Lewis Capaldi ~ Before You Go | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

makna lagu Before You Go berkisah tentang seseorang yang pergi meninggalkan lewis capaldi tanpa sebuah penjelasan.

Setelah diterjemahnkan dan di artikan, agu "Before You Go," terdengar punya lirik seperti tentang perpisahan (perpisahan cinta, perpisahan teman, perpisahan keluarga), namun Lewis mengatakan bahwa lagu ini punya makna yang sangat serius dikehidupan pribadinya. Diwawancarai oleh Apple Music's Beats 1, Lewis menjelaskan “It's about suicide. When I was five or six...my aunt committed suicide and I just remember recently speaking to my mom about her feelings,...not necessarily the act of it, but, like, after it happens, the aftermath of it. And...people kind of blaming themselves or starting to think, you know, 'What could I have done to kinda help that person?' or whatever."

Dari wawancara tersebut, Lewis memaknai bahwa bagi dirinya sendiri, lagu ini bertema tentang bunuh diri. lagu ini menceritakan bahwa ketika Lewis berumur 5-6 tahun, bibi-nya bunuh diri. bibinya bunuh diri diri karena merasa banyak beban dan rasa sakit yang ditanggungnya, namun sayangnya bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu kepada Lewis dan keluarganya. dalam artian andai saja bibinya menceritakan tentang perasaanya “sebelum ia pergi/ Before You Go” mungkin saja lewis dan keluarganya bisa menyelamatkan hidup bibinya. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sangat bersalah karena tak pernah tahu isi hati sang bibi.

Meskipun secara pribadi lagu ini bercerita tentang bunuh diri, Lewis tak menampik bahwa lagu ini bisa juga dimaknai tentang lagu percintaan bagi para pendengarnya. Dalam kacamata kisah percintaan lagu ini berkisah tentang seorang wanita yang pergi begitu saja dari kehidupan Lewis tanpa penjelasan. Jadi sepanjang lagu, Lewis bertanya-tanya andai saja si wanita itu menjelaskan kepadanya tentang alasan mengapa ia ingin pergi, lewis bisa saja melakukan sesuatu untuk mencegahnya pergi meninggalanya. Berikut merupakan makna lirik lagunya dari baitke bait:

Makna Lirik Verse 1: Lagu Before You Go punya lirik yang bertema tentang perpisahan. (bisa perpisahan cinta, perpisahan dengan anggota keluarga dsb). Namun dalam keteranganya, lewis mengatakan bahwa lagu ini berkisah tentang bibi-nya yang bunuh diri, pergi meninggalkan lewis dan keluarganya. lewis mengatakan dalam lirik (I fell by the wayside like everyone elseAku jatuh ditepi jalan seperti orang lain), bahwa hidup itu layaknya sebuah perjalanan, bagi yang tak kuat maka seseorang kadang kala dapat menepi dipinggir jalanya. Dan benar saja, karna kehilangan bibi-nya lewis akhirnya menepi di sisi jalan memikirkan idup yang sangat berat. Dilirik ini, lewis juga seolah membeci bibi-nya, kenapa bibinya pergi meninggalkanya? Perasaan-perasaan tersebut membuat lewis merasa bersalah (I hate you, I hate you but I was just kidding myself / aku membencimu, tapi aku hanya membohongi diri sendiri).

Makna Lirik Pre-Chorus: Memang, waktu bisa menyembuhkan tapi tidak dengan yang ini. Lewis menjelaskan di lirik (When you hurt under the surface / Ketika rasa sakitmu tertimbun dibawah permukaan), bahwa bibi-nya meninggalkanya tanpa sebuah penjelasan, bibi-nya punya rasa sakit yang dipendamnya sendirian tanpa mau bercerita, inilah yang membuat lewis Capaldi merasa bersalah.

Makna Lirik Chorus/reff: Begitulah kenyataannya, bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu kepada Lewis dan keluarganya. Andai saja bibinya menceritakan tentang perasaanya (sebelum ia pergi/ Before You Go) mungkin saja lewis dan keluarganya bisa menyelamatkan hidup bibinya itu. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sangat bersalah karena tak pernah tahu isi hati sang bibi. Dalam lirik chorus/ref ini, intinya, Lewis bertanya-tanya andai saja si Bibi menjelaskan kepadanya tentang alasan mengapa bibinya ingin pergi, lewis bisa saja melakukan sesuatu untuk mencegahnya bibinya pergi meninggalanya.

Makna Lirik Verse 2: Lewis dalam lirik (Was never the right time, whenever you called / Tak pernah ada waktu yang tepat untuk mengangkat teleponmu) juga seolah merasa bertanggung jawab karena mungkin saat bibinya menelpon dan ingin curhat kepadanya, pada saat bibinya sangat-sangat membutuhkannya, lewis malah tak ada karena mungkin sibuk dengan kehidupanya atau karirnya.

Makna Lirik Bridge: Semuanya lagi-lagi telah terlambat, dan tak ada lagi yang perlu disalahkan. Namun dalam lirik ini, lewis berusaha menggaris bahwahi bahwa segala hal itu dapat dibicarakan, segala hal itu pasti punya solusi jika di obrolkan dari hati-kehati. Andai saja lewis dan bibinya saling mengobrol, saling terbuka dan tahu isi hati dari bibinya, mungkin semuanya takkan berakhir seperti ini (If I'd have let my walls come down / Seandainya aku bisa terbuka denganmu?).

Kesimpulan: Setelah kita interpretasi keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa makna lagu Before You Go berkisah tentang seseorang yang pergi meninggalkan lewis capaldi tanpa sebuah penjelasan. Secara pribadi lewis memaknai lagu ini kedalam kisah bunuh diri bibinya. Bibinya bunuh diri diri karena merasa banyak beban dan rasa sakit yang ditanggungnya, namun sayangnya bibinya tak mengungkapkan semua rasa sakit itu kepada Lewis dan keluarganya. 

Andai saja bibinya menceritakan tentang perasaanya “sebelum ia pergi/ Before You Go” mungkin saja lewis dan keluarganya bisa menyelamatkan hidup bibinya. Namun sayang bibinya tak mengungkapkan semua itu, sehingga lewis dan keluarganya merasa sangat bersalah karena tak pernah tahu isi hati sang bibi.

Lewis Capaldi lewat lirik lagu Before You Go berusaha mengatakan pada pendengarnya, kalau kita punya masalah, kita haruslah membicarakan masalah itu dengan orang lain. Kita gak boleh memendam masalah sendirian, mengambil keputusan sepihak, seperti apa yang dilakukan oleh bibinya. Karena segala hal itu pasti punya solusi jika di obrolkan dari hati-kehati dengan orang lain. Sebuah masalah muncul untuk diselesaikan, untuk dicarikan solusi, bukan untuk dibiarkan dan dipendam.

Saat kita ada masalah, merupakan hal yang lumrah jika kita membicarakanya pada orang yang mau mendengar keluh kesah kita agar membuat hati kita tenang. Malah kalau cuma saling diam atau pura-pura menganggap semuanya baik-baik saja padahal ada yang perlu diluruskan, ujungnya malah bisa menyakiti hati kita sendiri. 

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Before You Go. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu Before You Go yang dinyanyikan Lewis Capaldi, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu Before You Go yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu Before You Go di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music atau TikTok.

Arti & Terjemahan Lirik Lagu Lewis Capaldi ~ Before You Go

Verse 1:
I fell by the wayside like everyone else
Aku tergelincir ditepian jalan selayaknya orang-orang
I hate you, I hate you, I hate you but I was just kidding myself
Aku membencimu, aku membencimu, tapi aku hanya membohongi diri sendiri
Our every moment, I start to replace
Momen yang kita lalui, mulai ku gantikan
'Cause now that they're gone, all I hear are the words that I needed to say
Karena semuanya tlah hilang, yang ku dengar hanyalah kata-kata yang harus ku ucapkan

Pre-Chorus
When you hurt under the surface
Ketika rasa sakitmu tertimbun dibawah permukaan
Like troubled water running cold
Seperti air keruh yang mengalir dingin
Well, time can heal but this won't
Memang, waktu bisa menyembuhkan tapi tidak dengan yang ini

Chorus:
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make your heart beat better?
Agar hatimu merasa lebih baik?
If only I'd have known you had a storm to weather
Andai saja aku tahu kau mengalami masa-masa sulit
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make it all stop hurting?
Agar tak lagi ada sakit yang kau derita?
It kills me how your mind can make you feel so worthless
Aku merasa tak berguna karena membiarkan pikiranmu membuatmu tak berdaya
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi

Verse 2:
Was never the right time, whenever you called
Tak pernah ada waktu yang tepat untuk mengangkat teleponmu
Went little by little by little until there was nothing at all
Sedikit demi sedikit sampai tak ada sama sekali
Our every moment, I start to replay
Setiap momen kita, mulai aku ingat kembali
But all I can think about is seeing that look on your face
Tapi yang bisa aku pikirkan hanyalah melihat ekspresi itu di wajahmu

Pre-Chorus
When you hurt under the surface
Ketika rasa sakitmu tertimbun didalam permukaan
Like troubled water running cold
Seperti air keruh yang mengalir dingin
Well, time can heal but this won't
Memang, waktu bisa menyembuhkan tapi tidak dengan yang ini

Chorus:
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make your heart beat better?
Agar hatimu merasa lebih baik?
If only I'd have known you had a storm to weather
Andai saja aku tahu kau mengalami masa-masa sulit
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make it all stop hurting?
Agar tak lagi ada sakit yang kau derita?
It kills me how your mind can make you feel so worthless
Aku merasa tak berguna karena membiarkan pikiranmu membuatmu tak berdaya
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi

Bridge:
Would we be better off by now
Akankah kita bisa lebih baik sekarang
If I'd have let my walls come down?
Seandainya aku bisa terbuka denganmu?
Maybe, I guess we'll never know
Mungkin saja, kita tak akan pernah tahu
You know, you know?
Tahukah kau?

Chorus:
Before you go
Sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make your heart beat better?
Agar hatimu merasa lebih baik?
If only I'd have known you had a storm to weather
Andai saja aku tahu kau mengalami masa-masa sulit
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi
Was there something I could've said
Adakah yang bisa aku ucapkan?
To make it all stop hurting?
Agar tak lagi ada sakit yang kau derita?
It kills me how your mind can make you feel so worthless
Aku merasa tak berguna karena membiarkan pikiranmu membuatmu tak berdaya
So, before you go
Jadi, sebelum kau pergi

Informasi Lirik Lagu Before You Go

*Penulis lirik lagu Before You Go adalah Plested, Tom Barnes, Ben Kohn, Pete Kelleher & Lewis Capaldi. Lagu Before You Go tanggal rilis pada tanggal 19 November tahun 2019. Lagu Before You Go masuk ke dalam album Divinely Uninspired to a Hellish Extent (2019). Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Before You Go berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu Before You Go milik Lewis Capaldi ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Before You Go milik Lewis Capaldi ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Before You Go milik Lewis Capaldi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.


Lewis Capaldi ~ Before You Go (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer