Makna Lirik Lagu Perih Milik Senja

 Makna lagu perih menceritakan tentang penyesalan seorang wanita karena ia telah menyia-nyakan mantan kekasihnya. Lirik "karna cinta yang kuingkari" menjelaskan secara tersirat bahwa wanita itu dulunya memang mengingkari cinta dari mantan kekasihnya (ingkar karena mengejar mimpi, ingkar karena orang lain, dsb). Sehingga mantan kekasihnya pergi meninggalkan dirinya. 

Penyesalan wanita itu semakin perih karena setelah perpisahan mereka, kini mantan kekasihnya sudah menemukan kekasih baru. Padahal wanita itu, bahkan belum bisa merelakan kepergian mantan kekasihnya.

Dalam sebuah wawancara, Panchar Nirwana Siddik (penulis lagu) mengatakan tentang pemaknaan lagunya "Lagu ini terinspirasi dari pengalaman Kinan (vok. senja) yang menyesal karena meninggalkan orang yang dicintainya demi mengejar karier hingga suatu saat orang yang dicintainya itu telah menemukan kebahagiaan bersama orang lain"

Jadi jelaslah, bahwa lirik lagu ini terispirasi dari kisah sang vokalisnya, Kinan. Dan jelaslah bahwa kata 'perih' dalam lirik lagu ini, bukan karena Kinan merasa perih karena disakiti. Melainkan kata 'perih' dilirik lagu ini ditujukan untuk perbuatan Kinan sendiri yang telah berpaling dari sang mantan, sehingga sang mantan pergi meninggalkan dirinya dan menemukan wanita lain.

Ingin tahu lebih dalam tentang kisah penyesalan Kinan (Vok. Senja), atas mantan kekasihnya? Mari kita interpretasikan saja makna bait-bait lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Makna lirik bagian 1:
Waktu perlahan menuntunku
Berjumpa lagi denganmu

Setelah sekian lamanya Kinan dan mantan kekasihnya berpisah, waktu kemudian kembali mempertemukan mereka. Kali ini, mereka berjumpa sebagai orang lain, bukan lagi sebagai kekasih.

Makna lirik bagian 2:
Seseorang yang dulu, bersamaku
Takdir tak ingin kita bersatu

Entah apa yang menyebabkan Kinan dan mantan kekasihnya berpisah. Mungkin mereka sering bertengkar, mungkin mereka berbeda pemikiran, namun yang jelas takdir seolah-olah menginginkan mereka berpisah.

Yap begitulah takdir, setiap hal kadang mempunyai takdirnya masing-masing, termasuk takdir tentang cinta. Ada pasangan yang ditakdirkan untuk bersatu, ada pasangan yang ditakdirkan untuk berpisah. 

Meski kadang banyak pasangan merasa saling mencinta, dan merasa saling mempertahankan, saat takdir itu datang, tak ada yang bisa menolaknya. 

Makna lirik bagian 3:
Kini kau bersamanya
Tak ada ruang untukku
Di hatimu

Karena sudah tak ada lagi hubungan yang terjalin antara Kinan dan mantannya, kini mantannya pun sudah mempunyai pacar baru. Hidup mantannya pun terlihat begitu bahagia.

Melihat segala kenyataan tersebut, Kinan hanya bisa tertegun. Karena walau bagaimanapun, dirinya masih punya rasa pada mantannya, dan tak bisa melupakan mantannya. Namun mantannya kini sudah memiliki orang lain, sehingga tak mungkin bagi Kinan mengusik kehidupan sang mantan.

Makna lirik bagian 4:
Terlambat kusesali semua yang terjadi
Di saat ku tahu kau tak mungkin kembali

Sekarang yang ada dalam hati Kinan hanyalah kata sesal. Karena dulu ia sama sekali tak pernah mau mempertahankan hubungannya dengan sang mantan, bahkan ia mungkin selalu menyiakan hati sang mantan.

Sehingga saat mantannya benar-benar pergi dan tak akan kembali, Kinan pun akhirnya sadar bahwa orang yang selama ini ia sia-siakan adalah orang yang benar-benar berarti bagi hidupnya.

Makna lirik bagian 5:
Tak kusangka sedalam ini ku terluka
Kar'na cinta yang kuingkari

Secara tersirat dijelaskan dalam ini, bahwa penyebab berakhirnya hubungan antara Kinan dan mantan kekasihnya adalah karena Kinan mengingkari cintanya sendiri pada sang mantan. Kata ingkar dirini merujuk pada berpalingnya Kinan pada sang mantan karena ia sibuk meniti karier. 

Saat berpaling dari sang mantan untuk mengejar karier dan cita-citanya, Kinan mengira kehidupannya akan baik-baik saja.Namun sayang sekali, perkiraan Kinan rupanya salah, karena selama ini hal yang benar-benar sempurna untuk dirinya hanyalah sang mantan bukan hal lain. 

Makna lirik bagian 6:
Andai saja aku bisa merubah sang waktu
Tak akan pernah ku berpaling meninggalkanmu

Karena ego dan perbuatannya dimasa lalu, sekarang yang ada hanyalah penyesalan bagi Kinan. Karena dulu nyatanya ia tak pernah berfikir secara matang tentang sebab akibat yang timbul dimasa depan, yang diakibatkan oleh perbuatanya. 

Faktanya tak ada seorangpun yang mampu melihat masa depan. Orang yang kita pandang jahat dimasa kini, bisa saja berubah jadi baik dimasa depan. Orang yang kita pandang buruk dimasa kini, bisa jadi berubah jadi indah dimasa depan. Dan orang yang kita remeh dimasa kini, bisa jadi orang yang benar-benar berharga dalam hidup kita dimasa depan.

Kinan lewat lirik ini, seolah mengingatkan pada kita untuk selalu memikirkan apa yang kita kita perbuat. Karena jika kita salah dalam berbuat, kita tidak bisa kembali ke masa lalu untuk membenarkan perbuatan kita.

Makna lirik bagian 7:
Mencoba sekuat hatiku merelakanmu dengannya
Meski ku takkan bisa

Bagi Kinan, mengiklaskan kepergian seseorang yang benar-benar dia cintai, adalah sebuah tragedi, yang perih dan lukannya tak akan pernah bisa disembuhkan. Namun mau bagaimana lagi, toh semuanya telah terjadi dan dia tak bisa pergi kemasa lalu untuk memperbaiki keadaan. 

Kesimpulan:

Tak ada manusia yang sempurna, tiap-tiap manusia pastilah pernah melakukan kesalahan dimasa lalu. Sayangnya kita tak bisa memutar waktu untuk memperbaikinya. Dan jalan satu-satunya untuk dapat memperbaiki kesalahan masalau tersebut adalah dengan menyesali kesalahan, meminta maaf dan belajar dari kesalahan.

Layaknya lagu perih milik senja ini. Lagu ini menceritakan tentang sang vokalis yaitu Kinan yang telah melakukan kesalahan dimasalalu dengan pergi meninggalkan mantan kekasihnya begitu saja. Hingga akhirnya dimasa sekarang, ia seolah diingatkan bahwa apa yang dilakukanya pada masalalu adalah perbuatan yang salah.

Meskipun Kinan tak bisa memutar waktu untuk memperbaiki hubungannya dimasalalu, setidaknya dimasa kini ia telah menyesali apa yang ia perbuat, belajar dari kesalahan itu, dan mengiklaskan kepergian mantanya. Walaupun, hatinya masih merasa perih oleh kesalahannya sendiri.

Lewat lirik lagu Perih ini, band Senja seolah mengingatkan pada kita untuk selalu memikirkan apa yang kita kita perbuat. Karena jika kita salah dalam berbuat, kita tidak bisa kembali ke masa lalu untuk membenarkan perbuatan kita.

Lirik Lagu Perih Milik Senja

Waktu perlahan menuntunku
Berjumpa lagi denganmu
Seseorang yang dulu
Bersamaku

Takdir tak ingin kita bersatu
Kini kau bersamanya
Tak ada ruang untukku
Di hatimu

Terlambat kusesali semua yang terjadi
Di saat ku tahu kau tak mungkin kembali
Tak kusangka sedalam ini ku terluka
Kar'na cinta yang kuingkari

Takdir tak ingin kita bersatu
Kini kau bersamanya
Tak ada ruang untukku
Di hatimu

Terlambat kusesali semua yang terjadi
Di saat ku tahu kau tak mungkin kembali
Tak kusangka sedalam ini ku terluka
Kar'na cinta yang kuingkari

Andai saja aku bisa merubah sang waktu
Tak akan pernah ku berpaling meninggalkanmu
Mencoba sekuat hatiku merelakanmu dengannya
Meski ku takkan bisa
Ho-oh-oh, hu-uh-uh

Informasi lirik lagu Perih Milik Senja

*Penulis lirik lagu Perih adalah Panchar Nirwana Siddik. Lagu Perih rilis pada 6 April 2018. Lagu Perih masuk ke dalam album Perih (2018). Producer: Gangsar Sambodo & Panchar Nirwana. Arranged: Erwin Hadinata. Recorded at: GME studio, Semarang. Mixed: Erwin Hadinata on GME Studio, Semarang. Mastered : Philip Dust, UK. Published : Sswila Music. Sedangkan interpretasi makna pada lirik lagu Perih berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna di lirik laguPerih Milik Senja ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Perih Milik Senja ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi makna di lirik lagu Perih Milik Senja ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Senja ~ Perih (Official Music Video)

0 Response to "Makna Lirik Lagu Perih Milik Senja"

Posting Komentar