Makna Dibalik Lagu Adele ~ Don't You Remember

Makna lagu Don't You Remember bercerita tentang kisah sedih Adele yang ditinggalkan oleh mantan kekasihnya, tanpa sebuah penjelasan dan tanpa salam perpisahan. Hal tersebut meninggalkan tanda tanya besar untuk Adele. Adele mempertanyakan kenapa mantan kekasihnya meninggalkannya, padahal mantan kekasihnya dulu pernah mengejar cinta Adele hingga mereka menjalin hubungan asmara. Momen perpisahan mereka menyisakan luka untuk Adele, bagaimana bisa seseorang yang mengejarnya dulu mendadak meninggalkannya tanpa alasan, tidakkah mantannya ingat alasan mengapa dulu ia bisa mencintai Adele? Ya, mungkin mantannya tak ingat (Don't You Remember).

Baca Juga: Adele ~ Don't You Remember | Terjemahan Arti Lirik Lagu

Untuk tahu lebih banyak lagi cerita dibalik lagunya, mari kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
When will I see you again?
(Kapan aku akan bertemu denganmu lagi?)
You left with no goodbye, not a single word was said,
(Engkau pergi tanpa ucapkan selamat tinggal, tanpa sepatah katapun)
No final kiss to seal any seams,
(Tanpa kecupan terakhir tuk akhiri kebersamaan)
I had no idea of the state we were in,
(Aku tak tahu apa yang terjadi di antara kita)


Makna Lirik Verse 1: Lirik lagu Don't You Remember bercerita tentang kisah sedih Adele yang ditinggalkan oleh mantan kekasihnya, tanpa sebuah penjelasan dan tanpa salam perpisahan. Hal tersebut meninggalkan tanda tanya besar untuk Adele. Bagaimana bisa seseorang yang mengejarnya dulu, mendadak meninggalkannya tanpa sebuah alasan? Oleh sebab itu, Adele kemudian ingin bertemu dengan mantan kekasihnya, untuk meminta sebuah penjelasan (When will I see you again? / Kapan aku akan bertemu denganmu lagi?)

Pre-Chorus:
But I know I have a fickle heart and bitterness
(Namun aku tahu hatiku penuh keraguan dan kepahitan)
And a wandering eye
(Dan mataku sering melirik kearah lain)
And a heaviness in my head
(Dan kepalaku penuh dengan amarah)


Makna Lirik Pre-Chorus: Mungkinkah mantan kekasihnya itu pergi karena ia tak suka dengan sifat-sifat dari Adele? Karena Adele mau bagaimanapun juga menyadari jika ia bukanlah wanita yang sempurna. Hatinya masih penuh dengan kebimbangan, matanya kadang masih melirik kearah lelaki lain dan kepribadiannya juga penuh dengan amarah. Adele hanya menerka-nerka, mungkin itulah penyebab mantan kekasihnya pergi meninggalkannya.

Chorus/Reff:
But don't you remember?
(Namun tak ingatkan engkau?)
Don't you remember?
(Tak ingatkah engkau?)
The reason you loved me before
(Alasanmu dulu mencintaiku)
Baby, please remember me once more,
(Kasih, ingatlah aku sekali lagi)


Makna Lirik Chorus/Reff: Hingga sampailah Adele pada satu kesimpulan, kalau penyebab mantan kekasihnya pergi dari hidupnya, mungkin karena mantan kekasihnya sudah tak ingat lagi padanya (Don't Remember). Padahal mantan kekasihnya dulu pernah mengejar cinta Adele hingga mereka menjalin hubungan asmara. Namun sekarang, mantan kekasihnya seolah tak ingat alasan mengapa dulu ia bisa mencintai Adele. 

Verse 2:
When was the last time you thought of me?
(Kapan terakhir kali kau memikirkanku?)
Or have you completely erased me from your memory?
(Ataukah kau telah sepenuhnya menghapusku dari ingatanmu?)
I often think about where I went wrong
(Sering kuberpikir dimanakah salahku)
The more I do, the less I know,
(Semakin banyak yang kulakukan, semakin sedikit yang kutahu)


Makna Lirik Verse 2: Sedih rasanya, ketika mantan kekasihnya sudah tak lagi mengingat dirinya. Padahal Adele selalu mengingat mantan kekasinya itu, namun mantan kekasihnya tidak. Bahkan mantan kekasihnya mungkin juga sudah menghapus nama Adele dari kisah hidupnya.

Bridge:
Gave you the space so you could breathe,
(Kuberi kau ruang agar kau bisa bernafas)
I kept my distance so you would be free,
(Kumenjauh agar kau bisa bebas)
And hope that you find the missing piece,
(Dan kuberharap kau kan temukan kepingan yang hilang itu)
To bring you back to me,
(Yang kan membawamu kembali padaku)


Makna Lirik Bridge: Menyedihkan dan penuh tanda tanya, itulah akhir dari kisah cinta Adele dengan mantan kekasihnya. Karena sudah tak ada lagi yang perlu dipertahankan, Adele kemudian mencoba memberi ruang sebanyak mungkin pada mantan kekasihnya, untuk merenungkan segalanya. Mungkin saja lewat renungan itu, mantan kekasihnya bisa sadar dan bisa kembali lagi dalam hidup Adele.

Kesimpulan Lirik Lagu Don't You Remember

Setelah diinterpretasikan dan dimaknai keseluruhan liriknya maka dapat ditarik kesimpulan jika, makna lirik lagu Don't You Remember bercerita tentang kisah sedih Adele yang ditinggalkan oleh mantan kekasihnya, tanpa sebuah penjelasan dan tanpa salam perpisahan. Hal tersebut meninggalkan tanda tanya besar untuk Adele. Bagaimana bisa seseorang yang mengejarnya dulu, mendadak meninggalkannya tanpa sebuah alasan? 

Hingga sampailah Adele pada satu kesimpulan, kalau penyebab mantan kekasihnya pergi dari hidupnya, mungkin karena mantan kekasihnya sudah tak ingat lagi padanya (Don't Remember). Padahal mantan kekasihnya dulu pernah mengejar cinta Adele hingga mereka menjalin hubungan asmara. Namun sekarang mantan kekasihnya seolah tak ingat alasan mengapa dulu ia bisa mencintai Adele. 

Sedih rasanya, ketika mantan kekasihnya sudah tak lagi mengingat momen kebersamaannya dengan Adele. Padahal Adele selalu mengingat mantan kekasinya itu, namun mantan kekasihnya tidak. Kepada koran The Sun, Adele lantas menjelaskan "Sedih rasanya, ketika seorang mantan kekasih sudah tak lagi mengingatku

Pesan Moral Lirik Lagu Don't You Remember

Lirik lagu Don't You Remember milik Adele ini, punya pesan moral yang sangat menyayat hati. Dari baitnya yang sudah kita dimaknai, berikut merupakan pesan moral yang terkandung dalam lagu Don't You Remember.

Jangan meninggalkan seseorang tanpa sebuah penjelasan: Jika kamu ingin meninggalkan kekasihmu, berilah suatu penjelasan yang masuk akal dan jelas, agar kekasihmu bisa memahami, dan tak bertanya-tanya lagi tentang sebab kepergianmu. Karena kalau kamu pergi tanpa memberi alasan, maka yang tercipta hanyalah rasa sakit dan tanda tanya. Selayaknya kisah Adele, yang harus merasakan sakit karna ia ditinggalkan tanpa sebuah penjelasan dan kata perpisahan oleh mantan kekasihnya. 

Memang benar, sesekali cinta adalah tentang melepaskan, namun haruskah dengan cara yang menyakitkan seperti itu? Karena jikapun kamu tidak bisa berpisah secara baik-baik, seharusnya kamu bisa menjelaskan penyebab kenapa kamu harus pergi meninggalkan kekasihmu, agar semuanya jadi jelas. 

Jangan melupakan masalalu: Dalam liriknya Adele selalu bertanya pada mantan kekasihnya; apakah mantan kekasihnya tersebut tlah melupakannya?  atau, tidakkah mantannya ingat alasan mengapa dulu ia bisa mencintai Adele? Pertanyaan tersebut mengacu pada sebuah fakta kalau masa lalu itu adalah bagian dari dirimu yang takkan bisa kamu hapus. Maka jangan jadi orang yang egois, jangan jadi kacang yang lupa pada kulitnya, dengan pura-pura melupakan masalalu.

Informasi Lirik Lagu Don't You Remember

*Penulis lirik lagu Don't You Remember adalah Dan Wilson dan Adele. Lagu Don't You Remember rilis pada tanggal 24 Januari 2011. Lagu Don't You Remember masuk ke dalam album 21 (2011). Sedangkan interpretasi dan pemaknaan pada lirik lagu Don't You Remember berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya.  Makna dan interpretasi di lirik lagu Don't You Remember milik Adele ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Don't You Remember milik Adele ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Makna dan interpretasi di lirik lagu Don't You Remember milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Adele ~ Don't You Remember (Official Music Video)

1 Response to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ Don't You Remember"

  1. Pemaknaanya terbaik, begitu dalam dan jelas. mantap sekali mbak, tolong tulis lagu adele yang lainya dong yang lebih banyak,

    BalasHapus