My Chemical Romance ~ Cancer | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Lagu cancer punya makna tentang seorang pasien laki-laki yang sekarat di ranjang rumasakit karena penyakit kanker. Berikut terjemahan arti liriknya

Makna Lirik Lagu My Chemical Romance ~ Cancer

Setelah kita artikan dan terjemahkan, jelaslah bahwa lagu Cancer milik band My Chemical Romance, punya makna atau bercerita tentang seorang pasien laki-laki yang sedang sekarat di ranjang rumasakit karena penyakit kanker yang dideritanya. dalam sekaratnya menuju kematian tersebut, ia sangat sedih karena harus meninggalkan orang-orang yang ia sayangi. Pasien laki-laki dalam lagu ini menganggap bahwa bagian tersulit dari semua pendritaan yang ia alami adalah harus rela meninggalkan orang-orang yang ia cintai.

Perlu digarisbawahi, bahwa Pasien laki-laki di lirik lagu ini, merupakan pasien yang sama yang ada di lirik lagu Welcome To The Black Parade, dimana jika di dalam lagu Welcome To The Black Parade berkisah tentang perjalanan kematian pria Pasien laki-laki tersebut, sementara jika di lagu Cancer ceritanya adalah tentang kesedihan hati Pasien laki-laki karena harus meninggalkan orang yang ia cintai. jadi jelas lah bahwa kedua lagu ini sebenarnya punya cerita yang sama. Berikut merupakan makna mendalam lirik lagu cancer;

Makna Lirik Verse 1: Cerita lagu dimulai, saat penulis lagu (Pasien laki-laki) menyuruh keluarganya untuk berbalik (Turn away / Berbaliklah), karena si pasien tidak mau keluarganya melihat keadaan tubuhnya yang mengerikan karena penyakit cancer. Si pasien kemudian menyuruh keluarganya untuk mengambilkan minum (if you could, get me a drink Of water / jika kau bisa, ambilkan aku air minum), karena bibirnya pecah pecah akibat dehidrasi yang merupakan efek penyakit cancer. 

Dan si pasien juga menyuruh keluarganya untuk memanggilkan bibi Marie yang merupakan bibinya (Call my Aunt Marie / panggillah bibi marie-ku). Dijelaskan juga bahwa bibi Marie merupakan representasi Marie Curie, seorang pejuang cancer, dan pendiri yayasan cancer "Marie Curie Cancer Foundation" (yang juga meninggal karena penyakit cancer).

Lirik (And bury me in all my favorite colors / Dan kubur aku dengan semua warna favoritku) melanjutkan bahwa si pasien kemudian mulai merencanakan pemakamannya sendiri. Dia meminta keluarganya untuk mengumpulkan barang-barang kesukaanya. Si pasien sepenuhnya paham jika ia lambat laun akan meninggal, jadi ia seolah mewasiatkan kalau seumpama dia meninggal, ia ingin ditemani oleh barang-barang berharga milik-nya. 

Membayangkan mati, membayangkan pergi dari dunia ini tanpa orang-orang yanang ia sayangi layaknya saudara-saudaranya, membuat si pasien tak kuasa untuk berucap selamat tinggal dengan saudara-saudaranya (My sisters and my brothers, still, I will not kiss you /Saudari dan saudaraku, tetap saja, aku tidak akan menciummu).  karena bagi pasien di lirik ini, bagian tersulit dari sebuah kematian adalah meninggalkan orang-orang yang ia sayangi ('Cause the hardest part of this is leaving you / Karena bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu)

Makna Lirik Verse 2: Pada titik ini si pasien juga menjabarkan, tentang bagaimana efek penyakit cancer membuatnya menderita. Lirik (I'm just soggy from the chemo / aku baru saja basah kuyup karena kemoterapi) menjelaskan bahwa si pasien sangat menderita karna menjalani kemoterapi, sebuah terapi pengobatan cancer yang menyebabkan rambutnya rontok dan tubuhnya layu dan lemas. 

Sedihnya lagi, penyakit kanker juga seolah mencegah si pasien untuk punya kehidupan normal layaknya menikah (my agony, know that I will never marry / deritaku, mengetahui kalau aku takkan bisa menikah). Lah kenapa tak bisa menikah? ya karena siapa sih cewe yang mau nikah sama si pasien yang udah sakit-sakitan dan sekarat karna penyakit cancer? Si pasien sangat realistis karena kenyataan-nya dia tidak punya banyak waktu tersisa, dia tahu dia tidak akan pernah bisa seperti orang-orang, menikah punya hidup yang bahagia. Hidup bagi si pasien hanyalah tentang kesakitan, sekarat mendekati kematian, dan itu menyakitkan baginya.

Makna Lirik Outro: Sakit mungkin dipandang oleh sebagian orang sebagai sebuah cobaan. Kematian juga dipandang sebagaian orang sebagai proses yang harus dijalani semua orang karna semua orang juga akan mati. Mungkin, dalam sekaratnya si pasien akan berpandangan sama dengan sebagian orang tersebut, mungkin dia akan iklas menerima sakit di usia muda, mungkin dia akan iklas menerima kematiannya. 

Namun ada satu hal yang membuatnya terus-terusan sedih dan tak rela mati, yaitu ketika ia harus pergi meninggalkan orang-orang yang ia cintai. Lirik (Cause the hardest part of this is leaving you / Bahwa bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu) terus diulang-ulang disepanjang lagu dan ditaruh diakhiran lagu punya pemaknaan bahwa si pasien seolah ingin berpesan pada pendengarnya dan pada diri kita sendiri, jikalau bagian tersulit dari sebuah kematian adalah meninggalkan orang-orang yang ia sayangi.

Menurutku cancer adalah lagu yang sangat keren, lagu ini seolah mengingatkan kita akan kematian yang nyata. Dan bahwasanya jika kita sudah mati, kita akan meninggalkan apa-apa yang ada di dunia ini, jadi jangan terlalu mengejar dunia. Meskipun tiap-tiap orang di dunia ini akan mati, namun mati dengan cara yang sempurna adalah keinginan setiap orang. Namun jika kita tak mati dengan sempurnapun, kita harusnya iklas dalam hati, karena rencana tuhan itu lebih baik dari rencana manusia. 

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu cancer. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu cancer yang dinyanyikan MCR, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati liriknya, putar video klip lagu cancer yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu cancer di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, atau TikTok

Terjemahan Arti Lirik Lagu My Chemical Romance ~ Cancer

Verse 1:
Turn away, if you could, get me a drink Of water,
Berbaliklah, jika kau bisa, ambilkan aku air minum
'cause my lips are chapped and faded
Karena bibirku pecah-pecah dan pucat
Call my Aunt Marie, help her gather all my things
Panggillah bibi marie, bantu dia mengumpulkan barang-barangku
And bury me in all my favorite colors
Dan kubur aku dengan semua warna favoritku
My sisters and my brothers, still, I will not kiss you
Saudari dan saudaraku, tetap saja, aku tidak akan menciummu
'Cause the hardest part of this is leaving you
Karena bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu

Verse 2:
Now turn away, 'cause I'm awful just to see
Berbaliklah Sekarang, karna dilihat saja aku sudah mengerikan
'Cause all my hair's abandoned all my body
Karna rambutku tlah rontoh dari tubuhku
Oh, my agony, know that I will never marry
Oh, deritaku, mengetahui kalau aku takkan bisa menikah
Baby, I'm just soggy from the chemo
Sayang, aku baru saja basah kuyup karena kemoterapi
But counting down the days to go, it just ain't living
Tapi menghitung mundur hari yang tersisa, bukalah sebuah hidup
And I just hope you know
Dan aku berharap kau tahu

Outro:
That if you say (If you say...)
Bahwa jika kau mengatakan (Jika kau mengatakan ...)
goodbye today (Goodbye today...)
Selamat tinggal hari ini (Selamat tinggal hari ini ...)
I'd ask you to be true
Aku kan berkata yang sebenarnya padamu
(I'd ask you to be true)
(Aku kan berkata yang sebenarnya padamu)
'Cause the hardest part of this is leaving you
Bahwa bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu
'Cause the hardest part of this is leaving you
Bahwa bagian tersulit dari semua ini adalah meninggalkan mu

Informasi Lirik Lagu cancer

*Penulis lirik lagu cancer adalah Bob Bryar, Frank Iero, Ray Toro, Mikey Way & Gerard Way. Lagu cancer rilis pada 23 Oktober tahun 2008. Lagu cancer masuk ke dalam album The Black Parade (2006) milik My Chemical Romance. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu cancer berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu cancer berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu cancer, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu cancer jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

My Chemical Romance ~ Cancer (Official Video)

Sometimes you just don't know the answer