Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Green Day ~ Basket Case


Lagu basket case bercerita tentang serangan kecemasan, rasa depresi, perasaan jadi orang gila yang kesemuanya merupakan penyakit mental yang kadang dihadapi oleh seseorang.  Vokalis Green Day, Billie Joe Armstrong sebagai pencipta lagu, memang menderita berbagai penyakit gangguan kepanikan, rasa depresi ketika dia tumbuh dewasa. Ia kadang-kadang terbangun di tengah malam dengan serangan panik dan berjalan di sekitar rumahnya untuk menenangkan diri. dan salah satu cara Billie untuk mengatasi penyakit mentalnya tersebut, adalah menulis lagu ini sebagai bercandaan agar bisa menenangkan dirinya.

Oke untuk memperjelas makna lagunya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan. tentang lagu ini. 

Verse 1:
Do you have the time to listen to me whine?
Apakah kau punya waktu tuk mendengarkanku merengek?
About nothing and everything all at once
Tentang apa-apa dan semuanya sekaligus
I am one of those Melodramatic fools
aku adalah salah satu dari orang-orang bodoh penuh drama
Neurotic to the bone
Kecemasan yang merasuk ke tulang
No doubt about it
Tidak diragukan lagi
Verse 1 mengisahkan tentang Billie joe yang mengalami penyakit kejiwaan, ia punya kecemasan yang berlebih, punya melodramatic atau kehidupan penuh drama dalam hidupnya.

Chorus:
Sometimes I give myself the creeps
Terkadang aku merinding
Sometimes my mind plays tricks on me
Terkadang pikiranku sendiri mempermainkanku
It all keeps adding up
semua itu terus terjadi
I think I'm cracking up
pikirantu begitu kacau
Am I just paranoid?
Apakah aku hanya paranoid?
Or am I just stoned?
Ataukah aku hanya terlalu mabuk?
Chorus seolah mengatakan ciri-ciri dari penyakit Billie seperti rasa merindingg, punya banyak pikiran kacau, paranoid yang kesemuanya merupakan ciri-ciri penyakit gangguan kejiwaan.

Verse 2:
I went to a shrink
Aku kemudian pergi ke psikiater
To analyze my dreams
Untuk menganalisis impi ku
She says it's lack of s*x that's bringing me down
Dia mengatakan yang membuatku muram adalah kurang s*ks
I went to a whore
Aku kemudian pergi ke tempat pelac*ran
He said my life's a bore
Dia bilang hidupku membosankan
So quit my whining 'cause it's bringing her down
Jadi saya berhenti merengek karna itu membuatnya murung
Nah untuk mengobati semua penyakit kejiwaanya tersebut akhirnya Billie pergi ke psikiater. Namun ngakaknya, psikiaternya mengatakan bahwa penyakit kejiwaan billie itu penyebabnya adalah karena bille kurang melakukan hubungan s*ks wkwkwkw. Oleh sebab itu, setelah berkonsultasi dengan psikiater tersebut billie langsung pergi ketempat pelac*ran. Eehhh buknya menyewa pelac*r wanita, billie malah menyewa pelac*ur pria karena bosan wanita terus kan ngakak wkwkwkw… placur pria dipertegas dalam lirik ini sebagai “He said”

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Basket Case bercerita tentang pengalaman pribadi  Billie Joe Armstrong yang menderita berbagai penyakit gangguan kepanikan, rasa depresi ketika dia tumbuh dewasa. dan salah satu cara Billie untuk mengatasi penyakit mentalnya tersebut, adalah menulis lagu ini sebagai bercandaan agar bisa menenangkan dirinya.

Liriknya sendiri mengisahkan tentang penyakit kejiwaan yang dialami billie, untuk menyebuhkan penyakit tersebut ia Billie pergi ke psikiater. Namun ngakaknya, psikiaternya mengatakan bahwa penyakit kejiwaan billie itu penyebabnya adalah karena bille kurang melakukan hubungan s*ks wkwkwkw. Oleh sebab itu, setelah berkonsultasi dengan psikiater tersebut billie langsung pergi ketempat pelac*ran. Eehhh buknya menyewa pelac*r wanita, billie malah menyewa pelac*ur pria karena bosan wanita terus kan ngakak wkwkwkw…





*Penulis lirik lagu  Basket Case adalah Billie Joe Armstrong. Lagu ini rilis tahun 1994. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Green Day ~ Basket Case"

  1. Dia pergi ke pelacur wanita, bukan pelacur pria. Wanita tsb menjadi pelacur karena pria yang dulu bersamanya bilang bahwa hidup wanita tersebut membosankan, lalu setelah itu jelas mereka berpisah walaupun si wanita tak menginginkan hal itu. Itu terlihat jelas dari lirik selanjutnya, cause its bringing HER down.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel