Makna Lirik Lagu Smells Like Teen Spirit Milik Nirvana

Lagu Smells Like Teen Spirit adalah salah satu lagu terbesar Nirvana. Kemahsyuran dari lagu ini lah yang kemudan membuat popularitas Nirvana meroket didekade tahun 90-an. Lagu ini kemudian ditetapkan oleh majalah Rolling Stone, sebagai lagu terbaik sepanjang masa dan bercokol pada urutan nomor 9.

Lalu mengapa lagu Smells Like Teen Spirit begitu terkenal didunia? mungkin saja orang-orang banyak yang suka dengan lagu ini karena kualitas musiknya yang baik, karena Kurt Cobain memang sengaja membuat nada-nada lagunya menjadi naik-turun untuk menarik perhatian para penikmat musik. Jika bukan karena nadanya, mungkin saja lagu ini terkenal karena kematian dari Kurt Cobain, yang mana setelah lagu ini dirilis untuk beberapa tahun, ia kemudian bunuh diri. Namun apapun itu, alasan terbanyak orang menyukai lagu ini adalah karena kejeniusan lirinya yang abstrak, ambigu, dan multitafsir. Sehingga menimbulkan banyak interpretasi.

Jika kita melihat liriknya dengan sekilas, kata-kata dari liriknya memang seolah tak nyambung. Namun jika kita memaknai liriknya dengan lebih dalam, kita kemudian malah seolah akan mendapatkan cerita yang berbeda-beda. Liriknya seolah dapat dimaknai kedalam sudut pandang manapun. Banyak orang menilai bahwa Kurt Cobain (Vok. Nirvana), seolah menyisipkan pesan tersebunyi dibalik lirik lagu ini, karena sebagai pencipta lagu Smells Like Teen Spirit, Kurt Cobain tak pernah sama sekalipun menjelaskan makna dari lirik lagunya, sehingga banyak orang begitu sangat penasaran. 

Berangkat dari fakta ini, blog interpretasi lirik ingin menggali lebih dalam pemaknaa lagu Smells Like Teen Spirit. Harapanya dari pemaknaan ini, kalian bisa paham makna sesungguhnya dari lirik-lirik lagunya.

Inspirasi Judul Lagu Smells Like Teen Spirit

Kata "Smells Like Teen Spirit / Baunya seperti semangat para remaja" sebenarnya dibuat secara tak sengaja. Kata-kata itu awal mulanya dilontarkan oleh vokalis Bikini Kill, Kathleen Hanna. Walau berbeda band, Hanna dan Kurt Cobain menjalin persahabatan yang cukup intens.

Hanna pernah mencoret-coret tembok rumah Kurt dengan spidol, saat dirinya sedang mabuk-mabukan bersama Kurt. Hannah lantas menuliskan kata "Kurt Smells Like Teen Spirit / badan kurt baunya seperti deodoran merek teen spirit”. Tujuan Hanna menuliskan kata-kata itu, untuk mengejek Kurt karena lengan Kurt baunya memang seperti deodoran murah bermerek "teen Spirit"

Karena Hanna tak pernah memberitahu Kurt kalau yang dimagsud dengan kata"teen spirit" itu adalah merek deodoran,  Kurt kemudian malah menganggap jika kata itu sebagai sebuah kata yang serius. Kurt menganggap kalau kata "teen spirit" artinya adalah "semangat para remaja" bukan merek deodoran. Jadi jelaslah bahwa kata "Smells Like Teen Spiri" dijadikan judul lagu oleh Kurt, karena hanna menuliskan kata itu ditembok saat mereka sedang bercanda.

