Makna Sesungguhnya Lirik Lagu Take Me to Church Milik Hozier

Karena takut dihujat Nitizen, aku disini akan benar-benar berhati-hati dalam menginterpretasikan dan memaknai liriknya. Take Me to Church atau Bawalah aku ke gereja, dipandang sebagian orang punya nada-nada yang mengesankan, bahkan saat seseorang itu sekalipun belum sama sekali tahu, makna dan arti dari liriknya. Sebuah lagu soul bertempo sedang, dengan pembawaaan vokal emosional nan mengesankan dari sang penyanyi yaitu Hozier, membuat semua orang bertanya kenapa lagu ini begitu sukses? liriknya yang memunculkan metafora-metafora kontroversial, menimbulkan perdebatan dikalangan masyarakat tentang apa sebenarnya makna dari liriknya? bagi yang kepo dan penasaran, bacalah terus tulisan ini.

Daftar isi:

  • Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Take Me to Church
  • Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Take Me to Church Per-bait
  • Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Take Me to Church
  • Terjemahan Lirik Lagu Take Me to Church

Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Take Me to Church

Dalam official youtube videonya, Take Me To Church, telah menarik hampir 400 juta tampilan YouTube. video tersebut menggambarkan dua pria berciuman sebelum mereka diserang oleh massa pembenci homos*ksual. Dua pria tersebut kemudian melarikan diri, karena terus-terusan dikejar oleh pembenci homos*ksual. Pembenci homos*sual dalam video ini juga digambarkan sebagai orang-orang yang penuh kebencian, mereka kasar, mereka penganiaya, bahkan diakhir video digambarkan salah satu pasangan pria di videonya dibakar. 

Lewat video klip ini, Hozier seolah ingin menyampaikan pada pendengarnya bahwasanya tema lagu ini adalah tentang s*ks terkhusus orang-orang homose*ksual, atau penyuka sesama jenis. Hozier dalam video ini, juga seolah mengkritisi masyarakat dunia yang seolah tak menerima Homose*ksual atau penyuka sesama jenis. Cerita di video klip lagunya, diperkuat oleh wawancara Hozier di majalah New York Magazine pada maret 2014. Dalam wawancara tersebut Hozier mengatakan "Take Me to Church’ is essentially about s*x / lagu Take Me to Church pada dasarnya adalah tentang s*ks”  

Tema dan makna dari lirik lagu-nya yang bercerita tentang s*ks dan homos*ksual, juga diperkuat lagi dengan wawawncara dengan reuters.com. Dalam wawancara ini, sambil melucu Hozier mengatakan "Regardless of the sexual orientation behind a relationship, it is still a relationship and still love... So people are free to make any assumption they want, it’s grand ” keterangan ini dapat dimaknai bahwa terlepas dari orientasi seksual (entah itu orientasi lelaki ke lelaki, atau perempuan ke lelaki) yang namanya cinta, ya cinta aja, itu (homos*ksual) juga termasuk sebuah hubungan.

Dari beberapa keterangan diatas dengan berbagai sumber yang telah saya baca, tanpa mengesampingkan apapun, landasan dasar dari tema lagunya adalah tentang Homos*ksual, gay, penyuka sesama jenis, dan sebagainya. Walaupun, banyak orang beranggapn bahwasanya lagu ini punya makna lain, (aku gak menyalahkan hehe).  

Lalu jika tema lagunya tentang homos*ksual, mengapa lirik dan judul lagunya berhubungan dengan agama nasrani, karena judulnya memang jelas-jelas "bawa aku ke gereja"? Mungkinkah Hozier di lirik lagu ini berusaha menyalahkan Gereja? Seperti yang kita tahu, gereja terkenal karena membatasi orientasi seksual. Tapi, tak hanya Gereja saja, di sebagian besar agama, homos*ksualitas memang dianggap sebagai dosa, dan lagu ini mencerminkan seolah menolak anggapan gereja, tentang bagaimana homos*eksual dianggap sebagai dosa dikalangan masyarakat.

Lagi, jika tema lagunya tentang homos*ksual, mengapa disebagian liriknya ada kata "She's" yang merupakan kata ganti perempuan?. Benarkah opini orang, bahwa yang dimaksud "She's" dalam lirik lagunya merupakan kekasih sesungguhnya Hozier?. 

Anggapan lain juga muncul, bahwa yang dimaksud "She's" dalam lirik lagunya, sebenarnya punya makna, atau merepresentasikan tentang "bunda maria" atau bisa juga merupakan pemaknaan dari suster-suster / biarawati dari agama nasrani-katolik? Di keterangan ini, aku juga tak asal berbicara, dalam artikel yang ditulis oleh media NME, aku mengutip "Irish star Hozier has hit out at The Pope’s recent comments about gay rights. This is one of the paradoxes and weird hypocrisy of that organisation, Hozier said, referring to the Catholic Church. “ dalam wawancara ini, terlihat jelas bahwa Hozier menolak tentang anggapan gereja katolik akan hak-hak dari seorang gay, dan juga terlihat bahwa Hozier begitu sangat keras mengecam gereja katolik.

Jika kesemuanya benar, mungkinkah Hozier dalam lirik lagu ini, seolah berusaha melawan agama (Khususnya agama Nasrani-Katolik), karena ia ingin membela kaum homos*ksual, jikalau kaum tersebut bukanlah sesuatu yang harus ditakuti? Atau, mungkinkah lagu ini hanyalah sebuah lirik-lirik renungan bagi Hozier karena ia telah melakukan banyak dosa?. Berikut, merupakan interpretasi dan pemaknaan dari bait-bait lirik lagu take me to thurch,

Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Take Me to Church Per-bait

Verse 1:
My lover's got humor
Kekasihku punya selera humor (tinggi)
She's the giggle at a funeral
Dia melucu di pemakaman
Knows everybody's disapproval
Dia tahu pendapat buruk semua orang
I should've worshipped her sooner
Seharusnya aku memujanya lebih cepat
If the heavens ever did speak
Andai Surga pernah berbicara
She's the last true mouthpiece
Dialah penyambung lidah sejati yang terakhir
Every Sunday's getting more bleak
Setiap hari Minggu semakin suram
A fresh poison each week
Racun segar setiap pekan
'We were born sick,' you heard them say it
'Kita terlahir sakit,' begitu kata mereka
My church offers no absolution
Gerejaku tak menawarkan pengampunan dosa
She tells me 'worship in the bedroom'
Dia bilang 'menyembahlah di kamar'
The only heaven I'll be sent to
Satu-satunya surga tempatku kan dikirimkan
Is when I'm alone with you
Adalah saat aku hanya bersamamu
I was born sick, but I love it
Aku terlahir sakit, tapi aku suka
Command me to be well
Perintahkanlah aku agar sembuh

Interpretasi Lirik Verse 1: Dalam agama Katolik (Bahkan juga dikeseluruhan agama), aktivitas homos*ksual adalah sesuatu yang bertentangan dengan hukum, penuh dosa, dan dianggap sebagai suatu kelainan. Berangkat dari hal tersebut, Hozier yang merupakan pendukung homos*ksual (LGBT), berusaha melawan anggapan Gereja-Katolik. Jadi menurut pendapatku, lirik "She's" pada verse 1 (pembuka lagu) merupakan metafora, dari suster-suster / biarawati yang merupakan representasi dari agama nasrani-katolik. Sementara lirik "My lover's got humor, She's the giggle at a funeral" merujuk pada repressentasi dari agama katolik di irlandia (tempat Hozier di lahirkan) dimana ada tradisi dimana orang-orang selalu tertawa pada saat upacara pemakaman di gereja katolik. Dalam artikel di situs reddit.com Hozier berkata "Apakah Anda pernah tertawa terbahak-bahak di Gereja? Saya pikir itu adalah sesuatu yang dialami semua orang Irlandia di beberapa titik. Ada yang unik , itu adalah ketidaksopanan dalam menghadapi apa yang seharusnya menjadi penghormatan." dari pengertian ini Hozier berusaha menyampaikan pada pendengarnya bahwa tertawa di pemakaman aja boleh pdahal harusnya itu hal tabu dan tidak sopan, tapi kenapa homos*ksual tidak boleh?

Selain itu, lirik "Seharusnya aku memujanya lebih cepat / Andai Surga pernah berbicara / Setiap hari Minggu semakin suram / Racun segar setiap pekan" mejelaskan lebih lanjut tentang kritik Hozier pada agama katolik. Jelas disebutkan dalam lirik tersebut bahwa Hozier, menganggap gereja katolik mendoktrin orang-orang untuk tak jadi homos*ksual, ditiap-tiap ibadah hari minggu. Memaknai lirik verse 1 ini, dalam artikel disebuah majalah online, thecut.com Hozier menjelaskan "Seksualitas dan orientasi seksual terlepas dari orientasinya (entah orientasi wajar ataupun homos*ksual) adalah wajar. Tetapi organisasi seperti gereja, katakanlah, melalui doktrinnya, akan merusak kemanusiaan dengan berhasil mengajarkan rasa malu tentang orientasi seksual dengan mengatakan bahwa homos*ksual itu berdosa, atau menyinggung Tuhan"

Chorus:
Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Interpretasi Lirik Chorus: Dalam agama katolik, pengakuan dosa-dosa adalah kunci pengampunan. Oleh sebab itu, lirik Chorus/reff, berusaha mendefinisikan tentang seorang dengan gender homos*ksual, yang ingin dibawa ke gereja, ia ingin mengakui bahwa ia adalah Homos*ksual, dan mengakui semua dosa-nya. Tapi, di gereja katolik kan homos*ksual dilarang? mungkinkan seorang Homos*ksual dapat diampuni dosanya oleh tuhan? Jika dimaknai seperti ini, Hozier solah menuduh gereja katolik munafik. tapi sekali lagi aku tekankan, setiap orang bebas menginterpretasikan lirik lagunya.

Penggalan lirik verse 2:
If I'm a pagan of the good times
Andai aku seorang penyembah berhala dari masa-masa indah
My lover's the sunlight
Maka kekasihku adalah cahaya matahari

Interpretasi penggalan lirik verse 2:
Inti lirik verse 2, sebenarnya ada pada lirik "If I'm a pagan of the good times / My lover's the sunlight" bahwa yang dimaksud "pagan / penyembah berhala," dan yang dimaksud "My lover's the sunlight / kekasihku adalah cahaya matahari"  Mengacu pada peradaban bangsa Yunani kuno yang menyembah matahari, dan dalam ajaran tersebut,  ketertarikan seksual kepada sesama jenis merupakan hal yang normal. Homos*ksual pada masa Yunani kuno terjadi antara laki-laki dewasa dan laki-laki remaja (12- 18 tahun). Perilaku seperti ini dikenal dengan istilah paiderastia (kasih sayang, emosional, dan sensual). Entah mengapa tapi menurutku, lirik diverse 2 ini solah ingin membandingkan bahwa jaman yunani kuno saja penyuka sesama jenis dibolehkan. Tapi di jaman maJu layaknya sekarang, agama katolik koK malah TAK membolehkan sih?

Bridge:
No masters or kings when the ritual begins
Tak ada tuan atau raja saat ritual dimulai

Interpretasi penggalan lirik Bridge: Orang Kristen-Katolik, menyebut Tuhan sebagai tuan atau raja sejati. Saat liriknya menjadi tak ada tuan atau raja, berarti lirik ini bisa bermakna tentang penolakan Hozier terhadap agama (katolik)

Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Take Me to Church:

Setelah di interpretasikan dan dimaknai beberapa bait liriknya, lagu Take Me to Church punya tema lagu tentang pandangan seorang Hozier yang merupakan pendukung Homos*ksual, dengan mengkritisi agama layaknya agama katolik, yang menolak adanya kaum Homos*ksual. lirik "Seharusnya aku memujanya lebih cepat / Andai Surga pernah berbicara / Setiap hari Minggu semakin suram / Racun segar setiap pekan" pada bait verse 1, mejelaskan lebih lanjut tentang kritik Hozier pada agama katolik. Jelas disebutkan dalam lirik tersebut bahwa Hozier, menganggap gereja katolik mendoktrin orang-orang untuk tak jadi homos*ksual, ditiap-tiap ibadah hari minggu. Karena gereja katolik menganggap homos*ksual adalah sesuatu yang bertentangan dengan hukum, penuh dosa, dan dianggap sebagai suatu kelainan.

Dalam agama katolik, pengakuan dosa-dosa adalah kunci pengampunan. Oleh sebab itu, lirik Chorus/reff, berusaha mendefinisikan tentang seorang dengan gender homos*ksual, yang ingin dibawa ke gereja, ia ingin mengakui bahwa ia adalah Homos*ksual, dan mengakui semua dosa-nya. Tapi, di gereja katolik kan homos*ksual dilarang? mungkinkan seorang Homos*ksual dapat diampuni dosanya oleh tuhan? Jika dimaknai seperti ini, Hoizer solah menuduh gereja katolik munafik. tapi sekali lagi aku tekankan, setiap orang bebas menginterpretasikan lirik lagunya.

Hozier dalam lirik lagu ini, seolah berusaha melawan agama dan menolak agama (Khususnya agama Nasrani-Katolik), karena ia ingin membela kaum homos*ksual, jikalau kaum tersebut bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, Jikalau kaum tersebut bukanlah kaum penuh dosa, Jikalau kaum tersebut merupakan kaum penuh cinta, dan sama saja seperti kaum-kaum lain-nya. Oke, mungkin itu saja pemaknaan mengenai lirik lagu Take Me to Church

Terjemahan dan Arti Lirik Lagu Take Me to Church

Verse 1:
My lover's got humor
Kekasihku punya selera humor (tinggi)
She's the giggle at a funeral
Dia melucu di pemakaman
Knows everybody's disapproval
Dia tahu pendapat buruk semua orang
I should've worshipped her sooner
Seharusnya aku memujanya lebih cepat
If the heavens ever did speak
Andai Surga pernah berbicara
She's the last true mouthpiece
Dialah penyambung lidah sejati yang terakhir
Every Sunday's getting more bleak
Setiap hari Minggu semakin suram
A fresh poison each week
Racun segar setiap pekan
'We were born sick,' you heard them say it
'Kita terlahir sakit,' begitu kata mereka
My church offers no absolution
Gerejaku tak menawarkan pengampunan dosa
She tells me 'worship in the bedroom'
Dia bilang 'menyembahlah di kamar'
The only heaven I'll be sent to
Satu-satunya surga tempatku kan dikirimkan
Is when I'm alone with you
Adalah saat aku hanya bersamamu
I was born sick, but I love it
Aku terlahir sakit, tapi aku suka
Command me to be well
Perintahkanlah aku agar sembuh

Pre-Chorus:
Aaa, Amen, Amen, Amen
Aaa, amin, amin, amin

Chorus:
Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Verse 2:
If I'm a pagan of the good times
Andai aku seorang penyembah berhala dari masa-masa indah
My lover's the sunlight
Kekasihku adalah cahaya matahari
To keep the goddess on my side
Agar sang Dewi selalu di sisiku
She demands a sacrifice
Dia menuntut pengorbanan
To drain the whole sea
Untuk mengeringkan lautan
Get something shiny
Ambillah sesuatu yang bersinar
Something meaty for the main course
Sesuatu yang berdaging untuk hidangan utama
That a fine looking high horse
Kuda tinggi yang terlihat bagus itu
What you got in the stable
Apa yang kau miliki di kandang itu
We've a lot of starving faithful
Ada begitu banyak orang taat yang kelaparan
That looks tasty
Yang terlihat enak
That looks plenty
Yang terlihat banyak
This is hungry work
Ini pekerjaan lapar

Chorus:
Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Bridge:
No masters or kings when the ritual begins
Tak ada tuan atau raja saat ritual dimulai
There is no sweeter innocence than our gentle sin
Tak ada kepolosan yang lebih indah daripada dosa terhormat kita
In the madness and soil of that sad earthly scene
Di kegilaan dan lumuran adegan duniawi menyedihkan itu
Only then I am human
Hanya saat itulah aku jadi manusia
Only then I am clean
Hanya saat itulah aku jadi bersih
Amen. Amen. Amen
Amin. Amin. Amin

Chorus:
Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Take me to church
Bawalah aku ke gereja
I'll worship like a dog at the shrine of your lies
Aku akan menyembah seperti anjing di kuil kebohonganmu ini
I'll tell you my sins and you can sharpen your knife
Kan kuungkapkan padamu dosa-dosaku dan kau boleh mengasah pisaumu
Offer me that deathless death
Tawarkan padaku kematian abadi
Good God, let me give you my life
Wahai Tuhan, biar kuberikan nyawaku padamu

Informasi Lirik Lagu Take Me to Church

*Penulis lirik lagu Take Me to Church adalah Hozier. Lagu Take Me to Church rilis tanggal 13 September tahun 2013. Lagu Take Me to Church masuk ke dalam album Hozier (2014). Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Take Me to Church milik Hozier ini, berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Take Me to Church milik Hozier ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Take Me to Church milik Hozier, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Take Me to Church milik Hozier ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Hozier ~ Take Me to Church (Official Music Video)

0 Response to "Makna Sesungguhnya Lirik Lagu Take Me to Church Milik Hozier"

Post a Comment