Sarah McLachlan ~ When She Loved Me | Terjemahan Arti & Makna Lirik Lagu

Secara umum, lagu When She Love Me sebenarnya punya 3 (tiga) makna sekaligus. Makna pertama, lagu ini dikatakan sebagai kisah hubungan percintaan anta

Makna Singkat Lirik Lagu Sara McLachlan ~ When She Love Me

Secara umum, lagu When She Love Me sebenarnya punya 3 (tiga) makna sekaligus. Makna pertama, lagu ini dikatakan sebagai kisah hubungan percintaan antara seorang lelaki dan seorang wanita. Makna kedua, lagu ini dikatakan bercerita tentang seorang anak yang sangat-sangat mencintai ibunya. Dan makna yang ke tiga, (karena dijadikan lagu soundtrack film Toy Story 2) lagu ini dikatakan menceritakan tentang kesedihan karakter mainan bernama Woody dan Jessie yang bersedih hati karena ditinggalkan pemiliknya yang sudah dewasa.

Makna pertama, tentang hubungan kisah percintaan. Lagu “When She Loved Me” oleh sebagian orang dikatakan sebagai lagu yang berkisah tentang hubungan percintaan. Jika dimaknai sebagai kisah percintaan, lagu When She Love Me bermakna atau berkisah tentang seorang pria yang sangat-sangat mencintai wanita pujaanya. Cintanya pun berbalas, sehingga membuat pria tersebut senang, ia tak kan pernah melupakan masa-masa itu. Hari-haripun berganti menjadi tahun, pria tersebut masih tetap mencintai wanita pujaanya, meskipun wanita pujaanya akhirnya tak mencintainya lagi. Kesepian dan terlupakan, pria dalam lirik lagu ini tak bergeming ia masih mencintai wanita pujaanya walau apapun yang terjadi.

Makna kedua, tentang hubungan ibu dan anak. Lagu When She Love me, dikatakan juga oleh sebagian orang sebagai kisah tentang seorang anak lelaki yang sangat bahagia karena dicintai oleh Ibu-nya. Hari-hari pun berlalu, kemungkinan ibunya meninggal, atau pergi meninggalkan si anak lelaki tersebut. Namun walaupun waktu tlah berganti, walaupun akhirnya ia menjadi kesepian dan terabaikan karena ditinggal ibunya, kasih sayang ibunya tersebut, kemudian selalu teringat dan terngingang dikepala sang anak dan kasih sayang tersebut akan selalu diingan oleh sang anak walalu apapun yang terjadi.

Makna ketiga, tentang kisah di film Toy Story 2. Karena dijadikan lagu soundtrack film Toy Story 2, lagu ini dikatakan menceritakan tentang kesedihan karakter mainan bernama Woody dan Jessie yang bersedih hati karena ditinggalkan pemiliknya yang sudah dewasa. Kita tahu bahwa dalam film tersebut, seorang-anak anak yang kemudian beranjak jadi dewasa kemudian biasanya akan mencampakan mainanya. Woody dan Jessie dalam film ini, seolah mengingat cinta kasih para pemiliknya dahuu kala ketika pemiliknya masih kecil. Dan mereka, takkan pernah melupakan itu.

Oke, itulah ketiga pemaknaan singkat saya terhadap lagu When She Love me. Berikut, adalah terjemahan dan arti dari lirik lagu When She Love Me. Interpretasi pemaknaan di lirik lagu ini ada diakhir terjemahan.

Terjemahan dan Arti Lirik Lagu Sarah McLachlan~ When She Loved Me
Chorus:
When somebody loved me
Ketika seseorang mencintaiku
Everything was beautiful
Segalanya jadi indah
Every hour we spent together
Setiap jam yang kita habiskan bersama
lives within my heart
Hidup di dalam hati ku

Post-Chorus:
And when she was sad
Dan ketika dia bersedih
I was there to dry her tears
Aku ada tuk mengusap air matanya
And when she was happy, So was I
Dan ketika dia bahagia, akupun juga bahagia
When she loved me
Ketika dia mencintaiku

Verse 1:
Through the summer and the fall
Lewati musim panas dan musim gugur
We had each other, that was all
Kita saling memiliki satu sama lain, begitulah
Just she and I together, like it was meant to be
Haya aku dan dia bersama, seakan sudah ditakdirkan
And when she was lonely, I was there to comfort her
Dan ketika ia kesepian, aku ada di sana untuk menghiburnya
And I knew that she loved me
Dan aku tahu bahwa dia mencintaiku

Verse 2 :
So the years went by, I stayed the same
Lalu tahun-tahun pun berlalu, akupun tetap sama
And she began to drift away, I was left alone
Dan dia pun mulai menjauh, aku ditinggalkan sendiri
Still, I waited for the day
Tapi, masih saja kunantikan hari
When she'd say
Saat dia kan berkata
"I will always love you."
"Aku kan selalu mencintaimu"

Verse 3:
Lonely and forgotten, never thought she’d look my way
Kesepian dan terlupakan, aku tak pernah berpikir dia kan melihat ke arahku
She smiled at me and held me, just like she used to do
Tersenyum padaku dan memelukku, seperti yang dia lakukan dulu
Like she loved me, when she loved me
Seperti saat dia mencintaiku, saat dia mencintaiku

Chorus:
When somebody loved me
Ketika seseorang mencintaiku
Everything was beautiful
Segalanya jadi indah
Every hour we spent together
Setiap jam yang kita habiskan bersama
lives within my heart
hidup di dalam hati ku

Outro:
When she loved me
Ketika dia mencintaiku

Interpretasi dan Pemaknaan Lirik Lagu Sarah McLachlan~ When She Loved Me

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lagu When She Love Me sebenarnya punya 3 (tiga) makna sekaligus. Makna pertama, lagu ini dikatakan sebagai kisah hubungan percintaan antara seorang lelaki dan seorang wanita. Makna kedua, lagu ini dikatakan bercerita tentang seorang anak yang sangat-sangat mencintai ibunya. Dan makna yang ke tiga, (karena dijadikan lagu soundtrack film Toy Story 2) lagu ini dikatakan menceritakan tentang kesedihan karakter mainan bernama Woody dan Jessie yang bersedih hati karena ditinggalkan pemiliknya yang sudah dewasa.

Namun, karena membahas ketiga makna di lagu ini terlalu luas, maka saya akan memaknai dan menginterpretasi lirik lagu When She Loved Me kedalam kacamata kisah percintaan saja. Sehingga, jika dimaknai kedalam kisah percintaan antara dua sejoli maka maknanya sebagai berikut.

Chorus/reff:
When somebody loved me
Everything was beautiful
Every hour we spent together
lives within my heart


Makna Lirik lagu Chorus/reff: Lagu “When She Loved Me” bermakna atau berkisah tentang seorang pria yang sangat-sangat mencintai wanita pujaanya. Cintanya pun berbalas, sehingga membuat pria tersebut senang, segalanya jadi indan, dan setiap jam perjalanan cinta yag mereka habiskan, seolah hidup dalam hati sang pria..

Post-Chorus:
And when she was sad
I was there to dry her tears
And when she was happy, So was I
When she loved me


Makna Lirik lagu Post-Chorus: ketika seseorang mencintai dengan tulus, ia akan lebih banyak memberi tanpa meminta. Pria di lirik ini, dengan senang hati menghibur wanita pujaanya saat wanita pujaanya sedang sedih. Cintanya sangat tulus, pria tersebut hanya senang melihat wanita pujaanya senang dan tanpa meminta balasan atas apa pun

Verse 1:
Through the summer and the fall
We had each other, that was all
Just she and I together, like it was meant to be
And when she was lonely, I was there to comfort her
And I knew that she loved me


Makna Lirik Lagu Verse 1: Mencintai dan dicintai, adalah hal yang sangat luar biasa dalam hidup ini. Cinta pria tersebut pun berbalas, sehingga pria tersebut menganggap bahwa semua ini adalah takdir. Pria tersebut selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik untuk wanita tersebut, ia selalu ada jika wanita pujaanya membutuhkanya. Di lirik ini, pria tersebut sangat yakin bahwa wanita pujaanya juga mencintainya..

Verse 2 :
So the years went by, I stayed the same
And she began to drift away, I was left alone
Still, I waited for the day
When she'd say
"I will always love you."


Makna Lirik Verse 2: Hari pun berganti, tahun demi tahun pun juga berganti, dan hati dari wanita pujaanya puj juga berganti. Sedihnya, wanita pujaanya akhirnya tak mencintainya lagi. Namun, pria dalam lirik lagu ini tak pernah kecewa, miski ada setitik luka pria tersebut masih mencintai wanita pujaanya. Cintanya pada wanita tersebut sangat tulus, melihatnya bahagia tanpa harus memilikinya. Cinta adalah sebuah resiko, mencintai artinya siap menerima luka, dan cinta sejati biasanya takkan mengenal luka, takkan mengenal kecewa. Dan bagi pria didalam lagu ini, cinta menurutnya adalah hal penting yang bisa membuat kita bahagia, walau seringkali menyakitkan. Oleh sebab itu, pria dalam lirik lagu ini akan selalu mencintai wanita pujaanya dan percaya bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.

Verse 3:
Lonely and forgotten, never thought she’d look my way
She smiled at me and held me, just like she used to do
Like she loved me, when she loved me


Makna Lirik Verse 3: Kesepian dan terlupakan, pria dalam lirik lagu ini tak bergeming ia masih mencintai wanita pujaanya walau apapun yang terjadi. lirik “Like she loved me, when she loved me” menjelaskan lebih lanjut bahwa wanita pujaanya juga pernah mengalami hal yang pria tersebut rasakan dalam lirik ini dan wnita tersebut masih mencintai pria itu. Sehingga pria tersebut juga akan melakukan hal yang sama seperti apa yang wanita pujaanya lakukan, yaitu mempertahankan cinta mereka apapu yang akan terjadi

Kesimpulan:

Lagu “When She Loved Me” bermakna atau berkisah tentang seorang pria yang sangat-sangat mencintai wanita pujaanya. Cintanya pun berbalas, sehingga membuat pria tersebut senang, segalanya jadi indan, dan setiap jam perjalanan cinta yag mereka habiskan, seolah hidup dalam hati sang pria. Pria tersebut akan lebih banyak memberi tanpa meminta. Ia di lirik ini, dengan senang hati menghibur wanita pujaanya saat wanita pujaanya sedang sedih. Cintanya sangat tulus, pria tersebut hanya senang melihat wanita pujaanya senang dan tanpa meminta balasan atas apa pun.

Hari pun berganti, tahun demi tahun pun juga berganti, dan hati dari wanita pujaanya puj juga berganti. Sedihnya, wanita pujaanya akhirnya tak mencintainya lagi. Namun, pria dalam lirik lagu ini tak pernah kecewa, miski ada setitik luka pria tersebut masih mencintai wanita pujaanya. Cintanya pada wanita tersebut sangat tulus, melihatnya bahagia tanpa harus memilikinya. Cinta adalah sebuah resiko, mencintai artinya siap menerima luka, dan cinta sejati biasanya takkan mengenal luka, takkan mengenal kecewa. Dan bagi pria didalam lagu When She Loved Me, cinta menurutnya adalah hal penting yang bisa membuat kita bahagia, walau seringkali menyakitkan. Oleh sebab itu, pria dalam lirik lagu ini akan selalu mencintai wanita pujaanya dan percaya bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.

Kesepian dan terlupakan, pria dalam lirik lagu When She Loved Me tak bergeming ia masih mencintai wanita pujaanya walau apapun yang terjadi. lirik “Like she loved me, when she loved me” menjelaskan lebih lanjut bahwa wanita pujaanya juga pernah mengalami hal yang pria tersebut rasakan dalam lirik ini dan wnita tersebut masih mencintai pria itu. Sehingga pria tersebut juga akan melakukan hal yang sama seperti apa yang wanita pujaanya lakukan, yaitu mempertahankan cinta mereka apapu yang akan terjadi

Hal yang kita pelajari dari lagu ini:

Dari penjelasan kisah seorang pria di lirik lagu ini, maka kita bisa belajar bahwa makna cinta sejati itu sebenarnya adalah tentang ketulusan, resiko, maupun perjuangan dan harapan. berikut merupakan penjabaranya:

Cinta sejati adalah tentang ketulusan. Cinta sejati adalah cinta yang kehadirannya sangat berarti di hidup kita, ketika seseorang mencintai dengan tulus, ia akan lebih banyak memberi tanpa meminta. Saat memberi, seseorang yang cintanya tulus tak akan meminta balasan atas apa yang telah ia berikan. Hal tersebut sama halnya dengan pria dalam lirik lagu ini. Pria tersebut akan lebih banyak memberi tanpa meminta. Ia di lirik lagu ini, dengan senang hati menghibur wanita pujaanya saat wanita pujaanya sedang sedih. Cintanya sangat tulus, pria tersebut hanya senang melihat wanita pujaanya senang dan tanpa meminta balasan atas apa pun.

Cinta adalah resiko. Cinta adalah sebuah resiko, mencintai artinya siap menerima luka, dan cinta sejati biasanya takkan mengenal luka, takkan mengenal kecewa. Dan bagi pria didalam lagu ini, cinta menurutnya adalah hal penting yang bisa membuat kita bahagia, walau seringkali menyakitkan. Cinta adalah tentang melangkah maju tanpa mengetahui resiko apa didepan. Jika kita cinta, maka kita siap melakukan apapun.

Cinta adalah perjuangan dan harapan. Jika kita mencintai seseorang, kita harus nerjuang untuknya. Meskipun kadang seseorang tak mencintai kita, sekalipun kita telah berjuang, setidaknbya kita masih punya harapan dan percaya bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.. meskipun kadang seseorang tak mencintai kita, perjuangan yang telah kita lakukan pun takkan pernah jadi sia-sia, ingatlah bahwa Cinta sejati adalah cinta yang kehadirannya sangat berarti di hidup kita tanpa menuntutnya untuk menjadi milk kita.

Penutup:

kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi dan terjemahn di lirik lagu ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. JadI, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah

*Penulis lirik lagu When She Loved Me adalah Randy Newman dan di cover oleh Sarah McLachlan. Lagu ini rilis pada tanggal 9 november tahun 1999. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Sarah McLachlan~ When She Loved Me (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer