Taylor Swift - You’re Losing Me | Makna dan Arti Lirik Lagu

Arti kata You’re Losing Me adalah 'kau telah kehilangan diriku'. Kata ini merujuk pada kisah antara Swift dan Alwyn yang kandas, karena Alwyn tak mau

You’re Losing Me adalah lagu ciptaan Taylor Swift untuk album studionya yang berjudul Midnights (2023). Pada awalnya, lagu ini hanya dirilis sebagai lagu bonus CD Midnights. Namun enam bulan setelah lagi ini dirilis, akhirnya pada 29 November 2023, Taylor Swift memutuskan untuk merilisnya di YouTube dan di berbagai platform media streaming.

Dalam akun Twitter resminya, Swift mengungkapkan jika di rilisnya lagu ini merupakan sebuah bentuk rasa terimakasihnya pada para penggemar, yang tak bisa mendengarkan lagu ini karena tak bisa membeli CD dari album Midnights (2023). Berikut merupakan makna dan terjemahan arti dari lirik lagu You’re Losing Me milik Taylor Swift.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu You’re Losing Me menceritakan tentang seorang yang kehilangan hal paling berharga dalam hidupnya, karena ia tak pernah berusaha memperjuangkannya. Lagu ini, seolah ingin menitik beratkan bahwa segala hal pasti akan terlepas dari genggaman kita, jika kita hanya berpangku tangan, tanpa pernah memperjuangkan segala hal tersebut.

Rumornya, lirik lagu ini sebenarnya mengisahkan tentang hubungan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn yang secara mengejutkan harus mengakhiri hubungan mereka, setelah menjalin cinta selama enam tahun lamanya. Sehingga semua lirik di lagu ini, dikabarkan merinci tentang perpisahan tersebut.

Lewat lirik lagunya, Taylor Swift berpandangan bahwa Joe Alwyn tak pernah mau memperjuangkan dirinya dan tak pernah mau berkomitmen dengan dirinya. Dan karena hal itulah, Joe Alwyn akhirnya kehilangan hal paling berharga dalam hidupnya, yaitu kehilangan cinta dari Taylor Swift.

Dikutip dari koran BuzzfeedNews bahwa penyebab berakhirnya hubungan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn, adalah karena Joe Alwyn tak pernah mau berjuang dan berkomitmen untuk menikahi Swift. Karena sikap ambigu Alwyn inilah, hubungan keduanya akhirnya menjadi tidak jelas dan kandas. Keterangan ini, juga dapat dibuktikan melalui lirik 'I wouldn’t marry me either'.

Analisis Lirik (Per-bait)

Verse 1:
You say, 'I don't understand'
(Kau berkata, 'aku tak mengerti')
And I say, 'I know you don't'
(Dan akupun membalas, 'ya kau memang tak mengerti')
We thought a cure would come through in time
(Kita mengira penyembuhan akan datang seiring waktu)
Now, I fear it won't
(Sekarang, aku khawatir hal itu tak kan terjadi)
Remember lookin' at this room? we loved it 'cause of the light
(Ingat tentang ruangan ini? kita menyukainya karena cahayanya)
Now, I just sit in the dark and wonder if it's time
(Sekarang, aku duduk dalam kegelapan dan bertanya-tanya apakah ini waktunya)

Makna Lirik verse 1: Lagu ini menceritakan tentang kandasnya hubungan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn. Kabarnya hubungan tersebut kandas karena Joe Alwyn, tak mau berkomitmen untuk menikahi Swift, sehingga hubungan mereka berdua menjadi tidak jelas. Untuk itulah pada awal pembuka lagu Swift menuliskan lirik (You say, 'I don't understand' / Kau berkata, 'aku tak mengerti'). Lirik ini mengacu pada ketidak jelasan hubungan, sehingga antara Swift dan Alwyn tidak lagi saling mengerti.

Karena sudah tak ada lagi komitmen antara Swift dan Alwyn, mereka juga sudah saling bertengkar dan saling tak mengerti satu sama lain, Swift pun kemudian berfikir jika mungkin waktunya akan segera tiba. Waktu dimana Swift dan kekasihnya harus mengakhiri hubungan mereka. Untuk itulah, Swift kemudian menulis (Now, I just sit in the dark and wonder if it's time / Sekarang, aku duduk dalam kegelapan dan bertanya-tanya apakah ini waktunya).

Pre-Chorus:
Do I throw out everything we built or keep it?
(Haruskan ku buang sgala yang tlah kita lakukan atau menyimpannya?)
I'm getting tired
(Aku mulai merasa lelah)
Even for a phoenix
(Meski tlah menjelma menjadi burung phoenix)
Always risin' from the ashes
(Yang selalu bangkit dari abu kematian)
Mendin' all her gashes
(Yang selalu memperbaiki luka di tubuhnya)
You might just have dealt the final blow
(Kau mungkin baru saja memberikan pukulan terakhir)

Makna Lirik Per-Chorus: Selayaknya seekor burung phoenix yang punya hidup abadi (meski jadi abu akan hidup kembali, meski terluka bisa sembuh kembali) begitulah cinta Swift pada Alwyn. Swift memberikan cinta yang tak ada matinya dan meskipun Swift kadang terluka, ia bisa menyembuhkan hatinya karena Swift begitu mencintai Alwyn.

Namun sekali lagi Swift bukanlah mahluk mitologi berjuluk burung phoenix, Swift hanyalah manusia biasa, yang bisa merasa lelah dan bisa merasa terluka. Hal ini karena Swift seolah-olah selalu mempertahankan dan memperjuangkan sesuatu yang bahkan tak memperjuangkan dirinya. Untuk itulah ia kemudian menurlis lirik (I'm getting tired, even for a phoenix / Aku mulai merasa lelah, meski tlah menjelma menjadi burung phoenix).

Dan kenyataan bahwa Alwyn tak mau berjuang atau bahkan tak mau berkomitmen pada hubungannya, membuat Swift benar-benar merasa terpukul dan ingin menyerah (You might just have dealt the final blow / Kau mungkin baru saja memberikan pukulan terakhir).

Chorus / reff:
Stop, you're losin' me
(Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku)
Stop, you're losin' me
(Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku)
Stop, you're losin' me
(Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku)
I can't find a pulse
(Tak bisa ku temukan denyut nadiku)
My heart won't start anymore.. for you
(Hatiku tak akan berdetak lagi.. untukmu)
'Cause you're losin' me
(Karena kau tlah kehilangan diriku)

Makna Lirik Chorus / reff: Sikap Alwyn yang tak mau berkomitmen dan memperjuangakan hubungan itu, juga membuat Swift kemduan kehilangan rasa pada Alwyn. Sehingga hati Swift bahkan sudah tak lagi berdetak untuk Alwyn. Dan klimaksnya, Swift menyuruh Alwyn untuk pergi, karena Alwin sudah benar-benar kehilangan Swift sepenuhnya (Stop, you're losin' me / Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku).

Bridge:
And you wouldn't marry me either
(Dan kau takkan mau menikah dengan ku)
A pathological people pleaser
(Seorang yang punya sifat menyenangkan orang lain)
Who only wanted you to see her?
(Siapakah gadis yang ingin selalu kau lihat?)
And I'm fadin' thinkin'
(Dan pikiranku pun memudar)
"Do something, babe, say something"
("Lakukan sesuatu, kasih, katakan sesuatu")
"Lose something, babe, risk something"
("Kau kehilangan sesuatu, kasih, ambilah resiko")

Makna Lirik Bridge: Lirik (And you wouldn't marry me either / Dan kau takkan mau menikah dengan ku) adalah indikasi kuat penyebab berakhirnya hubungan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn. Lewat lirik ini, Swift seolah ingin menyampaikan bahwa Joe Alwyn tak pernah mau berjuang dan berkomitmen untuk menikahi Swift. Karena sikap ambigu Alwyn inilah, hubungan keduanya akhirnya kandas.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan analisis keseluruhan maknanya maka jelaslah bahwa lagu You’re Losing Me sebenarnya mengisahkan tentang perpisahan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn. Dan penyebab utama kenapa hubungan itu harus berakhir adalah karena Alwyn tak pernah memperjuangkan dan tak mau berkomitmen menjalin cinta yang serius dengan Swift.

Dalam bait-bait liriknya, Swift seolah ingin menjelaskan bahwasannya selama ini, Swift berjuang sendirian sendirian dalam mempertahankan cintanya. Sehingga sebagai manusia biasa ia kemufian merasa lelah karena selalu berjuang tanpa pernah diperjuangkan.

Sikap Alwyn yang tak mau berkomitmen dan memperjuangakan hubungan itu, juga membuat Swift kemudian kehilangan rasa pada Alwyn. Sehingga hati Swift bahkan sudah tak lagi berdetak untuk Alwyn. Dan klimaksnya, Swift menyuruh Alwyn untuk pergi, karena Alwin sudah benar-benar kehilangan Swift sepenuhnya (Stop, you're losin' me / Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku).

Lagu You’re Losing Me membawa pesan moral yang cukup mendalam bagi para pendengarnya. Lagu ini seolah ingin memperingatkan kita, bahwa segala hal pasti akan terlepas dari genggaman kita, jika kita hanya berpangku tangan, tanpa pernah memperjuangkan segala hal tersebut.

Analogi tersebut sama seperti sikap dari Joe Alwyn yang bahkan tak mau berjuang dan berkomitmen untuk menjaga hubungannya dengan Swift. Shingga cinta Swift begitu mudahnya terlepas dari genggaman Alwyn.

Sekarang walau bagaimanapun, Swift nyatanya memang benar-benar telah pergi. Dan Alwyn suatu saat pasti akan menyesal, karena telah menyiakan cinta berharga dari Swift.

Arti Lirik

Arti kata You’re Losing Me adalah 'kau telah kehilangan diriku'. Kata ini merujuk pada kisah antara Swift dan Alwyn yang kandas, karena Alwyn tak mau berjuang dan berkomitmen untuk menikahi Swift. Sehingga Alwyn benar-benar kehilangan Swift untuk selama-lamanya.

Verse 1:
You say, 'I don't understand'
Kau berkata, 'aku tak mengerti'
And I say, 'I know you don't'
Dan akupun membalas, 'ya kau memang tak mengerti'
We thought a cure would come through in time
Kita mengira penyembuhan akan datang seiring waktu berjalan
Now, I fear it won't
Sekarang, aku khawatir hal itu tak kan terjadi
Remember lookin' at this room? we loved it 'cause of the light
Ingat tentang ruangan ini? kita menyukainya karena cahayanya
Now, I just sit in the dark and wonder if it's time
Sekarang, aku duduk dalam kegelapan dan bertanya-tanya apakah ini waktunya

Pre-Chorus:
Do I throw out everything we built or keep it?
Haruskan ku buang sgala yang tlah kita lakukan atau menyimpannya?
I'm getting tired
Aku mulai merasa lelah
Even for a phoenix
Meski tlah menjelma menjadi burung phoenix
Always risin' from the ashes
Yang selalu bangkit dari abu (kematian)
Mendin' all her gashes
Yang selalu memperbaiki luka di tubuhnya
You might just have dealt the final blow
Kau mungkin baru saja memberikan pukulan terakhir

Chorus
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
I can't find a pulse
Tak bisa ku temukan denyut nadiku
My heart won't start anymore.. for you
Hatiku tak akan berdetak lagi.. untukmu
'Cause you're losin' me
Karena kau tlah kehilangan diriku

Verse 2:
Every mornin', I glared at you with storms in my eyes
Setiap pagi, aku menatapmu dengan badai di mataku
How can you say that you love someone you can't tell is dyin'?
Bagaimana bisa kau mengatakan kalau kau mencintai seseorang yang sedang sekarat?
I sent you signals and bit my nails down to the quick
Aku mengirimimu sinyal dan menjentikan kuku dengan cepat
My face was gray, but you wouldn't admit that we were sick
Wajahku pucat, tapi kau tak mau mengakui kalau kita saling merasa sakit

Pre-Chorus:
And the air is thick with loss and indecision
Dan suasananya penuh dengan kehilangan dan kebimbangan
I know my pain is such an imposition
Aku tahu rasa sakitku adalah sebuah beban
Now, you're runnin' down the hallway
Sekarang, kau berlari menyusuri lorong
And you know what they all say
Dan tahukah kau tentang segala ungkapan pepatah
"You don't know what you got, until it's gone"
"Bahwa kau tak akan tahu apa yang tlah kau punya, sampai semua itu hilang"

Chorus:
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
Stop, you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
I can't find a pulse
Tak bisa ku temukan denyut nadiku
My heart won't start anymore.. for you
Hatiku tak akan berdetak lagi.. untukmu
'Cause you're losin' me
Karena kau tlah kehilangan diriku
'Cause you're losin' me
Karena kau tlah kehilangan diriku
Stop, 'cause you're losin' me
Berhentilah, karena kau tlah kehilangan diriku

Post-Chorus:
My heart won't start anymore
Hatiku tak akan berdetak lagi
(Stop 'cause you're losin' me)
(Berhentilah, karena kau tlah kehilangan diriku)
My heart won't start anymore
Hatiku tak akan berdetak lagi
(Stop 'cause you're losin' me)
(Berhentilah, karena kau tlah kehilangan diriku)

Bridge:
How long could we be a sad song
Sampai kapan hubungan kita menjadi lagu sedih
'Til we were too far gone to bring back to life?
Hingga kita terhanyut terlalu jauh untuk hidup kembali?
I gave you all my best me's, my endless empathy
Aku memberimu sgala yang terbaik dari diriku, dan empatiku yang tiada habisnya
And all I did was bleed as I tried to be the bravest soldier
Dan sgala yang kulakukan hanyalah mengucurkan darah saat aku berusaha menjadi prajurit paling berani
Fighting in only your army, frontlines, don't you ignore me
Bertempur dengan pasukanmu, digaris depan, jangan abaikan aku
I'm the best thing at this party (You're losin' me)
Akulah yang terbaik didalam pesta ini (Kau kehilangan diriku)
And you wouldn't marry me either
Dan kau takkan mau menikah dengan ku
A pathological people pleaser
Seorang yang punya sifat menyenangkan orang lain
Who only wanted you to see her?
Siapakah gadis yang ingin selalu kau lihat?
And I'm fadin' thinkin'
Dan pikiranku pun memudar
"Do something, babe, say something"
"Lakukan sesuatu, kasih, katakan sesuatu"
"Lose something, babe, risk something"
"Kau kehilangan sesuatu, kasih, ambilah resiko"
"Choose something, babe, I got nothing" (I got nothing)
"Pilihlah sesusuatu, kasih, aku tak dapat apa-apa"
"To believe, unless you're choosin' me"
"Percayalah, kecuali kau memilihku"

Outro:
You're losin' me
Kau tlah kehilangan diriku
Stop (Stop, stop), you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
Stop (Stop, stop), you're losin' me
Berhentilah, kau tlah kehilangan diriku
I can't find a pulse
Tak bisa ku temukan denyut nadiku
My heart won't start anymore
Hatiku tak akan berdetak lagi

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
You’re Losing Me Taylor Swift Taylor Swift, Jack Antonoff Midnights (2023) 26 Mei 2023 Republic Records pop

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Makna dan terjemahan arti di lirik lagu You’re Losing Me milik Taylor Swift yang tertuang dalam postingan ini, masih jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Sometimes you just don't know the answer