The Cranberries ~ Zombie | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Terjemahan arti & makna lirik lagu Zombie yang dinyanyikan oleh The Cranberries. Zombie adalah lagu protes tentang perang saudara yang terjadi di irlandia. Lagu Zombie mencapai No 1 di tangga lagu Australia, Belgia, Denmark, Prancis, Jerman dan Islandia, serta di tangga lagu Billboard Modern Rock Tracks AS. Lagu Zombie juga memenangkan Penghargaan Lagu Terbaik di MTV Europe Music Awards 1995.

Pada tahun 2017, lagu Zombie dirilis sebagai versi akustik di album Something Else milik band. Pada April 2020, Zombie menjadi lagu pertama dari penyanyi Irlandia yang melampaui satu miliar penayangan di YouTube. Pada Mei 2021, Zombie telah diputar 625 juta kali di Spotify dan pada April 2020, telah terjual 778.942 eksemplar di Inggris. Lagu ini, juga banyak digunakan sebagai backsound pengguna akun tik-tok.

Makna Singkat Lirik Lagu The Cranberries ~ Zombie 

Setelah diterjemahkan dan diartikan, lirik lagu Zombie milik The Cranberries menceritakan tentang peperangan yang terjadi di negara irlandia selama beberapa tahun. Seperti yang kita ketahui, pada tahun 1960-1998 di irlndia utara, terjadi perang saudara yang menimbulkan kekerasan dimana-mana. Perang ini terjadi antara kaum-kaum irlandia yang ingin tetap menjadi bagian dari negara Inggris dan kaum-kaum irlandia yang ingin merdeka dari inggiris.  Berangkat dari kenyataan tersebut, Dolores (Vokalis Cranberries) menciptakan lagu ini untuk melawan perang dan melawan bentuk kekerasan di dunia ini. Menurut Dollores, perang hanya menimbulkan rasa ketidakmanusiawian pada hati manusia, mereka layaknya Zombie yang membunuh manusia lain, membunuh anak-anak, bahkan membunuh keluarganya sendiri tanpa pikiran dan kepri-kemanuasiaan.

berbicara pada mendia songfacts.com Dolores mengatakan ""Lagu ini adalah seruan kami terhadap ketidakmanusiawian manusia terhadap manusia, ketidakmanusiawian terhadap anak," dengan artian, dolores dalam lagu ini solah ingin mengajak pendengrnya untuk tak saling membenci manusia lain, untuk tak berperang, untuk tak melakukan kekerasan, karena jika manusia terus melakukan hal itu, maka hati manusia lama-lama tak ada rasa pri kemanusiaan, dan akhirnya akan menimbulkan kesedihan di muka bumi. Beikut, adalah makna keseluruhan lirik lagu-nya:

Lirik verse 1: Lagu Zombie bercerita tentang perang saudara di Irlandia Utara. Perang ini terjadi  antara kaum-kaum irlandia yang ingin tetap menjadi bagian dari negara Inggris dan kaum-kaum irlandia yang ingin merdeka dari inggiris. Konflik ini telah menjadi sumber kekerasan, kesengsaraan dan kematian selama lebih dari 100 tahun, sejak pemisahan Irlandia. Musuh-musuh (yang merupakan bangsa sendiri), andai tertangkap, maka hukuman yang paling sering adalah di gantung. Oleh sebab itu, lirik "Another, head hangs lowly / Satu lagi, kepala yang tergantung dengan rendah " dimasukan di pembuka lagu, untuk menggambarkan kekerasan yang terjadi selama perang, bahwasanya perang itu menakutkan, jika dianggap salah, orang dengan seenaknya menggantung dan membunuh orang lain tanpa pikir panjang

Lirik Pre-Chorus: Meski penduduk irlandia terbelah menjadi dua bagian (bagian pro inggris dan bagian pro kemerdekaan irlandia), dan akhirnya berperang melawan bangsanya sendiri. Dolores (Vokalis Cranberries) mengatakan pada pendengarnya, bahwa sebagai orang irlandia yang cinta damai, ia tak ikut dalam peperangan itu. Jadi di lirik pre-choruss, disisipkan lirik "But you see, it's not me, it's not my family / Tapi bisa kau lihat, tu bukan salahku, itu bukan salah keluargaku" untuk menekankan pada pendengarnya bahwa dolores bukan termasiuk bagian dari manusia yang melakukan kekerasan dan membunuh orang lain, ia dan keluarganya adalah orang cinta damai.

Lirik Reff/Chorus: Kata "zombie" di ulang-ulang pada lirik Reff/Chorus, bahkan kata ini diulang dalam keseluruhan lirik.  Zombie sebenarnya adalah simbol dari penyebar perang. Dolores, menyebut Zombie bagai mesin pembunuh yang tidak punya pikiran dan tidak punya otak. Zombie, melakukan apapun termasuk membunuh, tanpa hati dan pri kemanusiaan. Zombie adalah metafora untuk seluruh konflik dan peperangan, termasuk orang-orang membunuh bagai Zombie yang tak punya hati.

Lirik Verse 2: lirik verse dua ini, lebih mengedepankan aakibat dari perang, dan klimaks nyata yang terjadi diakhir perang, dan  juga merupkan akhir cerita lagu. Lirik "Another mother's breakin' / Satu lagi, seorang ibu yang terluka" menekankan bahwa banyak anak-anak tak berdosa terbunuh di peperangan. betepa menyakitkanya kan perang itu? bayangkanlah kalau kamu adalah seorang ibu yang kehilangan anaknya akibat perang? nyatanya perang itu hanya menyenangkan orang egois, orang yang tak berpikir, sementara orang yang tak berdayalah yang menjadi korban-nya.

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu Zombie . Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu Zombie  yang dinyanyikan The Cranberries, kedalam Bahasa Indonesia.


Terjemahan & Arti Lirik Lagu The Cranberries ~ Zombie 

Verse 1:
Another, head hangs lowly
Satu lagi, kepala yang tergantung dengan rendah
Child is slowly taken
Seorang anak yang diculik secara perlahan
And the violence caused such silence
Dan kekerasan menyebabkan keheningan seperti itu
Who are we mistaken?
Siapa yang harus kita salahkan?

Pre-Chorus:
But you see, it's not me, it's not my family
Tapi bisa kau lihat, tu bukan salahku, itu bukan salah keluargaku
In your head, in your head, they are fightin'
Dalam benakmu, dalam benakmu, mereka berperang
With their tanks and their bombs
Dengan tank dan bom mereka
And their bombs and their guns
Dan bom serta senapan mereka
In your head, in your head, they are crying...
Dalam benakmu, dalam benakmu, mereka menangis

Chorus:
In your head, in your head, zombie
Dalam benakmu, dalam benakmu, hanya ada hantu zombie
Zombie, zombie-ie-ie
Zombie, Zombie,,,
What's in your head, in your head?
Apa yang ada dalam benakmu, dalam benakmu?
Zombie, zombie, zombie-ie-ie-ie, oh
Zombie, Zombie Zombie...

Post-Chorus;
Du, du, du, du
Du, du, du, du
Du, du, du, du
Du, du, du, du

Verse 2:
Another mother's breakin'
Satu lagi, seorang ibu yang terluka
Heart is takin' over
Hatinya merana
When the violence caused such silence
Saat kekerasan sebabkan keheningan
We must be mistaken
Kita pasti disalahkan

Pre-Chorus:
It's the same old theme, since 1916
Ini adalah tema lama yang sama, sejak 1916
In your head, in your head, they're still fightin'
Dalam benakmu, dalam benakmu mereka masih berperang
With their tanks and their bombs
Dengan tank dan bom mereka
And their bombs and their guns
Dan bom serta senapan mereka
In your head, in your head, they are dying...
Di benakmu, di benakmu, mereka mati...

Chorus:
In your head, in your head, zombie
Dalam benakmu, dalam benakmu, hanya ada hantu zombie
Zombie, zombie-ie-ie
Zombie, Zombie,,,
What's in your head, in your head?
Apa yang ada dalam benakmu, dalam benakmu?
Zombie, zombie, zombie-ie-ie-ie, oh
Zombie, Zombie Zombie...

Informasi Lirik Lagu Zombie 

*Penulis lirik lagu Zombie  adalah Dolores O’Riordan. Lagu Zombie  rilis tanggal 14 September tahun 1994. Lagu Zombie  masuk ke dalam album No Need to Argue (The Complete Sessions 1994-1995) milik The Cranberries. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Zombie berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Zombie  ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Zombie  ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Zombie  ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.


The Cranberries ~ Zombie  (Official Music Video)

0 Response to "The Cranberries ~ Zombie | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu"

Post a Comment