Green Day ~ American Idiot | Terjemahan, Arti & Makna Lirik Lagu

Makna lagu American Idiot menceritakan tentang ejekan personel Green Day, pada masyarakat amerika yang kebanyakan punya pemikiran idiot.
Makna lagu American Idiot menceritakan tentang ejekan personel Green Day, pada masyarakat amerika yang kebanyakan punya pemikiran idiot. Lirik lagunya sendiri sebenarnya mengacu pada pendapat sang vokalis, Billie Joe Armstrong. Dalam liriknya, Billie seolah ingin mengatakan bahwa warga amerika saat ini, terlalu mempercayai politisi atau pemimpin yang zalim. Ditambah, masyarakat amerika juga terlalu mempercayai berita-berita yang disebarkan oleh media masa, yang belum tentu dijamin kebenarannya.  

Misalkan saja saat politisi sekelas George W. Bush (presiden amerika waktu itu), menyuruh warga amerika untuk pergi perang melawan irak, dengan idiotnya warga amerika menuruti apa kata Bush. Padahal alasan Bush menyerang irak, sampai saat ini tak pernah diungkap dengan jelas. Namun bagai kerbau yang dicucuk hidungnya, warga amerika seolah mau-mau saja mengorbankan nyawanya demi perang yang tanpa ada dasarnya.

Media seperti koran, televisi dan internet, juga ikut-ikutan andil mempengaruhi masyarakat amerika menjadi idiot. Media-media tersebut menyebarkan berita, kalau amerika menyerang irak karena irak adalah sarang teroris, irak adalah negara yang punya senjata nuklir. Dan dengan idiotnya, warga amerika mempercayai berita-berita itu. Barulah saat perang terjadi, banyak korban meninggal, irak porak-poranda, nyatanya berita-berita tersebut adalah berita hoax, buktinya tak pernah ditemukan sama sekali senjata nuklir di negara irak.

Lagu American Idiot seolah mengingatkan kepada kita, untuk jangan terlalu mempercayai seorang politisi atau pun berita-berita dari media masa. Karena sudah menjadi rahasia umum, kalau seorang politisi itu punya janji-janji manis demi dipilih oleh masyarakat. Setelah dipilih, para politisi biasanya mengingkari janjinya sendiri. 

Lebih lanjut, kita itu juga tidak boleh terlalu mempercayai berita-berita tanpa mengecek kebenarannya. Karena dijaman sekarang ini, jaman dimana era informasi begitu terbuka, banyak sekali berita-berita hoax yang disebarkan oleh media masa. Sebagai contoh, mana ada berita tvri jaman orde baru yang menjelek-jelekan soeharto? Atau mana mungkin metrotv yang dimiliki surya paloh akan menjelek-jelekan surya paloh? Dan mana munkin juga mnc tv akan menjelek-jelekan hary tanoe sebagai pemiliknya kan?

Oke mungkin itu saja pemaknaan singkat lirik lagu American Idiot milik Green Day. Berikut merupakan terjemahan, dan arti dari lirik lagu American Idiot yang dinyanyikan Green Day, kedalam Bahasa Indonesia. Untuk menghayati lirik terjemahan-nya, putar video klip lagu American Idiot yang link-nya sudah admin cantumkan dibawah postingan. Namun jika kamu ingin mendengarkan lagu American Idiot di aplikasi pemutar musik lainnya, silahkan dengarkan di JOOX, Spotify, Apple Musik, iTunes, Google Play Music, Youtube Music atau TikTok.

Arti & Terjemahan Lirik Lagu Green Day ~ American Idiot

Verse 1:
Don't wanna be an American idiot
Tak ingin jadi orang Amerika yang idiot
Don't want a nation under the new media
Tak ingin negara dikuasai berita-berita media
And can you hear the sound of hysteria?
Dan bisakah kau dengar gejolak penolakan?
The subliminal mind-fuck America
Pikiran bawah sadar mengutuk Amerika

Chorus:
Welcome to a new kind of tension
Selamat datang dalam jenis ketegangan baru
All across the alien nation
Di seluruh negara asing
Where everything isn't meant to be okay
Dimana semuanya tak boleh baik-baik saja
Television dreams of tomorrow
Televisi memimpikan hari esok
We're not the ones meant to follow
Kita bukanlah negara yang patut diteladani
For that's enough to argue
Karena itu cukup sudah berdebat

Verse 2
Well, maybe I'm the faggot, America
Mungkin aku hanya seorang orang gay dari Amerika
I'm not a part of a redneck agenda
Aku bukan bagian dari agenda kesewenangan
Now everybody do the propaganda
Kini semua orang melontarkan opini nya
And sing along to the age of paranoia
Dan bernyanyi di era ketakutan

Chorus:
Welcome to a new kind of tension
Selamat datang dalam jenis ketegangan baru
All across the alien nation
Di seluruh negara asing
Where everything isn't meant to be okay
Dimana semuanya tak boleh baik-baik saja
Television dreams of tomorrow
Televisi memimpikan hari esok
We're not the ones meant to follow
Kita bukanlah negara yang patut diteladani
For that's enough to argue
Karena itu cukup sudah berdebat

[Guitar Solo]

Bridge:
Don't want to be an American idiot
Tak ingin menjadi orang Amerika yang idiot
One nation controlled by the media
Satu negara yang dikendalikan oleh media
Information age of hysteria
Era gejolak informasi
Calling out to idiot America
Menyebut Amerika idiot

Chorus:
Welcome to a new kind of tension
Selamat datang dalam jenis ketegangan baru
All across the alien nation
Di seluruh negara asing
Where everything isn't meant to be okay
Dimana semuanya tak boleh baik-baik saja
Television dreams of tomorrow
Televisi memimpikan hari esok
We're not the ones meant to follow
Kita bukanlah negara yang patut diteladani
For that's enough to argue
Karena itu cukup sudah berdebat

Informasi Lirik Lagu American Idiot

Itulah tadi terjemahan arti dari lirik lagu american idiot yang menceritakan tentang kekesalan vokali green day, mengetahui banyak warga amerika yang punya pemikiran idiot atau bodoh. American Idiot, adalah lagu karya band Green Day. Lagu ini dirilis sebagai singel utama dari album ketujuh mereka dengan nama yang sama, American Idiot.

Dirilis pada 2004, singel berhasil menduduki posisi #61 pada chart Billboard Hot 100, menjadi entri pertama begi Green Day di chart Billboard Hot 100, membantu mengembalikan kesuksesan mereka yang sempat menurun. Namun, kemunculan "American Idiot" pada chart penjualan singel AS terjadi beberapa saat sebelum Billboard memasukkan penjualan unduhan musik kedalam data chart Billboard Hot 100 mereka, dan mengakibatkan perbedaan signifikan pada posisi chart yang riil dengan yang seharusnya bisa dicapai oleh sistem tabulasi yang baru. Cara baru penaksiran hasil penjualan ini membuat "Boulevard of Broken Dreams", "Holiday", dan "Wake Me Up When September Ends" menuai sukses yang jauh melampaui "American Idiot". "American Idiot" menjadi singel pertama Green Day yang menduduki peringkat 5 teratas di Inggris, yaitu dengan mencapai posisi #3.

Green Day membawakan lagu American Idiot pada penampilan mereka di Grammy Awards tahun 2005. Lagu ini dipakai pada trailer film Wedding Crashers pada 2005. Sebuah versi yang sudah diedit digunakan sebagai salah satu lagu dalam permainan Madden NFL 2005. Dalam film The Simpsons Movie, lagu ini dimainkan pada pemakaman band. Richard Cheese and Lounge Against the Machine menggarap ulang lagu ini pada tahun 2005 untuk album mereka Aperitif for Destruction. Avril Lavigne juga melakukan hal yang sama pada tahun 2006.

Lagu American Idiot,  terhitung telah terjual sebanyak 1.371.000 copy pada Juli 2010. Lagu ini juga sukses membawa album American Idiot mendapatkan penghargaan Best Rock Album.

Lagu American Idiot berada pada posisi #13 pada daftar "Single of the Decade" oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2009. Rolling Stone juga meletakkan "American Idiot" pada posisi #432 dalam daftar "The 500 Greatest Songs of All Time" pada tahun 2010.

*Penulis lirik lagu American Idiot adalah Billie Joe Armstrong. Lagu American Idiot rilis pada tanggal 31 Agustus tahun 2004. Lagu American Idiot masuk ke dalam album American Idiot (2004). Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu American Idiot berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. interpetasi arti dan terjemahan di lirik lagu American Idiot milik Green Day ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu American Idiot milik Green Day ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi terjemahan dan arti di lirik lagu American Idiot milik Green Day ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Green Day ~ American Idiot (Official Music Video)

Sometimes you just don't know the answer