Makna Lirik Lagu Sebelah Mata Milik Efek Rumah Kaca

 Makna lagu Sebelah Mata berusaha menjelaskan bawa segala hal yang tampak dalam pandangan, belum tentu sesuai kenyataan. Lirik lagunya sendiri, berfokus pada dua kata yaitu kata 'sebelah mataku' dan kata 'sebelah mataku yang lain'. Kata 'sebelah mataku', merujuk pada mata kita secara harfiah. Sementara kata 'sebelah mataku yang lain' merujuk pada mata didalam hati dan pikiran kita. Lewat kedua kata tersebut, efek rumahkaca ingin menjelaskan bahwa ketika kita ingin melihat suatu hal, jangan hanya melihat dengan mata telanjang, namun lihatlah juga melalui mata hati dan pikiran.

Misalnya saja, jika kita melihat kebaikan seseorang hanya dengan penglihatan kita yang sebenarnya, maka kita akan melihat segala sesuatunya lewat rupa yang menawan, padahal rupa itu bisa menipu. Namun, jika kita melihat seseorang melalui hati dan pikiran kita, kita akan bisa melihat sikap dan perbuatan mereka, sehingga kita bisa menilai dengan akurat seseorang itu punya kebaikan atau tidak. Jadi, dalam melihat suatu hal kita kadang tak perlu melihat dengan mata kita yang sebenarnya. 

Saat diwawancarai oleh sebuah media nasional, Cholil (Vokalis Efek Rumah Kaca) mengatakan tentang inspirasi pembuatan lirik lagu ini, dalam wawancara itu dia mengatakan "Lagu Sebelah Mata terispirasi oleh kisah menyedihkan bassis efek rumah kaca, Adrian. Si Adrian ini punya gangguan penglihatan gitu, akhirnya kenapa ga diceritain aja (lewat lagu), waktu itu masih sebelah, namun lama kelamaan dua-duanya kena

Dari wawancara ini, kita dapat menarik benang lurus bahwa lagu ini diciptakan oleh para personel Efek Rumah Kaca untuk menyemangati sang bassis, Adrian. Dalam liriknya mereka seolah berpesan bahwa kehilangan penglihatan bukanlah akhir dari segalanya. Mungkin Adrian tak bisa melihat dengan mata, namun ia bisa melihat melalui jiwa dan pikiran. Karena dipungkiri atau tidak, seorang musisi menciptakan musik melalui penglihatan jiwa dan pikirannya, bukan dengan mata yang sebenarnya.

Seiring berjalannya waktu, lagu Sebelah Mata kemudian juga dikait-kaitkan dengan kasus Novel Baswedan. Seperti yang kita tahu, Novel Baswedan adalah seorang penyidik KPK yang banyak mengungkap kasus korupsi besar di Indonesia. Sehingga para koruptor jahat yang tak suka dengan perbuatannya, kemudian menyuruh orang menyiramkan air keras kearah mata Novel, Novel pun kehilangan sebelah matanya karena penyerangan tersebut.

Lewat lagu ini, masyarakat pun berpesan dan menyemangati Novel. Mungkin karena kasus itu, Novel kehilangan penglihatan. Namun penglihatan didalam hati dan pikiran Novel tak pernah hilang, dalam melihat kasus-kasus korupsi. Hal itulah yang kemudian membuat nama Novel Baswedan menjadi harum dimata masyarakat Indonesia. Berikut merupakan pemaknaan dari bait-bait lirik lagunya;

Lirik verse 1:
Sebelah mataku yang mampu melihat
Bercak adalah sebuah warna warna mempesona
Membaur suara, dibawanya kegetiran
Begitu asing terdengar

Makna lirik verse 1: Mempunyai mata yang normal merupakan berkah dari Yang kuasa. Karena melalui mata, kita bisa melihat warna-warni dunia, bisa melihat wajah manusia dan bisa melihat segala fisik benda. Namun selain mata, kita pun punya indra lainya seperti perasaan, hati suara atau jiwa.

Lirik verse 2:
Sebelah mataku yang mempelajari
Gelombang 'kan mengisi seluruh ruang tubuhku
Terbentuk dari sel akut
Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami

Makna lirik verse 2: Andai kita kehilangan indra penglihatan, bukan berarti hidup kita berakhir. Karena hidup yang kita jalani ini hanyalah sebuah proses, dan sebuah kekurangan tak bisa menentukan kebahagiaan kita. Banyak orang diluar sana yang hidup dengan kata kurang, namun perasaan mereka tetap bahagia. Banyak orang diluar sana yang punya hidup dengan kata cukup dan bergelimang, namun hati mereka tak selalu bahagia. Semua hanya tentang pikiran dan sikap kita, dalam menjalaninya.

Lirik reff/chorus:
Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
Gelap adalah teman setia
Dari waktu-waktu yang hilang

Makna lirik reff/chorus: Boleh saja penglihatan kita hilang karena mata kita rusak. Yang penting jangan sampai penglihatan hati dan jiwa kita yang menghilang. Karena jika sampai mata hati dan jiwa kita yang menghilang, maka yang terlihat hitam kan jadi hitam. Padahal hitam itu tak selamanya berbau negatif, bisa saja hitam bermakna positif. Bisa saja hitam bermakna tentang keteguhan hati karena warnanya tak bisa dicampur, jika kita mau melihat warnanya lewat mata hati dan pikiran kita.

Kesimpulan: 

Pada akhirnya, lirik lagu Sebelah Mata berakhir pada kesimpulan tentang cara pandang kita dalam melihat suatu hal. Lagu ini memandang bahwa penglihatan mata kita memang kan membuat kita jadi manusia sempurna. Namun dalam menjalani kehidupan, melihat dengan mata pun rasanya tak cukup, karena yang terlihat bisa saja menipu. Oleh sebab itulah penting bagi kita untuk melihat segala sesuatunya lewat rasa, hati, dan pikiran.  Sehingga boleh saja kita kehilangan penglihatan kita. Tapi jangan pernah kehilangan rasa, hati, dan pikiran kita.

Meski liriklagunya ditulis untuk sang bassis (Adrian), yang kehilangan penglihatanya karena penyakit diabetes, namun setiap pendengar dibolehkan untuk memaknai lirik lagunya dalam sudutpandang apapun. Karena karya seni musik yang baik, memang dapat menimbulkan interpretasi dan makna berbeda-beda bagi para pendengarnya.

Hal ini sesuai apa yang dikatakan oleh Cholil dalam sebuah kesempatan “Buat saya sendiri, ini adalah fenomena yang lucu karena awalnya lagu tersebut merupakan lagu tentang diabetes. Namun karena saya dan isu nya dekat, dan mendukung upaya terhadap penyelesaian kasusnya, saya ikut merasa senang jika orang mendedikasikan lagu itu untuk Novel Baswedan. Walaupun, pada awal penciptaannya tidak ditujukan untuk itu. Jadi memang kita tidak bisa tahu kemana lagu itu punya arti buat seseorang. Hal tersebut tentu bisa bertumbuh dan menjadi penanda buat hal-hal lain, dan dalam konteks penggunaan lagu ini cukup senang karena digunakan untuk hal yang bersifat positif.

Informasi Lirik Lagu Sebelah Mata

*Penulis lirik lagu Sebelah Mata adalah Adrian Yunan dan Cholil. Lagu Sebelah Mata rilis pada tanggal i September 2007. Lagu Sebelah Mata masuk ke dalam Efek Rumah Kaca (2007). Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Sebelah Mata berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna di lirik lagu Sebelah Mata milik Efek Rumah Kaca ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Sebelah Mata milik Efek Rumah Kaca ini, terserah kalian ingin memaknai lirik nya seperti apa ya. Interpretasi maknadi lirik lagu Sebelah Mata milik Efek Rumah Kaca ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Sebelah Mata ~ Efek Rumah Kaca(Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Sebelah Mata Milik Efek Rumah Kaca"

Posting Komentar