My Chemical Romance ~ Cancer | Terjemahan, Arti & Makna Lirik Lagu

Makna Singkat Lirik Lagu My Chemical Romance ~ Cancer

Setelah kita artikan dan terjemahkan, jelaslah bahwa lagu "Cancer" milik band My Chemical Romance, punya makna atau bercerita tentang seorang pasien laki-laki yang sedang sekarat di ranjang rumasakit karena penyakit kanker yang dideritanya. dalam sekaratnya menuju kematian tersebut, ia sangat sedih karena harus meninggalkan orang-orang yang ia sayangi. pria dalam lagu ini menganggap bahwa bagian tersulit dari semua pendritaan yang ia alami adalah harus rela meninggalkan orang-orang yang ia cintai.

Perlu digarisbawahi, bahwa pria (pasien) di lirik lagu ini, merupakan pria yang sama yang ada di lirik lagu Welcome To The Black Parade, dimana jika di dalam lagu Welcome To The Black Parade berkisah tentang perjalanan kematian pria (pasien), sementara jika di lagu Cancer critanya adalah tentang kesedihan hati pria (pasien) karena harus meninggalkan orang yang ia cintai. jadi jeas lah bahwa kedua lagu ini sebenarnya punya cerita yang sama.

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Cancer, jika kakak ingin membaca interpretasi makna liriknya secara lengkap, scroll kebawah ya, karena interpretasi makna lirik lagu cancer ada di akhir terjemahan. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari  lirik lagu cancer.

Arti & Terjemahan Lirik Lagu My Chemical Romance ~ Cancer, Ke Dalam Bahasa Indonesia

Verse 1:
Turn away, if you could, get me a drink Of water,
Berbaliklah, jika kau bisa, ambilkan aku air minum
'cause my lips are chapped and faded
Karena bibirku pecah-pecah dan pucat
Call my Aunt Marie, help her gather all my things
Panggillah bibi marie, bantu dia mengumpulkan barang-barangku
And bury me in all my favorite colors
Dan kubur aku dengan semua warna favoritku
My sisters and my brothers, still, I will not kiss you
Saudari dan saudaraku, tetap saja, aku tidak akan menciummu
'Cause the hardest part of this is leaving you
Karena bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu

Verse 2:
Now turn away, 'cause I'm awful just to see
Berbaliklah Sekarang, karna  dilihat saja aku sudah mengerikan
'Cause all my hair's abandoned all my body
Karna rambutku tlah rontoh dari tubuhku
Oh, my agony, know that I will never marry
oh, deritaku, mengetahui kalau aku takkan bisa menikah
Baby, I'm just soggy from the chemo
Sayang, aku baru saja basah kuyup karena kemoterapi
But counting down the days to go, it just ain't living
Tapi menghitung mundur hari yang tersisa, bukalah sebuah hidup
And I just hope you know
Dan aku berharap kau tahu

Outro:
That if you say (If you say...)
Bahwa jika kau mengatakan (Jika kau mengatakan ...)
goodbye today (Goodbye today...)
Selamat tinggal hari ini (Selamat tinggal hari ini ...)
I'd ask you to be true
Aku kan berkata yang sebenarnya padamu
(I'd ask you to be true)
(Aku kan berkata yang sebenarnya padamu)
'Cause the hardest part of this is leaving you
Bahwa bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu
'Cause the hardest part of this is leaving you
Bahwa bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu

Makna mendalam Lirik Lagu My Chemical Romance ~ Cancer:

Lagu Cancer, mengisahkan seorang pasien lelaki yang sedang sekarat karena penyakit kanker. Dalam sekaratnya tersebut, si pasien kemudian menjadi pilu dan sedih, karena ia tahu waktunya sudah dekat ia akan berpulang dan meninggalkan orang-orang yang dia kasihi untuk selama-lamanya.

Lirik Verse 1: Cerita lagu dimulai, saat pemulis lagu (si pasien) menyuruh sodaranya untuk berbalik (Turn away), karena si pasien tidak mau soudaranya melihat keadaan tubuhnya yang mengerikan karena penyakit kanker. si pasien kemudian menyuruh saudaranya untuk mengambilkan minum (if you could, get me a drink Of water), karena bibirnya pecah pecah akibat dehidrasi yang merupakan efek penyakit kanker. pasien juga menyuruh sodaranya memanggilkan bibi Marie yang merupakan bibinya, dijelaskan juga bahwa bibi Marie merupakan representasi Marie Curie, pendiri organisasi Marie Curie Cancer Foundation (yang juga meninggal karena penyakit kanker).

Lirik (And bury me in all my favorite colors) melanjutkan bahwa si pasien kemudian mulai merencanakan pemakamannya sendiri. Dia meminta keluarganya untuk mengumpulkan barang-barangnya dan menguburnya dengan cara yang menunjukkan bagaimana dia dulu terlihat ketika dia "hidup" dengan warna-warna kesukaanya. penulis lagu sepenuhnya paham jika ia lambat laun akan meninggal, jadi penulis lagu seolah tak kuasa dan takkan pernah mengucapkan ucapan perpisahaan maupun kecupan perpisahan. karena bagi pasien di lirik ini, bagian tersulit dari sebuah kematian adalah meninggalkan orang-orang yang ia sayangi

Lirik Verse 2: Pada titik ini si pasien juga menjabarkan, tentang bagaimana efek penyakit kanker membuatnya menerita. dijelaskan bahwa si pasien menjalani kemoterapi untuk kanker yang menyebabkan rambutnya rontok dan tubuhnya layu dan lemas. penyakit kanker juga seolah mencegah si pasien untuk menikah, seperti yang ia katakan bahwa ia tak punya waktu. Pasien dalam keadaan putus asa dan, seperti yang dia katakan, kesakitan. Melihat dia tidak punya banyak waktu tersisa, dia tahu dia tidak akan pernah bisa mengalami sisa hidup yang seharusnya dia jalani. Dia mendekati kematian, dan itu menyakitkan baginya.

Lirik Outro: sebelum sodaranya mengucapkan selamat tinggal pada si penulis lagu (mungkin untuk pulang atau sebagainya) si pasien seolah ingin berpesan dan ingin jujur pada saudaranya bahwa , bagian tersulit dari sebuah kematian adalah meninggalkan orang-orang yang ia sayangi. si pasien mengatakan semua itu karena jika ia tak mengatakan, mungkin saja saudaranya tak bisa melihatnya sekarat karena sedang pulang dsb.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi dan terjemahn di lirik lagu ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. JadI, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.


*Penulis lirik lagu Cancer adalah Bob Bryar, Frank Iero, Ray Toro, Mikey Way & Gerard Way. Lagu ini rilis pada 23 Oktober 2008. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


0 Response to "My Chemical Romance ~ Cancer | Terjemahan, Arti & Makna Lirik Lagu"

Post a Comment