Pencarian

Makna Dibalik Lagu Adele ~ Don't You Remember: Karena perpisahan tanpa sebuah penjelasan itu sangat menyakitkan


Kalian masih ingat tidak kapan kalian menyukai lagu-lagu Adele untuk pertama kalinya? Semoga saja saya bersama ribuan orang jika berfikir pertamakali menyukai lagu Adele, adalah ketika mendengarkan lagu ini. "Don’t You Remember" adalah lagu nomor empat pada album Adele “21”, dan menurut saya lagu ini adalah lagu terbaik pada album tersebut, karena saya tak pernah bosan untuk memutar lagunya berulang-ulang. Musiknya sendiri seolah selalu mecing untuk mengiringin suasana sendu kita, apalagi liriknya, sangat jenius. Adele seolah bercerita dengan sebuah alur panjang yang dituangkan ke dalam lirik lagu ini. Dengan kata lain, lagu ini bagaikan refleksi kita saat mendengarkan lagu namun bagai membaca sebuah novel. Sebuah lagu yang seolah-olah membuat kita bertanya sebenarnya apa sih ide utama dari lagu ini?  Apasih sebenernya pesan yang coba Adele sampaikan pada pendengarnya?

"Don’t You Remember" secara sederhana adalah sebuah lagu yang seolah menggambarkan perasaan yang sangat sakit karena ditinggalkan orang yang kita cintai. Perasaan tersebut diperparah karena orang yang kita cintai meninggalkan kita tanpa berucap sepatah katapun tentang alasan kenapa ia meninggalkan kita.

Ya, jangan pernah pungkiri itu, karena beberapa cinta memang tidak harus bertahan selamanya. Sesekali cinta adalah tentang melepaskan, namun haruskah dengan cara yang menyakitkan seperti itu? Karena jikapun tidak bisa berpisah secara baik-baik, seharusnya kita menjelaskan kenapa suatu hubungan harus berakhir kan? Jadi, Lagu ini seolah memandang bahwa jika kita menjelaskan tentang “kenapa suatu hubungan haris berakhir” setidaknya kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk bertanya-tanya tentang “alasan mengapa ia meninggalkan kita”.

Oke, untuk lebih lengkap lagi bagaimana cerita dari lagu ini, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
When will I see you again?
Kapan aku akan bertemu denganmu lagi?
You left with no goodbye, not a single word was said,
Engkau pergi tanpa ucapkan selamat tinggal, tanpa sepatah katapun
No final kiss to seal any seams,
Tanpa kecupan terakhir tuk akhiri kebersamaan
I had no idea of the state we were in,
Aku tak tahu apa yang terjadi di antara kita
Verse 1, Adele menyanyikan “When will I see you again?” yang bisa dimaknai bahwa adele mengharapka sebuah pertemuan dengan orang yang ia cintai. Alasan Adele ingin menemui orang tersebut adalah karena ia masih menyimpan banyak pertanyaan dalam benaknya, tentang sebuah alasan kenapa orang yang ia cintai meninggalkannya begitu saja tanpa sepatah kata pun, tanpa salam perpisahan, adele seolah tak pernah tahu penyebab dari perpisahanya itu dan selalu bertanya-tanya jika kita perhatikan keseluruhan liriknya.

Pre-Chorus:
But I know I have a fickle heart and bitterness
Namun aku tahu hatiku penuh keraguan dan tak menyenangkan
And a wandering eye, and a heaviness in my head
Dan mataku tak mau diam, dan kepalaku penuh masalah
Pre-Chorus, adalah intropeksi diri adari adele. Adele dalam lirik ini seolah menanyakan pada orang yang ia cintai “apakah aku yang penuh keraguraguan terhadapmu selama ini, apakah aku menyakitimu selama ini, apakah semua itu yang membuatmu meninggalkanku?” dengan kata lain adele seolah mempertanyakan apakah alasan mereka berpisah karena kesalahan dari adele sendiri? Adele hanya tak tahu.

Chorus:
But don't you remember?
Namun tak ingatkan engkau?
Don't you remember?
Tak ingatkah engkau?
The reason you loved me before
Alasanmu dulu mencintaiku
Baby, please remember me once more,
sayang, ingatlah aku sekali lagi
Chorus, bisa dimaknai sebuah pertanyaan adele kepada orang yang ia cintai. Adele seolah bertanya “tak ingatkah engkau momomen-momen indah kita dulu, tak ingatkah kau dulu kau sangat mencintaiku, kenapa sekarang kau meninggalkanku?” Dengan kata lain, lirik ini seolah adele berusaha menggali momen-momen mebahagiakan hubungan mereka dulu, sebelum berpisah. Dengan harapan orang yang ia cintai mengingat semua kenangan itu. Lirik ini juga bisa dimaknai bahwa sebenarnya adele “mungkin” masih mencintai kekasihnya, dan berharap sebuah penjelasan agar hubungan tersebut bisa diperbaiki.

Verse 2:
When was the last time you thought of me?
Kapan terakhir kali kau memikirkanku?
Or have you completely erased me from your memory?
Ataukah kau telah sepenuhnya menghapusku dari ingatanmu?
I often think about where I went wrong
Sering kuberpikir dimanakah salahku
The more I do, the less I know,
Semakin banyak yang kulakukan, semakin sedikit yang kutahu
Verse 2, dapat dimaknai sebagai sebuah kemarahan pasif adele, jadi adele seolah ingin tahu apakah orang yang ia cintai memikirkanya atau tidak pikirannya setelah hubungan mereka berakhir, karna di lirik tersirat dengan  jelas bahwa Adele selalu memikirkannya.

Lirik selanjutnya, Adele seolah mencoba mengidentifikasi alasan mengapa hubungannya berakhir. Liriknya sangat sedih, karena ketidaktahuanya ia seolah menganggap itu semua adalah salahnya.

Bridge:
Gave you the space so you could breathe,
Kuberi kau ruang agar kau bisa bernafas
I kept my distance so you would be free,
Kumenjauh agar kau bisa bebas
And hope that you find the missing piece,
Dan kuberharap kau kan temukan kepingan yang hilang itu
To bring you back to me,
Yang kan membawamu kembali padaku
Bridge, menjelaskan secara rinci bahwa Adele mencoba memberi ruang sebanyak mungkin pada kekasihnya, untuk merenung segalanya setelah hubungan mereka berakhir. Adele dalam lirik ini seolah menekankan bahwa orang yang ia cintai bisa merenungi semua itu dan sadar bahwa adele sebenarnya masih mencintainya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, “Don't You Remember” adalah lagu yang bercerita tentang kesedihan dan frustrasi si penulis lagu (Adele) setelah kekasihnya pergi tanpa penjelasan. Adele dalam lagu ini seolah tidak bisa membiarkan orang yang ia cintai pergi begitu saja dalam hidupnya. Hal tersebut karena Adele memandang bahwa kepergian orang yang ia cintai tanpa alasan adalah sebuah keegoisan yang ditunjukkan oleh kekasihnya, dan membuat hatinya terasa amat sangat sakit.

Dalam liriknya, adele seolah merasa sedih karena tak bisa melihat orang yang ia cintai lagi. Namun, yang membuatnya lebih sedih lagi adalah kenyataan bahwa Adele tak tahu penyebab kenapa mereka harus berpisah. Akibatnya, Adele sering merasa bersalah (menyalahkan dirinya sendiri) dan membuang-buang waktu berharga untuk mencoba mencari alasannya. Ia sepertinya sadar bahwa semua itu tak berguna, karena walau bagaimanapun Adele tidak pernah dapat menemukan alasan yang tepat mengapa orang yang ia cintai pergi meninggalkannya kecuali orang tersebut sendirilah yang memberitahunya. Yang lebih parah adalah meskipun merasa sedih dan kecewa, adele seolah masih berharap suatu saat orang yang ia cintai itu akan kembali padanya.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagu ini
Rasanya sakit ketika orang yang kita cintai meninggalkan kita, terlebih lagi jika ia meninggalkan kita tanpa sepatah katapun pejelasan atau salam perpisahan. Setidaknya kalimat itulah yang sebenarnya adele ingin sampaikan pada pendengarnya dalam lagu ini. “Don’t You Remember” seolah memandang bahwa apapun itu, entah kita melakukan sebuah kesalahan atau tidak dalam retaknya suatu hubungan, setidaknya kita harus menjelaskan semua itu satu sama lain agar semuanya gamblang.

Lewat semua liriknya, “Don’t You Remember” juga menekankan pada kita bahwa dengan mengetahui alasannya kenapa seseorang meninggalkan kita, kita bisa membuat alasan dan meminta maaf. Dengan kata lain, jika orang yang kita cintai memberi tahu alasan mengapa ia ingin meninggalkan kita, kita setidaknya masih memiliki kesempatan untuk membuat ia berubah pikiran. Bahkan jikapun kita tidak dapat mengubah keputusannya dan ia akhirnya benar-benar meninggalkan kita, kemungkinan besar kita dapat menerima keputusannya kan? karena setidaknya ia telah memberi kita kesempatan untuk membela diri, atau berusaha mempertahankan hubungan tersebut. Lagu yang sangat-sangat sedih






*Penulis lirik lagu Don't You Remember adalah Adele. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ Don't You Remember: Karena perpisahan tanpa sebuah penjelasan itu sangat menyakitkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel