Pencarian

Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Fun: Mencoba tersenyum ditengah kesedihan (Part 2)

Sebenarnya, lagu ini berkatian langsung dengan lagu Everglow, jadi lagunya masih berkisah tentang tentanang hubungan Chirs Martin (vokalis Colplay) dan mantan istrinya Gwyneth Paltrow. Dari ulasan yang telah saya ulas mengenai lagu "Everglow," dijelaskan bahwa everglow berkisah tentang hubungan percintaan yang harus berpisah dengan baik-baik. Sementara lagu “Fun” berkisah tentang akibat dari perpisahan tersebut, yaitu kenangan indah terhadap mantan.

Yap. Lagu Fun dari Colplay, adalah lagu yang bermakna tentang sebuah perasaan “menyenangkan” yang dialam seseorang karena mengingat kenangan tentang hubunganya dengan kekasihnya, meskipun hubungan tersebut telah usai.

Lagu ini menganggap bahwa seorang mantan, mau bagaimanapun tetaplah akan menjadi bagian dari cerita hidup kita, yang tak bisa dilupakan begitu saja. Dan walaupun kini kita sudah tidak bersama lagi, kadang kita teringat saat-saat indah yang pernah kita lalui bersama denganya, yang membuat hati kita senang.

Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1
I know it's over before she says
Aku tahu hubungan ini sudah berakhir sebelum ia mengatakanya
I know the falls that the water face
Aku tahu jeram curam yang harus dihadapi air
I know it's over, an ocean awaits for a storm
Aku tahu hubungan ini sudah berakhir, layaknya samudra yang menunggu badai
The sun on snow, rivers in rain
Mentari menunggu salju, sungai ditengah hujan
Crystal ball can foresee a change
Bola kristal bisa melihat perubahan
And i know it's over, a parting of ways
Dan aku tahu hubungan ini sudah berakhir, sebuah jalan perpisahan
And it's done
Dan sudah selesai
Verse 1, menekankan tentang “akhir” dari sebuah hubungan percintaan. Namanya sebuah hubungan yang akan berakhir, pasti juga memiliki tanda-tanda jika akan berakhir. Lirik “fall” dapat dimaknai bahwa hubungan tersebut mempunyai masalah yang serius, sehingga membuat si penulis lagu hancur berkeping-keping, layaknya air yang menabrak jeram. Hubungan tersebut juga memiliki masalah yang luas, sehingga tinggal menunggu waktu untuk berakhir, bagai Samudra yang menunggu untuk digulung badai.

Pre-chorus:
But didn’t we have fun?
Namun bukankah kita tlah kita bersenang-senang?
Don’t say it was all a waste
Jangan bilang semua ini sia-sia
Didn’t we have fun?
Bukankah kita bersenang-senang?
Oh ah ooh ooh ooh
Dan seserius apapun semua masalah yang penulis lagu dan kekasihnya hadapi hingga hubungan mereka berakhir, pastilah dalam hubungan tersebut juga terselip kenangan yang indah. Jadi walaupun hubungan tersebut sudah berakhir, setidaknya hubungan tersebut tak sia-sia karena mereka juga punya kenangan indah dalam hubungan tersebut.

Chorus:
From the top of the world, top of the waves
Dari puncak dunia, dari puncak gulungan ombak
We said forever, forever always
Kita berkata selamanya, selalu selamanya
We could have been lost, we would have been saved
Kita bisa saja tersesat, kita akan diselamatkan

Now we're stopping the world, stopping its spin
Kini kita menghentikan dunia, menghentikannya berputar
But, come on, don't give up, don't say we give in
Tapi, ayolah, jangan menyerah, jangan bilang kita menyerah
Don't say it's over, don't say we're done
Jangan bilang sudah selesai, jangan bilang jika hubungan kita sudah selesai
Oh, didn't we have fun?
Oh, bukankah kita bersenang-senang?
Woo-ooh-ooh-ooh
Woo-ooh-ooh-ooh
Oh, didn't we have fun?
Oh, bukankah kita bersenang-senang?
Dan meskipun mereka dalam puncak semua masalah, puncak perpisahan yang membuat hati mereka hancur bagai gulungan obak. Selalu ingat akan sebuah takdir, jika takdir tuhan mengatakan bahwa mereka akan bersama, mereka akan tetap bersama suatu hari nanti. karena kenyataanya mereka menikmati hubungan mereka, mereka menikmati kesenangan dalam hubungan tersebut, sebelum ada berpisaan ini, sebelum ada masalah yang membuat hubungan mereka berakhir.

Verse 2:
I know it's over before she says
Aku tahu hubungan ini sudah berakhir sebelum ia mengatakanya
Know someone else has taken your place
Tahu bahwa orang lain telah menggantikan posisimu
"i know it's over," icarus says to the sun
“aku tahu semua tlah usai,” icarus berkata pada matahari
The sword sinks in, lightning strikes
Saat pedang itu tenggelam, sambaran petir
And two force, two forces collide
Dan dua kekuatan, dua kekuatan bertabrakan
And fight til it's over, fight til it's done
Dan bertarung hingga semua usai, bertarung hingga semua usai
Ah-ah-ah
Lirik “Know someone else has taken your place” sebenarnya adalah ungkapan penulis lagu jika ia telah digantikan oleh orang lain di hati kekasihnya. Mungkin itu juga salah satu alasan mengapa hubungan mereka berakhir. Walau begitu, penulis lagu tetap punya perasaan “menyenangkan” karena bisa mengingat kenangan tentang hubunganya dengan kekasihnya, meskipun hubungan tersebut telah usai.

Baris “ICARUS” adalah referensi dari mitos Yunani tentang cerita Icarus, yang punya sayap dari lilin untuk bisa terbang. Sangking “senangnya” ia kemudian terbang kearah matahari (dewa matahari). Disatu sisi ia senang melihat matahari lebih dekat, di satu sisinya lagi saya lilinya akan meleleh jika terlalu dekat dengan matahari. Kisah ini menyiratkan bahwa Icarus dan si penulis lagu mempunyai kisah sama, disuatu sisi si penulis lagu senang punya kenangan indahnya dengan mantanya, disisi lain tanpa dipungkiri hatinya juga terluka.

Bridge:
'Cause you and me
Karena kau dan aku
We were always meant to, always meant to be
Kita selau ditakdirkan, sudah ditakdirkan
We were always meant to, always meant to
Kita selau ditakdirkan, kita selau ditakdirkan,
You and me
Kau dan aku
We were always meant to, always meant to be
Kita selau ditakdirkan, sudah ditakdirkan
Lirik ini penegasan kembali tentang apa yang disampaikan dalam chorus/reff lagu. Ya, hubungan mereka sudah selesai, namun jika takdir tuhan mengatakan bahwa mereka akan bersama, mereka akan tetap bersama suatu hari nanti.

Outro:
Wooh ooh ooh ooh oo ooh
Ooh ooh ooh ooh ooh
Oh oh didn’t we have fun?
Oh oh, bukankah kita bersenang-senang?
But then, maybe we could again
Kalau begtu, mungkin kita bisa memulainya lagi
Penulis lagu hanya berharap bahwa suatu saat nanti ia dan kekasihnya dapat memulai suatu hubungan setelah perpisahan ini.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lagu “fun” bermakna tentang sebuah perasaan “menyenangkan” yang dialam seseorang karena mengingat kenangan indah tentang hubunganya dengan mantan kekasihnya. Dan walaupun hubungan tersebut harus berakhir dengan sedih, pastilah dalam hubungan yang mereka jalani juga terselip kenangan yang indah. Sehingga, hubungan tersebut setidaknya tak sia-sia. Dalam lirik lagu juga dijelaskan, bahwa perpisaan bukan lah akhir dari segalanya, karena jika takdir tuhan mengatakan bahwa mereka akan bersama, mereka akan tetap bersama walaupun entah kapan.

“Fun” adalah lagu yang benar-benar pilu karena bercerita tentang bagaimana kita mengingat seorang mantan. Di satu sisi, kadang kita “senang” karena mengingat semua hal indah tersebut, disuatu sisi hati kita juga sakit karena mengingat perpisahan tersebut. Ini adalah sebuah perasaan haru biru dimana hati kita sangat galau, namun kita harus berusaha tegar dan tersenyum ditengah kesedihan tersebut. Lagu yang sangat-sangat sedih.






*Penulis lirik lagu Fun adalah Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Fun: Mencoba tersenyum ditengah kesedihan (Part 2)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel