Makna Lirik Lagu Laskar Pelangi Milik Nidji

 Makna lagu Laskar Pelangi menceritakan tentang kegigihan seseorang dalam meraih mimpi, walau hidupnya dipenuhi kesulitan. Lagu ini berusaha menekankan pada kita bahwa sesulit apapun kehidupan yang kita jalani, tetaplah kita harus bersyukur, harus ceria, optimis dan semangat. Karena walaupun kita tak punya apa-apa didunia ini, setidaknya kita masih punya mimpi. 

Memiliki mimpi dalam hidup itu artinya kita memiliki harapan atau sesuatu yang akan dicapai. Dengan begitu, kita bisa saja memperbaiki kehidupan kita yang sulit hanya dengan mimpi di kepala kita. Asal mimpi tersebut selalu kita upayakan dengan gigih. 

Lagu Laskar Pelangi sendiri, sebenarnya merupakan soundtrack utama dari Film Laskar Pelangi. Jadi plot cerita dalam lagunya, sama dengan plot cerita dari filmnya. Filmnya sendiri menceritakan tentang 10 orang siswa daerah terpencil di Provinsi Bangka-Belitung. Kumpulan 10 orang siswa tersebut dinamai gurunya dengan nama 'laskar pelangi' karena mereka begitu menyukai pelangi. Meski mereka hidup didaerah terpencil, kehidupan mereka pun miskin dan serba kekurangan, namun mereka senantiasa bermimpi dan mengusahakan mimpinya untuk menjadi orang yang berilmu/pintar.

Oke, untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna dari bait-bait lirik dilagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, supaya mendapatkan kesimpulan diakhir tulisan.

Lirik bagian 1:
Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Makna lirik bagian 1: Bait-bait lirik lagu ini, menceritakan tentang kehidupan 10 orang siswa daerah terpencil Provinsi Bangka belitung. Meski mereka hidup didaerah terpencil, diliputi kemiskinan dan kemampuan mereka dalam berpikir tak begitu pintar, mereka selalu punya mimipi, cinta-cita dan harapan dikepala mereka. Dan salah satu impian terbesar mereka adalah bisa menjadi anak pintar yang berguna bagi masyarakat banyak khususnya bagi nusa dan bangsa. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, mereka begitu giat belajar dan bersekolah. Mereka selalu berkeyakinan bahwa tak ada hal yang tak mungkin didunia ini, selama kita punya mimipi dan berusaha meraihnya.

Lirik bagian 2:
Laskar pelangi
Takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa

Makna lirik bagian 2: Melihat kelompok 10 siswa tersebut bersemangat dalam mewujudkan mimpi, melihat kelompok 10 siswa tersebut sama-sama saling menyukai warna-warni pelangi, guru yang mengamati mereka pun menamai mereka sebagai kelompok 'laskar pelangi'. Kata 'laskar pelangi' juga mempunyai filosofi mendalam dikalangan masyarakat.  Pelangi merupakan simbol harapan, inspirasi, janji, keberuntungan, dan keinginan yang menjadi kenyataan. Keindahan pelangi ini menjadikan kemunculannya sebagai sebuah inspirasi dan pelajaran dalam menjalani hidup. Jadi lewat nama itu, sang guru pun berharap para siswa tersebut dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Asalkan mereka senantiasa belajar, berproses, bersemangat, tak kenal lelah dalam mewujudkan mimpinya. 
Lirik "Takkan terikat waktu" juga ingin menekankan pada kita bahwa mimpi dan cinta-cita kita itu tak terikat oleh waktu, sehingga tak ada kata terlambat untuk meraihnya. Jika kita gagal, maka berusaha lagi. Jika kita ketinggalan maka kejarlah. Jadi tak ada alasan bagi kita, untuk tak mewujudkan mimpi kita.

Lirik bagian 3:
Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia
Selamanya

Makna lirik bagian 3: Dalam mewujudkan mimpi, teruslah berusaha sekuat tenaga dan teruslah tersenyum dalam keadaan senang maupun sedih. Walaupun hidup ini begitu pelik dan tak seindah surga, niscaya dengan senyum pekerjaan berat pun akan terasa lebih ringan karena kita ikhlas mengerjakannya. Selalu bersyukurlah pada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan bersyukur kepada-Nya, kita kan menjadi lebih tenang, damai, dan selalu diberikan kekuatan.

Lirik bagian 4:
Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita

Makna lirik bagian 4:  Dalam mewujudkan mimpi, dikatakan lewat lewat lirik ini kita juga harus mempunyai cinta. Karena apabila kita mencintai hidup ini, maka dunia pun akan membalas senyum kita. Walau hidup penuh cobaan, penuh ketidakadilan, namun kekuatan cinta kan selalu melengkapi dan melindungi kita.

Kesimpulan:

Setelah diinterpretasi dan dimaknai keseluruhan bait-bait liriknya, jelaslah bahwa lagu Laskar Pelangi punya tema tentang mimpi. Memiliki mimpi dalam hidup itu artinya kita memiliki harapan atau sesuatu yang akan dicapai. Dengan begitu, kita bisa saja memperbaiki kehidupan kita yang sulit hanya dengan mimpi di kepala kita. 

Namun perlu dicatat bahwasanya mimpi dalam pikiran kita, tak bisa terwujud begitu saja. Seseorang yang mempunyai mimpi yang besar harus mempunyai pendirian yang kuat,senantiasa belajar, berproses, bersemangat, tak kenal lelah dan yang paling penting selalu bersyukur pada Tuhan. 

Selalu ingatlah walau didunia ini kita tak punya apa-apa, setidaknya kita masih punya impian, cinta dan rasa syukur sebagai cara untuk membuat hidup kita bahagia.

Informasi Lirik Lagu Laskar Pelangi

*Penulis lirik lagu Laskar Pelangi adalah Ariel Harsya, Giring Ganesha, Adri Prakarsa, Andro Regantoro, Rama Akbar Randy Danistha dan Nidji. Lagu Laskar Pelangi rilis pada tanggal 23 September 2008. Lagu Laskar Pelangi masuk ke dalam album King of Soundtrack (2014). LASKAR PELANGI lyrics © Pt. Musica Publiser Indonesia. Sedangkan interpretasi dan makna pada lirik lagu Laskar Pelangi berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna lirik lagu Laskar Pelangi milik Nidji ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Laskar Pelangi milik Nidji ini, terserah kalian ingin me-maknainya seperti apa ya. Interpretasi dan makna pada lirik lagu Laskar Pelangi milik Nidji ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Laskar Pelangi ~ Nidji (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Laskar Pelangi Milik Nidji"

Posting Komentar