Makna Dibalik Lagu Adele ~ Hello

Saat diwawancarai oleh majalah USmagazine tentang inspirasi pembuatan lirik lagu Hello, Adele menjelaskan "Tidak ada isnpirasi kusus dalam menulis lagu ini. Liriknya bisa bermakna tentang apapun, lagu ini bisa bermakna tentang teman, mantan pacar, keluarga atau tentang diri ku sendiri"

Sementara saat diwawancarai majalah VICE mengenai alur cerita dari liriknya, Adele secara spesifik menjelaskan "Lagu ini bisa bercerita tentang permintaan maaf ku pada seorang mantan yang pernah kusakiti. Bisa bercerita tentang permintaan maafku pada keluarga, karna kesibukan karirku. Dan bisa juga tentang permintaaan maaf ku pada seluruh fans,  ku karena aku telah lama fakum didunia musik"

Dari wawancara diatas, dapat ditarik kesimpulan kalau lagu Hello bercerita tentang Adele yang mencoba meminta maaf pada orang-orang yang pernah ia sakiti, lukai dan kecewakan. Orang-orang tersebut termasuk kekasihnya, mantannya, temannya, keluarganya, maupun para fansnya. 

Karena luasnya makna yang terkandung dalam lirik lagu Hello, maka blog interpretasi lirik, hanya akan mengulas makna liriknya dari kacamata kisah percintaan Adele saja. 

Dari kacamata kisah percintaan, makna lagu Hello bercerita tentang permintaan maaf Adele pada seorang mantan yang pernah ia sakiti. Lirik pembuka lagu yang berbunyi (Hello, it's me / Halo, ini aku) Menjelaskan kalau Adele, berusaha menghubungi mantan kekasihnya lewat sambungan telfon, untuk meminta maaf. Karena dimasalalu, Adele mungkin pernah membuat hati mantannya terluka. Lewat telfon itu, Adele juga mengungkapkan semua rasa sesalnya dan berharap mantannya mau menerima permintaan maafnya.

Baca juga: Adele ~ Hello | Terjemahan Arti Lirik Lagu

Berikut, merupakan ulasan lengkap interpretasi makna dari bait-bait lirik lagu Hello. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Hello, it's me
(Halo, ini aku)
I was wondering if after all these years
(Aku bertanya-tanya apakah setelah bertahun lamanya)
You'd like to meet
(Kau masih mau bertemu denganku)
To go over everything
(Untuk membahas semuanya)
They say that time's supposed to heal ya 
(Mereka berkata kalau waktu seharusnya bisa menyembuhkan)
But I ain't done much healing
(Tapi aku tak banyak sembuh)
Hello, can you hear me?
(Halo, bisakah kau mendengarku?)
I'm in California dreaming about who we used to be
(Aku di california sedang memimpikan tetang kita yang dulu)
When we were younger and free
(Ketika kita masih muda dan bebas)
I've forgotten how it felt before the world fell at our feet
(Aku lupa bagaimana rasanya, ketika dunia bersimpuh di kaki kita)

Makna Lirik Verse 1: Dari kacamata kisah percintaan, makna lagu Hello bercerita tentang permintaan maaf Adele pada seorang mantan yang pernah ia sakiti. Lirik pembuka lagu yang berbunyi (Hello, it's me / Halo, ini aku) Menjelaskan kalau Adele, berusaha menghubungi mantan kekasihnya lewat sambungan telfon, untuk meminta maaf.

Selain meminta maaf, tujuan adele menghubugi mantannya adalah untuk mengajak mantannya bertemu, untuk membahas pertengkaran mereka, membahas kenapa mereka putus, atau hanya sekedar bernostalgia (I was wondering if after all these years You'd like to meet / Aku bertanya-tanya apakah setelah bertahun lamanya Kau masih mau bertemu denganku)

Karena setelah perpisahan itu, hati Adele belum juga sembuh dari luka. Walaupun perpisahan itu sudah terjadi cukup lama, ingatan-ingatan akan kisah percintaan itu masih tetap ada di benaknya. Sehingga terlihat sekali kalau Adele, sepertinya belum sepenuhnya move on.

Pre-Chorus 1:
There's such a difference between us
(Begitu banyak perbedaan di antara kita)

And a million miles
(Dan jarak yang membentang)

Makna Lirik Pre-Chorus 1: Adele menjabarkan kalau kandasnya hubungan percintaanya dengan sang mantan, disebabkan oleh banyaknya perbedaan diantara mereka. Perbedaan tersebut kemudian menimbulkan jarak, menimbulkan perdebatan, menimbulkan pertengkaran yang akhirnya memisahkan mereka berdua.

Chorus/Reff:
Hello from the other side
(Halo dari sisi lain)
I must've called a thousand times
(Aku pasti tlah menelpon ribuan kali)
To tell you I'm sorry, for everything that I've done
(Tuk meminta maaf, atas semua yang tlah kulakukan)
But when I call you never seem to be home
(Tapi saat kutelpon, sepertinya kau tak pernah ada di rumah)
Hello from the outside
(Halo dari sisi lain)
At least I can say that I've tried
(Setidaknya aku bisa mengatakan kalau aku tlah mencoba)
To tell you I'm sorry, for breaking your heart
(Meminta maaf padamu, karena tlah menghancurkan hatimu)
But it don't matter, it clearly doesn't tear you apart anymore
(Tapi tak masalah, semua itu mungkin tak membuat mu hancur lagi)

Makna Lirik Chorus/Reff: Berbagai cara sudah dilakukan Adele untuk bisa menghubungi mantannya. Namun mantannya tak pernah sekalipun merespon usaha Adele (But when I call you never seem to be home / tapi saat kutelpon, sepertinya kau tak pernah ada di rumah). Mungkin mantannya sudah terlalu sakit hati dan terluka, sehingga mantannya tak pernah merespon Adele. Namun setidaknya Adele tlah mencoba, setidaknya Adele punya ihtikat baik untuk meminta maaf duluan.

Verse 2:
Hello, how are you?
(Halo, bagaimana kabarmu?)
It's so typical of me to talk about myself, I'm sorry
(Aku masih seperti dulu, suka bicara tentang diriku sendiri, maaf)
I hope that you're well
(Kuharap kau baik-baik saja)
Did you ever make it out of that town where nothing ever happened?
(Apakah kau pernah berhasil keluar dari kota ini, dimana kau merasa tak pernah terjadi apa-apa?)


Makna Lirik Verse 2: Adele dengan tulus ingin berbicara dengan mantannya, ingin meminta maaf, dan ingin menanyakan kabar/keadaan dari sang mantan. Tetapi pada akhinya Adele hanya berbicara dengan dirinya sendiri lagi. Karena selalu diabaikan (It's so typical of me to talk about myself / Aku masih seperti dulu, suka bicara tentang diriku sendiri)

Pre-Chorus 2:
It's no secret that the both of us
(Bukan sebuah rahasia lagi bagkita berdua)
Are running out of time
(Kita tlah kehabisan waktu)

Makna Lirik Pre-Chorus 2: Seiring berjalannya waktu, kisah sakit hati antara Adele dengan kekasihnya pun tak pernah tuntas.  Keadaan tersebut membuat Adele kehabisan waktu untuk meminta maaf, karena mungkin mantannya juga sudah terlanjur benci kepadanya.

Bridge:
Highs, highs, highs, highs, lows, lows, lows, lows
(Timbul, tenggelam)
Ooh, anymore
Oh, lagi
Highs, highs, highs, highs, lows, lows, lows, lows
(Timbul, tenggelam)
Anymore
(Lagi)

Makna Lirik Bidge: Adele telah mengalami masa-masa baik dan buruk baik dalam hubungan dengan kekasihnya tersebut. Sehingga kata “Highs” dalam lirik lagunya dapat dimaknai sebagai masa terindah percintaan adele. Sementara kata “lows” dapat dimaknai sebagai masa terburuk kisah percintaan adele. Begitulah akhiran dari kisah percintaan Adele dan mantannya, begitu menyakitkan.

Kesimpulan Makna Lirik Lagu Hello Milik Adele:

Stelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirknya, dapat disimpulkan bahwa makna lagu “hello” Adalah sebuah lagu tentang permintaan maaf. Dalam lagu secara jelas dikatakan bahwa adele menghubungi mantan keksaihnya untuk meminta maaf karena kesalahanya di masalalu yang mungkin membuat hati sang mantan terluka.

Namun sayang, semua rasa bersalah dan permintaan maaf adele pada mantannya sudah terlambat Karena mungkin Adele telah menyakiti hati mantanya sehingga sang mantan tak mau lagi menanggapi/merespon permintaan maaf Adele. :Seiring berjalannya waktu, kisah sakit hati antara Adele dengan kekasihnya pun tak pernah tuntas.  Keadaan tersebut membuat Adele kehabisan waktu untuk meminta maaf. Sehingga kisah tersebut ditutup, dengan akhiran yang sangat menyedihkan 

Pesan Moral Lirik Lagu Hello Milik Adele:

Lirik lagu Hello punya pesan moral yang cukup menyentuh. Lirik lagu Hello berusaha menjelaskan kalau salah satu kekurangan manusia adalah suka berbuat salah. Dan manusia membutuhkan cara untuk menutupi kekurangannya yaitu dengan meminta maaf. Layaknya Adele yang berusaha meminta maaf pada mantannya, kita seolah diajarkan juga untuk selalu meminta maaf setiap kali kita melakukan kesalahan. Sekalipun, kata maaf yang kita ucapkan belum tentu dianggap.

Informasi Lirik Lagu Hello

*Penulis lirik lagu Hello adalah Adele dan Greg Kurstin. Lagu Hello rilis pada tanggal 23 Oktober 2015. Lagu Hello masuk ke dalam album 25 (2015). Sedangkan interpretasi dan pemaknaan pada lirik lagu Hello berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna di lirik lagu Hello milik Adele ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Hello milik Adele ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi makna di lirik lagu Hello milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Adele ~ Hello (Official Music Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ Hello"

Posting Komentar