BTS ~ Black Swan | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

makna lagu Black Swan bercerita tentang seorang lelaki yang selalu merasa ketakutan, kalau segala sesuatu yang ia perbuat tak sempurna.

Makna Singkat Lirik Lagu BTS  ~ Black Swan

Setelah diterjemahkan dan di artikan liriknya, makna lagu Black Swan bercerita tentang seorang lelaki yang selalu merasa ketakutan, kalau segala sesuatu yang ia perbuat tak sempurna. Karena ia ketakutan akan tak kesempurnaan, makanya ia terus-terusan bekerja keras sekuat tenaga untuk mejadi sempurna, dan hal tersebut malah mengaburkan hidupnya, membuatnya depresi, bingung, dan membuatnya terus-terusan tenggelam dan terpuruk.

Dari tema yang lebih spesifik lagi, sebenarnya “Black Swan” bercerita tentang ketakutan personel BTS akan momen di mana mereka tak dapat lagi berkarya, tak dapat menciptakan lagu yang baik, dan tak dapat berdiri lagi diatas panggung sebagai seorang artis. Layaknya quotes yang diungkapkan Martha Graham di awal video klip lagu ini “Seorang penari mati dua kali. sekali ketikamereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan” persnel BTS seolah takut jika karir mereka suatu saat kan mati, dan itu merupakan kematian yang sangat menyakitkan dibanding kematian yang sebenarnya. Oleh sebab itu, BTS seolah dituntut tuk jadi sempurna, dan menjadi seseorang yang sempurna itu gak gampang, sehingga mereka akhirnya depresi, dan muak akan semuanya.

Menginterpretasikan dan meng artikan lirik lagu ini, saya jadi teringat oleh "Film Blackswan", dimana dikisahkan Ada seorang pembalet wanita, yang terus-terusan berlatih sampai melukai dirinya sendiri demi sebuah pementasan. wanita di film ini menuntut kesempurnaan, ia tak mau ada kesalahan sedikitpun, jadi ia seolah berusaha dengan keras berlatih, hingga setelah pementasan yang akhirnya mendapat tepuk tangan penonton, ia akhirnya mati karena kelelahan dan terluka yang disebabkan oleh latihan kerasnya sendiri. 

Kisah film tersebut seolah hampir sama dengan curhatan para personel BTS di lagu ini. Apakah personel BTS menuntut kesempurnaan? Atau apakah apakah BTS dituntut untuk jadi sempurna oleh Agencinyam sehingga mereka muak? Adakan pembaca di blog ini tahu alasanya mengapa?  Berikut merupakan pemaknaan lirik lagu-nya dari bait ke bait;

Makna Lirik Intro: Lirik lagu dibuka dengan kisah member BTS yang selalu melakukan hal sempurna dalam berkarya di industri musik. Meskipun dalam suatu waktu, mereka kadang juga tak tahu hal terbaik dari dirinya sendiri. di lirik ini, BTS terlihat jelas di tutut kesempurnaanya, jadi berbuat apapun, member BTS selalu berucap (Do your thang / apa kau sudah melakukanlah hal terbaik?). Thang adalah istilah slang dalam hip hop amerika yang dapat berarti sesuatu yang terbaik yang sanggup kita lakukan tanpa menghiraukan kata orang lain atau istilah lainnya do your best.

Makna Lirik Verse 1: Dituntut menjadi sempurna, membuat member BTS menjadi muak, jantung mereka mulai berhenti serasa mati (Ayy, Simjangi ttwiji anneundae, Deoneun eumageul deureul ttae / Jantungku tak lagi berpacu, Saat mendengar musik diputar). Kita tahu, bahwa musik adalah segalanya bagi para musisi. Kehilangan rasa akan musik, kehilangan gairah akan musik, Kehilangan hubungan dengan musik, karena dituntut tuk jadi sempurna, menurut BTS adalah kematian bagi diri mereka yang sebenarnya. Mereka kemudian takut, dan lambang ketakutan itu adalah angsa hitam tersebut.

Makna Lirik Verse 2: Lirik ini (Eojjeom ireoke han beon jukgetji ama /Maka seperti inilah mungkin caraku mati pada kematian pertamaku) layaknya quotes yang diungkapkan Martha Graham di awal video klip lagu ini “Seorang penari mati dua kali. sekali ketika mereka berhenti menari, dan kematian pertama ini lebih menyakitkan” persnel BTS seolah takut jika karir mereka suatu saat kan mati, dan itu merupakan kematian yang sangat menyakitkan dibanding kematian yang sebenarnya.

Makna Lirik Pre-Chorus: Karena seniman (musisi, artis, artis, penari, dll.) Terus menyempurnakan seni mereka, terus dituntuk jadi sempurn, terkadang mereka mengalami kelelahan atau periode waktu yang lama di mana kreativitasnya akhirnya hilang (Eotteon noraedo wadachi mothae / Tidak ada lagu yang mempengaruhi ku lagi). Hal ini dapat menciptakan sumber stres dan kecemasan, sehingga mereka ingin kabur dari tuntutan kesempurnaan, karena kesempurnaan sendiri adalah suatu kata yang mustahil. tak ada manusia yang sempurna, sehingga berpikir untuk jadi sempurna malah akan membebani kita dan membuat diri kita depresi

Makna Lirik Chorus: Ketika mengerjakan sebuah proyek dengan sangat tekun, banyak seniman mengalami tekanan pikiran bagai tenggelam dalam lautan . di mana rasa, waktu, dan lingkungan mereka seolah menghilang karena mereka sepenuhnya hanya terfokus dengan karya seni yang mereka buat. Ketekunan mereka, kelelahan mereka, tekanan yang diperoleh mereka, dalam mengerjakan karya musik demi para penggemarnya, tapi malah terus disuruh tuk jadi sempurna, membuat member BTS seolah terbunuh oleh tuntutan tersebut (Killin' me now / Membunuh ku sekarang)

Makna Lirik Verse 3: Rasa kecemasan, ketakutan, tekanan, frustasi yang BTS alami, karena dituntut tuk jadi sempurna kemudian membuat para personel BTS ingin mengakhiri karir mereka. Dalam lirik (Deeper, Yeah I think I'm goin' deeper, Jakku chojeomeul ileo, Ijen noajwo sileo / Lebih dalam, Ku pikir aku tenggelam lebih dalam, Aku terus kehilangan konsentrasi, Tidak, lepaskanlah dirikusebagian fans BTS memaknai bahwa secara tersirat, BTS seolah ingin menyerah dan kabur dalam industry musik karna tekanan hebat yang mereka alami.

Lagu yang sangat luar biasa. mungkin menurutku ini adalah lagu terbaik yang diciptakan oleh BTS. Dari bait-bait yang sudah kita interpretasikan tersebut, kita bisa mendapat kesimpulain kalau makna lagu Black Swan mengisahkan tentang muaknya member BTS, mati rasanya member BTS, karena selalu dituntut untuk menjadi sempurna oleh orang-orang. 

Lirik lagu Black Swan, seolah mengajarkan pada kita bahwa kata "sempurna" itu mustahil. Karena di dunia ini, tak akan mungkin manusia menjadi sempurna. Orang yang selalu menuntut kesempurnaan, ataupun di tuntut untuk jadi sempurna, pada akhirnya akan melukai dirinya sendiri karena ekspetasi yang besar yang membebani pikiranya, layaknya personel BTS. ingatlah kawan, kesempurnaan itu hanya milik TUHAN. 

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Black Swan. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu Black Swan yang dinyanyikan BTS, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu Black Swan yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu Black Swan di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music atau TikTok.

Terjemahan & Arti Lirik Lagu  BTS  ~ Black Swan 

Intro:
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
What's my thang?
Apa hal terbaik dari diriku?
What's my thang tell me now
Apa hal terbaik dari diriku, katakanlah
Tell me now
Katakanlah padaku
Yeah, yeah, yeah, yeah

Verse 1:
Ayy, Simjangi ttwiji anneundae
Jantungku tak lagi berpacu
Deoneun eumageul deureul ttae
Saat mendengar musik diputar
Tryna pull up
Yang coba tuk menarikku
Sigani meomchun deuthae
Rasanya waktu tlah berhenti
Oh that would be my first death
Oh, akankah ini kan menjadi kematian pertamaku
I been always afraid of
Aku selalu takut

Verse 2:
Ige nareul deo mot ullindamyeon
Jika hal ini tak lagi berdengung
Nae gaseumeul deo tteollige mot handamyeon
Tak lagi membuat hatiku bergetar
Eojjeom ireoke han beon jukgetji ama
Maka seperti inilah mungkin caraku mati pada kematian pertamaku
But what if that moment's right now
Tapi bagaimana jika momen itu terjadi sekarang
Right now
sekarang

Pre-Chorus:
Gwitgaen neurin simjang soriman
Detak jantung berdenyut lambat di telingaku
bump bump bump
Beoseonallaedo geu ipsogeuro
Mencoba kabur tapi kembali merangkak
jump jump jump
Eotteon noraedo wadachi mothae
Tidak ada lagu yang mempengaruhi ku lagi
Sori eomneun soril jilleo
Menangis dalam diam

Chorus:
Modeun bichi chimmukaneun bada yeah yeah yeah
Dengan semua cahaya lautan yang tertutup
Gil ileun nae balmogeul tto jaba yeah yeah yeah
Kakiku yang mengembara terjebak dalam jalur berlubang
Eotteon sorido deulliji ana yeah yeah yeah
Tiap kebisingan dan suara yang menyayat
Killin' me now
Membunuh ku sekarang
Killin' me now
Membunuhku sekarang
Do you hear me yeah
Apakah kau mendengarku
Hollin deut cheoncheonhi garaanja nah nah nah
Tenggelam perlahan seperti dalam keadaan koma
Momburimchyeobwado sabangi badak nah nah
Berjuang namun semua ini hanyalah dasar lautan
Modeun sungandeuri yeongwoni dwae yeah yeah yeah
Setiap momen menjadi keabadian
Film it now
Filmkan hal itu sekarang
Film it now
Filmkan hal itu sekarang
Do you hear me yeah
Apakah kau mendengarku

Bridge:
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
What's my thang?
Apa hal terbaik dari diriku?
What's my thang tell me now
Apa hal terbaik dari diriku, katakanlah
Tell me now
Katakanlah padaku
Yeah, yeah, yeah, yeah

Verse 3:
Deeper
Lebih dalam
Yeah I think I'm goin' deeper
Ku pikir aku tenggelam lebih dalam
Jakku chojeomeul ileo
Aku terus kehilangan konsentrasi
Ijen noajwo sileo
Tidak, lepaskanlah diriku
Charari nae ballo galge
Biarlah kakiku sendiri menggendongku
Naega ttwieodeureogalge
Aku akan pergi dengan diriku sendiri
Gajang gipeun goseseo
Di kedalaman yang terdalam
Naneun nal bwasseo
Aku mlihat diriku sendiri

Verse 4:
Cheoncheonhi nan nuneul tteo
Perlahan, aku membuka mataku
Yeogin naui jageopsil nae seutyudio
Aku di ruang kerjaku, ini adalah studioku
Geosen pado
Ombak pun berlalu
Kkamkkamhage nareul seuchyeodo
Begitu gelap karna penderitaan
Jeoldae kkeullyeogaji aneul geoya dasi tto
Aku tak akan pernah terseret lagi
Inside
Didalamnya
I saw myself, myself
Aku melihat diriku sendiri

Pre-Chorus:
Gwitgaen neurin simjang soriman
Detak jantung berdenyut lambat di telingaku
bump bump bump
Beoseonallaedo geu ipsogeuro
Mencoba kabur tapi kembali merangkak
jump jump jump
Eotteon noraedo wadachi mothae
Tidak ada lagu yang mempengaruhi ku lagi
Sori eomneun soril jilleo
Menangis dalam diam

Chorus:
Modeun bichi chimmukaneun bada yeah yeah yeah
Dengan semua cahaya lautan yang tertutup
Gil ileun nae balmogeul tto jaba yeah yeah yeah
Kakiku yang mengembara terjebak dalam jalur berlubang
Eotteon sorido deulliji ana yeah yeah yeah
Tiap kebisingan dan suara yang menyayat
Killin' me now
Membunuh ku sekarang
Killin' me now
Membunuhku sekarang
Do you hear me yeah
Apakah kau mendengarku
Hollin deut cheoncheonhi garaanja nah nah nah
Tenggelam perlahan seperti dalam keadaan koma
Momburimchyeobwado sabangi badak nah nah
Berjuang namun semua ini hanyalah dasar lautan
Modeun sungandeuri yeongwoni dwae yeah yeah yeah
Setiap momen menjadi keabadian
Film it now
Filmkan hal itu sekarang
Film it now
Filmkan hal itu sekarang
Do you hear me yeah
Apakah kau mendengarku

Outro:
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
Do your thang
Lakukanlah hal terbaik
Do your thang with me now
Lakukanlah hal terbaik bersamaku
What's my thang?
Apa hal terbaik dari diriku?
What's my thang tell me now
Apa hal terbaik dari diriku, katakanlah
Tell me now
Katakanlah padaku
Yeah, yeah, yeah, yeah



Informasi Lirik Lagu Blackswan

*Penulis lirik lagu Blackswan adalah Clyde Kelly, Vince Nantes, August Rigo, Pdogg & RM. Lagu ini rilis pada 17 Januari tahun 2020. Sedangkan interpretasi pemaknaan arti dan terjemahan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu Blackswan milik BTS ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Blackswan milik BTS ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Blackswan milik BTS jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

BTS  ~ Black Swan (Official Music Video)
Sometimes you just don't know the answer