Makna Lirik Lagu In My Place Milik Coldplay

lagu ini sebenarnya menceritakan tentang cinta segitiga, dimana Chris Martin mencintai wanita yang sudah mempunyai kekasih.

Mempati urutan 20 besar di tangga lagu Amerika (Billboard Hot 100) pada awal perilisannya, lalu memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Rock Performance, membuat nama lagu In My Place tak asing lagi ditelinga pencinta lagu barat. Kualitas musik maupun liriknya pun selalu dipuji oleh para kritikus musik. Berangkat dari fakta ini, blog interpretasilirik tertarik untuk menggali makna lirik lagu In My Place lebih dalam lagi, supaya kalian bisa mengerti apa makna sesungguhnya dari lirik lagu In My Place ini. Simak sampai habis ya sobat.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu In My Place menceritakan tentang seorang pria (kita andaikan sebagai Chris Martin Vokalis Coldplay) yang mencintai seorang wanita, namun cintanya bertepuk sebelah tangan. Dan alasan paling kuat kenapa cinta Chris ditolak, sepertinya karena wanita tersebut sudah mempunyai kekasih. Jadi lagu ini sebenarnya menceritakan tentang cinta segitiga, dimana Chris Martin mencintai wanita yang sudah mempunyai kekasih.

Tak begitu jelas mengapa Chris bisa masuk sebagai orang ke tiga dalam hubungan si wanita, namun lirik (how long must you wait for it / berapa lama kau harus menunggu dirinya) menerangkan kalau si wanita di tinggalkan oleh kekasihnya. Sehingga Chris seolah mendapat kesempatan untuk mendekati si wanita.

Arti kata In My Place adalah 'ditempatku'. Kata ini merujuk pada kehidupan manusia yang 'ditempatkan' pada situasi yang berbeda-beda. Misalkan dalam hubungan percintaan, kadang kita ditempatkan sebagai orang yang saling mencinta, kadang kita ditempatkan sebagai orang ke 3, kadang kita ditempatkan pada situasi tanpa status dan lain sebagainya.

Keterangan diatas sama persis sepeti apa yang telah Chris Martin terangkan, dalam wawancaranya dengan Billboard Magazine;

"That's about where you're put in the world, and how you're given your position, and the way you look, and how you have to get on with it / (Lagu ini) menceritakan tentang di mana Anda ditempatkan di dunia ini, dan bagaimana Anda diberikan posisi Anda, dan penampilan Anda, dan bagaimana Anda harus menjalaninya"

Lewat keterangan ini Chris Martin ingin menjelaskan bahwa manusia itu selalu ditempatkan pada situasi yang berbeda-beda dan sebagai manusia kita harus bisa menjalaninya. Misalkan di dalam cerita di lirik lagu ini, Chris seolah ditempatkan sebagai orang ketiga. Situasi ini sangatlah sulit, sehingga Chris harus bisa menjalani situasi tersebut dengan hati-hati dan bijak.

Analisis Lirik (Per-bait)

Lirik bagian 1:
In my place, in my place
(Di tempatku, di tempatku)
Were lines that I couldn't change
(Ada garis yang tak dapat kuubah)

Makna lirik bagian 1: Lagu In My Place menceritakan tentang Chris Martin yang mendekati seorang wanita, namun wanita itu sudah mempunyai pacar. Karena sudah punya pacar, si wanita pun menolak Chris. Oleh sebab itu, lewat lirik ( In my place, Were lines that I couldn't change / Di tempatku, Ada garis yang tak dapat kuubah) Chris Martin berusaha mendeskripsikan kalau ditempat Chris (in my place), didalam hati Chris, ada sebuah garis/takdir yang tak dapat diubah. Sebuah garis/takdir, dimana Chris harus ditolak oleh seorang wanita yang sudah punya kekasih.

Lirik bagian 2:
I was lost, oh yeah
(Aku tersesat, oh yeah)
I was lost, I was lost
(Aku tersesat, aku tersesat)
Crossed lines I shouldn't have crossed
(Lintasi garis yang harusnya tak kulintasi)

Makna lirik bagian 2: Mencintai wanita yang punya kekasih, adalah suatu hal yang salah menurut Chris. Oleh sebab itulah Chris merasa dirinya tersesat ( I was lost / Aku tersesat). Chris juga seolah berfikir kalau tak seharusnyalah ia melanggar batas/garis, dengan berusaha merebut pacar orang lain (Crossed lines I shouldn't have crossed / Lintasi garis yang harusnya tak kulintasi).

Lirik bagian 3:
Yeah, how long must you wait for it?
(Yeah, berapa lama kau harus menunggu dirinya?)

Makna lirik bagian 3: Lirik bagian 3 ini, sebenarnya adalah lirik reff lagu. Di lirik ini, Chris Martin berusaha menjelaskan mengapa ia mendekati wanita yang sudah punya kekasih tersebut. Kata "berapa lama kau harus menunggu dirinya?" secara tersirat menerangkan kalau wanita tersebut ditinggal oleh kekasihnya, wanita itu di php dan terus-terusan menunggu.

Di situasi inilah, Chris yang melihat wanita itu sedih, kemudian masuk sebagai orang ketiga. Tergambar jelas lewat lirik reff ini, Chris Martin seolah berkata “Hey, wanita yang aku cintai, berapa lama kamu harus menunggu kekasihhmu? Ia telah meninggalkan mu, jangan menunggunya lagi. lebih baik bersamaku saja.”

Lirik bagian 4:
I was scared, I was scared
(Aku takut, aku takut)
Tired and underprepared
(lelah dan tak siap)
But I wait for you
(Namun kutunggu dirimu)

Makna lirik bagian 4: Mencintai orang yang sudah punya kekasih, dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang tak baik, oleh sebab itulah Chris Martin takut (scared), kalau cintanya pada wanita itu dianggap sebagai sesuatu yang salah. Maka jalan satu-satunya bagi Chris agar bisa mencintai wanita itu adalah dengan menunggu, menunggu wanita itu putus dengan pacarnya mungkin, atau menunggu wanita itu tak punya pacar lagi (I wait for you/kutunggu dirimu)

Lirik bagian 5:
If you go, if you go
(Jika kau pergi, jika kau pergi)
Leaving me here on my own
(Tinggalkan aku sendiri di sini)
Well I wait for you
(maka kan utunggu dirimu)

Makna lirik bagian 5: Cinta itu anugerah dari tuhan. Rasa yang tidak bisa dideskripsikan. Mencintai wanita yang sudah punya kekasih, dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang tak baik. Namun banyak juga orang yang berpendapat kalau kita itu boleh-boleh saja kok mencintai wanita yang sudah punya pacar, selama janur kuning belum melengkung. Tidak ada aturan yang melarangnya. Tapi dengan sarat, kita tidak boleh memaksakan cinta kita pada wanita tersebut, biarkan wanita itu memilih. Kalaupun dia pergi dan tak memilih kita, jangan dipaksakan, layaknya lirik ( If you go, Leaving me here on my own / Jika kau pergi, Tinggalkan aku sendiri di sini).

Meski begitu, jalan satu-satunya bagi Chris agar bisa mencintai wanita itu adalah dengan menunggu, menunggu wanita itu putus dengan pacarnya mungkin, atau menunggu wanita itu tak punya pacar lagi (I wait for you/kutunggu dirimu). Kenapa begitu? ya karna Chris tak mau di cap sebagai perusah hubungan wanita itu dengan kekasihnya.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lirik lagu In My Palace bercerita tentang cinta segitiga, dimana Chris Martin (Vokalis Coldplay) mencintai wanita yang sudah punya kekasih. Wanita tersebut sepertinya telah di sakiti oleh kekasihnya, disituasi itulah Chris seolah punya kesempatan dan ingin masuk ke dalam hati si wanita. Namun si wanita tentap pada pendirianya dalam mencintai kekasihnya, sebuah pendirian yang tak pernah Chris bisa untuk mengubahnya.

Menurut Chris Martin, mencintai wanita yang punya kekasih, adalah suatu hal yang salah. Chris juga seolah berfikir kalau tak seharusnyalah ia melanggar batas/garis, dengan berusaha merebut pacar orang lain. Maka dari itu, jalan satu-satunya bagi Chris agar bisa mencintai wanita itu adalah dengan menunggu, menunggu wanita itu putus dengan pacarnya mungkin, atau menunggu wanita itu tak punya pacar lagi mungkin, selayaknya yang tergambar oleh lirik (I wait for you/kutunggu dirimu). Kenapa begitu? ya karna Chris tak mau di cap sebagai perusak hubungan wanita itu dengan kekasihnya.

Pesan Moral

Lirik lagu in my place, seolah mampu mendeskripsikan dilema seorang pria yang terlanjur mencintai wanita yang sudah punya kekasih. Lagu ini seolah ingin memberikan solusi secara tepat, jika kita sudah terlanjur mencintai wanita yang sudah punya kekasih. Berikut merupakan pesan moral dari lirik lagu in my palace;

Jangan pernah merusak hubungan orang lain: Kesal rasanya saat tahu pria atau wanita yang kita incar ternyata sudah punya kekasih. Namun, kita tak boleh jadi orang jahat yang penuh ego dengan tiba-tiba merusak hubungan orang lain. Karena lagu in my palace seolah mengjarkan pada kita, jalan satu-satunya bagi kita agar bisa mencintai orang yang sudah punya kekasih, adalah dengan cara menunggu. menunggu orang itu putus dengan kekasihnya mungkin, atau menunggu orang itu tak punya pacar lagi.

Jangan memaksa orang yang sudah punya kekasih, untuk memilih kita: Mencintai orang yang sudah punya kekasih, dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang tak baik. Namun banyak juga orang yang berpendapat kalau kita itu boleh-boleh saja kok, mencintai orang yang sudah punya kekasih, selama janur kuning belum melengkung. Tidak ada aturan yang melarangnya. Tapi dengan sarat, kita tidak boleh memaksakan cinta kita pada orang tersebut, biarkan orang itu yang memilih. Jika orang tersebut tak memilih kita misal, terima saja kenyataannya, mungkin itu adalah takdir yang tak bisa diubah dalam hidup kita. Bukan kah melihat orang yang kita cintai bahagia, juga kan membuat kita bahagia? Meski bahagianya bukan bersama kita. hehehe..

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
In My Place Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland A Rush of Blood to the Head (2002) 5 Agustus 2002 Parlophone, Capitol Rock, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu In My Place milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.