Makna Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih Milik Ghea Indrawari

Makna lagu Jiwa Yang Bersedih ingin menasihati kita untuk jujur pada diri sendiri, dalam menghadapi kegagalan. Jika kita bersedih, maka menangislah. J

Lagu Jiwa Yang Bersedih adalah salah satu lagu terbaik ciptaan Ghea Indrawari. Mengusung tema tentang sebuah kegagalan, lagu ini berbeda dengan kebanyakan lagu Indonesia yang biasanya bercerita tentang cinta. Lagu ini, seolah punya kedalaman lirik yang kuat, sangat personal namun menyentuh hati dan jiwa semua pendengar. Tak ayal lagu ini kemudian mudah untuk viral di berbagai platform media sepeti Youtube dan TikTok.

Karena ketenaran dari lagu ini dikalangan masyarakat Indonesia, Blog interpretasilirik.com begitu tertarik untuk membahasnya. Berikut merupakan makna dari lirik lagu Jiwa Yang Bersedih Milih Ghea Indrawari. Simak sampai habis ya tulisan ini, supaya kalian bisa mengerti apa makna yang terkandung dalam liriknya.

Makna Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih Milik Ghea Indrawari

Makna lagu Jiwa Yang Bersedih ingin menasihati kita untuk jujur pada diri sendiri, dalam menghadapi kegagalan. Jika kita bersedih, maka menangislah. Jika kita lelah, maka beristirahatlah sejenak. Tak ada salahnya kita mengakui semua itu.

Ingatlah bahwa berpura-pura tampil sempurna, dengan menyembunyikan kegagalan, kesedihan dan tangisan kita, hanya akan membuat kita jadi manusia naif.

Karena siapa tahu dengan mengakui kegagalan, kita bisa berlapang dada. Siapa tahu dengan menangis, hati kita bisa lega. Atau, siapa tahu dengan beristirahat sejenak, kita dapat menemukan solusi atas segala kegagalan kita.

Hidup ini dingin dan kejam. Jadi mustahil jikalau hidup seseorang dapat berjalan secara sempurna, tanpa ada kegagalan, rintangan atau masalah apapun.

Sehingga lewat lirik lagu ini, Ghea Indrawari berusaha memberi tahu kita bahwa mengekspresikan kesedihan atas segala kegagalan dan masalah hidup, adalah sesuatu yang wajar. Asalkan, kita tak menyerah pada kegagalan tersebut, dengan mengambil hikmah dan pelajarannya.

Dikutip dari akun Yotube EVENTORIVIEW Ghea pernah menjelaskan pemaknaan liriknya;

"Jadi lagu jiwa yang bersedih, mungkin untuk orang-orang yang merasa, emm 'aku udah berusaha kok gagal terus ya'. Karena mungkin didalem hidup ini kegagalan itu, kayanya pasti ada deh. Cuman bagaimana kita menghadapi kegagalan itu. Jangan pernah berhenti, kita harus tetep lanjut. Tapi, ketika kita merasakan kegagalan itu, wajar banget kok yang namanya manusia untuk bersedih. Jadi menangislah dulu aja, tapi setelah itu kita harus bangkin lagi"

Interpretasi Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih Milik Ghea Indrawari (Per-bait)

Untuk memperjelas keseluruhan makna dari lagunya, mari kita interpretasi keseluruhan bait lirik lagunya. Berikut merupakan makna mendalam dari keseluruhan bait-bait lirik lagunya:

Lirik bagian 1:
Kemarilah, singgah dulu sebentar
Perjalananmu jauh, tak ada tempat berteduh

Makna lirik bagian 1: Dalam hidup, kita pasti pernah mengalami kegagalan demi kegagalan. Padahal, selama ini kita sudah berulangkali berusaha keras untuk memperjuangkan kehidupan kita agar bisa lebih baik. Sampai-sampai kita lupa, bahwasanya kita adalah manusia yang punya rasa lelah dan perlu untuk beristirahat / singgah.

Oleh sebab itulah, Ghea lewat lirik bagian 1 ini, berusaha menasihati kita untuk tak terlalu membebani diri kita sendiri. Andai kita gagal, wajarlah jika kita harus singgah untuk beristirahat sebentar. Jalan kita masih panjang, masih ada hari esok. Siapa tahu dengan singgah / beristirahat bentar, kita malah bisa menemukan solusi atas kegagalan kita.

Terlalu banyak berusaha dan berekspetasi tinggi, kadang malah akan membuat kita jadi frustasi dan kecewa. Jika sudah begitu, tak kan ada orang yang membantu kita dan memberi kita tempat untuk berteduh.

Lirik bagian 2:
Menangislah, kan kau juga manusia
Mana ada yang bisa, berlarut-larut, berpura-pura sempurna

Makna lirik bagian 2: Kebanyakan dari kita akan menangis ketika merasakan kesedihan. Saat ditinggal selamanya orang yang dicintai, saat kehilangan sesuatu, saat merasakan duka, ketika mengalami kegagalan, hal-hal semacam itu bisa menyebabkan kita menangis. Namun, banyak juga orang yang berusaha menutupi tangisan itu, karena mereka takut dibilang sebagai manusia yang lemah.

Ketahuilah bahwasannya Ghea lewat lirik ini, berusahan menekankan pada kita bahwa menangis merupakan respons alami terhadap berbagai emosi manusia. Sehingga tak ada kaitannya dengan seorang lemah atau tidak.

Kita semua adalah manusia yang tidak sempurna. Maka saat kita sedang merasakan kesedihan dan kegagalan yang mendalam, tak apa bagi kita untuk menangis. Karena menangis adalah hal yang manusiawi. Jadi menangislah dulu aja, tapi setelah itu kita harus bangkin lagi.

Lirik bagian 3:
Sampaikan pada jiwa yang bersedih
Begitu dingin dunia yang kau huni

Makna lirik bagian 3: Hidup ini dingin dan kejam. Jadi mustahil jikalau hidup seseorang dapat berjalan secara sempurna, tanpa ada rintangan atau masalah apapun. Inilah dunia, dengan segala realitanya, yang mampu membuat kita menagis bersimpuh sejadi-jadinya. Tak apa, semua orang pernah mengalami semua itu.

Lirik bagian 4:
Jika tak ada tempatmu kembali
Bawa lukamu biar aku obati

Makna lirik bagian 4: Manusia tidak akan terlepas dari yang namanya masalah dan kegagalan. Terlalu sering memendam masalah bukan solusi tepat. Oleh sebab itu, Ghea lewat lirik lagu ini berusaha menyampaikan kalau sesekali mencurahkan hati kita pada orang yang kita percaya mungkin saja akan jadi obat, agar hati kita lebih tenang.

Ingatlah kadang sumber kekuatan tidak hanya dari dalam diri sendiri, tapi juga dari orang terdekat (orang tua, saudara, sahabat). Motivasi atau dukungan dari orang terdekat kita itu sangat perlu, apalagi ketika sedang dalam situasi sedang terpuruk.

Lirik bagian 5:
Tidak kah letih kakimu berlari
Ada hal yang tak mereka mengerti
Beri waktu tuk bersandar sebentar

Makna lirik bagian 5: Lirik bagian 5 ini, maknanya hampir sama dengan lirik bagian 1. Intinya lewat lirik ini, Ghea berusaha menasihati kita untuk tak terlalu membebani diri kita sendiri. Andai kita gagal, wajarlah jika kita harus singgah untuk beristirahat sebentar. Siapa tahu dengan singgah / beristirahat bentar, kita malah bisa menemukan solusi atas kegagalan kita.

Lirik bagian 6:
Selama ini kau hebat
Hanya kau tak didengar

Makna lirik bagian 6: Tiap-tiap dari kita pasti pernah mengalami kegagalan, walau telah berusaha berulang kali. Tiap-tiap dari kita pasti pernah merasakan kehilangan sesuatu yang sangat kita cintai, walau tlah mempertahankannya sekuat mungkin. Dan tiap-tiap kita pasti pernah melakukan yang terbaik, walau tak pernah didengar.

Jika kita telah mengalami semua itu, jangan pernah menyesal. Kamu hebat, karena setidaknya kamu pernah berjuang dengan mencoba sekuat mungkin. Gagal dalam suatu hal bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti lantaran yang perlu ditakuti adalah ketika kamu bahkan tidak pernah mencoba.

Lewat lirik ini, Ghea berusaha menyampaikan kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Karena mungkin, tuhan memberikan kegagalan pada kita, agar kita bisa belajar dari kegagalan tersebut. Siapapun orang di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan. Jadi, kegagalan bukan suatu hal yang memalukan. Ketika kamu mengalami kegagalan, berarti kamu telah memiliki guru terbaik dalam hidupmu.

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai seluruh liriknya, maka jelaslah bahwa lagu Jiwa Yang Bersedi ingin menasihati kita untuk jujur pada diri sendiri, dalam menghadapi kegagalan. Jika kita bersedih, maka menangislah. Jika kita lelah, maka beristirahatlah sejenak. Tak ada salahnya kita mengakui semua itu. Karena siapa tahu dengan mengakui kegagalan, kita bisa berlapang dada. Siapa tahu dengan menangis, hati kita bisa lega. Atau, siapa tahu dengan beristirahat sejenak, kita dapat menemukan solusi atas segala kegagalan kita.

Ingatlah bahwa berpura-pura tampil sempurna, dengan menyembunyikan kegagalan, kesedihan dan tangisan kita, hanya akan membuat kita semakin frustasi.

Hidup ini dingin dan kejam. Jadi mustahil jikalau hidup seseorang dapat berjalan secara sempurna, tanpa ada rintangan atau masalah apapun. Tiap-tiap dari kita pasti pernah mengalami kegagalan, walau telah berusaha berulang kali. Tiap-tiap dari kita pasti pernah merasakan kehilangan sesuatu yang sangat kita cintai, walau tlah mempertahankannya sekuat mungkin. Dan tiap-tiap kita pasti pernah melakukan yang terbaik, walau tak pernah didengar....

Jika kita telah mengalami semua itu, jangan pernah menyesal. Kamu hebat, karena setidaknya kamu pernah berjuang dengan mencoba sekuat mungkin. Gagal dalam suatu hal bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, lantaran yang perlu ditakuti adalah ketika kamu bahkan tidak pernah mencoba.

Pada akhirnya pesan moral dari lirik lagu Jiwa Yang Bersedih, seolah ingin memberi tahu kita tentang perjalanan seseorang dalam menjalani kehidupan. Perasaan lelah, letih, terluka, merasa tidak dihargai, berpura pura sempurna, bersikap seolah olah kuat dan baik saja, tersenyum walaupun menangis tentu pernah dirasakan semua orang dan lagu ini hadir untuk menyemangati orang orang yang sedang mengalami fase lelah seperti itu. Lagu yang benar-benar sangat menyentuh....

Official Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih

Verse 1:
Kemarilah
Singgah dulu sebentar
Perjalananmu jauh
Tak ada tempat berteduh

Verse 2:
Menangislah
Kan kau juga manusia
Mana ada yang bisa
Berlarut – larut
berpura – pura sempurna

Chorus 1:
Sampaikan pada jiwa yang bersedih
Begitu dingin dunia yang kau huni
Jika tak ada tempatmu kembali
Bawa lukamu biar aku obati

Tidak kah letih kakimu berlari
Ada hal yang tak mereka mengerti
Beri waktu tuk bersandar sebentar
Selama ini kau hebat
Hanya kau tak didengar

Verse 3:
Menangislah
Kan kau juga manusia
Mana ada yang bisa
Berlarut – larut
Berpura – pura sempurna

Chorus 2:
Sampaikan pada jiwa yang bersedih
Begitu dingin dunia yang kau huni
Jika tak ada tempatmu kembali
Bawa lukamu biar aku obati

Tidak kah letih kakimu berlari
Ada hal yang tak mereka mengerti
Beri waktu tuk bersandar sebentar
Selama ini kau hebat
Hanya kau tak didengar

Interlude:
Huuuhuuuu
Hooohoooo

Chorus 3:
Sampaikan pada jiwa yang bersedih
Begitu dingin dunia yang kau huni
Jika tak ada tempatmu kembali
Bawa lukamu biar aku obati

Tidak kah letih kakimu berlari
Ada hal yang tak mereka mengerti

Beri waktu tuk bersandar sebentar
Selama ini kau hebat
Hanya kau tak didengar

Outro:
Selama ini kau hebat
Kau pasti kan didengar

Informasi Lirik Lagu Jiwa Yang Bersedih Milik Ghea Indrawari

Judul Jiwa Yang Bersedih
Artis Ghea Indrawari
Penulis Ghea Indrawari
Dirilis 19 Mei 2023
Album Jiwa Yang Bersedih (2023)
Genre Pop
Label ITS Records, Star Cipta Musikindo

Official Music Video Jiwa Yang Bersedih Milik Ghea Indrawari

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Jiwa Yang Bersedih milik Ghea Indrawari ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknai dan menerjemahkannya nya seperti apa ya. Interpretasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu ini, jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini, tulis komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer