Coldplay - Human Heart | Makna dan Arti Lirik Lagu

Arti kata Human Heart adalah hati nurani. Lewat kata ini, Coldplay berusaha mengingatkan bahwa kita sebagai manusia punya hati nurani, punya rasa sedi

Human Heart adalah lagu ke enam yang masuk dalam album studio kesembilan Coldplay, Music of the Spheres (2021). Salah satu keindahan lagu Human Heart, terletak pada kedalaman liriknya, sehingga dengan iringan musik yang sedikit pun lagu ini seolah-olah begitu indah. Lagu ini sering sekali dibawakan oleh Coldplay pada setiap konser musiknya. Berikut merupakan arti dan makna dari lirik lagu Human Heart.

Makna Lirik

Makna lagu Human Heart menceritakan tentang sifat manusia yang mempunyai kecenderungan untuk menyembunyikan kesedihan dan emosinya, sehingga mereka akan kelihatan lebih kuat. Lagu ini seolah ingin mengkritisi sifat tersebut, sebuah sifat yang begitu naif, mengingat sebagai manusia kita itu bukanlah mahluk sempurnya. Kita bisa saja menangis se jadi-jadinya, kita bisa merasakan sedih yang mendalam, karena kita punya hati nurani (human heart).

Ingatlah bahwa sehebat apapun manusia, pasti ia pernah melakukan kesalahan. Sehebat apapun manusia, pasti ia punya kelemahan. Dan sehebat apapun manusia, ia pasti punya nurani dan kesedihan, sehingga sedikit saja ia tersakiti, hati manusia dapat dengan mudah hancur berkeping-keping. Semua orang mempunyai kekurangan, dan kekurangan inilah yang membuat seseorang menjadi manusia.

Dapat dikatakan lewat lagu Human Heart, Coldplay seolah ingin menasihati kita untuk jujur pada hati nurani kita sendiri. Jika kita sedang bersedih maka menangislah, jika kita gagal maka kecewalah, dan jika kita lelah maka beristirahatlah sejenak. Ikutilah kemana hati nurani kita berbicara.

Lewat lagu Human Heart, Coldplay juga seolah mengajak pada pendengarnya baik lelaki maupun wanita, untuk selalu mempertahankan hati nurani mereka, dalam menghadapi persoalan apapun, dan dalam menghadapi hidup yang sulit. karena jika Hati nurani dipertahankan, maka ia bisa bertindak sebagai pemandu dalam pengambilan keputusan yang baik.

Arti Lirik

Arti kata Human Heart adalah hati nurani. Lewat kata ini, Coldplay berusaha mengingatkan bahwa kita sebagai manusia punya hati nurani, punya rasa sedih, punya rasa kecewa, punya rasa senang, dan punya rasa cinta. Sehingga kita diminta oleh Coldplay untuk tak perlu menyembunyikan segala nurani itu.

Verse 1:
Boys boys don't cry
Lelaki tak boleh menangis
Boys keep it all inside
Lelaki menyimpan segalanya dalam-dalam
I try to hide it underneath
Aku pun mencoba menyembunyikan tangis itu
Still my heart starts to beat
Namun jantungku tetap saja berdegub kencang

Chorus:
My human heart
Hati nuraniku
Only got a human heart
Hanya punya hati nurani
I wish it didn't run away
Ku harap hati nuraniku tak lari
I wish it didn't fall apart
Ku harap hati nuraniku tak hancur berantakan
Oh my human heart
Wahai hati nurani ku
Night and day, light and dark
Siang dan malam, terang dan gelap
Any day could be torn in half
Tiap harinya aku bisa saja terbelah jadi dua
Only got a human heart
Hanya punya hati nurani

Verse 2:
Girls, can make believe
Wanita, bisa menciptakan rasa percaya
Girls wear it on their sleeve
Wanita memakai kepercayaan itu di lengan baju mereka
Thought I could pretend for trying sake
Berpikir kalau aku bisa berpura-pura mencoba peruntungan
Still, my heart had to break
Tetap saja, hatiku harus hancur

Chorus:
My human heart
Hati nuraniku
Only got a human heart
Hanya punya hati nurani
I wish it didn't run away
Ku harap hati nuraniku tak lari
I wish it didn't fall apart
Ku harap hati nuraniku tak hancur berntakan
Oh my human heart
Wahai hati nurani ku
Night and day, light and dark
Siang dan malam, terang dan gelap
Any day could be torn in half
Setiap hari bisa saja terbelah jadi dua
Only got a human heart
Hanya punya hati nurani

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Human Heart Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Music of the Spheres (2021) Oktober 2021 Parlophone, Atlantic Acapella, pop

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Human Heart milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer