Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ In My Place


Secara sederhana, In My Place adalah lagu yang bercerita tentang seorang pria (kita andaikan sebagai Chris Martin Vokalis Coldplay) yang mencintai seorang wanita, namun cintanya bertepuk sebelah tangan. Dan alasan paling kuat kenapa cinta Chris ditolak, sepertinya karena wanita tersebut sudah mempunyai pacar. Jadi lagu ini sebenarnya berkisah tentang cinta segitiga, dimana Chris mencintai wanita yang sudah mempunyai kekasih. Tak begitu jelas mengapa Chris bisa masuk sebagai orang ke tiga dalam hubungan si wanita, namun yang pasti mungkin si wanita sedang punya masalah dengan kekasihnya, sehingga Chris seolah mendpat kesempatan.

Masih kurang yakin kalo makna lagunya begitu? Kalau iya, yuk lah kita bedah liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan. Jika kamu hanya ingin membaca terjemahan dari lirik lagu ini saja, klik; Terjemahan & Arti Lirik Lagu Coldplay ~ In My Place

Verse1:
In my place, in my place
Di tempatku, di tempatku
Were lines that I couldn't change
Ada garis yang tak dapat kuubah
I was lost, oh yeah
Aku tersesat, oh yeah
I was lost, I was lost
Aku tersesat, aku tersesat
Crossed lines I shouldn't have crossed
Lintasi garis yang harusnya tak kulintasi
I was lost, oh yeah
Aku tersesat, oh yeah
Verse1, adalah sebuah metafora “in my palace” bisa dimaknai sebagai sebuah kisah, sementara “lines that I couldn't change” bisa dimaknai sebagai hati wanita tersebut yang tak bisa berubah. Jadi lewat lirik ini Chris seolah ingin menekankan bahwa ada sebuah kisah antara dirinya, wanita tersebut, dan kekasihnya. Wanita tersebut sepertinya telah di sakiti oleh kekasihnya, di sini Chris seolah punya kesempatan dan ingin masuk ke hati si wanita. Namun si wanita tentap pada pendirianya dalam mencintai kekasihnya, sebuah pendirian yang tak pernah Chris bisa untuk mengubahnya.

Chorus
Yeah, how long must you wait for it?
Yeah, berapa lama kau harus menunggunya?
Yeah, how long must you pay for it?
Yeah, berapa lama kau harus membayarinya?
Yeah, how long must you wait for it?
Yeah, berapa lama kau harus menunggunya?
Chorus, bisa dimaknai sebagai sebuah pertanyaan Chris pada wanita yang ia cintai. Chris seolah mengatakan “Hey, wanita yang aku cintai, berapa lama kamu harus menunggu kekasihhmu? Ia telah menyakitimu, jangan menunggunya lagi. lebih baik bersamaku saja.”

lirik ini terus diulang-uang dalam keseluruhan lagu.

Verse 2:
I was scared, I was scared
Aku takut, aku takut
Tired and underprepared
Lelah dan tak siap
But I wait for you
Namun kutunggu dirimu
If you go, if you go
Jika kau pergi, jika kau pergi
Leaving me here on my own
Tinggalkan aku sendiri di sini
Well I wait for you
Kutunggu dirimu
Verse2, seolah merupakan semua harapan Chris pada wanita itu, ia takut semua harapan tersebut harus sirna begitu saja. Namun jikapun wanita tersebut pergi ia akan menerimanya. Jadi Chris menggunakan semua cintanya untuk menunggu, walaupun ia tak tahu akan berapa lama.

Bridge:
Sing it Please, please, please
Nyanyikan Kumohon, kumohon
Come on and sing to me
Ikutlah dan menyanyi untukku
To me, me
Untukku
Come on and sing it out, out, out
Ikutlah dan nyanyikanlah
Come on and sing it now, now, now
Ikutlah dan nyanyikan sekarang juga
Come on and sing it
Ikutlah dan nyanyikan
Meskipun tidak ada yang bisa dia lakukan selain menunggu, dia sangat berharap bahwa wanita itu akan memilihnya, bernyanyi untukku, dan mencintainya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa In My Palace adalah lagu yang sebenarnya berkisah tentang cinta segitiga, dimana Chris (Vokalis Coldplay) mencintai wanita yang sudah mempunyai kekasih. Wanita tersebut sepertinya telah di sakiti oleh kekasihnya, di sini Chris seolah punya kesempatan dan ingin masuk ke hati si wanita. Namun si wanita tentap pada pendirianya dalam mencintai kekasihnya, sebuah pendirian yang tak pernah Chris bisa untuk mengubahnya.

Lagu ini seolah menggambarkan perjuang seorang pria yang memperjuangkan wanita yang di cintainya. Perjuangan tersebut termasuk dengan pria lain tentunya (dengan jalan sportif). Namun lagi-lagi perjuangan tersebut harus ditentukan oleh wanita, untuk memilih pria yang mana. Di dalam lagu sendiri dijelaskan bahwa wanita tersebut tetap dengan pendirian untuk mempertahankan hubungan dengan kekasihnya walau telah disakiti. Sebuah pendirian yang sangat konsisten, karena bagaimanapun pendirian seperti itu adalah lambang kesetiaan.





*Penulis lirik lagu In My Place adalah Guy Rupert Berryman, Jonathan Mark Buckland, William Champion dan Chris Martin. Lagu ini rilis pada tahun 2002. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

3 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ In My Place "

  1. Sama lah kaya mencintai temen yang sudah punya pacar, maknanya. Kisahku banget huhu

    ReplyDelete
  2. bener, menurutku ini memang tetang pendirian si cewe yang gapernah bisa dirubah sm penulis lagu.

    ReplyDelete
  3. Sekarang sedang di rasakan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel