Pencarian

Makna Dibalik Lagu BTS ~ Black Swan (Terjemahan & Arti)

Lagu “Black Swan” dapat dimaknai sebagai kisah seorang lelaki yang merasakan ketakutan sepanjang hidupnya, dan ketakutan tersebut mengaburkan hidupnya, membuatnya bingung, dan membuatnya terus-terusan tenggelam dan terpuruk.

 

Dari tema yang lebih spesifik lagi, sebenarnya “Black Swan” bercerita tentang ketakutan personel BTS akan momen di mana mereka tak dapat lagi berkarya, tak dapat menciptakan lagu yang baik, dan tak dapat berdiri lagi diatas panggung sebagai seorang artis. Layaknya quotes yang diungkapkan Martha Graham di awal video klip lagu ini “Seorang penari mati dua kali. sekali ketikamereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan” persnel BTS seolah takut jika karir mereka suatu saat kan mati, dan itu merupakan kematian yang sangat menyakitkan dibanding kematian yang sebenarnya.

 

Lagu ini adalah pengakuan seorang seniman yang benar-benar telah mempelajari arti musik bagi dirinya sendiri. Mereka kadang takut bahwa musik mereka suatu saat akan mati. Jadi ketakutan di sini seolah diandaikan sebagai “angsa hitam


Oke, untuk tahu lebih dalam tentang bagaimana makna dari lagunya, kita interpretasi saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

 

Intro:

Do your thang

Lakukanlah hal terbaik

Do your thang with me now

Lakukanlah hal terbaik bersamaku

Do your thang

Lakukanlah hal terbaik

Do your thang with me now

Lakukanlah hal terbaik bersamaku

What's my thang?

Apa hal terbaik dari diriku?

What's my thang tell me now

Apa hal terbaik dari diriku, katakanlah

Tell me now

Katakanlah padaku

Yeah, yeah, yeah, yeah

Thang adalah istilah slang dalam hip hop amerika yang dapat berarti sesuatu yang terbaik yang sanggup kita lakukan tanpa menghiraukan kata orang lain atau istilah lainnya do your best. Lirik intro ini adalah lirik cerminan bahwa BTS dalam membuat karya seni musik, selalu memberikan hal terbaik. Meskipun dalam suatu waktu, mereka kadang juga tak tahu hal terbaik dari dirinya sendiri.

 

Verse 1:

Ayy, Simjangi ttwiji anneundae

Jantungku tak lagi berpacu

Deoneun eumageul deureul ttae

Saat mendengar musik diputar

Tryna pull up

Yang coba tuk menarikku

Sigani meomchun deuthae

Rasanya waktu tlah berhenti

Oh that would be my first death

Oh, akankah ini kan menjadi kematian pertamaku

I been always afraid of

Aku selalu takut

Musik adalah segalanya bagi para musisi. Kehilangan rasa akan musik, kehilangan gairah akan musik, Kehilangan hubungan dengan musik, menurut BTS adalah kematian bagi diri mereka yang sebenarnya. Mereka kemudian takuT, dan lambang ketakutan itu adalah angsa hitam tersebut.

 

Verse 2:

Ige nareul deo mot ullindamyeon

Jika hal ini tak lagi berdengung

Nae gaseumeul deo tteollige mot handamyeon

Tak lagi membuat hatiku bergetar

Eojjeom ireoke han beon jukgetji ama

Maka seperti inilah mungkin caraku mati pada kematian pertamaku

But what if that moment's right now

Tapi bagaimana jika momen itu terjadi sekarang

Right now

sekarang

Lirik ini, layaknya quotes yang diungkapkan Martha Graham di awal video klip lagu ini “Seorang penari mati dua kali. sekali ketikamereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan” persnel BTS seolah takut jika karir mereka suatu saat kan mati, dan itu merupakan kematian yang sangat menyakitkan dibanding kematian yang sebenarnya.

 

Pre-Chorus:

Gwitgaen neurin simjang soriman

Detak jantung berdenyut lambat di telingaku

bump bump bump

Beoseonallaedo geu ipsogeuro

Mencoba kabur tapi kembali merangkak

jump jump jump

Eotteon noraedo wadachi mothae

Tidak ada lagu yang mempengaruhi ku lagi

Sori eomneun soril jilleo

Menangis dalam diam

Karena seniman (musisi, artis, artis, penari, dll.) Terus menyempurnakan seni mereka, terkadang mereka mengalami kelelahan atau periode waktu yang lama di mana kreativitasnya akhirnya hilang.  Hal ini dapat menciptakan sumber stres dan kecemasan, sehingga mereka ingin kabur dan memikirkan tentang cara semua ini berakhir.

 

Chorus:

Modeun bichi chimmukaneun bada yeah yeah yeah

Dengan semua cahaya lautan yang tertutup

Gil ileun nae balmogeul tto jaba yeah yeah yeah

Kakiku yang mengembara terjebak dalam jalur berlubang

Eotteon sorido deulliji ana yeah yeah yeah

Tiap kebisingan dan suara yang menyayat

Killin' me now

Membunuh ku sekarang

Killin' me now

Membunuhku sekarang

Do you hear me yeah

Apakah kau mendengarku

Hollin deut cheoncheonhi garaanja nah nah nah

Tenggelam perlahan seperti dalam keadaan koma

Momburimchyeobwado sabangi badak nah nah

Berjuang namun semua ini hanyalah dasar lautan

Modeun sungandeuri yeongwoni dwae yeah yeah yeah

Setiap momen menjadi keabadian

Film it now

Filmkan hal itu sekarang

Film it now

Filmkan hal itu sekarang

Do you hear me yeah

Apakah kau mendengarku

Ketika mengerjakan sebuah proyek dengan sangat tekun, banyak seniman mengalami tekanan pikiran bagai tenggelam dalam lautan. di mana rasa, waktu, dan lingkungan mereka seolah menghilang karena mereka sepenuhnya hanya terfokus dengan karya seni yang mereka buat.

 

Ketekunan mereka, kelelahan mereka, tekanan yang diperoleh mereka, dalam mengerjakan karya musik demi para penggemarnya, semua itu kemudian ingin mereka “film-kan. Disini, personel  BTS, meminta semua usaha berat mereka  untuk difilmkan. Meskipun "Black Swan" menjadi lagu yang penuh dengan ketakutan dan ketidakamanan, rasa sakit yang sangat pribadi, mereka ingin difilmkan, ingin membagikannya dengan penggemar mereka.

 

Verse 3:

Deeper

Lebih dalam

Yeah I think I'm goin' deeper

Ku pikir aku tenggelam lebih dalam

Jakku chojeomeul ileo

Aku terus kehilangan konsentrasi

Ijen noajwo sileo

Tidak, lepaskanlah diriku

Charari nae ballo galge

Biarlah kakiku sendiri menggendongku

Naega ttwieodeureogalge

Aku akan pergi dengan diriku sendiri

Gajang gipeun goseseo

Di kedalaman yang terdalam

Naneun nal bwasseo

Aku mlihat diriku sendiri

Rasa kecemasan, ketakutan, tekanan, frustasi yang BTS alami, kemudian membuat para personel BTS sadar dalam lirik ini. sebagian fans BTS memaknai bahwa secara tersirat, BTS seolah ingin menyerah dan kabur dalam industry musik karna tekanan hebat yang mereka alami.

 

Verse 4:

Cheoncheonhi nan nuneul tteo

Perlahan, aku membuka mataku

Yeogin naui jageopsil nae seutyudio

Aku di ruang kerjaku, ini adalah studioku

Geosen pado

Ombak pun berlalu

Kkamkkamhage nareul seuchyeodo

Begitu gelap karna penderitaan

Jeoldae kkeullyeogaji aneul geoya dasi tto

Aku tak akan pernah terseret lagi

Inside

Didalamnya

I saw myself, myself

Aku melihat diriku sendiri

Yap, sebagai penutup lagu, lirik ini adalah klimaks dari ketakutan yang BTS alami. Dan ketakutan itu hanyalah sebu=h mimpi rupanya. Mimpi dalam realita yang nyata. Karna dalm mimpi dan kenyataan pun, BTS selalu tertekan dan ingin mengakhiri semuanya, dimana mereka bisa menjadi diri mereka sendiri.

 

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu “Black Swan” sebenarnya bercerita tentang ketakutan personel BTS akan momen di mana mereka tak dapat lagi berkarya, tak dapat menciptakan lagu yang baik, dan tak dapat berdiri lagi diatas panggung sebagai seorang artis. Layaknya quotes yang diungkapkan Martha Graham di awal video klip lagu ini “Seorang penari mati dua kali. sekali ketikamereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan” persnel BTS seolah takut jika karir mereka suatu saat kan mati, dan itu merupakan kematian yang sangat menyakitkan dibanding kematian yang sebenarnya.

 

Ketika mengerjakan sebuah proyek dengan sangat tekun, banyak seniman mengalami tekanan pikiran bagai tenggelam dalam lautan. di mana rasa, waktu, dan lingkungan mereka seolah menghilang karena mereka sepenuhnya hanya terfokus dengan karya seni yang mereka buat.

 

Dalam lirik ini, BTS seolah bercerita secara terseirat bahwa ketekunan mereka, kelelahan mereka, tekanan yang diperoleh mereka, dalam mengerjakan karya musik, semua demi para penggemarnya, meskipun BTS tahu bahwa menyenangkan para penggemarnya tidaklah gampang, karna ada tekanan disitu, ketakutan,  ketidakamanan, dan rasa sakit yang BTS rasakan.

 

Rasa kecemasan, ketakutan, tekanan, frustasi yang BTS alami, kemudian membuat para personel BTS sadar. dalam lirik lagu ini. sebagian fans BTS memaknai bahwa secara tersirat, BTS seolah ingin menyerah dan kabur dalam industry musik karna tekanan hebat yang mereka alami. Dan semua itu, merupakan KEMATIAN pertama mereka yang dilambangkan sebagai "BLACKSWAN" atau angsa hitam.

 

 

 

*Penulis lirik lagu Blackswan adalah Clyde Kelly, Vince Nantes, August Rigo, Pdogg & RM. Lagu ini rilis pada 17 Januari tahun 2020. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

 

BTS ~ Black Swan (Official Video)

Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu BTS ~ Black Swan (Terjemahan & Arti)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel