Makna Sesungguhnya Lirik Lagu Easy On Me Milik Adele

Adele, salah satu penyanyi kesukaanku dan kesukaan berbagai orang, waaauu!! akhirnya kembali dengan single terbarunya berjudul Easy On Me. Lagu Easy On Me menandai kembalinya Adele setelah absen selama enam tahun. Lagu Easy On Me adalah singel utama dari album studio keempat Adele yang berjudul "30." Dan sejak dirilis pada tanggal 15 Oktober 2921 lalu, hingga hari ini  (1 november 2021)  music videonya di youtube telah mencapai tampilan 140juta penonton. Setelah dirilis, "Easy On Me" juga memecahkan rekor dunia untuk lagu yang paling banyak diputar / streaming dalam 24 jam. Easy On Me menghancurkan rekor yang dipegang sebelumnya, yaitu lagu "Butter" milik BTS wowo! 

Sebagai penggemar berat Adele, aku begitu senang mendengar kembalinya Adele, karena menurutku, musik dan lirik dari lagu adele begitu sempurna, liriknya selalu saja bertema tentang sebuah kisa yang seolah merupakan rangkuman dari cerita yang begitu panjang, dan hanya dijadikan lagu yang pendek. Oleh sebab itulah aku disini akan menginterpretasikan, memaknai, dan menerjemahkan lirik lagu Easy On Me dengan begitu lengkap disertai data yang akurat. simak sampai habis ya :)

Daftar isi:

  • Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Easy On Me
  • Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Easy On Me Per-bait
  • Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Easy On Me
  • Pesan Moral Di Lagu Easy On Me
  • Terjemahan Arti Lirik Lagu Easy On Me

Sebenarnya, Apa Makna Lirik Lagu Easy On Me

Dalam wawancara dengan BBC Radio 1 pada bulan Oktober 2021, Adele mengungkapkan bahwa Easy On Me, adalah lagu pertama yang ditulis di album yang berjudul 30.  Adele menulis lagunya dari tahun 2019, jadi Adele menulis lagu ini selama 3tahun. Dalam wawancara ini, Adele mengaku bahwa lagu easy on me, bercerita tentang hubungan percintaan-nya yang kandas. Adele menjelaskan bahwa kisah dalam lagu easy on me bercerita tentang pernikahan yang ia jalani saat ia masih muda, dan bagaimana sulitnya ia menjalani pernikahan tersebut karena ia belum dewasa. Mirisnya, hanya ada derita dalam pernikahan masa muda tersebut, sehingga kesedihan dan perpisahanlah yang jadi ujung-nya. Dalam wawancara itu, Adele menjelaskan "Saya jelas menangis ketika saya menulisnya dan ketika saya menyanyikannya untuk direkam"

Artikel dari majalah elle, menjelskan lebih lanjut bahwa album berjudul "30" milik Adele ini, berkitan dengan berpisah antara Adele dengan mantan suaminya Simon Konecki pada tahun 2019, jadi tema dari album baru ini jelas tentang “Perceraian" dan juga tetang  pernikahan di usia muda atau bisa juga disebut sebagai pernikahan dini, dimana para remaja yang menikah dini biasanya akan menghadapi problema rumah tangga karena mereka belum siap, dan belum punya pikiran dewasa.

Walaupun pernikhan dini juga bisa diselamatkan karena kedua pasangan akhirnya sadar akan ego dan kekurangan mereka, lalu mengapa adele dalam lirik lagu ini seolah tak kuasa mempertahankan pernikahan-nya dengan Simon Konecki? mungkinkah sudah tak ada lagi rasa pengertian Konecki pada adele? mungkinkah rumah tangga mereka hanya berisi tentang pertengkaran? mungkinkah layaknya kebanyakan orang yang menikah dini, Adele dan Konecki tak sama-sama dewasa dalam bersikap? mari, kita interpretasikan dan maknai saja liriknya, Baca samai habis ya, kesimpulan dan terjemahan liriknya, ada diakhir tulisan.  

Meng-interpretasikan dan Memaknai Lirik Lagu Easy On Me

Verse 1:
There ain't no gold in this river
Tak kan ada lagi kilau emas di aliran sungai ini
That I've been washin' my hands in forever
Karna tlah ku basuh tangan ku ini tuk selamanya
I know, there is hope in these waters
Aku tahu, masih ada harapan dalam aliran air ini 
But, I can't bring myself to swim
Namun, aku tak bisa membawa diriku sendiri tuk berenang
When I am drowning in this silence
Ketika aku tenggelam dalam kesunyian
Baby, let me in
Kasih, biarkan aku masuk (*dalam aliran sungai)

Interpretasi Makna Lirik Verse 1: Dalam lirik pembuka ini, Adele mengenang bagaimana hubungannya dengan Simon Konecki mencapai titik puncak, yaitu titk dimana Adele menyerah dengan pernikahan-nya. Lirik "There ain't no gold in this river Tak kan ada lagi kilau emas di aliran sungai ini" Mengungkapkan bahwasan-nya yang dimaksud "River/sungai" adalah sebuah metafora yang bermakna tentang bagaimana semua masalah dalam rumah tangga Adele. Atau singktnya "masalah rumah tangga adele sama saja layaknya aliran sungai yang deras". Dalam lirik ini, jelas bahwasanya Adele tak dapat membendung arus sungai tersebut, tak dapat membendung semua masalah rumah tangga-nya, ia akhirnya hanyut terbawa aliranya, ia hanyut terbwa masalah rumah tangganya, dan semua masalah itulah yang membuat Adele tak kuat lagi mempertahankan pernikahan dengan Simon Konecki.

Terlepas dari semua perjuangannya "membendung masalah yang berat layaknya membendung aliran sungai", Dalam lirik "I know, there is hope in these waters / Aku tahu, masih ada harapan dalam aliran air ini" Adele juga berusaha menjelaskan bahwa dia tidak ingin putus asa, ia berharap bahwa hubungan pernikahanya baik-baik saja. Adele dalam lirik ini seolah mencoba menyelamatkan hubungannya tetapi pada akhirnya, pernikahan itu tenggelam dalam kesunyian..

Chorus/Reff:
Go easy.... on me, baby
Bersikap tenang-lah padaku, kasih
I was still a child
Aku masih belum dewasa
Didn't get the chance to
Tak mendapatkan kesempatan untuk
Feel... the world around me
Merasakan dunia di sekitarku
I had no time to choose what I chose to do
Aku tak punya waktu untuk memilih apa yang ingin ku pilih dan lakukan
So go easy.. on me
Jadi bersikap tenang-lah... padaku

Interpretasi Makna Lirik Chorus/Reff: Dalam lirik Chorus/Reff ini, Adele berusaha menjelaskan salah satu alasan mengapa Adele bercerai dengan Simon Konecki. Lirik "I was still a child/Aku masih belum dewasa" menjelaskan bahwa dulu pada saat menikah, Adele hanyalah seseorang yang tak bersikap dewasa, ia masih polos dan lugu, tak mengerti manis pahit kehidupan di dunia ini. Sebagai wanita, Adele mungkin hanya ingin dimengerti, ingin dipahami, ingin disayangi, sehingga Adele dalam lirik Reff ini seolah mengatakan "Go easy.... on me, baby /Bersikap tenang-lah padaku, kasih, bersikap pengertian, bersikap sayang, bukan malah bersikap marah-marah atau sebagainya, kasih

Adele dalam lirik Chorus/Reff ini, memang menekankan langsung pada sang suami, agar bisa bersikap lembut pada-nya, karena bahwasanya Adele hanya tak bersikap dewasa saat itu.

Mungkin banyak pria yang tidak terlalu mengenal sisi lain dari wanita. Hal ini yang sering mengakibatkan hubungan suatu pasangan tidak berjalan dengan mulus, bahkan bisa terjadi perpisahan. Sebenarnya wanita adalah makhluk yang lebih terbuka jika dibandingkan dengan pria. Mereka lebih banyak bercerita, namun juga ingin ceritanya didengarkan dan dimengerti oleh sang pria. Wanita layaknya Adele hanya ingin dimengerti, tapi sayang Konecki tak melakukan sebagaimana pria harus bersikap :(

Verse 2:
There ain't no room for things to change
Tak kan ada lagi ruang tuk berubah pikiran
When we are both so deeply stuck in our ways
Saat kita berdua begitu terjebak dalam jalan yang kita lalui
You can't deny how hard I have tried
Kau tak dapat menyangkal betapa kerasnya aku mencoba
I changed who I was to put you both first
Aku mengubah jati diriku untuk memprioritaskan dirimu terlebih dahulu
But now I give up
Namun sekarang aku menyerah

Interpretasi Makna Lirik Verse 1: Penikahan yang hanya diiputi pertengkaran dan tak saling mengerti, hanya akan menimbulkan sakit dan luka. Sehingga dalam lirik "There ain't no room for things to change / Tak kan ada lagi ruang tuk berubah pikiran" Adele menegaskan bahwa keptusan-nya untuk bercerai dengan suaminya sudah final dan tak bisa di ganggu-gugat. Lirik "You can't deny how hard I have tried /Kau tak dapat menyangkal betapa kerasnya aku mencoba" lagi-lagi menjelaskan bahwa Adele selalu mencoba mempertahankan pernikahanya, namun kali ini, adalah kali terakhir adele bertahan, ia akhirnya pun menyerah "But now I give up / Namun sekarang aku menyerah"

Bridge
I had good intentions
Aku punya niat baik
And the highest hopes
Dan harapan yang begitu tinggi
But I know right now
Tapi aku tahu sekarang
It probably doesn't even show
Harapan itu mungkin tak terkabulkan

Interpretasi Makna Lirik Bridge: Lirik Bride menurut aku adalah akhir dari kisah pernikahan Adele. Lirik "I had good intentions/Aku punya niat baik" mempunyai makna kalau Adele memiliki "niatan baik" ketika mau menikah dengan suaminya, ia punya niatan dan harapan kalau pernikahan-nya akan bahagia. Tak terpikir sekalipun jikalau ia akan berpisah dengan suaminya. Namun sekali lagi, harapan itu kadang tak sesuai kenyataan / realita. Kita boleh berharap tentang apapun, namun ketika kenyataan berkata lain, maka iklas adalah salah satu jalan untuk mengobati hati yang kecewa.


Kesimpulan Interpretasi Makna Lirik Lagu Easy On Me:

Setelah di interpretasikan dan dimaknai beberapa bait liriknya, lagu Easy On Me mengisahkan tentang perceraian antara Adele dengan mantan suaminya Simon Konecki pada tahun 2019. Adele menjelaskan bahwa kisah dalam lagu easy on me bercerita tentang pernikahan yang ia jalani saat ia masih muda, dan bagaimana sulitnya ia menjalani pernikahan tersebut karena ia belum dewasa, masih berprilaku kekanak-kanakan dan lain sebagainya.

Adele berusaha menjelaskan salah satu alasan mengapa Adele bercerai dengan Simon Konecki. Lirik "I was still a child/Aku masih belum dewasa" pada reff/chorus lagu, menjelaskan bahwa dulu pada saat menikah, Adele hanyalah seseorang yang tak bersikap dewasa, ia masih polos dan lugu, tak mengerti manis pahit kehidupan di dunia ini. Sebagai wanita, Adele mungkin hanya ingin dimengerti, ingin dipahami, ingin disayangi, sehingga Adele dalam lirik Reff/chorus seolah mengatakan "Go easy.... on me, baby /Bersikap tenang-lah padaku, kasih, bersikap pengertian, bersikap sayang, bukan malah bersikap marah-marah atau sebagainya, kasih

Adele dalam lagu ini memang menekankan langsung pada sang suami, agar bisa bersikap lembut pada-nya, bersikap pengertian padanya, Karena ia hanya manusia biasa, pikiranya belum dewasa. tapi sayang Konecki tak melakukan semua yang Adele minta.

Penikahan yang hanya diiputi pertengkaran dan tak saling mengerti, hanya akan menimbulkan sakit dan luka. Sehingga Adele menegaskan bahwa keptusan-nya untuk bercerai dengan suaminya sudah final dan tak bisa di ganggu-gugat. Bukan berarti Adele tak bisa mempertahankan pernikahan-nya, Adele hanya lelah terus terluka dan terus tak dimengerti, Adele hanya lelah membendung aliran masalah yang tiada habisnya.  Dan akhirnya Adele pun menyerah "But now I give up / Namun sekarang aku menyerah" Dan akhirnya Adele pun tenggelam dalam kesunyian  "When I am drowning in this silence
Ketika aku tenggelam dalam kesunyian"

Lirik Bride menurut aku adalah akhir dari kisah pernikahan Adele. Lirik "I had good intentions/Aku punya niat baik" mempunyai makna kalau Adele memiliki "niatan baik" ketika mau menikah dengan suaminya, ia punya niatan dan harapan kalau pernikahan-nya akan bahagia. Tak terpikir sekalipun jikalau ia akan berpisah dengan suaminya. Namun sekali lagi, harapan itu kadang tak sesuai kenyataan / realita. Kita boleh berharap tentang apapun, namun ketika kenyataan berkata lain, maka iklas adalah salah satu jalan untuk mengobati hati yang kecewa.

Pesan Moral Di Lagu Easy On Me

Lagu Easy On Me membuat aku tersadar bahwasanya menikah itu rupanya tak gampang. Bahnyak sekali masalah dalam pernikahan, dan jika tak kuat-kuat maka yang terjadi hanyalah perpisahan. Menurutku, menikah itu bukanlah lomba cepat-cepatan, menikah itu adalah ketika kita memang benar-benar siap menikah. Berikut merupakan pesan moral dalam lirik lagu Easy On Me
  • Menikahlah ketika kamu benar-benar siap untuk menikah: Lagu Easy On Me menjelaskan secara detail bagaimana Adele belum siap untuk menikah, diusianya yang masih muda. Pikiran adele masih belum dewasa dan kekanak-kanakan saat itu, ditambah suaminya yang tak pernah memahami pemikiran kekanak-kanakan dari Adele, sehingga perpisahan kemudian jadi ujung-nya. Dari kisah adele ini, kita seolah tersadar bahwa untuk melangkah ke jenjang lebih serius, kita perlu memantapkan hati dan pikiran kita. Jika kita merasa belum bisa berpikir dewasa dan masih mementingkan emosi, sebaiknya jangan menikah dulu. Ingat, pernikahan tidak hanya butuh cinta, tetapi juga kematangan dalam berpikir, dan bersikap. Bayangkan saja kalau kamu seorang suami yang masih remaja, dengan penuh emosi kemudian menikah, mungkinkah istrimu akan bahagia?
  • Menikah itu tentang saling mengerti: Dicerita lagu ini Adele selalu mengakui bahwa pada saat menikah duli ia masih belum dewasa dan kekanak-kanakan dan sayang-nya sang suami tak bisa mengerti sifat Adele, disitulah keudian masalah muncul. Lagu easy on me menurutku bisa mengajarkan bahwa saling mengerti dan memahami satu sama lain merupakan hal terpenting dalam pernikahan. Sikap mengerti dan memahami ini juga akan membuat pasangan merasa saling nyaman. Perasaan nyaman sendiri adalah kunci hubungan langgeng dan bahagia. Saling mengerti dan memahami akan membuat dua orang rukun.  Adanya masalah juga bisa diselesaikan dengan baik dengan kepala tenang.
Oke mungkin itulah interpretasi, pemaknaan beserta pesan moral yang dapat kita ambil dari lirik Easy On ME. Dari lagu ini kita jadi mengerti bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang sangat komples, menikah tak hanya bermodal cinta-cintaan doang. Menikah itu adalah ketika kita memang sudah benar-benar siap, baik mental, materi, dan sikap. Berikut merupakan terjemahan arti dari lirik lagu Easy On Me milik Adele.


Terjemahan dan Arti Lirik Lagu Easy On Me Milik Milik Adele

Verse 1:
There ain't no gold in this river
Tak kan ada lagi kilau emas di aliran sungai ini
That I've been washin' my hands in forever
Karna tlah ku basuh tangan ku ini tuk selamanya
I know, there is hope in these waters
Aku tahu, masih ada harapan dalam aliran air ini 
But, I can't bring myself to swim
Namun, aku tak bisa membawa diriku sendiri tuk berenang
When I am drowning in this silence
Ketika aku tenggelam dalam kesunyian
Baby, let me in
Kasih, biarkan aku masuk (*dalam aliran sungai)

Chorus:
Go easy.... on me, baby
Bersikap tenang-lah padaku, kasih
I was still a child
Aku masih belum dewasa
Didn't get the chance to
Tak mendapatkan kesempatan untuk
Feel... the world around me
Merasakan dunia di sekitarku
I had no time to choose what I chose to do
Aku tak punya waktu untuk memilih apa yang ingin ku pilih dan lakukan
So go easy.. on me
Jadi bersikap tenang-lah... padaku

Verse 2:
There ain't no room for things to change
Tak kan ada lagi ruang tuk berubah pikiran
When we are both so deeply stuck in our ways
Saat kita berdua begitu terjebak dalam jalan yang kita lalui
You can't deny how hard I have tried
Kau tak dapat menyangkal betapa kerasnya aku mencoba
I changed who I was to put you both first
Aku mengubah jati diriku untuk memprioritaskan dirimu terlebih dahulu
But now I give up
Namun sekarang aku menyerah

Chorus:
Go easy... on me, baby
Bersikap tenang-lah... padaku, kasih
I was still a child
Aku masih belum dewasa
Didn't get the chance to
Tak mendapatkan kesempatan untuk
Feel the world around me
Merasakan dunia di sekitarku
I had no time to choose what I chose to do
Aku tak punya waktu untuk memilih apa yang ingin ku pilih dan lakukan
So go easy... on me
Jadi bersikap tenang-lah.. padaku

Bridge
I had good intentions
Aku punya niat baik
And the highest hopes
Dan harapan yang begitu tinggi
But I know right now
Tapi aku tahu sekarang
It probably doesn't even show
Harapan itu mungkin tak terkabulkan

Chorus:
Go easy... on me, baby
Bersikap tenang-lah padaku, kasih
I was still a child
Aku masih belum dewasa
Didn't get the chance to
Tak mendapatkan kesempatan untuk
Feel the world around me
Merasakan dunia di sekitarku
I had no time to choose what I chose to do
Aku tak punya waktu untuk memilih apa yang ingin ku pilih dan lakukan
So go easy.. on me
Jadi bersikap tenang-lah padaku

Informasi Lirik Lagu Easy On Me

*Penulis lirik lagu Easy On Me adalah Greg Kurstin & Adele. Lagu Easy On Me rilis tanggal 15 Oktber tahun2021. Lagu Easy On Me masuk ke dalam album 30 (Target Exclusive). Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu Easy On Me milik Adele ini, berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu Easy On Me milik Adele ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Easy On Me milik Adele, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu Easy On Me milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.


Adele ~ Easy On Me (Official Music Video)

0 Response to "Makna Sesungguhnya Lirik Lagu Easy On Me Milik Adele"

Post a Comment