Makna Lagu Wake Me Up When September Ends ~ Green Day

Kata "september" dipakai untuk judul lagunya, karena bulan tersebut merupakan bulan dari kematian ayahnya. jadi jelaslah disini, Billie seolah ingin m
Lagu wake me up when september ends menurutku telah menjadi single hit sepanjang masa karena siapa sih orang yang tak pernah mendengarkan lagu ini? ketenaran lagunya seolah-olah tiada habisnya. Lagu wake me up when september ends memuncak di nomor enam di US Billboard Hot 100. Lagu ini juga menepati urutan top-10 di tangga lagu negara Inggris, Belgia, dan Selandia Baru dan merupakan single nomor satu di Republik Ceko.

Setelah lama dirilis, lagu-nya terus tenar ditelinga masyarakat, Di Amerika Serikat, lagu wake me up when september ends menjadi simbolis setelah Badai Katrina, di mana lagu ini didedikasikan untuk para korban bencana, dan juga dianggap sebagai dedikasi untuk para korban serangan 11 September yang terjadi pada tahun 2001. Oleh sebab itulah aku disini akan menginterpretasikan, memaknai, dan menerjemahkan lirik lagu wake me up when september ends dengan begitu lengkap disertai data yang akurat. simak sampai habis ya :)

Daftar isi:

  • Sebenarnya, apa makna lirik lagu wake me up when september ends?
  • Meng-interpretasikan dan memaknai lirik lagu wake me up when september ends Per-bait
  • Kesimpulan lirik lagu wake me up when september ends
  • Terjemahan arti lirik lagu wake me up when september ends

Sebenarnya, apa makna lirik lagu wake me up when september ends?

Setelah membaca dari berbagai sumber, lagu wake me up when september ends menurutku, bisa dimaknai kedalam dua makna yang berbeda. Pertama, lagu ini bisa dimaknai tentang kehidupan pribadi dari vokalis Green Day, Billie Joe Armstrong yang kehilangan ayahnya karna meninggal. Makna kedua, lagu ini bisa dimaknai ke dalam kisah percintaan, tentang sepasang kekasih yang saling kehilangan diperang irak. Namun pada dasarnya, makna lirik lagu wake me up when september ends tetap sama, yaitu tentang kehilangan.

Makna Pertama: Jika dimaknai dalam kacamata kehidupan pribadi dari vokalis Green Day Billie Joe Armstrong. Bait-bait lirik dalam lagu wake me up when september ends, merupakan ungkapan perasaan Billie Joe, saat dia masih berusia 10 tahun. Saat itu dia ditinggal pergi ayahnya untuk selama-lamanya karena penyakit kanker esofagus. Saat diwawancarai dengan majalah cheatsheet.com, Billie mengatakan bahwa judul lagu ini berasal dari kalimat yang ia ucapkan pada ibunya, tidak lama setelah pemakaman ayahnya. Setelah pemakaman itu, dia mengunci diri di kamarnya karena masih sangat sedih mengenang kepergian ayahnya. Saat dipanggil oleh ibunya dia lalu menyebut "wake me up when September ends (bangunkan aku saat September berakhir)". "Aku kira itu adalah sesuatu yang selalu kurasakan. Bulan September selalu mengingatkanku pada..., entahlah, seperti kekecewaan," kata Billie Joe saat wawancara tersebut.

Kata "september" dipakai untuk judul lagunya, karena bulan tersebut merupakan bulan dari kematian ayahnya. jadi jelaslah disini, Billie seolah ingin menghapus bulan september dari hidupnya karena bulan tersebut merupakan bulan terberat dalam hidupnya.

Kematian seringkali berujung sebagai pengalaman traumaris. Billie Joe masih berusia 10 tahun ketika ayahnya meninggal. Dia mengungkapkan bahwa usianya saat itu memengaruhi caranya memproses trauma itu. "Rasanya aneh. Ketika sesuatu seperti itu terjadi saat usiamu masih muda, rasanya seolah kehidupan dimulai lagi dari nol," ujar dia.

Wake Me Up When September Ends adalah sebuah lagu sedih, namun Armstrong mengatakan bahwa dirinya tidak merasakan emosi negatif apapun saat menuliskannya. "Aku memikirkannya (ayahku) setiap hari, sungguh. Aku bahkan mencoba menghindari menulis tentang dirinya selama bertahun-tahun, dan ketika akhirnya aku bisa melewatinya, rasanya sangat melegakan. Bukan berarti aku mengeluarkan semua emosi negatif, tapi lebih seperti memberi penghormatan untuknya," kata Billie.

Makna kedua: Video musik lagu tersebut menggambarkan pasangan yang berpisah karena Perang Irak, yang dimaksudkan untuk menyampaikan tema utama lagu yang berkisah tentang kehilangan. Jika kita cermati video klip musiknya, lagu wake me up when september ends berkisah tentang seorang wanita yang ada di video klip lagu. Dari detik pertama sampai detik terakhir, wanita tersebut selalu menunggu kekasih pria-nya yang tak pernah Kembali dari medan perang. Wanita tersebut selalu mengenang momen-momen indah dengan sang pria, dan berusaha iklas jika sang pria tak Kembali, maka itu bukan salah si pria. Wanita tersebut tahu, si pria tak punya niatan untuk meninggalkan-nya. Si pria berjanji untuk pulang, namun takdir berkata lain. Si pria sepertinya gugur di medan perang.

Mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Wake Me Up When September Ends, jika kakak masih penasaran dengan interpretasi makna liriknya secara lengkap, baca terus sampai akhir tulisan ini. Namun, karena membahas kedua makna mungkin akan menjadi luas, maka saya akan menginterpretasikan dan memaknai lirik lagu ini ke dalam kacamata kehidupan pribadi dari vokalis Green Day, Billie Joe Armstrong saja. Oke berikut makna per bait dari lagu wake me up when september ends.

Meng-interpretasikan dan memaknai lirik lagu wake me up when september ends Per-bait


Verse 1:
Summer has come and passed
(Musim panas datang dan pergi)
The innocent can never last
(Anak polos yang tak pernah bisa bertahan)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)
Like my father's come to pass
(Seolah ayahku baru datang)
Seven years has gone so fast
(Tujuh tahun tlah berlalu begitu cepat)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)

Makna lirik verse 1: Vokalis utama Green Day Billie Joe Armstrong menulis ini tentang ayahnya, yang meninggal karena kanker esofagus pada tanggal 1 September 1982. Billie mengatakan bahwa judul lagu itu berasal dari kalimat yang ia ucapkan pada ibunya, tidak lama setelah pemakaman ayahnya. Setelah pemakaman itu, dia mengunci diri di kamarnya karena masih sangat sedih mengenang kepergian ayahnya. Saat dipanggil oleh ibunya dia lalu menyebut "wake me up when September ends (bangunkan aku saat September berakhir)". Lirik pembuka lagu (Summer has come and passed/Musim panas datang dan pergi) menjelaskan bahwa walaupun musim terus berganti, hari-hari terus berganti, Billie tak bisa melupakan kejadian dimana ayahnya harus meninggal. Kata (september) dipakai untuk judul lagunya bahkan tertulis disemua lirik lagunya, karena bulan tersebut merupakan bulan dari kematian ayahnya. jadi jelaslah disini, Billie seolah ingin menghapus bulan september dari hidupnya karena bulan tersebut merupakan bulan terberat dalam hidupnya.

Chorus/reff:
Here comes the rain again
Hujan datang lagi)
Falling from the stars
(Jatuh dari bitang-bintang)
Drenched in my pain again
(Membasahi lukaku lagi
Becoming who we are
(Menjadikan siapa dirikita)
As my memory rests
(Saat kenanganku istirahat)
But never forgets what I lost
(Namun tak pernah lupa yang tlah hilang dariku)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)

Makna lirik chorus/reff: Bagai hujan badai, ingatan tentang kematian ayahnya, membuat luka Billie tak bisa sembuh (Here comes the rain again / Hujan datang lagi). Kata "hujan" juga menjelaskan bahwa kesedihan Billie Joe digambarkan lewat hujan, hujan nan sendu, kita tahu bahwa hujan dapat berarti kesedihan dlam beberapa momen. 

Billie memang dapat hidup dan tumbuh seiring waktu, dan sedikit melupakan kenangan pahit kehilangan ayahnya. Tapi, yang namanya memory, yang namanya kenangan menyakitkan, bagi setiap orang kadang tak bisa terlupa, dan akan sangat sakit jika kita kembali mengingatnya  (As my memory rests but never forgets what I lost / Saat kenanganku istirahat namun tak pernah lupa yang tlah hilang dariku)

Verse 2:
Summer has come and passed
(Musim panas datang dan pergi)
The innocent can never last
(Anak polos yang tak pernah bisa bertahan)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)
Ring out the bells again
(Bunyikan lagi lonceng-lonceng itu)
Like we did when spring began
(Seperti yang kita lakukan saat musim semi tiba)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)

Makna lirik verse 2:
lirik (Ring out the bells again/Bunyikan lagi lonceng-lonceng itu) menjelaskan bahwa kata bell/lonceng, mungkin mengacu pada cara lonceng gereja berdentang di pemakaman ayahnya. dan mungkin juga bisa dimaknai bahwa bell/lonceng gereja yang berbunyi, mengingatkan Billie joe, pada kematian ayahnya. karena kita tahu bahwa ketika orang meninggal (penganut agama kristen/nasrani), maka orang tersebut akan dibawa kegereja dimana bell/lonceng akan berbunyi.

Verse 3:
Summer has come and passed
(Musim panas datang dan pergi)
The innocent can never last
(Anak polos yang tak pernah bisa bertahan)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)
Like my father's come to pass
(Seolah ayahku baru datang)
Twenty years has gone so fast
(Duapuluh tahun tlah berlalu begitu cepat)
Wake me up when September ends
(Bangunkan aku saat September berakhir)

Makna lirik verse 3: Sudah hampir 20 tahun sejak ayahnya meninggal ketika Billie merekam lagu ini. Mengetahui bahwa sudah 20 tahun berlalu menunjukkan bahwa Billie tidak pernah beranjak dari kenangan menyakitkan itu (Twenty years has gone so fast / Duapuluh tahun tlah berlalu begitu cepat). Dengan mencoba mengabaikan bulan September, Billie sebenarnya semakin menyakiti dirinya sendiri. Dia tidak hanya membiarkan kehilangan itu meninggalkan efek yang merugikan pada dirinya, tetapi juga menghentikannya untuk bergerak dan membuat masa lalu menjadi ingatan menyakitkan, bahkan ingatan tersebut terus menghantuinya.

Kesimpulan lirik lagu wake me up when september ends

September adalah bulan yang menandai awal Musim Gugur, september juga bisa dikatakan menandai musim hujan nansendu. Layaknya daun yang mati karna gugur, layaknya mendung hitam hujan, dibulan tersebutlah Billie juga terpaksa harus kehilangan ayahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa bulan September merupakan bulan terkelam bagi Billie JOe dan sebagian orang diseluruh dunia. Sepanjang tahun bulan september seolah selalu menjadi pengingat momen menyakitkan Bagi Billie dan ingatan tersebut selalu saja menghantuinya.

Lagu wake me up when september ends memandang bahwa perpisahan, kepergian dan kehilangan adalah kata-kata yang tidak pernah diinginkan seseorang dalam hidup. Karena pada setiap perpisahan memang kadang ada momen-momen yang tak pernah bisa kita hapus begitu saja, sehingga membuat kita sedih dan trauma. sebagian orang dapat melupakan kepergian, tapi sebagian nya lagi kadang tidak, dan tak bisa melupakan kenangan pahit berarti juga harus terus-terusan merasakan sakit dalam hati dan diri. Makna sesungguhnya lirik wake me up when september ends jelaslah tentang kehilangan, dan bagaimana kehilangan tersebut meninggalkan bekas ltrauma.

Baik Billie Joe yang kehilangan ayahnya, maupun si wanita yang kehilangan pacarnya (dalam video klip lagu), mereka sama-sama bersedih. Namun bagaimana lagi, karna takdirnya memang begitu. Ayah billie juga tak mau sebenaranya meninggalkan billie, pun sang cowo dari wanita dalam video klip lagu, juga sebenarnya tak berniat untuk meninggalkan wanita itu. Tapi balik lagi, semua telah digariskan, gak ada yang abadi di dunia ini, segala hal diciptakan untuk berpisah di kemudian hari. Dan walaupun sudah berpisah, kita masih punya ingatan agar tetap bersama orang-orang tersebut.

BTW, Saya sangat menyukai lagu ini, terutama dialog antara seorang wanita dan seoang pria yang ada di video klip musiknya pada detik pertama.
si pria: kau tahu, mereka bilang hidup itu singkat. Mereka mengatakan kau bangun pada suatu hari, dan, pada hari itu, semua impianmu dan semua yang kau dambakan hilang, begitu saja. Kau tahu, Orang-orang menjadi tua, dan, kau tahu, banyak hal berubah, dan situasi berubah, dan yang ku inginkan adalah momen ini, sekarang, hari ini. Perasaanku padamu, caramu memandangku sekarang, caraku memandangmu, aku hanya ingin ini bertahan selamanya, kau tahu. Dan itu akan terjadi, bahwa kita selalu kan saling memiliki satu sama lain, dan tidak ada yang dapat mengubahnya. aku hanya ingin kau tahu, apa pun yang terjadi, kau kan selalu memiliki seseorang yang kan menjagamu. Selalu, dan, aku tidak akan pernah meninggalkanmu ... Aku tidak akan pernah meninggalkanmu. Aku mencitaimu.
Si wanita: Aku tahu. Aku tahu., Jangan pernah tinggalkan aku.
Si pria: tidak akan.
Si wanita:Jangan pernah tinggalkan aku.
Si pria: tidak akan, tidak akan.

Arti & Terjemahan Lirik Lagu Green Day ~ Wake Me Up When September Ends

Verse 1:
Summer has come and passed
Musim panas datang dan pergi
The innocent can never last
Anak polos yang tak pernah bisa bertahan
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir
Like my father's come to pass
Seolah ayahku baru datang
Seven years has gone so fast
Tujuh tahun tlah berlalu begitu cepat
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Chorus:
Here comes the rain again
Hujan datang lagi
Falling from the stars
Jatuh dari bitang-bintang
Drenched in my pain again
Membasahi lukaku lagi
Becoming who we are
Menjadikan siapa diri kita
As my memory rests
Saat kenanganku istirahat
But never forgets what I lost
Namun tak pernah lupa yang tlah hilang dariku
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Verse 2:
Summer has come and passed
Musim panas datang dan pergi
The innocent can never last
Anak polos yang tak pernah bisa bertahan
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir
Ring out the bells again
Bunyikan lagi lonceng-lonceng itu
Like we did when spring began
Seperti yang kita lakukan saat musim semi tiba
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Chorus:
Here comes the rain again
Hujan datang lagi
Falling from the stars
Jatuh dari bitang-bintang
Drenched in my pain again
Membasahi lukaku lagi
Becoming who we are
Menjadikan siapa diri kita
As my memory rests
Saat kenanganku istirahat
But never forgets what I lost
Namun tak pernah lupa yang tlah hilang dariku
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Verse 3:
Summer has come and passed
Musim panas datang dan pergi
The innocent can never last
Anak polos yang tak pernah bisa bertahan
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir
Like my father's come to pass
Seolah ayahku baru datang
Twenty years has gone so fast
Duapuluh tahun tlah berlalu begitu cepat
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Outro:
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir
Wake me up when September ends
Bangunkan aku saat September berakhir

Informasi lirik lagu wake me up when september ends

Itulah terjemahan arti dari lirik lagu wake me up when september ends yang menceritakan tentang billie joe yang sedih karena ditinggal oleh ayahnya yang sangat ia cintai. Karena lirik lagu inilah, kemudian setiap bulan september, anak remaja seluruh dunia pasti akan menulis status media sosialnya layaknya di witter, facebook, atau intagram dengan kata "wake me up when september ends" sehingga pada bulan-bulan september lagu ini seolah selalu viral.

*Penulis lirik lagu Wake Me Up When September Ends adalah Tré Cool, Mike Dirnt & Billie Joe Armstrong. Lagu Wake Me Up When September Ends rilis pada 14 September tahun 2004. Lagu Wake Me Up When September Ends masuk ke dalam American Idiot. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Wake Me Up When September Ends berasal dari pendapat pribadi penulis blog didukung oleh sumber-sumber yang akurat.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Wake Me Up When September Ends berdasarkan asumsi penulis blog semata. JadI, pada lagu Wake Me Up When September Ends, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagu Wake Me Up When September Ends yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Green Day ~ Wake Me Up When September Ends (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer