih. Ciri-ciri kita terjebak dalam hubungan toxic reletionship percintaan salah satu-nya adalah; kita selalu dikontrol oleh pasangan, kita selalu dicurigai dan dikekang pasangan, dan kita kadang menerima kekerasan fisik dan mental layaknya dipukul atau dicaci maki, dsb.

Dari beberapa keterangan tersebut diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa makna lirik lagu lathi menceritakan tentang seorang wanita, yang terjebak dalam hubungan toxic relationship. Video klip musiknya menggambarkan secara jelas kalau wanita tersebut oleh pasangan-nya dikekang / diikat rantai, dikontrol, dan berdarah-darah karena dianiaya fisik-nya (dipukul) atau dianiaya mental-nya (dicaci-maki).

Liriknya “Ajining diri ana ing lathi / Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataanya)” seolah menekankan bahwa wanita itu, dianiaya mental-nya dengan ucapan-ucapan dan makian oleh pasangan-nya. Karna selalu diperlakukan seperti itu oleh pasangan-nya, akhirnya wanita itu tak tahan lagi, ia akhirnya sakit hati, terluka, dendam, dan meledak-ledak.

Suatu hubungan dikatakan toxic jika sudah ada kekerasan fisik dan mental di dalamnya. Pasangan yang tidak sehat secara emosional sering kali akan "main maki", "ngomong seenaknya", “main tangan” jika terjadi perselisihan dalam hubungan. Apa pun konfliknya, kekerasan fisik dan mental tidak bisa dibenarkan, ya. Nah karna itulah, wanita dalam video klip ini seolah ingin mengutarakan kalau dirinya ingin berpisah dengan pasangan-nya karena hubungan mereka yang tadinya hubungan cinta kasih sayang, kini telah berubah jadi hubungan toxic.

Lewat lagu ini, Weird Genius mencoba menyampaikan sebuah pesan bahwa toxic relationship adalah sesuatu yang berbahaya jika dilakukan secara terus-menerus. Orang yang terjebak dalam toxic relationship berpotensi kehilangan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental maupun fisik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda toxic relationship dan segera mengambil keputusan yang tepat jika itu terjadi pada hubunganmu.

Selain itu, pesan yang tak kalah penting yang ingin disampaikan Weird Genius berupa pepatah jawa “Ajining diri ana ing lathi" juga memberikan pesan bahwa memang benar adanya, jika harga diri seseorang dapat dilihat dari cara bicaranya.

Seringkali seseorang mendapat masalah besar yang bermula dari lidah atau ucapannya sendiri. Misal, dari cara bicaranya yang sembrono dan tidak berhati-hati. Kadang kita sendiri pun ketika mendengar seseorang berbicara dengan kata kotor atau nada kasar, maka kita cenderung menganggap orang tersebut memberi citra negatif untuk dirinya sendiri. kebanyakan ucapan dan makian itu tidak jauh dari isi kepalanya, bukan?

Namun sebaliknya, ketika lidah kita terjaga dengan baik dan berbicara yang positif tentu akan membuat citra kita baik di mata orang lain (bukan bermaksud pencitraan). Maka, benar yang dikatakan orang-orang. "mulutmu adalah harimaumu". Tergantung kita sendiri ingin memilih cara bicara yang baik atau sebaliknya.

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu LATHI. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu LATHI yang dinyanyikan Weird Genius, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati liriknya, putar video klip lagu LATHIo yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu LATHI di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, atau TikTok

Makna Singkat Lirik Lagu LATHI ꦭꦛꦶ ~ Weird Genius

Verse 1:
I was born a fool
Aku dilahirkan sebagai orang bodoh
Broken all the rules, ooh
Kulanggar aturan, ooh
Seeing all null
Remehkan semua
Denying all of the truth, ooh
Kutolak kebenaran, ooh

Pre-Chorus:
Everything has changed
Semuanya telah berubah
It all happened for a reason
segalanya terjadi karena suatu alasan
Down from the first stage
Sedari awal
It isn’t something we fought for
hal ini bukan sesuatu yang kita perjuangkan
Never wanted this kind of pain
Tak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini
Turned myself so cold and heartless
Mengubah diriku begitu dingin dan tak berperasaan
But one thing you should know
Tapi ada satu hal yang harus kau ketahui

Chorus:
ꦏꦺꦴꦮꦺꦫꦲꦶꦱꦩ꧀ꦭꦪꦸꦱꦏꦏꦼꦱꦭꦲꦤ꧀
(Kowé ra isa mlayu saka kesalahan)
Kau tak bisa lari dari kesalahan.
ꦲꦗꦶꦤꦶꦁꦢꦶꦫꦶꦲꦤꦲꦶꦁꦭꦛꦶ
(Ajining diri ana ing lathi)
Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataanya)

Verse 2:
Pushing through the countless pain
Terdesak rasa sakit yang tak terhitung jumlahnya
And all I know that this love’s a bless and curse
Dan yang kutahu bahwa cinta ini adalah berkah dan kutukan

Pre-Chorus:
Everything has changed
Semuanya telah berubah
It all happened for a reason
segalanya terjadi karena suatu alasan
Down from the first stage
Sedari awal
It isn’t something we fought for
Hal ini bukan sesuatu yang kita perjuangkan
Never wanted this kind of pain
Tak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini
Turned myself so cold and heartless
Mengubah diriku begitu dingin dan tak berperasaan
But one thing you should know
Tapi ada satu hal yang harus kau ketahui

Chorus:
ꦏꦺꦴꦮꦺꦫꦲꦶꦱꦩ꧀ꦭꦪꦸꦱꦏꦏꦼꦱꦭꦲꦤ꧀
(Kowé ra isa mlayu saka kesalahan)
Kau tak bisa lari dari kesalahan.
ꦲꦗꦶꦤꦶꦁꦢꦶꦫꦶꦲꦤꦲꦶꦁꦭꦛꦶ
(Ajining diri ana ing lathi)
Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataanya)

Informasi Lirik Lagu LATHI

*Penulis lirik lagu LATHI adalah Sara Fajira, Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Lagu LATHI rilis pada tanggal 28 Februari tahun 2020. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu LATHI berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu LATHI milik Weird Genius ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu LATHI milik Weird Genius, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu LATHI milik Weird Genius jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Weird Genius ~ LATHI (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer