BABYMONSTER | Profil Penyanyi Daftar Album dan Daftar Lagu

Berikut merupakan profil dari seluruh anggota atau member BABYMONSTER, beserta daftar album dan daftar lagu mereka.

BABYMONSTER adalah girlband asal Korea Selatan yang beranggotakan 6 orang (Ruka, Pharita, Asa, Haram, Rora, Chiquita). Girlband ini berada dibawah naungan agensi YG Entertainment dan melakukan debut untuk pertama kalinya pada tanggal 27 November 2023.

Pada awal pembentukannya, girlband ini sebenarnya beranggotakan 7 orang. Namun salah satu member yang bernama Ahyeon, meninggalkan grup sebelum debut, karena alasan pribadi. Tetapi pada tanggal 16 November 2023, agensi YG Entertainment mengonfirmasi bahwa Ahyeon akan tetap menjadi anggota grup, tetapi tidak akan berpartisipasi dalam aktivitas debut karena masalah kesehatan.

Sebagai girlband yang tergolong baru, BABYMONSTER digadang-gadang akan menjadi Girlband populer dimasa depan. Bahkan, majalah Billboard memilih BABYMONSTER sebagai Artis K-Pop yang layak untuk Ditonton dan memperkirakan kalau BABYMONSTER akan menciptakan gelombang baru dalam genre musik K-Pop dimasa mendatang.

Keterangan dari majalah Billboard diatas, dapat dibuktikan oleh begitu populer-nya lagu pra-debut BABYMONSTER yang berjudul DREAM. Bagaimana tidak, lagu tersebut bahkan langsung menduduki puncak nomor 1 di tangga lagu Hot Trending Songs Billboard, pada awal perilisannya.

Di platform YouTube, subscriber BABYMONSTER bahkan mencapai 2 juta lebih, hanya dalam waktu 129 hari. Hal ini merupakan sebuah rekor, karena belum ada girlband K-pop manapun yang mampu menandingi ketenaran mereka di YouTube, sebelum debut.

Dengan gebrakan debut resmi mereka, perhatian tertuju pada apakah member BABYMONSTER yang tergolong sebagai artis baru, memiliki keterampilan dan kemampuan tingkat tinggi. Dan bisakah mereka akan mengguncang pasar k-pop, mengikuti jejak senior mereka (BLACKPINK) yang telah memantapkan dirinya, sebagai penyanyi papan atas dunia? Menarik untuk diikuti, bagaimana kiprah BABYMONSTER kedepannya.

Berikut merupakan profil dari seluruh anggota atau member BABYMONSTER, beserta daftar album dan daftar lagu mereka.

Profil Penyanyi

BABYMONSTER beranggotakan 6 orang yakni Ruka, Pharita, Asa, Haram, Rora dan Chiquita. Pada awal pembentukannya, girlband ini sebenarnya beranggotakan 7 orang. Namun salah satu member yang bernama Ahyeon, meninggalkan grup sebelum debut, karena alasan pribadi. Berikut merupakan profil lengkap ke 6 anggota atau member BABYMONSTER.

Ruka

Ruka (nama aslinya Kawai Ruka) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Jepang. Gadis cantik berlesung pipit ini lahir pada tanggal 20 Maret 2002. Sebelum menjadi member BABYMONSTER, ia dulunya adalah member gilband Jepang, Shibu3.

Posisi Ruka di dalam BABYMONSTER adalah penari dan rapper, karena keahliannya dari dulu memang menari hip-hop. Bahkan ia telah menggeluti dunia tari, sejak usia 6 tahun. Keahlian lain yang di miliki Ruka adalah ia bisa berbicara dengan 3 bahasa yaitu Jepang, Korea, dan Inggris.

Dikutip dari majalah kprofiles salah satu instruktur penari BABYMONSTER yang bernama Lee Jung mengatakan bahwa kekuatan Ruka adalah lamanya dia menari dan pemahamannya tentang menari. Mantan CEO YG Entertainment bahkan mengklaim bahwa Ruka sangat baik dalam menari sehingga dia tidak pernah mengkritik tarian Ruka. Karena segala keahlian linilah Ruka di gadang-gadang akan menjadi leader BABYMONSTER.

Ruka bergabung dengan agensi YG Entertainment pada tahun 2018. Setelah bertahun-tahun menjadi trainee, akhirnya pada tangga 9 Februari 2023, ia diperkenalkan oleh YG Entertainment sebagai member resmi BABYMONSTER. Berikut merupakan biodata lengkap dari Ruka;

Nama Panggung: Ruka
Nama Asli: Kawai Ruka
Posisi: Leader, Penari Utama, Rapper
Tanggal Lahir: 20 Maret 2002
Zodiak: Pisces
Tinggi: 164/165 cm (5'5″)
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Jepang

Pharita

Pharita (nama aslinya Pharita Chaikong) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Thailand. Pharita lihai dalam menyanyi, terkhusus pada lagu-lagu yang bernada tinggi. Selain itu ia juga punya paras yang cantik, pernah memenangkan beberapa kontes model dan pernah masuk ke dalam daftar wanita tercantik di dunia (World Wide Best Handsome Beautiful In The World) pada tahun 2023. Keahlian lain yang di miliki Pharita adalah ia bisa berbicara dengan 3 bahasa yaitu Thailand, Korea, dan Inggris.

Mantan CEO YG Entertainment menyebut Pharita sebagai gadis fotogenik. Ia bahkan memuji Pharita seperti karakter-karakter wanita yang ada di film Disney.

Dia mengikuti audisi untuk YG Entertainment pada bulan Juli 2020, dan berhasil mengalahkan 1.226 saingan lainnya. Ia berlatih sebagai trainee selama 2 tahun, sebelum akhirnya diperkenalkan oleh YG Entertainment sebagai member resmi BABYMONSTER. Berikut merupakan biodata lengkap dari Pharita;

Nama Panggung: Pharita
Nama Asli: Pharita Chaikong
Posisi: Vokalis Utama, Penari
Tanggal Lahir: 26 Agustus 2005
Zodiak: Virgo
Tinggi: 171 cm (5'7″)
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Thailand

Asa

Asa (nama aslinya Enami Asa) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Jepang. Asa lihai dalam menciptakan lirik lagu, ia bahkan telah menciptakan lagu miliknya sendiri sejak ia masih kecil. Ketika BABYMONSTER merilis lagu debut mereka yang berjudul BATTER UP, nama Asa bahkan tercantum sebagai penulis lagunya.

Selain lihai menciptakan lirik lagu, Asa juga lihai dalam menari. Lee Jung (instruktur penari BABYMONSTER), sering menyebut kalau Asa, adalah orang yang paling cepat dalam menguasai koreografi. Asa menguasai 3 bahasa yakni Jepang, Korea, dan sedikit bahasa Inggris.

Asa bergabung dengan YG Entertainment pada akhir tahun 2016. pada tangga 26 Januari 2023, Asa kemudian resmi diperkenalkan sebagai member BABYMONSTER. Berikut merupakan biodata lengkap dari Asa;

Nama Panggung: Asa
Nama Asli : Enami Asa
Posisi: Pencipta lagu, Penari Utama, Rapper
Tanggal Lahir: 17 April 2006
Zodiak: Aries
Tinggi: -
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Jepang

Rami

Rami (nama aslinya Shin Haram) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Korea Selatan. Rami memiliki suara yang baik, dan bisa menguasai beberapa teknik menyanyi. Rami juga lihai dalam menari, dan untuk meningkatkan kualitas tariannya, ia bahkan bisa berlatih selama 9 jam perharinya.

Rami juga merupakan mantan model cilik. Dia telah menjadi model sejak dia berusia 2 tahun. Selain korea ia juga mampu berbahasa Inggris. Dia bergabung dengan YG pada Agustus 2018 dan telah berlatih selama 4 tahun dan pada tanggal 12 Januari 2023, ia resmi menjadi member BABYMONSTER. Berikut merupakan biodata lengkap dari Rami;

Nama Panggung: Rami
Nama Asli: Shin Haram
Tanggal Lahir: 17 Oktober 2007
Posisi: Vokalis utama, Penari Utama
Zodiak: Libra
Tinggi: 172 cm (5'7,5″)
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Korea Selatan

Rora

Rora (nama aslinya Lee Dain) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Korea Selatan. Nama panggungnya berasal dari kata ‘aurora’. CEO YG Entertainment Yang Hyun-Suk, memberinya nama panggung 'Rora' karena dia merasa kalau Rora bisa menjadi artis yang bersinar terang seperti aurora, jika Rora mampu mengembangkan kecantikan yang ada dalam dirinya.

Koran korea selatan CHOSUN mengungkapkan bahwa Rora punya pesona suara yang begitu unik. Ia mampu mampu menjiwai sebuah lagu dengan penuh perasaan, bisa bernyanyi dengan nada lembut, namun juga punya kemampuan untuk bernyanyi dengan nada yang eksplosif.

Menurut pelatih tari mereka Lee Jung, Rora adalah orang yang mengalami kemajuan paling pesat sejak dia mulai berlatih. Hal ini mengejutkan, karena Rora baru belajar menari saat diterima oleh manajemen YG. Rora juga sangat pandai dalam bermain piano. Rora juga mampu berbahasa korea, china dan Inggris.

Rora sudah menjadi trainee sejak pertengahan tahun 2018. Pada 30 Januari 2023, ia kemudian secara resmi ditetapkan sebagai member BABYMONSTER. Berikut merupakan biodata lengkap dari Rora;

Nama Panggung: Rora
Nama Asli : Lee Dain
Tanggal Lahir: 14 Agustus 2008
Posisi: Vokalis, Penari
Zodiak: Leo
Tinggi: -
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Korea Selatan

Chiquita

Chiquita (nama aslinya Riracha Phondechaphiphat) adalah member BABYMONSTER yang berasal dari negara Thailand. Dia member dengan waktu trainee terpendek (1 tahun, 9 bulan, sejak Maret 2021). Hal ini menandakan kalau Chiquita punya banyak potensi yang tak terbatas.

Koran korea selatan CHOSUN begitu memuji kemampuan vokal alami Chiquita dan kekuatan tarian atraktifnya yang luar biasa. Meskipun usianya masih muda yaitu 13 tahun, ia juga mampu menghayati sebuah lagu dengan mendalam

Chiquita pernah masuk ke dalam daftar wanita tercantik di dunia (World Wide Best Handsome Beautiful In The World) pada tahun 2023. Chiquita bisa berbicara dalam bahasa Thailand dan Inggris. Dia masih belajar bahasa Korea. Berikut merupakan biodata lengkap dari Chiquita;

Nama Panggung: Chiquita
Nama Lahir: Riracha Phondechaphihat
Posisi: Vokalis, Penari, Maknae (si bungsu)
Tanggal Lahir: 17 Februari 2009
Zodiak: Aquarius
Tinggi: -
Berat: -
Golongan darah: -
Kebangsaan: Thailand

Daftar Album dan Lagu

Ketika diwawancarai oleh sebuah koran di Korea Selatan CHOSUN manajemen YG Entertainment mengungkapan bahwa BABYMONSTER adalah salah satu girlband terbaik yang pernah mereka bentuk. Oleh sebab itulah manajemen YG kemudian mengerahkan seluruh daya dan upaya mereka untuk menciptakan musik berkualitas dunia, bagi BABYMONSTER.

Fakta bahwa BABYMONSTER merupakan girlband pertama yang dirilis YG dalam 7 tahun terakhir, sejak dirilisnya Blackpink, juga menjadi salah satu elemen yang kuat. Karena dalam kurun 7 tahun itu, manajemen YG memang benar-benar menyeleksi para trainee mereka agar fasih dalam kemampuan vokal, dance, rap, dan visual tingkat tinggi. Hal ini menandakan bahwa manajemen YG tak main-main dalam menciptakan BABYMONSTER. Berikut merupakan dartar album dan daftar lagu milik BABYMONSTER.

Sometimes you just don't know the answer