Blackpink ~ Lovesick Girls | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Lovesick Girls milik Blackpink, menceritakan tentang seorang wanita yang sangat sakit hati karna cinta. cerita di lagu ini dibalut dengan d

Makna lagu Lovesick Girls milik Blackpink, menceritakan tentang seorang wanita yang sangat sakit hati karna cinta. cerita di lagu ini dibalut dengan drama gelap, dramatis, dan bahkan memilukan, karna jika kita melihat dari lirik lagunya, gadis dalam lirik lagu ini seolah disakiti terus-menerus oleh kekasihnya. 

Lagu Lovesick Girls sangat menarik, karna meskipun di keseluruhan lirik membahas tentang sakit hati dan perihnya cinta, namun tak dipungkiri setiap orang juga masih tetap mencari cinta. Lirik (But we're still looking for love) di bagian outro lagu, seolah dapat dimaknai bahwa walaupun gadis tersebut sakit hati, namun ia masih punya impian dan cinta baru. 

Jisoo dan Jennie yang ikut menulis lirik lagu utama Lovesick Girls, dalam sebuah wawancara mengungkapkan "Lagu itu menggambarkan seorang perempuan yang sedih akibat disakiti. namun dia masih bisa mengatasi dan menemukan cinta dan impian baru" ungkap Jisoo. "Daripada mencoba membuat lagu sedih, kami ingin memberikan pesan penuh harapan dan lebih positif," imbuh Jisoo. Jennie berharap pesan pada lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik bagi semua orang yang mendengarnya. "Saya harap itu tersampaikan dengan baik dan karena semua anggota sangat menyukai lagu itu, saya senang lagu itu menjadi lagu utama kami," ujar Jennie.

Kata Lovesick Girls jika di terjemahkan dalam bahasa bahasa indonesia berarti "gadis yang merana" atau bisa juga berarti “gadis yang sakit hati". Sementara menurut kamus urbandictionary.com, makna kata “Lovesick” punya pengertian tentang seseorang yang sangat sakit hati dan rasa sakit hati tersebut berpengaruh dalam keadaan fisik. Misalkan saja, jika kamu sakit hati pada pacarmu kadang kala rasa sakit tersebut berpengaruh pada fisikmu seperti lemas dsb. Jadi jelaslah bahwa kata lovesick di lagu ini ditujukan pada gadis-gadis yang sangat patah hati atau dapat disingkat “merana"

Berikut merupakan pemaknaan lirik lagu Lovesick Girls dari bait ke bait;

Makna Lirik Verse 1: Lagu Lovesick Girls liriknya mengisahkan tentang member Blacpink yang sedih akibat disakiti kekasihnya. namun mereka masih bisa mengatasi rasa sakit itu, mereka tetap bangkit dengan berharap menemukan cinta dan impian baru. Lirik (Maebeon apado oechineun / Merindukan cinta meski menyakitkan setiap saat) menggambarkan dengan gamblang bahwa member Blacpink akan baik-baik saja, walaupun telah disakiti dengan begitu dalam oleh orang yang ia sayangi. 

Makna Lirik Verse 2: Di lirik verse 2 ini, member Blackpink seolah ingin memberi tahu bahwa sakit hati dapat dialami oleh siapapun yang merasakan cinta. satu hal yang jarang terungkapkan oleh cerita cinta adalah bahwa cinta juga bercerita tentang rasa sakit hati dan hancur. Lirik (I apeum-eul gidalin geoscheoleom/Seolah kita menunggu penderitaan ini) seolah menerangkan bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati.

Makna Lirik Pre-chorus: Jika kita pernah jatuh cinta, pasti kita juga pernah merasakan pedihnya hati yang hancur. Lirik Pre-Chorus, seolah menganggap bahwa satu-satunya cara untuk menghadapi rasa sakit hati, terletak pada diri kita sendiri dalam menanganinya. Lirik (But i don't care i'll do it over and over / Tapi aku tidak peduli, aku kan melakukannya berulang kali) menegaskan sekali lagi bahwa Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati. Kalau patah hati ya berusaha lagi, cari cinta baru lagi, terus berulang-ulang kali sampai kita menemukan cinta yang sejati.

Makna Lirik Chorus/reff: Patah hati adalah hal yang menyakitkan, menyedihkan dan seolah-olah seperti hidup ini tidak adil. Tetapi itu adalah sesuatu yang umum terjadi. Tidak ada seorang pun didunia ini yang menjalani hidup tanpa setidaknya mengalami satu kali patah hati. Kita semua pernah sakit hati, termasuk member Blackpink, mereka pernah patah hati/merana. Namun, dari patah hati tersebut mereka seolah dapat mengambil pelajaran yang berharga. Lirik (I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo / Aku bukan apa-apa tanpa rasa sakit ini) seolah menjelaskan bahwa dalam kenyataannya, kita tidak akan benar-benar tahu apa itu cinta, tanpa merasakan hati kita disakiti atau dilukai, bukan?

Makna Lirik Post chorus: Kita memang dilahirkan sendirian (were born to be alone / kita dilahirkan sendirian), ya pada faktanya kita dilahirkan di dunia ini sendirian, pada faktanya kita adalah satu individu dari keseluruhan individu di dunia ini. lalu pertanyaanya, kenapa kita yang hanya seorang individu masih saja mencari pasangan atau masih mencari cinta walau suda? Karena kita adalah mahluk sosial. Dalam prosesnya kita memang kadang membutuhkan orang lain, khususnya pasangan hidup sebagai sandaran. Lalu bagaimana jika pasangan kita tersebut pergi? ya, seperti tema awal dari lagunya. Patah hati ya harus bangkit dan menemukan pasangan lagi yang lebih mengerti hati kita tentunya.

Makna lirik Verse 3: "X dan O" dalam lirik lagu adalah singkatan huruf yang bermakna “ciuman dan pelukan”. Ini adalah lirik raap yang dinyanyikan oleh lirsa. Lisa dalam lirik ini seolah mengatakan bahwa perempuan itu tak boleh lemah, karna kadang cinta itu sadis tanpa ada kesan yang romantis. Jadi dalam menyikapi cinta ya jangan bucin-bucin amat lah. Begitu mungkin singkatnya.

Kesimpulan: Setelah kita interpretasi dan maknai bait-bait lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa makna lirik lagu Lovesick Girls menceritakan tentang member Blackpink yang sakit hati karna karna cinta, namun mereka bisa bangkit, untuk mencari cinta lain. Lirik Lovesick Girls seolah ingin mengatakan pada pendengarnya bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Lirik Lovesick Girls juga menekankan bahwa cinta juga punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati. Jadi kalau kamu disakiti, mbil hikmahnya, untuk kemudian bangkit dan menemukan cinta lain yang bisa membahagiakan dirimu.

Lagu Lovesick Girls bagi diriku sendiri sangatlah menarik. Mungkin menurut versiku, ini adalah lagu terbaik Blackpink. Dari lagu ini kita seoah diajarkan kalau kebahagiaanmu tergantung pada dirimu sendiri. Pada titik tertentu setelah kita bersedih dan mengisolasi diri sendiri untuk beberapa waktu akibat putus cinta, kita kadang sadar bahwa harus bangkit kembali. Karena sebanyak apapun keluarga dan teman mencoba melakukan sesuatu untuk kita, mereka tidak akan pernah bisa. Lagu ini seolah berpendapat bahwa sakit hati mengajarkan bahwa satu-satunya orang yang bisa membuat kita bahagia adalah diri kita sendiri. Oleh sebab itu, lagu ini menyuruh kita untuk bangkit, dari kesedihan yang berlarut-larut untuk kemudian menemukan cinta baru.

Cinta adalah sebuah resiko, Bukankah sudah menjadi rahasia umum, jika hidup itu menyoal sebab-akibat? Segala hal di dunia ini memiliki risiko dan konsekuensi yang juga harus berani kamu tanggung. Termasuk tentang jatuh cinta. Lagu ini seolah menerangkan bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati. Jadi jangan terlalu bersedih jika sakit hati karna cinta.

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Lovesick Girls. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu Lovesick Girls yang dinyanyikan Blackpink, kedalam Bahasa Indonesia. Perlu diketahui bahwa terjemahan di lirik lagu ini, disadur langsung dari subtitle bahasa inggris pada official MV Lovesick Girls di Youtube. Jadi terjemahan dan arti liriknya tidak asal-asalan.

Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu Lovesick Girls yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu Lovesick Girls di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music atau TikTok.

Arti & Terjemahan Lirik Lagu Blackpink ~ Lovesick Girls

Intro: all
Lovesick girls
Gadis yang merana
Lovesick girls
Gadis yang merana

Verse 1 : jennie
Yeong-wonhan bam
Malam yang kekal
Changmun-eobsneun bang-e ulil gadun love
Cinta yang menjebak kita di ruangan tanpa jendela
What can we say?
Tak ada yang bisa kita ucapkan
Maebeon apado oechineun (love)
Merindukan cinta meski menyakitkan setiap saat (Cinta)

Verse 2 : lisa
Da chigo mang-gajyeodo, na
Sakit hati dan hancur, aku
Mwol midgo beotineungeoya
Tidak tahu hal apa lagi yang bisa membuatku bertahan
Eochapi tteonamyeon sangcheo tuseong in chaelo miwohage doelgeol
Andai aku pergi, aku kan membencimu dalam keadaan sedihku
Kkeutjang-eulbogi jeon kkeutnael sun eobs-eo
Kita tak bisa mengakhirinya sebelum semuanya berakhir
I apeum-eul gidalin geoscheoleom
Seolah kita menunggu penderitaanya ini

Pre-chorus: jisoo & rosé
Ama da jamkkan iljido molla
Mungkin semua ini hanya sesaat
Ulin mueol chajaseo hemaeneun geolkka
Kita mencari hal tanpa tujuan
But i don't care i'll do it over and over
Tapi aku tak peduli, aku kan melakukannya berulang kali
Nae sesang sogen neoman isseumyeon dwae
Aku hanya membutuhkanmu dalam hidupku

Chorus: all
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
Ne meosdaelo nae salangeul kkeutnaelsun eobseo
Kau tak bisa mengakhiri cinta ini sepihak
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo
Aku bukan apa-apa tanpa rasa sakit ini

Post chorus: all
But we were born to be alone
Tapi kita dilahirkan tuk jadi sendirian
Yeah, we were born to be alone
Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian
Yeah, we were born to be alone
Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian
But why we still looking for love?
Tapi kenapa kita masih mencari cinta?

Verse 3: lisa & jennie
No love letters, no x and o's
Tanpa surat cinta, tanpa x dan o
No love, never, my exes know
Tanpa cinta, takpernah, mantanku pun tahu
No diamond rings, that set in stone
Tanpa cincin berlian, yang terpasang
To the left,
di jari kiriku
Better left alone
Lebih baik sendiri
Didn't wanna be a princess, i'm priceless
Tak ingin menjadi seorang putri, harga diriku tak ternilai
A prince not even on my list
Seorang pangeran bahkan tak ada dalam daftar ku
Love is a drug that i quit
Cinta adalah candu yang coba ku hentikan
No doctor could help when i'm lovesick
Tidak ada dokter yang bisa membantu saat aku merana

Pre-chorus: jisoo & rosé
Ama da jamkkan iljido molla
Mungkin semua ini hanya sesaat
Ulin mueol chajaseo hemaeneun geolkka
Kita mencari hal tanpa tujuan
But i don't care i'll do it over and over
Tapi aku tak peduli, aku kan melakukannya berulang kali
Nae sesang sogen neoman isseumyeon dwae
Aku hanya membutuhkanmu dalam hidupku

Chorus: all
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
Ne meosdaelo nae salangeul kkeutnaelsun eobseo
Kau tak bisa mengakhiri cinta ini sepihak
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo
Aku bukan apa-apa tanpa rasa sakit ini

Post chorus: all
But we were born to be alone
Tapi kita dilahirkan tuk jadi sendirian
Yeah, we were born to be alone
Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian
Yeah, we were born to be alone
Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian
But why we still looking for love?
Tapi kenapa kita masih mencari cinta?

Bridge: rosé & jisoo
Salangeun slippin' and fallin'
Cinta itu tergelincir dan jatuh
Salangeun killin' your darlin'
Cinta itu membunuh kekasihmu
Apeuda amulmyeontto chajaoneun i geob eobsneun tteollim
Sensasi tak kenal takut itu kembali setelah rasa sakit mereda
Deulliji anha what you say
Tidak bisa mendengar apa yang kau katakan
Iapeumi nan haengbokhae
Aku senang dengan rasa sakit ini
Naleul bulssanghae haneun nega nae nunen deo bulssanghae
Kau mengasihani ku, tetapi aku lebih mengasihanimu

Chorus: all
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
Ne meosdaelo nae salangeul kkeutnaelsun eobseo
Kau tak bisa mengakhiri cinta ini sepihak
We are the lovesick girls
Kita adalah gadis yang merana
I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo
Aku bukan apa-apa tanpa rasa sakit ini

Outro: all, rosé & jennie
(lovesick girls) modu gyeolgug tteonagago
(kita adalah gadis yang merana) semua orang akhirnya pergi
(lovesick girls) nae nunmuli mudyeojyeodo
(kita adalah gadis yang merana) aku menjadi mati rasa untuk menangis
(lovesick girls) apeugotto apado
(kita adalah gadis yang merana) sakit terus menerus
(lovesick girls)
(kita adalah gadis yang merana)
But we're still looking for love
Tapi kita masih mencari cinta

Informasi Lirik Lagu Lovesick Girls

*Penulis lirik lagu Lovesick Girls adalah Melanie Fontana, Cardi B, Jonathan Descartes, Torae Carr, Ryan Tedder, Mr. Franks & TBHits. Lagu Lovesick Girls pada tanggal  22 oktober tahun 2020. Lagu Lovesick Girls masuk ke dalam album THE ALBUM (2020) . Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Lovesick Girls berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu Lovesick Girls milik Blackpink ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Lovesick Girls milik Blackpink ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Lovesick Girls milik Blackpink ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.


Blackpink ~ Lovesick Girls (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer