Makna Lirik Lagu Sorai Milik Nadin Amizah

  Makna lagu Sorai menceritakan tentang hubungan percintaan antara Nadin Amizah dan kekasihnya yang kandas, karena mereka saling berbeda pemikiran. Walaupun begitu, Nadin Amizah cukup berbangga karena lewat perbedaan yang tak dapat disatukan tersebut, Nadin kemudian belajar untuk jadi manusia yang lebih baik lagi.

Lewat Twitternya Nadin pernah mengatakan bahwa kata 'sorai' berasal dari kata 'sorak-sorai' yang berarti teriakan atau perayaan kegembiraan. Kata ini merujuk pada pandangan Nadin yang menganggap bahwa segala jenis cinta itu patut untuk dirayakan, meskipun tlah berakhir. Maka kata 'Sorai' mungkin digunakan Nadin Amizah, untuk merayakan keberhasilannya karea ia akhirnya dapat merelakan; mengikhlaskan, dan belajar dari kisah cintanya yang tak dapat disatukan.

Berikut merupakan pemaknaan dari bait-bait lirik lagunya. Baca sampai habis ya, supaya kita lebih memahami makna yang terkandung didalamnya. 

Lirik bagian 1:
Langit dan laut saling membantu
Mencipta awan hujan pun turun
Ketika dunia saling membantu
Lihat cinta mana yang tak jadi satu

Makna lirik bagian 1: Setiap hal didunia ini punya keunikan dan perbedaannya masing-masing. Namun justru karena perbedaan itulah kita kadangkala bisa melihat keindahan dan kegembiraan, asalkan perbedaan itu dapat disatukan.

Misalkan 'langit dan laut', mereka punya keunikan dan berbedaan masing-masing. Langit selalu digambarkan sebagai hal tertinggi dibumi, sementara laut digambarkan sebagai hal terendah. 

Namun laut dan langit bisa bersatu lewat penguapan air laut yang naik kelangit, sebagai awan. Setelah awan sampai langit, langit kemudian menurunkan hujan yang jatuh ke laut. Segala hal nampaknya akan indah jika perbedaan dapat disatukan. 

Lirik bagian 2:
Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Makna lirik bagian 2: Perbedaan dan keunikan didunia ini, juga dirasakan oleh manusia. Dan perbedaan tersebut juga bisa disatukan, lewat cinta. Karena boleh saja manusia berbeda-beda, namun cinta dihati manusia tetaplah sama. Karena cinta dihati manusia menimbulkan kasih sayang, pengertian, peduli dan saling menerima. 

Seperti kisah antara Nadin Amizah dan kekasihnya, dimana mereka punya perbedaan sifat dan cara pandang. Nadin adalah orang yang terbuka akan segala hal, namun kekasihnya adalah seorang yang pendiam. Nadin adalah orang yang peduli akan segala hal, namun kekasihnya adalah orang yang acuh akan segala hal. 

Karena Nadin tahu bahwa setiap manusia yang berbeda bisa disatukan lewat cinta, maka Nadin pun berusaha mencintai kekasihnya agar mereka selalu berjalan seirama. 

Namun sayang, cinta yang diusahakan oleh Nadin sepertinya tak dibalas oleh sang kekasih, karena buktinya dalam hubungan tersebut yang benar-benar mencintai hanyalah Nadin, dan yang mengemban cinta hanyalah Nadin. 

Tak seperti laut yang menciptakan awan untuk langit dan langit membalas laut dengan menurunkan hujan. Nadin seolah-olah berjalan pincang, karena hanya ia yang mencintai, tanpa dibalas cinta kembali oleh kekasihnya. Perbedaan diantara mereka pun, seringkali tak bisa disatukan.

Lirik bagian 3:
Awan dan alam saling bersentuh (bersentuh)
Mencipta hangat kau pun tersenyum
Ketika itu kulihat syahdu
Lihat hati mana yang tak akan jatuh

Makna lirik bagian 3: Perbedaan yang dapat disatukan akan menimbulkan kehangatan, ketenteraman, senyum dan keindahan. Sementara perbedaan yang tak dapat disatukan kadangkala menimbulkan benci, perselisihan dan rasa sakit. 

Lalu mengapa Tuhan menciptakan segalanya berbeda-beda? mengapa tuhan tak menciptakan keseragaman saja agar hidup ini berjalan dengan kebahagiaan dan keselarasan?  

Karena dengan adanya perbedaan, dunia ini penuh dengan warna. Kita bisa melihat warna a sampai z karena perbedaan, kita bisa melihat rambut yang keriting ataupun lurus, kita bisa melihat pemikiran yang keras maupun pemikiran yang lembut. Jika hati kita sedih karena tak bisa menyatukan perbedaan, maka kita juga dapat belajar darinya.

Percayalah bahwa perbedaan juga merupakan anugerah yang indah dari Tuhan yang harus kita sikapi dengan kesabaran dan kebijaksanaan. Tuhan menciptakan kita dengan berbagai perbedaan, seharusnya kita merasa bersyukur. Karena dengan itu, kita bisa melihat rupa-rupa dunia. 

Karena jika Tuhan hanya menciptakan keseragaman, hidup ini akan biasa-biasa saja, dan cenderung monoton. Bayangkan jika kita terjebak ditengah-tengah samudera dimana segalanya tampak biru sejauh mata memandang, pastilah hati kita lama-lama akan bosan. Bayangkan jika kita tinggal disebuah kompleks rumah dimana setiap rumah memiliki desain yang sama, pastilah kita merasa bosan. Bayangkan jika kita hanya bertemu dengan seseorang yang sifatnya begitu-begitu saja, pasti kita pun merasa bosan. Jadi, bukankah dengan perbedaan kita kan jadi manusia yang lebih hidup? 

Lirik bagian 4:
Kau dan aku saling membantu
Membasuh hati yang pernah pilu
Mungkin akhirnya tak jadi satu
Namun bersorai pernah bertemu

Makna lirik bagian 4: Walau akhirnya Nadin kan kekasihnya tak bisa menyatukan perbedaan, walau akhirnya mereka harus berpisah dan merasakan pilu yang luar biasa. Namun Nadin patut berbangga hati karena lewat cinta yang patah tersebut, Nadin bisa belajar akan banyak hal..

Selanjutnya, Nadin juga 'bersorai' karena lewat perbedaan antara kekasihnya yang tak bisa disatukan, ia belajar untuk memperbaiki dirinya lagi, belajar untuk jadi orang yang lebih iklas, dan belajar untuk jadi orang yang sabar. Maka kata 'Sorai' mungkin digunakan Nadin Amizah, untuk merayakan keberhasilannya karea ia akhirnya dapat merelakan; mengikhlaskan, dan belajar dari kisah cintanya yang tak dapat disatukan.

Kesimpulan:

Dari keterangan diatas tadi, maka dapat disimpulkan bahwa lirik lagu Sorai milik Nadin Amizah mengusung tema tentang perbedaan.  Perbedaan yang dapat disatukan akan menimbulkan kehangatan, ketentraman, senyum dan keindahan. Sementara perbedaan yang tak dapat disatukan kadangkala menimbulkan benci, perselisihan dan rasa sakit. 

Namun jangan pernah takut jika kita tak bisa menyatukan perbedaan, karena di hidup kita ini, memang ada hal-hal yang tak bisa kita satukan. Dan hanya lewat perbedaan yang tak bisa disatukan tersebutlah kita akhirnya belajar untuk jadi manusia yang lebih baik lagi.

Lewat lagu Sorai, Nadin Amizah juga seolah menuntun kita bahwa segala hal itu punya sisi positif, jika kita menyikapinya dengan perspektif positif. Seperti halnya perbedaan, persatuan, cinta, patah hati, atau pilu, semuanya selalu punya sisi positifnya masing-masing, asal kita menyikapinya dengan perspektif yang positif pula.

Lirik Lagu Sorai

Verse 1:
Langit dan laut saling membantu
Mencipta awan, hujan pun turun
Ketika dunia saling membantu
Lihat, cinta mana yang tak jadi satu

Chorus/Reff:
Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara?
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Verse 2:
Awan dan alam saling bersentuh
Mencipta hangat, kau pun tersenyum
Ketika itu kulihat syahdu
Lihat, hati mana yang tak akan jatuh

Chorus/Reff:
Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Verse 3:
Kau dan aku saling membantu
Membasuh hati yang pernah pilu
Mungkin akhirnya tak jadi satu
Namun bersorai pernah bertemu

Informasi lirik lagu sorai

*Penulis lirik lagu Sorai adalah Nadin Amizah. Lagu Sorai rilis pada 1 Januari 2019. Lagu Sorai masuk ke dalam album Sorai (2019). Published By Massive Music Entertainment & Sorai. Copyright © Massive Music Entertainment. Sedangkan interpretasi terjemahan arti pada lirik lagu Sorai berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Sorai milik Nadin Amizah ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Sorai milik Nadin Amizah ini, terserah kalian ingin memaknai dan menerjemahkannya nya seperti apa ya. Interpretasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Sorai milik Nadin Amizah ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Nadin Amizah ~ Sorai (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Sorai Milik Nadin Amizah"

Posting Komentar