Makna Lirik Lagu Tak Ada yang Abadi Milik NOAH

 Makna lagu Tak Ada yang Abadi menceritakan tentang pandangan Ariel Noah pada kehidupan yang sifatnya tak abadi, tak kekal dan tak bertahan selamanya. Dalam artian bahwa segala hal yang ada di dunia ini pasti ada tanggal kadaluarsanya entah itu nyawa, cinta, jabatan, kekayaan, kecerdasan, popularitas, kekuasaan dan kecantikan semuanya akan sirna seiring berjalannya waktu. 

Dalam acara podcast raditya dika, Ariel Noah pernah mengungkapkan bahwa lagu Tak Ada yang Abadi, punya lirik-lirik yang bersifat pribadi, yang menggambarkan tentang kehidupanya secara nyata (bersifat personal). Dalam satu sesi Ariel kemudian mengungkapkan "Tak Ada yang Abadi punya lirik yang bergitu personal, itu bercerita tentang perubahan yang terjadi dalam hidup. Misalnya kaya popularitas, pertemanan, hubungan asmara, dari yang tadinya ada jadi ngak ada. Segala macem hal hampir semuanya punya sifat kaya gitu sih

Oke, untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna dari bait-bait lirik dilagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan diakhir tulisan.

Bait lirik 1:
Takkan selamanya tanganku mendekapmu
Takkan selamanya raga ini menjagamu
Seperti alunan detak jantungku
Tak bertahan melawan waktu

Makna bait lirik 1: Tak ada hal yang kan bertahan selamanya didunia ini, termasuk nyawa dan raga manusia yang punya batasan waktu. Hari ini mungkin kita masih bisa menjaga atau mendekap orang-orang yang kita sayangi dengan segenap raga kita. Namun lambat laun raga kita pasti akan menua, tangan-tangan kita kemudian menjadi lemah, jantung kita kemudian berhenti dan berakhirlah hidup yang kita jalani.

Bait lirik 2:
Dan semua keindahan yang memudar
Atau cinta yang telah hilang

Makna bait lirik 2:
Tak ada hal yang kan bertahan selamanya didunia ini, termasuk keindahan, termasuk cinta, dan benda-benda. Paras yang indah lambat laun pasti kan menua, pelangi yang indah lambat laun pasti kan memudar diterpa angin, batu yang keras pasti kan terkoyak dimakan jaman. Pun termasuk cinta kita pada manusia pasti kan sirna seiring dengan kematian kita. 

Bait lirik 3 (Reff/Chorus):
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi

Makna bait lirik 3 (Reff/Chorus): Seperti yang sudah Ariel Noah sampaikan pada wawancaranya di podcast raditya dika, bahwa 'segala macem hal hampir semuanya punya sifat kaya gitu' punya sifatnya tak abadi, tak kekal dan tak bertahan selamanya. Dalam artian bahwa segala hal yang ada di dunia ini pasti ada tanggal kadaluarsanya entah itu nyawa, cinta, jabatan, kekayaan, kecerdasan, popularitas, kekuasaan dan kecantikan semuanya akan sirna seiring berjalannya waktu. 

Oleh sebab itulah Ariel Noah lewat lagu ini, mengajak kita untuk tak menjanjikan keabadian pada pada orang lain. Jangan pernah menjanjikan cinta yang abadi pada orang lain, jangan pernah menjanjikan kesetiaan yang abadi pada orang lain. Pun sebaliknya jika kita dijanjikan keabadian oleh orang lain maka tolaklah. Karena janji tentang keabadian tersebut hanyalah bualan belaka. 

Keabadian yang sesungguhnya adalah kuasa Tuhan semata. Sementara kita yang tak punya kuasa atas keabadian, kadangkala lupa diri. Masih banyak orang diluar sana yang terlalu remeh melontarkan janji, masih banyak orang diluaran sana yang menyobongkan diri. Padahal segala hal yang kita miliki didunia ini, tak akan kita bawa sampai mati.

Bait lirik 4:
Oh, biarkan
Aku bernafas sejenak
Sebelum hilang

Makna bait lirik 4: jika hidup berlangsung selamanya / abadi , kita mungkin tidak akan pernah mengingat adanya tuhan, kita mungkin akan selalu menyombongkan diri, kita mungkin tak mau melakukan perubahan, kita mungkin akan bermalas-malasan, karena akan selalu ada hari esok. 
Oleh sebab itulah Tuhan menciptakan ketidak abadian untuk mengingatkan kita bahwa segala hal didunia ini ada batasanya. Sehingga sebelum batasan itu berakhir, manusia jadi berfikir untuk berbuat baik, untuk melakukan perubahan dan yang paling utama untuk senantiasa ingat pada tuhan, karena tiap-tiap dari kita pasti akan kembali kepada-Nya.
Hhhmm hidup itu singkat, jadi tarilah nafas dalam-dalam, sehingga kita bisa bersyukur atas karunia hidup yang sudah diberikan tuhan pada kita. 

Kesimpulan:

Kau tahu, mereka bilang hidup itu singkat. Mereka mengatakan kau bangun pada suatu hari, dan, pada hari itu, semua impianmu dan semua yang kau dambakan hilang, begitu saja. 

Kau tahu, Orang-orang menjadi tua. Paras dan fisik yang kau miliki akan mengeriput, dan kuatnya detak jantung yang kau miliki kemudian kan perlahan-lahan berhenti. Seiring dengan waktunya.

Kau tahu, banyak hal berubah, dan situasi berubah. Janji-janji yang kau terima bisa saja mengingkari, dan cinta yang kau miliki bisa saja menghianati.

Maka jangan pernah kau gantungan hidupmu pada dunia yang hanya sementara ini, namun bergantunglah pada Tuhan sang pemilik keabadian. Berserahlah pada-Nya, bersyukurlah padanya. Mungkin itulah simpulan makna dari lirik lagu Tak Ada Yang Abadi milik Band Noah ini.

Lirik Lagu Tak Ada Yang Abadi Milik Noah

Verse 1:
Takkan selamanya tanganku mendekapmu
Takkan selamanya raga ini menjagamu
Seperti alunan detak jantungku
Tak bertahan melawan waktu
Dan semua keindahan yang memudar
Atau cinta yang telah hilang

Chorus:
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi

Bridge:
Oh, biarkan
Aku bernafas sejenak
Sebelum hilang

Verse 2:
Takkan selamanya tanganku mendekapmu
Takkan selamanya raga ini menjagamu
Jiwa yang lama segera pergi
Bersiaplah para pengganti

Chorus:
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi

Outro:
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi
Tak ada yang abadi

Informasi Lirik Lagu Tak Ada yang Abadi

*Penulis lirik lagu Tak Ada yang Abadi adalah Nazriel Irham (Ariel Noah). Lagu Tak Ada yang Abadi rilis pada tanggal 31 Desember 2014. Lagu Tak Ada yang Abadi masuk ke dalam album Second Chance (2014). Sedangkan interpretasi dan makna pada lirik lagu Tak Ada yang Abadi berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna lirik lagu Tak Ada yang Abadi Milik NOAH ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Tak Ada yang Abadi Milik NOAH ini, terserah kalian ingin me-maknainya seperti apa ya. Interpretasi dan makna pada lirik lagu Tak Ada yang Abadi Milik NOAH ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

NOAH ~ Tak Ada yang Abadi (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Tak Ada yang Abadi Milik NOAH"

Posting Komentar