Coldplay - Sparks | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Sparks menceritakan tentang seorang pria yang ingin mengajak mantan kekasihnya untuk balikan. Pria itu sepenuhnya paham, jika hubungan mere

Sparks adalah salah satu lagu terpopuler Coldplay di era tahun 2000-an. Lagu ini masuk ke dalam album Coldplay yang berjudul Parachutes (2000). Fans Coldplay banyak yang menyukai lagu ini karena lirik di lagu ini benar-benar bermakna dalam. Lagu ini juga diiringi dengan petikan gitar acoustic, dimana kebanyakan orang yang mendengarnya akan merasa terhanyu. Belakangan lagu ini kembali populer, setelah Coldplay sering menyanyikan lagu pada setiap konser musiknya di tahun 2023. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Sparks milik Coldplay.

Makna Lirik Lagu

Makna lagu Sparks menceritakan tentang seorang pria yang ingin mengajak mantan kekasihnya untuk balikan. Pria itu sepenuhnya paham, jika hubungan mereka dulunya hancur, oleh berbagai kesalahannya sendiri. Oleh sebab itulah, pria itu kemudian memohon kepada mantan kekasihnya untuk memberinya kesempatan sekali lagi, agar bisa membenahi hubungan tersebut.

Andaikan mantan kekasihnya memberikan kesempatan sekali saja, pria itu berjanji akan menjaga kekasihnya dengan sepenuh hati. Ia juga seolah akan berjanji untu tak menyakiti hati kekasihnya lagi. Bahkan segalanya akan ia lakukan agar kekasihnya mau untuk kembali.

Walaupun kisah antara pria itu dan mantan kekasihnya telah berakhir, nyatanya pria itu masih saja memikirkan mantan kekasihnya, dan tak pernah bisa merelakan kepergian kekasihnya begitu saja. Hal ini disebabkan karena pria itu sudah terlanjur cinta pada kekasihnya, sehingga percikan-percikan cinta (sparks) didalam hatinya akan selalu ada.

Arti Lirik Lagu

Arti kata Sparks adalah percikan, kata ini merefrensikan percikan cinta yang dimiliki oleh seorang pria pada mantan kekasihnya. Hubungan mereka memang tlah lama berahir, namun percikan-percikan cinta tersebut seolah masih terus-terusan ada.

Verse 1:
Did I drive you away?
Apakah aku membuat mu pergi?
I know what you'll say
Aku tahu apa yang akan kau katakan
You say, "Oh, sing one you know"
Kau berkata, "oh, nyanyikanlah sebuah lagu yang kau tahu"
But I promise you this
Tapi aku berjanji padamu
I'll always look out for you
Aku akan selalu menjagamu
Yeah, that's what I'll do
Yah, itulah yang kan kulakukan

Chorus:
I say oh, I say, oh..
Aku berkata oh..

Verse 2:
My heart is yours
Hatiku adalah milikmu
It's you that I hold onto
Kaulah yang akan kupertahankan
Yeah, that's what I do
Yah, itulah yang kan kulakukan
And I know I was wrong
Dan aku tahu aku salah
But I won't let you down
Namun aku tak akan mengecewakanmu
Oh yeah I will, yeah I will, yes I will
Yah, aku akan melakukannya

Chorus:
I said, oh
Aku berkata, oh
I cry, oh
Aku menangis, oh

Bridge:
Yeah, I saw sparks
Yah, kulihat percikan
Yeah, I saw sparks
Yah, kulihat percikan
And I saw sparks
Yah, kulihat percikan
Yeah, I saw sparks
Yah, kulihat percikan

Outro:
Sing it out
Nyanyikanlah
La-la-la-la, oh-oh
La-la-la-la, oh-oh
La-la-la-la, oh-oh
La-la-la-la, oh-oh

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Sparks Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Parachutes (2000) 10 Juli 2000 Parlophone Alternative rock, post-Britpop, indie rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Sparks milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer