Coldplay - Midnight | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Midnight menceritakan tentang seorang yang sedang mengalami masa-masa ter-gelap dalam hidupnya, bagai kegelapan tengah malam (midnight). Ke

Midnight adalah lagu tersedih yang pernah ditulis oleh Coldplay. Lagu ini masuk dalam album Coldplay yang berjudul Ghost Stories (2014). Sebenarnya lagu ini tak cukup terkenal di telinga pecinta musik dunia.

Namun karena lirik di lagu ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Chris Martin (vokalis Coldplay), lagu ini seolah tak pernah absen untuk dibawakan Coldplay pada setiap konser musiknya. Seperti pada konser-nya di Jepang pada bulan November 2023, lagu ini dengan merdunya dibawakan oleh Coldplay. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Midnight milik Coldplay.

Makna Lirik

Makna lagu Midnight menceritakan tentang seorang yang sedang mengalami masa-masa ter-gelap dalam hidupnya, bagai kegelapan tengah malam (midnight). Keadaan tersebut diperparah oleh masalah yang terus-terusan menghantam bagai amukan badai. Sehingga orang tersebut seolah tak kuasa lagi dalam menjalani hidup, karena segala semangatnya kemudian menghilang.

Di tengah-tengah kegelapan malam, ditengah-tengah pergumulan malapetaka masalah, ditengah-tengah ketiadaan dan ketidak berdayaan, orang tersebut masih saja berharap ada cahaya yang mampu meneranginya. Sebuah caya yang mampu memunculkan secercah harapan, agar ia bisa bangkit dari kehidupannya yang gelap.

Bagai kapal yang menemukan cahaya mercusuar ditengah amukan badai. Bagai pengelana yang menemukan rasi bintang sebagai penunjuk-nya untuk pulang. Orang itu juga berharap bisa menemukan sinar, untuk membuat hidupnya bangkit.

Midnight adalah lagu yang benar-benar jenius. Liriknya akan jadi biasa saja jika kita membacanya dengan sekilas. Namun jika kita menghayati lirik-lirik tersebut dengan seksama, maka kita akan menemukan jikalau lagu ini memang benar-benar teramat gelap.

Dari rumor yang berkembang, lirik lagu ini sebenarnya mengisahkan tentang pengalaman hidup Chris Martin (vokalis Coldplay), yang teramat gelap. Seperti yang kita ketahui, pada tahun 2014, tahun dimana lagu ini dibuat, Chris sedang mengalami kesedihan yang hebat karena ia dan istrinya bercerai, setelah puluhan tahun mereka membina rumah tangga.

Arti Lirik

Arti kata Midnight adalah 'tengah malam'. Kata ini merupakan analogi untuk seseorang yang mengalami masa tergelap dalam kehidupannya. Seperti yang kita ketahui, tengah malam merupakan suatu masa dimana bumi sedang mengalami masa tergelap. Tapa cahaya bintang, tanpa cahaya rembulan atau senter, orang-orang pasti akan tersesat jika mereka keluar rumah pada tengah malam.

Verse 1:
In the darkness 'fore the dawn
Dalam kegelapan sebelum fajar menjelang
In the swirlin' of the storm
Dalam pusara amukan badai
When I'm rollin' with the punches and hope is gone
Ketika aku terguling karena pukulan dan harapan jadi hilang
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala

Verse 2:
Millions of miles from home
Jutaan mil dari rumah
In the swirlin' swimmin' on
Berenang dalam pusaran air
When I'm rollin' with the thunder
Ketika aku terguling karena suara guntur
But bleed from thorns
Lalu darah mengucur karena duri
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala

Refrain:
(Ooh-ah)
(Ooh-oh)
(Ooh-oh)
(Ooh-ah)
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala

[Instrumental Interlude]

Outro:
In the darkness before the dawn
Dalam kegelapan sebelum fajar menjelang
In the darkness before the dawn
Dalam kegelapan sebelum fajar menjelang
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala
Leave a light, a light on
Biarkan cahaya, menyala

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Midnight Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland, Jon Hopkins Ghost Stories (2014) 17 April 2014 Parlophone Ambient, folktronica

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Midnight milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer