Not With Me - Bondan Prakoso | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Not With Me / Tak bersamaku, merujuk pada pemikiran Bondan Prakoso bahwa untuk mencintai seseorang itu kita tak harus bersama orang yang kita cintai.

Not With Me adalah salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Bondan Prakoso. Lagu ini masuk dalam album For All dan bisa dikatakan jika lagu ini adalah lagu termelow dalam album tersebut. Seperti yang kita ketahui, dalam album For All Bondan memang banyak unsur musik rap-nya, sehingga lagu ini seolah berbeda sendiri.

Ditulis dengan lirik berbahasa inggris, lirik lagu ini menimbulkan kesan tersendiri dimata penggemarnya karena liriknya yang begitu dalam. Liriknya juga dibalut musik yang melow, menjadikan lagu ini begitu enak untuk dinikmati.

Karena ketenaran dari lagu ini dikalangan masyarakat Indonesia, Blog interpretasilirik.com begitu tertarik untuk membahasnya. Berikut merupakan makna terjemahan arti dari lirik lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso.

Makna Lirik Lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso

Makna lagu Not With me menceritakan tentang seseorang pria yang terpisah jarak, ruang dan waktu dengan wanita pujaanya. Namun keadaan tersebut tak membuat sang pria bersedih dan merasa sendiri. Pria itu selalu percaya bahwa cinta memang tidak terbatas ruang dan waktu. Dalam artian bahwa walaupun wanita pujaanya tak bersamanya, walaupun wanita pujaanya berada jauh ditempat lain, sang pria tetap saja bisa melihat dan merasakan kehadiran sang wanita hanya lewat sebuah kenangan.

Sehingga jelaslah bahwa kata 'Not With Me / Tak bersamaku' merujuk pada pemikiran Bondan Prakoso bahwa untuk mencintai seseorang itu kita tak harus bersama orang yang kita cintai. Karena cukup mengingat kenangan indah bersamanya saja, kadang kita sudah mampu merasakan kehadiran dirinya.

Karena tema lagunya begitu umum, lirik lagu Not With Me ini, bisa dimaknai kedalam sudut pandang manapun. Liriknya bisa saja menceritakan tentang seseorang yang gagal move on, sehingga untuk bisa bersama orang yang dicintainya ia terus-terusan mengingat kenangan indah. Liriknya bisa juga menceritakan tentang seseorang yang sedang mencintai tanpa memiliki.

Namun mayoritas fans Bondan Prakoso, menganggap bahwa lirik lagu Not With Me ini, menceritakan tentang seorang pria yang sedang menjalani hubungan LDR. Karena ia begitu merindukan sang kekasih, namun ia tak mampu menempuh jarak, ruang dan waktu untuk menemui kekasihnya, ia akhirnya hanya bisa mengingat kenangan indah bersama sang kekasih. Sehingga ia terus-terusan bisa merasakan kehadiran kekasihnya walau hanya didalam pikiran dan hatinya saja.

Interpretasi Lirik Lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso (Per-bait)

Berikut merupakan analisis atau interpretasi makna dari lirik Not With Me milik Bondan Prakoso. Perlu digarisbawahi bahwa aku disini, memaknai lirik lagunya berdasarkan sudut pandang hubungan jarak jauh (LDR). Baca sampai habis ya, kesimpulan dan terjemahan lirik lagunya ada diakhir tulisan;

Lirik bagian 1:
I'm waking up from my summer dreams again
(Aku terjaga dari mimpi musim panasku lagi)
Try to thinking if you're alright
(Mencoba berfikir kau kan baik-baik saja)

Makna lirik bagian 1: Lagu Not With Me sebenarnya menceritakan tentang seorang pria yang sedang menjalani hubungan jarak jauh (LDR) dengan kekasihnya, kita andaikan saja pria itu sebagai Bondan Prakoso. Karena ia terpisah jarak, ruang dan waktu dengan sang kekasih, ia akhirnya pun begitu merindukan kekasihnya. Lirik (I'm waking up from my summer dreams again / Aku terjaga dari mimpi musim panasku lagi) pada pembuka lagu, menyiratkan bahwa sangking rindunya, Bondan kemudian memimpikan kekasihnya. Namun ia kemudian terjaga dan mengetahui kalau kekasihnya tak ada disampinya, sehingga ia hanya bisa berharap bahwa kekasihnya akan baik-baik saja ditempat yang jauh sana.

Lirik (Try to thinking if you're alright / Mencoba berfikir kau kan baik-baik saja) juga berusaha mengungkapkan bahwa dalam menjalani hubungan LDR, Bondan Prakoso selalu memikirkan hal yang positif pada sang kekasih. Karena berpikir positif akan membant bondaan merasa bahagia, nyaman dan tak khawatir meski jauh dari kekasih. Oleh sebab itulah pikiran positif adalah kunci dari keberhasilan LDR.

Lirik bagian 2:
Then i'm shattered by the shadows of your eyes
(Lalu aku dihancurkan oleh bayang-bayang matamu)
Knowing you're still here by my side
(Mengetahui bahwa kau masih disini di sampingku)

Makna lirik bagian 2: Saat jauh dari kekasih, perasaan sedih, acapkali datang meluluhlantakkan perasaan kita. Terlebih jika kita ingat dengan indahnya paras kekasih kita, ingat akan indahnya tatapan mata kekasih kita, semua perasaan itu seolah tak bisa terbendung. Mungkin itulah penggambaran yang ingin disampaikan Bondan Prakoso lewat lirik (Then i'm shattered by the shadows of your eyes / Lalu aku dihancurkan oleh bayang-bayang matamu).

Lirik bagian 3 (reff):
I can see you if you're not with me
(Aku bisa melihatmu walaupun kau tak bersamaku)
I can say to my self if you're okay
(Aku bisa mengatakan kepada diriku kalau kau kan baik-baik saja)
I can feel you if you're not with me
(Aku bisa merasakanmu walaupun kau tak bersamaku)
I can reach you my self, you show me the way
(Aku bisa menggapaimu dialam jiwaku, kau tunjukan jalannya)

Makna lirik bagian 3 (reff): Bagimu yang sedang menjalani hubungan LDR, dan terpisah jauh dari kekasih, selalu garisbawahilah bahwasanya cinta itu tidak akan terbatas oleh ruang dan waktu. Dalam artian bahwa walaupun kekasih kita tak bersama kita, walaupun kekasih kita berada ditempat lain nanjauh disana, kita tetap saja bisa melihat dan merasakan kehadiran kita walau hanya lewat sebuah kenangan.

Sehingga jelaslah bahwa kata (I can see you if you're not with me / Aku bisa melihatmu walaupun kau tak bersamaku) dalam reff lagu ini, merujuk pada pemikiran Bondan Prakoso bahwa untuk mencintai seseorang itu kita tak harus bersama orang yang kita cintai. Karena cukup mengingat kenangan indah bersamanya saja, kadang kita sudah mampu merasakan kehadiran dirinya.

Lirik bagian 5:
Life was never be so easy as it seems
(Hidup tak pernah semudah yang terlihat)
Till you come and bring your love inside
(Sampai kau datang dan memberikan cintamu ke dalamnya)

Makna lirik bagian 5: Hidup memang tak pernah semudah yang terlihat, karena faktanya untuk bisa bahagia, kita seringkali menemui berbagai rintangan. Begitupun dalam menjalani suatu hubungan. Pasti memiliki lika-likunya masing-masing. Setiap pasangan mempunyai jalan cerita yang berbeda-beda. Tidak selalu bahagia, terkadang kita akan dihadapkan dengan keadaan yang membuat sedih dan galau. Seperti halnya ketika menjalani hubungan jarak jauh atau LDR dengan pasangan.

Lirik bagian 6:
No matter space and distance make it look so far
(Jangan risaukan ruang dan jarak yang membuatnya terlihat jauh)
Still I know you're still here by my side
(Aku tahu kau masih disini di sampingku)

Makna lirik bagian 6: Selayaknya lirik lagu reff yang berusaha mengatakan bahwasanya cinta itu tidak akan terbatas oleh ruang dan waktu. Dalam artian bahwa walaupun kekasih kita tak bersama kita, walaupun kekasih kita berada ditempat lain nanjauh disana, kita tetap saja bisa melihat dan merasakan kehadiran kita walau hanya lewat sebuah kenangan.

Oleh sebab itu, berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan. Karena LDR bisa saja menjadi tes bagi kita untuk lebih baik lagi dalam mempertahankan hubungan. Karena menjalani hubungan LDR itu memang sejatinya menuntut kita untuk lebih bersabar, saling percaya meski terpisah jarak dan waktu, serta dituntut lebih bahagia dan ceria meski dalam hati terkadang merasa sedih, sepi dan kecewa.

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai lirik lagunya, maka jelaslah bahwasanya lirik lagu Not With Me menceritakan tentang seorang pria yang sedang menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Terpisah jarak, ruang dan waktu dengan sang kekasih, tak membuat sang pria bersedih dan merasa sendiri. Pria itu selalu percaya bahwa cinta memang tidak terbatas ruang dan waktu. Dalam artian bahwa walaupun kekasih kita tak bersama kita, walaupun kekasih kita berada ditempat lain nanjauh disana, kita tetap saja bisa melihat dan merasakan kehadiran kita walau hanya lewat sebuah kenangan.

Menurut pendapat pribadiku, lagu Not With Me ini adalah salah satu lagu terbaik Bondan Prakoso. Karena liriknya seolah punya pesan moral yang cukup mendalam bagi pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, tak bisa selalu bersama, karena terbentur jarak dan waktu. Liriknya seolah memandang bahwasanya jarak bukanlah penghalang bagi cinta kita.

Oleh sebab itu, berhentilah berpikir bahwa hubungan jarak jauh (LDR0 adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan. Karena LDR bisa saja menjadi tes bagi kita untuk lebih baik lagi dalam mempertahankan hubungan. Karena menjalani hubungan LDR itu memang sejatinya menuntut kita untuk lebih bersabar, saling percaya

Percayalah semua perjuangan yang sedang kita lakukan hari ini akan segera berbuah manis. Dengan meyakini hal tersebut, kita akan lebih bersemangat untuk menjalani hari. Daripada galau, sebaiknya kita lebih fokus untuk mematangkan diri agar lebih siap menyambut hari hari bahagia ketika waktunya tiba, saat kita benar-benar bertemu kekasih kita.

Jarak tak berarti apa-apa, saat seseorang berarti segalanya.

Terjemahan Arti Lirik Lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso

Oke mungkin itulah makna dari lirik lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik Not With Me Milik Bondan Prakoso, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu ini yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu ini di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music, instagram story, facebook story atau TikTok.

Verse 1:
I'm waking up from my summer dreams again
Aku terjaga dari mimpi musim panasku lagi
Try to thinking if you're alright
Berharap kau kan baik-baik saja
Then i'm shattered by the shadows of your eyes
Lalu aku dihancurkan oleh bayang-bayang matamu
Knowing you're still here by my side
Mengetahui bahwa kau masih disini di sampingku

Reff/Chorus:
I can see you if you're not with me
Aku bisa melihatmu walaupun kau tak bersamaku
I can say to my self if you're okay
Aku bisa mengatakan kepada diriku kalau kau kan baik-baik saja
I can feel you if you're not with me
Aku bisa merasakanmu walaupun kau tak bersamaku
I can reach you my self, you show me the way
Aku bisa menggapaimu dialam jiwaku, kau tunjukan jalannya

Verse 2:
Life was never be so easy as it seems
Hidup tak pernah semudah kelihatannya
Till you come and bring your love inside
Sampai kau datang dan memberikan cintamu ke dalamnya
No matter space and distance make it look so far
Jangan risaukan ruang dan jarak yang membuatnya terlihat jauh
Still I know you're still here by my side
Aku tahu kau masih disini di sampingku

Reff/Chorus:
I can see you if you're not with me
Aku bisa melihatmu walaupun kau tak bersamaku
I can say to my self if you're okay
Aku bisa mengatakan kepada diriku kalau kau kan baik-baik saja
I can feel you if you're not with me
Aku bisa merasakan walaupun kau tak bersamaku
I can reach you my self, you show me the way
Aku bisa menggapaimu dialam jiwaku, kau tunjukan jalannya

Bridge;
Yeah you're made me so alive
Yeah kau membuatku begitu hidup
You give the best for me
Kau memberikan yang terbaik untukku
Love and fantasy
Cinta dan fantasi
Yeah and I never feel so lonely
Yeah dan aku takkan pernah merasa kesepian
'Cause you're always here with me yeah
Karena kau selalu di sini denganku
Always here with me
Selalu di sini denganku

Reff/Chorus:
I can see you if you're not with me
Aku bisa melihatmu walaupun kau tak bersamaku
I can say to my self if you're okay
Aku bisa mengatakan kepada diriku kalau kau kan baik-baik saja
I can feel you if you're not with me
Aku bisa merasakan walaupun kau tak bersamaku
I can reach you my self, you show me the way
Aku bisa menggapaimu dialam jiwaku, kau tunjukan jalannya

Outro:
I'm waking up from my summer dreams again
Aku bangun dari mimpi musim panasku lagi
Try to thinking if you're alright
Mencoba untuk berfikir bahwa kau baik-baik saja
Then i'm shattered by the shadows of your eyes
Lalu aku dihancurkan oleh bayangan dimatamu
Knowing you're still here by my side
Mengetahui bahwa kau masih disini di sampingku

Informasi Lirik Lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso

Judul Not With Me
Artis Bondan Prakoso and Fade 2 Black
Penulis Bondan Prakoso, Fade 2 Black
Dirilis 14 Mei 2010
Album For All (2010)
Genre rock alternatif, hip hop
Label Sony BMG

Official Music Video Not With Me Milik Bondan Prakoso

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Not With Me Milik Bondan Prakoso ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknai dan menerjemahkannya nya seperti apa ya. Interpretasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu ini, jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini, tulis komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer