Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Adele ~ Set Fire to the Rain


Lagu "Set Fire to The Rain" berbicara tentang sebuah hubungan yang berakhir dengan mengenaskan. Dalam lagu ini diceritakan bahwa adele bertemu dengan seorang pria yang luar biasa, yang bisa membuat adele merasa nyaman. Pria tersebut juga menjanjikan berbagai hal pada adele, sebelum akhirnya adele tahu bahwa semua hal luar biasa yang pria itu berikan pada adele, adalah sebuah kebohongan belaka. Karena buktinya, lelaki itu meninggalkan adele dengan luka dan hati yang hancur.

Kata Set Fire to The Rain dalam judul lagu sebenarnya adalah pengandaian yang sempurna. Rain bisa dimaknai sebagai sebuah tangisan/airmata sedangkan fire bisa dimaknai sebagai sebuah emosi. Jadi jika digabungkan sebenarnya kata tersebut bisa bermakna sebagai sebuah “tangisan penuh emosi.”

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
I let it fall, my heart
Aku membiarkan hatiku jatuh
And as it fell, you rose to claim it
Dan saat jatuh, kau menguatkanku untuk bangkit
It was dark, and I was over
Begitu gelap, dan hidupku tlah selesai
Until you kissed my lips and you saved me
Hingga akhirnya kau mencium bibirku dan menyelamatkanku
My hands, they were strong
Tanganku, sangat kuat
But my knees were far too weak
Tapi lutut ku terlalu lemah
To stand in your arms
Untuk berdiri dalam pelukmu
Without falling to your feet
Tanpa jatuh ke bawah kakimu
Lirik pembuka dimulai dengan cerita tentang kehebatan pria yang adele temui. Pria digambarkan dalam lirik ini mampu menyelamatkan adele dari keterpurukan hidupnya. Dari pertemuan yang sekilas tersebut, akhirnya adele jatuh cinta pada pria tersebut.

Pre-Chorus:
But there's a side to you
Namun ada sisi dari dirimu
That I never knew, never knew
Yang tak pernah ku ketahui
All the things you'd say
Semua hal yang tlah kau katakan
They were never true, never true
tak pernah terbukti/benar
And the games you'd play
Dan permainan yang tlah kau mainkan
You would always win, always win
Akan selalu kau menangkan
Namun, setelah adele menjalin cinta dengan pria tersebut semua hal pun berubah. Adele sepertinya terlalu dini menilai sikap dari pria tersebut, ia terlalu cepat menganggap pria itu baik bagi dirinya. Karena pada akhirnya adele menyadari bahwa apa yang pria itu lakukan padanya adalah sebuah kebohongan belaka.

Chorus:
But I set fire to the rain
Namun aku tlah terbakar dalam hujan
Watched it pour as I touched your face
Kusaksikan (hujan) mengalir saat aku menyentuh wajahmu
Well, it burned while I cried
Yah, semua itu terbakar saat aku menangis
'Cause I heard it screaming out your name
Karena aku mendengar (hujan) meneriakan namamu
Your name
namamu
Patah hati, menangis sejadi jadinya, menangis dengan penuh emosi. Itulah yang adele lakukan ketika mengetahui lelaki tersebut tak mencintainya.

Verse 2:
When I lay with you
Saat aku berbaring disisimu
I could stay there
Aku bisa saja bertahan disini
close my eyes Feel you here forever
Memejamkan mataku, merasakan kau di sini selamanya
You and me together, nothing is better
Kau dan aku bersama, tak ada yang lebih baik
Andai kekasihnya mencintainya dan tak meninggalkanya, mungkin adele akan Bahagia dalam hidupnya, itulah pesan yang ingin disampaikan adele padalirik ini.

Bridge:
Sometimes I wake up by the door,
Kadang aku terbangun karna ketukan pintu
That heart you caught must be waiting for you
Hati yang kau miliki pasti sedang menunggumu
Even now when we're already over
Meskipun kini kita sudah tak bersama
I can't help myself from looking for you
Tak bisa kutahan diriku untuk mencarimu
Dan parahnya lagi, setelah semua rasa sakit yang adele rasakan. Adele masih berharap pria itu kembali, ia terjebak dalam cinta yang rumit, jika melihat lirik ini.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Set Fire to The Rain seolah berbicara tentang sebuah hubungan yang berakhir dengan mengenaskan. Dalam lagu ini diceritakan bahwa adele bertemu dengan seorang pria yang luar biasa, yang bisa membuat adele merasa nyaman. Pria tersebut juga menjanjikan berbagai hal pada adele, sebelum akhirnya adele tahu bahwa semua hal luar biasa yang pria itu berikan pada adele hanyalah kebohongan semata. Karena pada akhirnya lelaki itu pergi begitu saja dari hidup adele, membuat adele menangis sekecang-kencangnya dengan penuh emosi. Hati adele hanya terluka, hanya hancur mengetahui semua kebenaran tersebut dan parahnya lagi ia seolah masih mengharapkan pria tersebut kembali dalam hidupnya.

Set Fire to The Rain mengajarkan pada kita hal yang sangat sederhana, yaitu jangan terburu-buru menilai suatu hal apalagi yang berkaitan dengan cinta. Digambarkan dalam lirik lagunya, bahwa adele terlalu cepat menilai sikap pria tersebut hanya karena pria tersebut telah menolongnya. Dunia itu berubah, begitupun dengan hati. Belum tentu orang yang kita nilai baik akan jadi orang baik juga dikehidupan kedepanya.







*Penulis lirik lagu Set Fire to The Rain adalah Fraser T. Smith & Adele. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.




2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Adele ~ Set Fire to the Rain"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel