Makna Lirik Lagu Walau Habis Terang Milik Noah

 Makna lagu 'Walau Habis Terang' menceritakan tentang seseorang yang berusaha bangkit, walaupun hidupnya mengalami banyak kesuraman. Kalimat 'Walau Habis Terang' dalam lagunya, sebenarnya merujuk pada hubungan percintaan antara Ariel Noah dan mantan pacarnya. Hubungan tersebut, tadinya berjalan bahagia bagai terangnya cahaya. Namun karena suatu masalah, hubungan tersebut kemudian jadi suram dan mereka pun akhirnya berpisah.

Walaupun perpisahan mereka menimbulkan luka dan kecewa teramat dalam, namun Ariel tetap berusaha menasehati mantan kekasihnya untuk tetap bangkit. Hal ini karena tidak selamanya hidup penuh dengan kegembiraan dan hal-hal manis. Ada saatnya, patah hati datang sebagai proses pendewasaan diri untuk menjadi individu yang lebih bijak dalam menjalani kehidupan.

Walau Habis Terang menurut pendapat pribadiku, merupakan lagu haru biru dimana dalam liriknya, kita seolah-olah dituntun untuk bersikap dewasa, iklas dan bijaksana dalam menghadapi kenyataan pahit yang ada. Hal ini mengingat banyak orang sangat susah dalam menerima suatu masalah. 

Oke, untuk memperjelas makna mendalam dari bait-bait lirik lagunya, mari kita interpretasi dan maknai saja bait liriknya dengan lebih dalam. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diahir tulisan.

Verse 1:
Ku terbiasa tersenyum tenang walau
Hatiku menangis
Kaulah cerita tertulis dengan pasti
Selamanya dalam pikiranku

Makna lirik verse 1: Jika dilihat dari kacamata kisah percintaan, lirik lagu Walau Habis Terang menceritakan tentang hubungan percintaan antara Ariel Noah dan mantan kekasihnya yang berakhir. Walau berakhirnya hubungan tersebut, tentu saja menimbulkan luka teramat dalam bagi mereka berdua, namun Ariel berusaha tetap tetap sabar dan tenang. 

Lirik (Ku terbiasa tersenyum tenang walau hatiku menangis) menjelaskan bahwa Ariel telah begitu terbiasa menghadapi sebuah masalah termasuk masalah cinta, dan untuk menyelesaikan masalah itu, kuncinya adalah sebuah ketenangan. Karena hanya bersikap dengan tenang-lah, kita akan jadi lebih mudah melihat jalan keluar dari berbagai permasalahan yang ada, sehingga sebuah masalah pun akan cepat selesai. 

Oleh sebab itulah kemudian Ariel juga meminta mantan kekasihnya untuk tetap tenang, jangan panik, jangan bersedih dalam menghadapi permasalahan yang ada. Karena walaupun telah berpisah, kenangan cerita antara ia dan mantan kekasihnya, masih ada dibenak Ariel. Sehingga Ariel tak mau terus-terusan melihat mantan kekasihnya bersedih. Siapa tau dengan bersikap tenang, mereka bisa saling mengintropeksi diri masing-masing demi kebahagiaan hidup mereka dimasa depan.

Verse 2:
Peluk tubuhku untuk sejenak
Dan biarkan kita memudar dengan pasti
Biarkan semua seperti seharusnya
Takkan pernah menjadi milikku

Makna lirik verse 2: Lewat lirik (Peluk tubuhku untuk sejenak), Ariel berusaha menelaah bahwa putus cinta memang bisa menjadi hal yang rumit bagi banyak orang, khususnya bagi wanita. Sehingga Ariel kemudian mewajarkan jika dalam hati mantan kekasihnya masih ada luka yang disimpanya dengan dalam. Untuk itulah Ariel kemudian meminta kekasihnya untuk memeluk dirinya, jika suatu saat mantan kekasihnya masih menyimpan sakit dalam hatinya.

Karena pelukan kan meredakan sakit, sehingga kemudian mereka lupa bahwa kenyataanya mereka memang tetap harus berpisah. Namun perpisahan tersebut dibuat selembut mungkin, sehinggga mengalir seperti seharusnya.

Pre-Chorus:

Lupakan semua, tinggalkan ini
Ku 'kan tenang dan kau ’kan pergi

Makna lirik pre-chorus: Alasan kenapa Ariel Noah dan mantan kekasihnya harus berpisah, mungkin saja karena mereka saat menjalin hubungan selalu saja bertengkar, dan saling menyakiti. Jadi kalaupun hubungan tersebut harus dilanjutkan, kedua belah pihak pasti akan saling melukai dan saling tersakiti. Oleh sebab itulah mereka memilih jalan untuk saling berpisah. Lirik (Ku 'kan tenang dan kau ’kan pergi) berusaha mengungkapkan bahwa siapa tahu dengan berpisah, kehidupan Ariel dan mantan kekasihnya akan berubah jadi bahagia, kedepannya.

Reff/Chorus:
Berjalanlah walau habis terang
Ambil cahaya cintaku terangi jalanmu
Di antara beribu lainnya
Kau tetap, kau tetap
Kau tetap benderang

Makna lirik reff/chorus: Kalimat (Walau Habis Terang) dalam lagunya, sebenarnya merujuk pada hubungan percintaan antara Ariel Noah dan mantan pacarnya. Hubungan tersebut, tadinya berjalan bahagia bagai terangnya cahaya. Namun karena suatu masalah, hubungan tersebut kemudian jadi suram dan mereka pun akhirnya berpisah.

Lewat lirik (Ambil cahaya cintaku terangi jalanmu) Ariel Noah juga berpendapat bahwa perpisahan itu, tak melulu bercerita tentang kesedihan. Karena kadangkala, patah hati juga dapat membuat kita jadi lebih dewasa dan bijaksana. Jadi ambilah sisi positifnya, ambilah hikmahnya, ambilah pelajarannya, dan ambilah cahayanya dan jangan pernah ambil sisi negatifnya.

Dengan terjadinya perpisahan ini, bukan juga berarti Ariel bersikap egois. Karena walaubagaimana pun Ariel selalu memperjuangkan hubungan ini, selalu menganggap mantan kekasihnya sebagai orang yang spesial, namun semua itu nyatanya tak cukup. Mereka tetap saja saling melukai, sehingga perpisahan dipilih sebagai jalan terbaik bagi kehidupan mereka berdua.

Lewat perpisahan ini, Ariel juga yakin kalau kehidupan mantan kekasihnya akan lebih baik dan lebih benderang. Mengingat mantan kekasihnya itu adalah sosok manusia baik, diantara beribu-ribu sikap manusia lainya. 

Kesimpulan:

Setelah di interpretasikan dan dimaknai bait-bait liriknya secara mendalam lewat kacamata kisah percintaan, jelaslah bahwa makna lagu 'walau habis terang' menceritakan tentang perpisahan yang terjadi antara Ariel Noah dan mantan pacarnya. Alasan kenapa Ariel Noah dan mantan kekasihnya harus berpisah, mungkin saja karena mereka saat menjalin hubungan selalu saja bertengkar, dan saling menyakiti. Jadi kalaupun hubungan tersebut harus dilanjutkan, kedua belah pihak pasti akan saling melukai dan saling tersakiti. Oleh sebab itulah mereka memilih jalan untuk saling berpisah.

Siapa tahu dengan berpisah, kehidupan Ariel dan mantan kekasihnya akan berubah jadi bahagia, kedepannya. Karena perpisahan itu, tak melulu bercerita tentang kesedihan. Kadangkala, patah hati juga dapat membuat kita jadi lebih dewasa dan bijaksana. Jadi ambilah sisi positifnya, ambilah hikmahnya, ambilah pelajarannya, dan ambilah cahayanya dan jangan pernah ambil sisi negatifnya.

Informasi Lirik Lagu Walau Habis Terang

*Penulis lirik lagu Walau Habis Terang adalah Nazril Irham (Ariel Noah). Lagu Walau Habis Terang rilis pada tanggal 31 Desember 2014. Lagu Walau Habis Terang masuk ke dalam album Second Chance (2014). Sedangkan interpretasi dan makna pada lirik lagu Walau Habis Terang berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna lirik lagu Walau Habis Terang milik noah / peterpan ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Walau Habis Terang milik noah / peterpan ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi dan makna pada lirik lagu Walau Habis Terang milik noah / peterpan ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Walau Habis Terang ~ Noah  (Official Music Video)


0 Response to "Makna Lirik Lagu Walau Habis Terang Milik Noah "

Posting Komentar