Makna Lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka

Makna lagu Tak Ingin Usai bercerita tentang kepedihan hati Keisya Levronka yang tak bisa mengiklaskan kepergian mantannya. Setelah perpisahan itu, sebenarnya Keisya Levronka telah mencari beribu cara untuk melupakan mantannya, termasuk mencari kekasih baru. Namun hati tak bisa dibohongi, karena nyatanya ia memang tetap tak bisa melupakan.

Seperti apa yang ia katakan dalam keterangan di video klip musiknya "Yang #TakInginUsai sama mantan mana suaranya? HAHAHAA semoga lagu ini bisa ngewakilin perasaan kalian yaa, biar kalo nangis ditemenin Tak Ingin Usai.

Apa yang Keisya Levronka sampaikan dalam keterangan di video klip musiknya seolah menjelaskan jika Keisya Levronka, tak pernah menginginkan cerita cintanya usai. Dan berusaha mengiklaskan begitu saja kepergian orang yang benar-benar dicintai, menurutnya adalah sebuah tragedi. Bukan berarti Keisya tak tegar menjalani hidup, namun Keisya hanya ingin berkata jujur pada hatinya sendiri. Hatinya masih mencintai mantannya, dan tanpa kemunafikan Keisya menuruti apa kata hatinya.

Lagu "Tak Ingin Usai" menurutku merupakan lagu yang sangat indah. Karena liriknya seolah menimbulkan pertanyaan tentang makna iklas yang sesungguhnya. Bisakah kita begitu saja mengiklaskan hal yang benar-benar kita cintai? apakah menerima segala sesuatu dengan hati ikhlas adalah perkara mudah bagi kita? 

Untuk tahu jawaban dari semua itu, mari kita interpretasikan dan kita maknai saja bait-bait dari lirik lagu Tak Ingin Usai ini. Baca makna liriknya sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1: 
Berdiri ku memutar waktu
Teringat kamu yang dulu
Ada disampingku setiap hari
Jadi sandaran ternyaman
Saat ku lemah saat ku lelah

Makna Lirik Verse 1: Debur ombak pantai membuka awalan lagu Tak Ingin Usai. Didalamnya terlihat sosok Keisya Levronka yang berdiri dengan wajah sendu. Seraya menatap pantai, ia kemudian memutar waktu, dan berusaha menoleh kembali pada kisah cinta masa lalunya dengan seorang mantan yang tak pernah bisa ia lupakan. 

Keisya Levronka menggambarkan mantannya tersebut dengan citra yang begitu baik. Lirik "Ada disampingku setiap hari, Jadi sandaran ternyaman, Saat ku lemah saat ku lelah" menjelaskan secara rinci jika Keisya Levronka sudah menganggap mantannya sebagai cinta sejatinya, karena mantannya mampu menjadi sandaran hidupnya, dan mampu menjadi tempat dimana ia bisa pulang saat dirinya lemah dan lelah.

Verse 2:
Tersadar kutinggal sendiri
Merenungi semua yang tak mungkin
Bisa kuputarkan kembali seperti dulu
Kubahagia tapi semuanya hilang, tanpa sebab
Kau hentikan semuanya

Makna Lirik Verse 2: Yang datang pasti kan pergi, tak ada hal yang abadi didunia ini. Begitu juga kisah antara Keisya Levronka dan mantan kekasihnya. Setelah semua hal indah yang mereka lalui bersama, tiba-tiba mantannya pergi begitu saja dari hidupnya, tanpa sebab, dan tanpa alasan yang jelas. 

Ditinggal sendiri tanpa sebuah kejelasan dan tanpa salam perpisahan kemudian membuat Keisya selalu bertanya-tanya disepajang hidupnya. Bahkan semua cara tlah Keisya lakukan untuk melupakan kisah tersebut, termasuk dengan mencari kekasih baru. Namun ia tak bisa, ia masih selalu bertanya-tanya, dan tak pernah bisa sadar jika semuanya tlah berlalu. 

Pre-Chorus:
Terluka dan menangis tapi kuterima
Semua keputusan yang telah kau buat
Satu yang harus kau tahu
Ku menanti kau ‘tuk kembali

Makna Lirik Pre-Chorus: Berusaha menerima tapi hati terluka adalah sarkas yang paling klasik. Keisya hanya membohongi dirinya sendiri dengan mengatakan kalau ia bisa menerima semua keputusan yang diambil mantannya untuk pergi dari kehidupannya. Padahal, jauh didalam lubuk hatinya, keisya tak bisa menerima semua itu, hatinya terluka, tangisnya pun tak terasa menetes.

Reff/Chorus:
Jujur ku tak ingin engkau pergi
Tinggalkan semua usai disini
Tak tertahan air mata ini
Mengingat semua yang t’lah terjadi
Kutahu kau pun sama s’perti aku
Tak ingin cinta usai disini
Tapi mungkin inilah jalannya
Harus berpisah hoo oo oo oo

Makna Lirik Reff/Chorus: Apakah menerima segala sesuatu dengan hati yang ikhlas adalah perkara mudah bagi kita? TIDAK. Keisya menegaskan bahwa jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah tidak. Karena menjadi pribadi yang senantiasa ikhlas terhadap banyak hal, adalah sesuatu yang sulit, bahkan sangat sulit dan orang-orang belum tentu bisa bersikap seperti itu.

Bagi Keisya, berusaha mengiklaskan begitu saja kepergian orang yang benar-benar dicintai,adalah sebuah tragedi. kata-kata motivasi, ataupun sajak puisi, mungkin hanyalah sebuah klise yang takkan pernah bisa menyembuhkan rasa sakit itu. Bahkan, berusaha mencari pelarian dengan mencintai orang baru pun juga malah akan membuatnya semakin bersimpuh, karena ia akhirnya kemudian sadar bahwasanya orang yang benar-benar dicintainya itu, belum bisa tergantikan oleh orang lain.

Daripada terus-terusan sakit karena membohongi hatinya sendiri, dengan jujur Keisya Levronka pun berucap "Jujur ku tak ingin engkau pergi, Tinggalkan semua usai disini". Ia kemudian mengikuti apa kata hatinya, mengejar apa yang bisa ia kejar, berharap pada apa yang ia damba-dambakan. 

Kenapa dalam lirik reff ini Keisya seolah tak bisa mengiklaskan kepergian dari mantannya? Jawaban paing tepatnya adalah karena kisah cintanya dengan sang mantan masih bisa diperjuangkan. Bukan iklas namanya kalau kita mengiklaskan segala sesuatu yang masih dapat kita perjuangkan. Iklas adalah ketika kita menerima jalan takdir dari tuhan, yang ketetapannya tak bisa diubah (mantannya meninggal, menikah dengan orang lain, ataupun takdir-takdir yang lain). Selama itu masih bisa diubah dan bisa diperjuangkan, maka kita harus memperjuangkan apa yang kita yakini dan inginkan. Itulah pesannya.

Outro:
Berharap suatu saat nanti
Kau dan aku bertemu lagi
S’perti yang kau ucapkan
Sebelum kau tinggalkan aku

Makna Lirik Outro: Dan meski terlihat tak mungkin, Keisya Levronka selalu berharap mantanya kan dapat kembali. Dengan harapan yang ada didalam hatinya, dengan melihat fakta jika mantannya dulu pernah berjanji untuk kembali, Keisya akan menunggu. Mengingat semuanya masih mungkin untuk diperjuangkan.

Kesimpulan:

Pada akhirnya, makna lagu Tak Ingin Usai memang menceritakan tentang kepedihan hati Keisya Levronka karena tak bisa melupakan mantannya. Bagi Keisya, berusaha mengiklaskan begitu saja kepergian orang yang benar-benar dicintai,adalah sebuah tragedi. kata-kata motivasi, ataupun sajak puisi, mungkin hanyalah sebuah klise yang takkan pernah bisa menyembuhkan rasa sakit itu. Bahkan, berusaha mencari pelarian dengan mencintai orang baru pun juga malah akan membuatnya semakin bersimpuh, karena ia akhirnya kemudian sadar bahwasanya mantan yang benar-benar dicintainya itu, belum bisa tergantikan oleh orang lain.

Daripada terus-terusan sakit karena membohongi hatinya sendiri, dengan jujur Keisya Levronka pun berucap "Jujur ku tak ingin engkau pergi, Tinggalkan semua usai disini". Oleh sebab itulah Ia kemudian mengikuti apa kata hatinya, mengejar apa yang bisa ia kejar, berharap pada apa yang ia damba-dambakan, dan berharap jika kisah cinta antara dirinya dan sang mantan tak pernah usai.

Hal tersebut bukan berarti Keisya tak tegar menjalani hidup, namun Keisya hanya ingin berkata jujur pada hatinya sendiri. Hatinya masih mencintai mantannya, dan tanpa kemunafikan Keisya hanya mencoba menuruti apa kata hatinya.

Kesedihanya bukan juga karena ia tak bisa mengiklaskan. Karena Keisya memandang jika kisah cintanya dengan sang mantan itu, masih bisa diperjuangkan jadi ia seolah tak mau mengiklaskan. Bukan iklas namanya kalau kita mengiklaskan segala sesuatu yang masih dapat kita perjuangkan. Iklas adalah ketika kita menerima jalan takdir dari tuhan, yang ketetapannya tak bisa diubah (mantannya meninggal, menikah dengan orang lain, ataupun takdir-takdir yang lain). Selama itu masih bisa diubah dan bisa diperjuangkan, maka kita harus memperjuangkan apa yang kita yakini dan inginkan. Itulah pesannya.

Jadi orang-orang yang mendengarkan lagu ini, akan sangat bijak memperpertimbangkan untuk tak mengiklaskan segala sesuatu yang masih bisa diperjuangkan, layaknya Keisya yang mengharapkan kisah cintanya tak usai. 

Hal tersebut sama seperti apa yang Keisya Levronka katakan dalam siaran persnya "Kalau dari pandangan aku, ‘Tak Ingin Usai’ ini menceritakan tentang hubungan yang diselesaikan satu pihak karena hal yang tidak bisa dipaksakan, sehingga pihak lainnya gagal move on, hancur, nangis, tapi berusaha menerima dan ikhlas. Namun begitu, tetap berharap suatu hari nanti bakal dipertermukan lagi" Berusaha menerima tapi hati terluka adalah sarkas yang paling klasik, dan jelas dapat dimaknai kalau Keisya dalam siaran pernya ini secara tersirat ingin menyampaikan kalau dirinya masih belum benar-benar melupakan atau benlum benar-benar mengiklaskan kepergian mantannya.

Informasi Lirik Lagu Tak Ingin Usai

Itulah makna dari lirik lagu tak ingin usai milik Keisya Levronka.  Pada awal debutnya, lagu Tak Ingin Usai menempati posisi ke-1 di 6 platform musik digital Indonesia secara bersamaan, antara lain JOOX, ITunes, Resso, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music. Lagu Tak Ingin Usai juga menduduki peringkat 1 tangga lagu Billboard Indonesia Songs. Official video klip musik lagu ini telah ditonton sebanyak 18juta kali di aplikasi Youtube per Juni 2022. Bisa dipastikan prestasi tersebut membuat lagu tak ingin usai digadang-gadang menjadi lagu terbaik ditahun 2022 di negara Indonesia. 

*Penulis lirik lagu Tak Ingin Usai adalah Mario G. Klau. Lagu Tak Ingin Usai rilis pada tanggal 13 Mei 2022, dengan label Universal Music Indonesia. Lagu Tak Ingin Usai masuk ke dalam album Tak Ingin Usai (2022). Sedangkan interpretasi makna pada lirik lagu Tak Ingin Usai berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna di lirik lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka ini, terserah kalian ingin memaknai dan menginterpretasikannya seperti apa ya. Interpretasi makna, di lirik lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Keisya Levronka ~ Tak Ingin Usai (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka"

Posting Komentar