IU ~ My Old Story | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Makna lagu my old story menceritakan tentang kesedihan hati IU, karena mengenang kisah cinta masa lalunya. Lirik  "Sujubeoseo mal motaenna / Mungkin kau terlalu malu untuk mengatakannya" menjelaskan lebih lanjut bahwa dulu IU dan pria pujaannya, harus terpisah karena sang pria tak kunjung mengungkapkan perasaan cintanya pada IU. Namun, IU sebenarnya juga tak pernah tahua secara spesifik alasan kenapa pria tersebut tak mengungkapkan perasaanya-nya. 

Entah mungkin sang pria tak suka dengan IU, entah mungkin karena keadaan, IU tak tahu alasan mengapa pria pujaanya tak mengatakan cinta padanya dan harus pergi dari hidupnya. Namun yang jelas, dalam kenangan terpedihnya itu, IU akan tetap menunggu pria itu. Seperti tulisan dari majalah billboard, yang memaknai lirik lagu My Old Story sebagai kisah penantian IU yang tanpa lelah menunggu kekasihnya, dan mengenang semua itu dari waktu ke waktu. 
Berikut merupakan makna lengkap dari keseluruhan lirik lagunya:

Makna LIrik Verse 1:  Makna lirik lagu old story amatlah pilu, liriknya menceritakan tentang kesedihan hati IU, yang sedang mengenang kisah cinta masa lalunya dengan pria pujaannya. Kata "Sseulsseulhadeon geu golmogeul / Gang yang redup itu"pada pembuka lirik lagu, menyiratkan bahwa kata "gang" mengingatkan kembali tempat biasa IU dan sang pria bertemu. Mungkin dari "gang" itulah awal kisah dari hubungan IU dan pria pujaan-nya dimulai. Kita tahu bahwa kata "gang" bermakna tentang jalan kecil karena padatnya rumah di korea, disitulah IU dan sang pria biasa bertemu.  IU hanya ingin mengenang kembali tempat pertemuan tersebut, tempat dimana kisah cinta IU dan pria pujaanya dimulai. walaupun IU juga sadar bahawa sang pria kini sudah pergi, dan mungkin tak mengingatnya.

Makna Lirik Verse 2: Dalam lirik ini, IU juga mengenang bahwa layaknya kanak-kanak yang belum tumbuh dewasa (Cheol eobseotdeon jinan narui / ketidakdewasaan), dahulu kala IU dan sang pria yang masih ABG seringkali bertemu, menatap indahnya bintang dimalam hari. Salah satu kenangan yang tak mungkin terlupakan oleh IU hingga kini.

Makna Lirik Pre-Chorus: Dengan semua kenangan indah di lirik sebelumnya, IU menganggap sang pria takkan pergi. Namun kenyataanya berbeda, sang pria malah meninggalkannya. Tergambar di lirik "Cheol eopdeon sarama / Kau orang yang naif" menurut IU, sang pria adalah orang yang naif, yang hanya berfikir lurus, tanpa memikirkan perasaan orang lain. Karena saat IU telah menaruh semua rasa, semua yang ia punya, namun sang pria pergi begitu saja dengan kejam-nya.

Makna Lirik Verse 3: IU berusaha menerka-nerkah kenapa Pria pujaannya pergi begitu saja dari hidup IU. Karena kenyataanya, pria tersebut tak meninggalkan sepatah katapun. Mungkinkah pria itu malu untuk mengatakan cinta pada IU?  (Sujubeoseo mal motaenna /Mungkin kau terlalu malu untuk mengatakannya). Mungkinkah pria itu pergi karena sebenarnya tak menyukai IU? (Naega sirheo mal anhaenna / Mungkin kau tak menyukaiku). IU tak pernah tahu, alasan kenapa pria tersebut meninggalkan-nya. Namun yang jelas di lirik lagu ini IU terus-terusan menunggu.

Overall, lagu my old story menurut pendapat pribadiku, bertema tentang cinta yang tak pasti, tentang bagaimana IU akhirnya menanti cinta yang tak pasti itu, dan tentang bagaimana IU terluka karena cinta yang ia nanti tak kunjung datang. Akhirnya semua itu hanya menjadi kenangan yang tak bisa dilupakan oleh IU, sebgiah kisah lama (old story) yang terus mengoyak hati dan batin IU. Berharap cinta tak pasti tersebut datang untuk temui diri-nya. 

Tak banyak orang yang bisa menunggu seseorang dalam jangka waktu yang lama untuk memberi kepastian hubungan. dan andai pria pujan hati IU akhirnya datang, IU pantas mendapat label wanita tangguh dan setia,  karena mampu bertahan pada satu hati seorang pria. Tapi andai kata pria pujan hati IU tak datang, mungkin IU kan jadi wanita dengan label sedih di dalam hati-nya.

*Note: banyak yang memaknai lirik lagu ini sebagai lagu kematian pria yng disukai IU. Karena lagu My Old Story kerap sekali dijadikan lagu backsound video orang-orng yang meninggal oleh pengguna akun TikTok. Menilik dari semua itu, aku sendiri memaknai karna lagu ini punya musik mellow sedih, mungkin saja cocok dengan videonya. IU sendiri sebagai pencipta lagunnya, tak pernah mengatakan bahwa lirik lagu my old story mengisahkan tentang kematian ya. Namun sekali lagi, lirik lagu yang baik itu terkadang bisa memunculkan banyak makna, jadi terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya.

Oke mungin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu my old story. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu my old story yang dinyanyikan IU, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati liriknya, putar video klip lagu my old story yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu my old story di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan-nya diaplikasi  JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, atau TikTok. Terjemahan lirik lagunya, diterjemahkan dari subtitle bahasa ingggris di dalam official video music lagu My Old Story:

Terjemahan & Arti Lirik Lagu IU ~ My Old Story

Verse 1:
Sseulsseulhadeon geu golmogeul
Gang yang redup itu
Dangsineun gieokhasimnikka
Apakah kau masih mengingatnya?
Jigeumdo nan, gieokhamnida
Akupun, masih mengingatnya
Saranghandan mal motago
Tanpa kata-kata cinta
Aetaeudeon geu naldeureul
Hari berlalu dengan sia-sia
Dangsineun, algo isseossseumnikka
Apakah kau, tak ingat semua itu?

Verse 2:
Cheol eobseotdeon jinan narui
Ketidakdewasaan kita dimasa lalu
Areumdapdeon geu bamdeureul
Dimalam yang indah itu
Ajikdo nan saranghamnida
Aku masih, mencintai semua itu

Pre-Chorus 1:
Cheol eopdeon sarama
Kau orang yang naif
Geudaeneun naui modeun geoseul, aseuryeo hana 
Kau ambil semua, yang aku punya
Mujeonghan sarama
Kau orang yang kejam

Verse 3:
Sujubeoseo mal motaenna
Mungkin kau terlalu malu untuk mengatakannya
Naega sirheo mal anhaenna
Mungkin kau tak menyukaiku
Jigeumdo nan al su eobseoyo
Aku masih tak tahu

Verse 4:
I noraereul deutneundamyeon
Andai kau mendengar lagu ini
Naegero wajuo geudaeyeo 
Tolong datanglah dan temui aku kasih
Nan gidarimnida
Aku masih menunggu

(Intrumental Break)

Pre-chorus 2:
Mujeonghan sarama
Kau orang yang kejam
I bamdo naui modeun geoseul, aseuryeo hana 
Malam mengambil semua, yang kupunya
Cheol eopdeon sarama
Kau orang yang naif

Verse 5:
Oneul bamdo naeil bamdo
Malam ini, besok malam
Geurigo geu daeum bamdo
Dan semua malam kan kuarungi
Yeongwonhi nan gidarimnida
Aku kan menunggu selmanya

Chorus:
Duuuuu houhuuuuu duuu dududududd...........

Informasi Lirik Lagu My Old Story

*Penulis lirik lagu My Old Story adalah Jo Deok-bae, Kim Je-hwi, dan IU. Lagu My Old Story rilis pada tahun 2014. Lagu My Old Story masuk ke dalam album A Flower Bookmark milik IU. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu My Old Story berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

My Old Story memduduki peringkat 1 tangga lagu korea (Korea K-Pop Hot 100), dan mencetak rekor sebagai salah satu lagu terlama yang duduk di peringkat 1 tangga lagu negra itu. Lagu ini juga terjual lebih dari dua juta kopi sejak rilis, dan mencapat 25 juta penonton youtube ditahun 2021. Di tahun 2021 jula, lagu my old story viral di TikTok.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahn di lirik lagu My Old Story ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu My Old Story ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu My Old Story ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

My Old Story (Official Music Video)

0 Response to "IU ~ My Old Story | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu"

Posting Komentar