Pada tahuh 2016, saat diwawancatai oleh majalah  Abc australia,  Hanna kemudian mengingat kembali momen tersebut "Aku ingat malam itu. Kami hanya nongkrong dan mabuk-mabukan. Kami sangat mabuk dan melakukan hal gila di mana kami mematikan semua lampu dan menghancurkan semua benda yang ada di kamar Kurt. Kemudian tiba-tiba aku mulai menggambar di dinding dengan spidol, akupun menilis kata (Kurt Smells Like Teen Spirit, yang artinya badan kurt baunya seperti deodoran merek teen spirit) Kata-kata itu muncul begitu saja dikepala ku, karena lengan Kurt memang baunya seperti deodoran merek teen spirit. Sayangnya aku tak pernah memberi tahu Kurt kalau kata ten spirit itu artinya adalah merek deodoran. Aku merasa seperti bajingan karena tak pernah memberi tahu Kurt"

Walaupun begitu, Hanna sangat mengapresiasi kejeniusan Kurt, karena Kurt seolah memiliki bakat mengubah kata bercandaan menjadi sebuah frasa yang menarik. Buktinya dari sepenggal kata itu, Kurt kemudian malah mampu mengembangkanya jadi sebuah lirik nan jenius.

Makna Lagu Smells Like Teen Spirit 

Makna lirik lagu Smells Like Teen Spirit menceritakan tentang seorang remaja yang kecanduan obat-obatan terlarang dan minuman keras. Lagu ini menggambarkan tentang kehidupan para remaja tahun 90an di amerika, yang hidupnya hanya diisi dengan mabuk-mabukan dan menkonsumsi obat-obatan terlarang. Dampak kehidupan ini, juga menular dalam kehidupan Kurt Cobain (Vok. Nirvana). Seperti kita ketahui, di sepanjang hidupnya, Kurt adalah seorang pecandu obat-obatan terlarang dan pecandu minuman keras. 

Kata "Smells/bau" diartikan banyak orang sebagai "Bau miras / narkoba," sementara kata "Teen Spirit" artinya adalah "semangat para para remaja". Jika kata itu digambungkan kata "Smells Like Teen Spirit" maka maknanya adalah "Miras / narkoba baunya seperti semangat para remaja"

Pemikiran ini diperkuat oleh wawancara yang dilakukan Kathleen Hanna disebuah majalah Abc australia. Hanna yang merupakan sahabat karib dari Kurt mengatakan dalam wawancara itu, bahwa kehidupan sehari-hari Kurt dan dirinya, hanya diisi dengan mabuk-mabukan. 

Bukti bahwa Kurt kecanduan obat-obatan terlarang, juga terkuak setelah Kurt Cobain melakukan aksi bunuh diri pada 5 April 1994, dengan menembak kepalanya. Sebagian laporan mengatakan jika salah satu penyebab Kurt buduh diri, adalah karena halusinasi akibat mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Karena setelah tubuhnya di autopsi, terdapat banyak kandungan obat-obatan terlarang yang ada dalam tubuhnya seperti heroin dan jejak diazepam. Seperti yang tertulis dalam artikel majalah Billboard.

Lagu ini bercerita tentang seorang remaja yang kecanduan obat-obatan terlarang dan kecanduan miras, juga diperkuat oleh ucapan tersirat Kurt Cobain saat diwawancarai oleh majalah rolling stone. Dalam wawancara itu Kurt berkata "Pada dasarnya, aku merobek sebagian kecil musik dari band Pixies. Aku harus mengakuinya. Ketika aku mendengar musik dari band Pixies untuk pertama kalinya, aku sangat terhubung dengan band itu

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan lagu dari band pixies yang diidolakan Kurt, selalu mengusung lirik yang bertema tentang kecanduan obat-obatan terlarang dan s*eks. Jadi masuk akal jika makna lirik lagu Smells Like Teen Spirit dikatakan bercerita tentang para remaja yang kecanduan akan hal tersebut.

Dari semua keterangan diatas tadi, maka blog ini hanya akan membedah lirik-lirik lagu Smells Like Teen Spirit dari sudut pandang seorang remaja yang kecanduan obat-obatan terlarang dan minuman keras. Maka simak sampai habis interpretasi makna dari lirik lagunya ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Bait lirik 1:
Load up on guns, bring your friends
(Penuhi Amunisi pistol, bawalah teman-temanmu)

Makna bait lirik 1: Kalimat "penuhi amunisi pistol" sebenarnya bermakna tentang seruan Kurt Cobain pada teman-temannya untuk "memenuhi" kehidupannya dan kehidupan teman-temannya, dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang. 

Kalimat pembukan ini menjadi mengerikan jika dikaitkan tentang kasus bunuh diri Kurt. Karena setelah berhalusinasi akibat mengonsumsi terlalu banyak kobat-obatan terlarang, Kurt mengakhiri dirinya sendiri dengan menembak kepalanya dengan sebuah pistol. 

Jadi dilihat dari berbagai sudut pandang mana pun, kalimat ini sebenarnya adalah metafora tentang kehidupan para remaja tahun 90-an yang hidupnya "dipenuhi" dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang dan miras.

Bait lirik 2:
It's fun to lose and to pretend
(Kalah dan pura-pura rasanya menyenangkan)


Makna bait lirik 2: Kehidupan Kurt Cobain penuh dengan kesuliatn hidup sebelum ia terkenal dengan band Nirvana. Sehingga ia punya depresi akut yang mempengaruhi sikapnya. Masalah lain juga muncul ketika ia telah dewasa, isterinya dikabarkan berselingkuh dan hubungan rumah tangganya renggang. Karena semua masalah itu, Kurt Cobain akhirnya mengonsumsi obat-obatan terlarang untuk membuat pikirannya tenang.

Jadi jelaslah bahwa lirik "Kalah dan pura-pura rasanya menyenangkan" merujuk pada efek obat-obatan terlarang yang dikonsumsi Kurt. Efek obat-obatan terlarang sendiri, menimbulkan halusinasi kesenangan dan kepura-puraan. Dimana orang yang mengkonsumsi zat ini, perasaanya akan terus-terusan menyenangkan, padahal masalah hidupnya sedang berat.

Bait lirik 3:
She's over-bored and self-assured
(Dia terlalu bosan dan percaya diri)

Makna bait lirik 3: Kata "she" dalam lirik ini, bisa jadi mengacu pada istri Kurt Cobain, Courtney Love. Pada masa-masa lirik lagu ini dibuat, Kurt dan Courtney memang sedang bertengkar hebat. Bahkan saat itu, Kurt sudah melakukan percobaan bunuh diri. Maka dalam lirik ini, Kurt berusaha menjelaskan bahwa kecanduannya pada obat-obatan terlarang dan miras, disebabkan karena pertengkaran antara dirinya dan Courtney Love. Mungkin saja begitu.

Bait Lirik 4:
Oh no, I know a dirty word
(Oh tidak, yang kutahu hanyalah umpatan kotor)

Makna bait lirik 4: Salah satu efek obat-obatan terlarang, membuat para pecandunya merancu, berhalusinasi, dan mengupat dengan kata-kata kotor. Dengan begitu, para pecandu seolah akan merasa lega. Maka itulah yang dilakukan Kurt dalam bait lirik ini.

Bait lirik 5:
Hello, hello, hello, how low
(Halo, halo, halo, betapa rendahnya)

Makna bait lirik 5: Depresi karena semua masalah yang ia alami, membuat Kurt merasa dirinya rendah. Lirik ini juga bisa bermakna kalau kehidupan kurt berada dititik terendah. Atau bisa juga sebagai gambaran tentang suasana hati dari Kurt yang naik turun.

Bait lirik reff:
With the lights out, it's less dangerous
(Padamnya cahaya, tak kan membahayakan)
Here we are now, entertain us
(Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami)
I feel stupid and contagious
(Aku merasa bodoh dan menular)
Here we are now, entertain us
(Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami)
A mulatto, an albino
A mosquito, my libido

Makna bait lirik reff: Kurt Cobain menggabarkan jika hidupnya bagai kegelapan karena cahaya / cinta kasih pada hidupnya perlahan padam. Karena memikirkan sulitnya hidup, maka ia mengkonsumsi obat-obatan terlarang dengan tujuan bahwa zat tersebut bisa menghibur dirianya / entertain us. Dan jelas pulalah bahwa zat tersebut membuat orang jadi bodoh, tapi jadi bodoh juga menyenangkan karena kita tak harus memikirkan apa-apa yang membuat hati kita sakit.

Menariknya kata "Mulatto", "Albino", dan "Mosquito" adalah refrensi dari miras beralkohol dari beberapa daerah seperti Rusia dan Amerika Latin, jadi lirik ini merupakan perlambang jenis-jenis miras, meski sebagian orang mengatakan kalau lirik ini adalah sesuatu yang rasis. Sementara lirik "my libido" mengacu pada kebebasan se*ks. Diketahui secara luas bahwa minuman beralkohol mampu meningkatkan libido atau gairah s*ks seseorang, maka itulah mengapa liriknya saling berkaitan. Miras dan s*ks bebas, adalah budaya anak muda jaman 90-an untuk melepas penat karena beratnya hidup, yang berusaha digambarkan Kurt lewat lirik ini.

Bait lirik 6:
I'm worse at what I do best
(Aku lebih buruk dalam hal terbaikku)
And for this gift, I feel blessed
(Dan untuk bakat ini, aku merasa terberkati)

Makna bait lirik 6: Persoalan hidup nan pelik membuat Kurt Cobain merasa tak melakukan hal terbaik dalam hidupnya. Padahal ia diberkahi oleh bakat dan skill yang mempuni sebagai musisi papan atas dunia pada saat itu. Perasaan ini wajar karena jika kita mengalami suatu kesedihan, kita kadang malas untuk melakukan sesuatu.

Bait lirik 7:
And I forget just why I taste
(Dan aku lupa kenapa aku mencicipinya)
Oh yeah, I guess it makes me smile
(Oh ya, kurasa hal itu lah yang membuatku tersenyum)

Makna bait lirik 7: rang-orang mencicipi narkoba dengan menghirupnya, atau menyuntikkannya. Sementara jika ingin mencicipi miras orang akan meminumnya. Itulah refrensi yang ingin disampaikan Kurt dalam lirik ini. Ia tanpa sadar mencicipi semua itu, lalu kecanduan dan terjerumus dalam lingkaran setan obat-obatan terlarang. Namun mau bagaimana lagi, karena itulah satu-satunya hal yang membuat Kurt tetap tersenyum dan lepas dari semua masalah.

Kesimpulan:

Setelah bait-bait liriknya diinterpretasi dan dimaknai secara dalam maka jelaslah jika, Makna lirik lagu Smells Like Teen Spirit menceritakan tentang seorang remaja yang kecanduan obat-obatan terlarang dan minuman keras. Lagu ini menggambarkan tentang kehidupan para remaja tahun 90an di amerika, yang hidupnya hanya diisi dengan mabuk-mabukan dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Dampak kehidupan ini, juga menular dalam kehidupan Kurt Cobain (Vok. Nirvana).

Dalam liriknya secara detil dijelaskan bahwa Kurt Cobain kecanduan obat-obatan terlarang dan minuman keras. Penyebab utama ia berprilaku seperti itu, karena ia punya masalah hidup nan pelik seperti masalah depresi, dan masalah perceraian dengan istrinya. Jadi bisa dikatakan kalau obat-obatan terlarang dan minuman keras yang ia konsumsi, merupakan bentuk pelariannya pada masalah berat tersebut.

Kisahnya jadi tragis karena Kurt Cobain akhirnya tak mampu melawan semua masalahnya, dan tak mampu melawan rasa candu dari obat-obatan terlarang itu. Ia akhirnya melakukan aksi bunuh diri. Dan seperti itulah akhir dari kisah di lirik lagunya, begitu menyedihkan.

Pesan Moral Lirik Lagu Smells Like Teen Spirit

Lagu Smells Like Teen Spirit mengajarkan kita tentang banyak aspek kehidupan. Lagu ini seolah mengingatkan pada kita bahwa dalam hidup yang kita jalani ini, pasti akan selalu ada masalah yang membebani diri kita. Dan cara terbaik untuk untuk terbebas dari masalah itu adalah dengan berusaha dan bersabar, atau membicarakan masalah itu pada orang lain agar bisa menemukan solusi.

Lagu ini seolah menggambarkan pada kita bahwa menghindari masalah dengan mengkonsumsi obat terlarang itu tak baik. Karena menghindari masalah dengan mengkonsumsi obat terlarang bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Kita jadi mudah depresi, kita jadi mudah berhayal dan kita mudah menyerah pada hidup hanya karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Jadi jangan pernah terjerumus pada zat yang satu ini.

Biarkah kisah Kurt Cobain menjadi pelajaran bagi orang-orang yang cinta terhadapnya. Jika kamu adalah fans dari Kurt, maka ambilah sisi positif dari dirinya dan tinggalkan sisi yang negatif. Karena walaupun ia punya sisi negatif dan kontroversial, sosok Kurt Cobain juga punya sisi postitif yang diantaranya ia punya keteguhan sikap menciptakan karya musik nan hebat. Disamping itu, para sahabatnya yang mengenal kehidupan pribadinya mengatakan kalau Kurt adalah sosok yang sebenarnya rendah hati dan tidak sombong, ia selalu bisa berbaur dengan orang yang bahkan statusnya ada dibawahnya.

Terjemahan Lirik Lagu Smells Like Teen Spirit Milik Nirvana

Setelah kita memaknai keseluruhan liriknya, ada baiknya kita juga mengerti arti dan terjemahan dari lagunya. Berikut merupakan terjemahan arti dari lirik lagu Smells Like Teen Spirit Milik Nirvana:

Verse 1:
Load up on guns, bring your friends
Penuhi Amunisi pistol, bawalah teman-temanmu
It's fun to lose and to pretend
Kalah dan pura-pura rasanya menyenangkan
She's over-bored and self-assured
Dia terlalu bosan dan percaya diri
Oh no, I know a dirty word
Oh tidak, yang kutahu hanyalah umpatan kotor

Pre-Chorus:
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello

Chorus:
With the lights out, it's less dangerous
Padamnya cahaya, tak akan membahayakan
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
I feel stupid and contagious
Aku merasa bodoh dan menular
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
A mulatto, an albino
A mosquito, my libido

Verse 2:
I'm worse at what I do best
Aku lebih buruk dalam hal terbaikku
And for this gift, I feel blessed
Dan untuk bakat ini, aku merasa terberkati
Our little group has always been
Kitalah kelompok kecil yang selalu melakukan hal itu 
And always will until the end
Dan akan selalu begitu hingga akhir

Pre-Chorus:
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello

Chorus:
With the lights out, it's less dangerous
Padamnya cahaya, tak akan membahayakan
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
I feel stupid and contagious
Aku merasa bodoh dan menular
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
A mulatto, an albino
A mosquito, my libido

[Guitar Solo]

Verse 3:
And I forget just why I taste
Dan aku lupa kenapa aku mencicipinya
Oh yeah, I guess it makes me smile
Oh ya, kurasa hal itu lah yang membuatku tersenyum
I found it hard, it's hard to find
Rasanya sulit, sulit ditemukan
Oh well, whatever, nevermind
Oh nah, apapun itu, tak mengapa

Pre-Chorus:
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello, how low
Halo, halo, halo, betapa rendahnya
Hello, hello, hello

Chorus:
With the lights out, it's less dangerous
Padamnya cahaya, tak akan membahayakan
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
I feel stupid and contagious
Aku merasa bodoh dan menular
Here we are now, entertain us
Di sinilah kami sekarang, hiburlah kami
A mulatto, an albino
A mosquito, my libido

Outro:
A denial, a denial
Sebuah penyangkalan
A denial, a denial
Sebuah penyangkalan
A denial, a denial
Sebuah penyangkalan
A denial, a denial
Sebuah penyangkalan
A denial
Sebuah penyangkalan

Informasi Lirik Lagu Smells Like Teen Spirit Milik Nirvana

*Penulis lirik lagu Smells Like Teen Spirit adalah Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl. Lagu Smells Like Teen Spirit rilis pada tanggal 10 September tahun 1991, dengan label Sub Pop Records & Geffen Records. Lagu Smells Like Teen Spirit masuk ke dalam album Nevermind (1991). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Smells Like Teen Spirit berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Smells Like Teen Spirit milik Nirvana ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Smells Like Teen Spirit milik Nirvana ini, terserah kalian ingin memaknai dan menerjemahkannya nya seperti apa ya. Interpretasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Smells Like Teen Spirit milik Nirvana  ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Nirvana ~ Smells Like Teen Spirit milik Nirvana (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Smells Like Teen Spirit Milik Nirvana"

Posting Komentar