​Makna Dibalik Lagu Jeremy Zucker ~ scared: Tentang ketakutan terbesar dalam hidupmu

 

Aku memutar beberapa playlis otomatis di youtube, ketika lagu “scared’ tiba-tiba secara otomatis terputar. Dan waa.... lagu inilah yang ngenalin aku pada Jeremy Zucker. Aku adalah satu orang dari sedikit orang yang baru tahu lagu-lagu Jeremy Zucker, dan oleh sebab itu aku menyesal karna rupanya lagu-lagu Jeremy Zucker keren-keren dan membuatku kagum. Tapi entah mengapa dari sekian banyak lagu yang telah Jeremy Zucker rilis , lagu “scared” adalah lagu kesukaanku. Oleh sebab itu, dengan segala kekuranganku, aku kan berusaha memaknai dan meng interpretasi lirik lagunya.

Dari beberapa artikel yang aku baca, lagu “scared” punya  makna atau bercerita tentang sebuah “ketakutan” yang terus-terusan terngiang dalam diri Jeremy Zucker. Sebenarnya makna “ketakutan” di lirik ini sangatlah abstrak karena seperti yang kita tahu Zuker tak menerangkan secara detil tentang makna dari ketakutanya. Bisa jadi, “ketakutan” disebabkan oleh penyakit depresi yang ia alami. Atau bisa jadi ketakutanya disebabkan oleh pikiran-pikiran tentang kesendirian yang hebat, jika suatu hari nanti orang yang ia sayangi akan hilang dari hidupnya. Entah itu orang tua, keluarga, saudara, pasangan atau.cinta.

Ketakuta-ketakutan tersebut membuat Jeremy Zucker resah, ia ingin melawan ketakutan tersebut dengan berusaha sekuat mungkin meyakinkan dirinya sendiri untuk tetap kuat dan bertahan. Jadi menurut aku, lagu ingi merupakan dialog antara Jeremy Zucker dengan dirinya sendiri, agar tidak takut menghadapi ketakuta-ketakutan dalam dirinya.

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.


Verse 1:
Don't move, there's a lion next to you
Jangan bergerak, ada singa di sebelahmu
I pray that your soul survives it through another day
Aku berdoa agar jiwa mu  bertahan  melalui hari lain
'Cause in my dreams, there were angels circling
Karena dalam mimpiku, ada malaikat yang berkitar
I could see everything you ever wanted me to be
Aku bisa melihat semua yang kau inginkan pada diriku

Lagu diawali dengan permohonan Jeremy Zucker pada “dirinya sendiri” untuk tak pergi, untuk tak menyerah pada ketakuta-ketakutan yang ada dalam dirinya. Lirik “Don't move, there's a lion next to you” menurutku bisa jadi adalah permohonan Jeremy Zucker pada “dirinya sendiri” untuk tak menyerah, untuk bertahan dalam melalui hari-hari yang berat tersebut. Karna jika ia sampai menyerah pada ketakutanya sendiri, akan ada hal yang menakutkan (layaknya singa yang menakutkan).


Pre-Chorus:
I see oceans in your eyes
Aku melihat lautan di mata mu
It makes me scared
(hal) Itu membuatku takut
So if we both drown
Jadi jika kita berdua tenggelam...

Kata “lautan” bisa bermakna kesedihan karna lautan berwarna biru, dan biru merupakan warna yang melambangkan kesedihan yang sendu. Maka, di dalam lirik pre-chorus ini, Zuker melihat ke dalam mata hatinya dan menemukan kesedihan yang amat mendalam di dalam dirinya sendiri. Kesedihan itulah yang membuat Zuker takut, takut jika suatu saat dia tenggelam atau terjebak dalam kesedihan itu terus-menerus.


Chorus:
Ooh, don't be scared
Ooh, jangan takut
I'm right here
Aku disini
And what is fear
Dan apakah ketakutan itu
When no one knows
Saat tak ada seorangpun yang tahu
What comes next?
Selanjutnya, apa yang akan datang?
So yeah, I'm scared
ya, ketakutanku
But I won't let it get to me
Tapi aku tak akan membiarkan (ketakutan itu) mempengaruhi diriku

lagu “scared” punya  makna atau bercerita tentang sebuah “ketakutan” yang terus-terusan terngiang dalam diri Jeremy Zucker. Sebenarnya makna “ketakutan” di lirik ini sangatlah abstrak karena seperti yang kita tahu Zuker tak menerangkan secara detil tentang makna dari ketakutanya. Yang jelas, Zuker mengalami ketakutan hebat dalam hidupnya, dan ia seolah berusaha menguatkan dirinya sendiri untuk tidak takut. Karena jika diceritakan pada orang lain, orang lain takkan pernah tahu. Oleh sebab itu, dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikannya semua ketakutan nya, ia terus-terusan mengandalkan dirinya sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain.


Verse 2:
You know, I've been writing you a poem
Kau tahu, aku tlah menulis puisi untukmu
So I spoke all the words I ever wanted you to know
Jadi kanku ucap semua kata yang ingin kau ketahui

Kata “puisi” bisa jadi bermakna tentang sebuah nasihat yang di lontarkan zuker pada dirinya sendiri. Melalui nasihat-nasihat itu, zuker ingin melawan ketakutanya. Ia seolah berusaha berubah dari seorang yang takut menjadi seorang yang berani melawan rasa takut, perubahan memang diperlukan agar kita tumbuh dan berkembang.


Kesimpulan:

Setelah diterjemahkan, dan dimaknai, jelaslah bahwa lagu lagu “scared” punya  makna atau bercerita tentang sebuah “ketakutan” yang terus-terusan terngiang dalam diri Jeremy Zucker. Sebenarnya makna “ketakutan” di lirik ini sangatlah abstrak karena seperti yang kita tahu Zuker tak menerangkan secara detil tentang makna dari ketakutanya. Dalam liriknya Zuker seolah ingin memberi tahukan bahwa ketakutannya tersebut bisa jadi pertanda akan adanya suatu bahaya layaknya (singa).

Yang jelas, Zuker mengalami ketakutan hebat dalam hidupnya, dan ia seolah berusaha menguatkan dirinya sendiri untuk tidak takut. Karena jika diceritakan pada orang lain, orang lain takkan pernah tahu. Oleh sebab itu, dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikannya semua ketakutan nya, ia terus-terusan mengandalkan dirinya sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain.

Bisa jadi, “ketakutan” disebabkan oleh penyakit depresi yang Zuker alami, takut gagal, takut kecewa dsb. Atau bisa jadi ketakutanya disebabkan oleh pikiran-pikiran tentang kesendirian yang hebat, jika suatu hari nanti orang yang ia sayangi akan hilang dari hidupnya. Entah itu orang tua, keluarga, saudara, pasangan atau.cinta.

Memang bohong kalau bilang hidup ini bisa bersih sepenuhnya dari rasa takut. Yap setiap orang punya rasa takut didalam dirinya. Ketakutan adalah penyebab utama yang membuat kita tidak bisa berkembang, ketakutan membuat kita menyerah sebelum berperang, ketakutan membuat kita pesimis terhadap sesuatu dan yang paling bahya ketakutan bisa membuat diri kita menjauh dari dunia luar depresi dan mengurung diri. Oleh sebab itu, tinggal pilih menjadi manusia penakut, atau menjadi manusia pemberani karena melawan rasa takut layakna Zuker. Maka pilihlah, karena manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang bisa menentukan nasibnya sendiri.

Penutup:

kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir .Okeh, mungkin itu saja pendapat pribadi saya mengenai makna dari lagu scared. Jadi apakah kakak   tahu makna lain tentang lagu ini? Bagikan pandangan kakak dalam kolom komentar ya .....

 

 

 

*Penulis lirik lagu ​scared adalah Jeremy Zucker. Lagu ini rilis  May 3, 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.



 

0 Response to "​Makna Dibalik Lagu Jeremy Zucker ~ scared: Tentang ketakutan terbesar dalam hidupmu"

Post a Comment