Makna Dibalik Lagu: Adele ~ Set Fire to the Rain

Makna lagu Set Fire to The Rain bercerita tentang kisah penyesalan Adele, yang mengetahui kalau kekasihnya yang selama ini ia anggap baik, sebenarnya

Makna lagu Set Fire to The Rain bercerita tentang kisah penyesalan Adele, yang mengetahui kalau kekasihnya yang selama ini ia anggap baik, sebenarnya adalah lelaki pembohong. Dalam lirik lagunya diceritakan kalau Adele bertemu dengan seorang lelaki yang luar biasa, yang bisa membuat Adele merasa nyaman. Lelaki tersebut juga menjanjikan berbagai hal pada Adele, sebelum akhirnya Adele tahu bahwa semua hal luar biasa yang lelaki itu berikan pada Adele, adalah sebuah kebohongan belaka. Karena buktinya, lelaki itu meninggalkan Adele dengan luka dan hati yang hancur. Hubungan Adele dengan lelaki itupun, berakhir dengan mengenaskan.

Kata (Set Fire to The Rain) dalam judul lagu sebenarnya adalah pengandaian yang sempurna. Kata (fire/api) bisa dimaknai sebagai sebuah (emosi), sedangkan kata (Rain/hujan) bisa dimaknai sebagai sebuah (tangisan/airmata). Jika digabungkan, sebenarnya kata (I set fire to the rain / menyalakan api dalam hujan) bisa bermakna tentang Adele, yang begitu emosi saat ia menangis.

Dalam wawancaranya di koran The Sun Adele mengatakan "Aku sedang patah hati waktu itu dan emosiku pun menyala saat aku mulai menangis. Emosi dan tangisku itu, layaknya api dari sebatang rok*k, yang kunyalakan ditengah hujan, diluar ruangan sebuah restoran"

Baca Juga: Adele ~ Set Fire to the Rain | Terjemahan Arti Lirik Lagu

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan dari liriknya ada diakhir tulisan.

Verse 1:
I let it fall, my heart
(Kubiarkan hatiku jatuh)
And as it fell, you rose to claim it
(Dan saat hatiku jatuh, kau bangkit tuk 
meraihku)
It was dark, and I was over
(Suasana gelap dan kurasa hidupku tlah selesai)
Until you kissed my lips and you saved me
(Hingga akhirnya kau mencium bibirku dan menyelamatkanku)
My hands, they were strong
(Tanganku, sangat kuat)
But my knees were far too weak
(Tapi lutut ku terlalu lemah)
To stand in your arms
(Untuk berdiri dalam pelukmu)
Without falling to your feet
(Tanpa jatuh ke bawah kakimu)


Makna Lirik Verse 1: Adele yang sedang merasakan keterpurukan hidup, tiba-tiba bertemu dengan seorang lelaki yang mampu menguatkan hatinya. Lelaki itu juga digambarkan dalam lirik lagu ini mampu menyelamatkan Adele dari keterpurukan hidup (Until you kissed my lips and you saved me / Hingga akhirnya kau mencium bibirku dan menyelamatkanku). Dari pertemuan yang sekilas tersebut, akhirnya Adele jatuh cinta pada lelaki itu, karena lelaki itu begitu baik terhadapnya.

Pre-Chorus:
But there's a side to you
(Namun ada sisi dari dirimu)
That I never knew, never knew
(Yang tak pernah ku ketahui)
All the things you'd say
(Semua hal yang tlah kau katakan)
They were never true, never true
(Tak pernah terbukti/benar)
And the games you'd play
(Dan permainan yang tlah kau mainkan)
You would always win, always win
(Akan selalu kau menangkan)

Makna Lirik Pre-Chorus:
Namun, setelah Adele menjalin hubungan cinta dengan lelaki itu, ia kemudian menyadari kalau lelaki yang selama ini ia anggap baik tersebut, sebenarnya adalah lelaki pembohong.  Adele sepertinya terlalu dini menilai sikap dari lelaki tersebut. Lelaki tersebut selalu berkata tentang hal-hal yang menakjubkan pada Adele, tapi semua itu tak pernah terbukti (All the things you'd say, they were never true / Semua hal yang tlah kau katakan, Tak pernah terbukti). Adele yang terus-terusan merasa dibohongi, kemudian menyimpulkan kalau lelaki tersebut hanya mempermankannya saja, dan tak pernah menganggap kalau hubungan cinta mereka serius (And the games you'd play, you would always win, always win / Dan permainan yang tlah kau mainkan, akan selalu kau menangkan)

Chorus/Reff:
But I set fire to the rain
(Namun aku tlah menyalakan api dalam hujan)
Watched it pour, as I touched your face
(Kusaksikan hujan mengalir, saat aku menyentuh wajahmu)
Well, it burned, while I cried
(Ya, hujan pun terbakar, saat aku menangis)
'Cause I heard it screaming out your name
(Karena aku mendengar hujan meneriakan namamu)
Your name
(Namamu)

Makna Lirik Chorus/Reff: Patah hati karena selalu dibohongi, membuat Adele begitu emosi. Ia kemudian menangis sejadi-jadinya, untuk meluapkan amarahnya. Itulah yang Adele lakukan ketika mengetahui kalau lelaki yang selama ini ia anggap baik, rupanya adalah lelaki yang punya sikap buruk.  Kata (Set Fire to The Rain) dalam judul lagu sebenarnya adalah pengandaian yang sempurna. Kata (fire/api) bisa dimaknai sebagai sebuah (emosi), sedangkan kata (Rain/hujan) bisa dimaknai sebagai sebuah (tangisan/airmata). Jika digabungkan, sebenarnya kata (I set fire to the rain / menyalakan api dalam hujan) bisa bermakna tentang Adele, yang begitu emosi saat ia menangis.

Verse 2:
When I lay with you
(Saat aku berbaring disampingmu)
I could stay there
(Aku bisa saja bertahan disini)
close my eyes Feel you here forever
(Memejamkan mataku, merasakan kau di sini selamanya)
You and me together, nothing is better
(Kau dan aku bersama, tak ada yang lebih baik)


Makna Lirik Verse 2: Andai lelaki itu  mencintai Adele dan tak berbohong pada Adele, mungkin Adele akan bahagia dalam hidupnya. Namun faktanya, hubungannya dengan lelaki itu, malah berakhir dengan mengenaskan.


Kesimpulan Makna Lirik lagu Set Fire to the Rain:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Set Fire to The Rain bercerita tentang kisah penyesalan Adele, yang mengetahui kalau kekasihnya yang selama ini ia anggap baik, sebenarnya adalah lelaki pembohong. 

Cerita pertemuan antara Adele dan lelaki itu terjadi begitu singkat. Adele yang sedang merasakan keterpurukan hidup, tiba-tiba bertemu dengan seorang lelaki yang mampu menguatkan hatinya. Lelaki itu digambarkan dalam lirik lagunya mampu menyelamatkan Adele dari keterpurukan hidup. Dari pertemuan yang sekilas tersebut, akhirnya Adele jatuh cinta pada lelaki itu, karena lelaki itu begitu baik terhadapnya.

Namun, setelah Adele menjalin hubungan cinta dengan lelaki itu, ia kemudian menyadari kalau lelaki yang selama ini ia anggap baik tersebut, sebenarnya adalah lelaki pembohong.  Adele sepertinya terlalu dini menilai sikap dari lelaki tersebut. Lelaki tersebut selalu berkata tentang hal-hal yang menakjubkan pada Adele, tapi semua itu tak pernah terbukti. Patah hati karena selalu dibohongi, membuat Adele begitu emosi. Ia kemudian menangis sejadi-jadinya, untuk meluapkan amarahnya. Sebuah tangisan yang penuh emosi. Hubungan Adele dengan lelaki itupun, berakhir dengan mengenaskan.

Pesan Moral Lirik Lagu Set Fire to the Rain:

Lirik lagu Set Fire to the Rain milik Adele ini punya beberapa pesan moral yang sangat menyentuh. Ditilik dari liriknya, ada beberapa pesan moral yang ingin disampaikan adele dalam lagu Set Fire to the Rain, diantaranya adalah sebagai berikut;

Jangan membohongi orang yang kita cintai. Lirik lagu Set Fire to The Rain mendeskripsikan secara sempurna tentang rasa sakit yang timbul akibat dibohongi oleh orang yang kita cintai. Orang yang kita cintai seperti kekasih, teman dan keluarga pada dasarnya adalah orang yang paling kita percaya. Bayangkan saja sakitnya, kalau kamu mengetahui orang yang kamu percayai malah membohongimu. Makanya, lirik lagu Set Fire to the Rain menyuruh kita untuk tak membohongi orang yang kita cintai.

Jangan terburu-buru menilai suatu. Set Fire to The Rain mengajarkan pada kita akan hal yang sangat sederhana, yaitu jangan terburu-buru menilai suatu hal apalagi yang berkaitan dengan cinta. Digambarkan dalam lirik lagunya, bahwa Adele terlalu cepat menilai sikap lelaki, hanya karena lelaki itu telah menolongnya. Penilaian Adele yang singkat tersebut, akhirnya jadi bencana, karena ia menyadari kalau lelaki yang selama ini ia anggap baik, rupanya adalah lelaki yang punya sikap buruk. Dunia itu berubah, begitupun dengan hati. Belum tentu orang yang kita nilai baik akan jadi orang baik juga dikehidupan kedepanya. 

Informasi Lirik Lagu Set Fire to the Rain

*Penulis lirik lagu Set Fire to the Rain adalah Fraser T. Smith dan Adele. Lagu Set Fire to the Rain rilis pada tanggal 24 Januari 2011. Lagu Set Fire to the Rain masuk ke dalam album 21 (2011). Sedangkan interpretasi dan makna pada lirik lagu Set Fire to the Rain berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpretasi dan pemaknaan  di lirik lagu Set Fire to the Rain milik Adele ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Set Fire to the Rain milik Adele ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi dan pemaknaan di lirik lagu Set Fire to the Rain milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Adele ~ Set Fire to the Rain (Official Music Video)