Taylor Swift | Profil Penyanyi, Daftar album dan Daftar Lagu

Profil Taylor Swift

Taylor Alison Swift atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Taylor Swift, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari negara Amerika Serikat. Lahir pada tanggal 13 Desember 1989, dari pasangan suami istri Scott Kingsley Swift dan Andrea Gardner. Taylor Swift kecil hidup disebuah desa perkebunan pohon cemara, daerah Pennsylvania.

Taylor Swift tertarik dengan musik pada pada saat berusia 12 tahun. Pada waktu itu, seorang tukang reparasi komputer dan musisi lokal bernama Ronnie Cremer mengajarinya bagaimana cara memainkan gitar. Karena Swift mahir bermain gitar, maka ia kemudian mulai menciptakan lagu-lagu karyanya sendiri.

Pada tahun 2005 saat Taylor Swift manggung disebuah Cafe, ia dilirik oleh Scott Borchetta. Seperti yang kita tahu bahwa Scott Borchetta merupakan pemilik dari label rekaman Big Machine Records. Karena kepincut akan bakat Taylor Swift, Scott Borchetta pun mengontraknya. Dari peristiwa itu, Taylor Swift kemudian mengeluarkan album baru yang berjudul Album Taylor Swift (2006).

Setelah mengeluarkan album debut, nama Taylor Swift kemudian meroket, karena masyarakat menyukai suaranya dan penampilannya yang menggambarkan gaya anak-anak muda di jaman tersebut. Selain itu, gaya musiknya yang bergenre country, dan penulisan lirik-lirik lagunya yang sering berpusat di sekitar kehidupan pribadinya, telah menerima pujian karena dianggam unik. Sejak saat itulah Taylor Swift menjadi penyanyi wanita yang begitu terkenal diseluruh dunia, sampai saat ini.

Dengan penjualan rekaman lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia, Swift merupakan salah satu dari artis musik terlaris sepanjang sejarah. Penghargaan yang pernah diterimanya antara lain; mendapatkan 10 kali pengghargaan Grammy Awards, 1 kali pengghargaan Emmy Award, 32 kali penghargaan American Music Awards (artis pemenang terbanyak), dan 23 kali penghargaan Billboard Music Awards. Taylor Swift juga dimasukkan kedalam daftar 100 Penulis Lagu Terbaik Yang Pernah Ada oleh majalah Rolling Stone (2015). Swift juga telah masuk ke berbagai daftar bergengsi lain, seperti 100 orang paling berpengaruh di dunia (2010, 2015 dan 2019) versi majalah Time. Dia juga dinobatkan sebagai wanita berpengaruh atau Woman of the Decade (2010-an) dan masih banyak lagi penghargaan lainya.

Itulah profil dari Taylor Swift. Berikut merupakan daftar keseluruhan album dan daftar keseluruhan lagu dari Taylor Swift. Untuk tahu makna dan arti dari lirik dilagu-lagunya, klik tulisan berwarna pink.

Album Taylor Swift (Rilis 24 Oktober 2006)

Taylor Swift adalah album studio debut Taylor Swift. Album ini dirilis pada akhir tahun 2006 ketika Swift baru berusia 16 tahun. Swift turut menulis lirik lagu-lagunya dialbum ini, karena kisah dalam lagu-lagunya memang berdasarkan pengalaman pribadinya. Album Taylor Swift punya tema tentang kisah cinta para remaja usian sekolah. Albumnya juga bercerita tentang kisah pribadi dari Swift yang sedang merasakan jatuh cinta diusia muda. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Taylor Swift (2006);

1. Tim McGraw
2. Picture to Burn 
3. Teardrops On My Guitar
4. A Place In This World 
5. Cold as You 
6. The Outside 
7. Tied Together with a Smile 
8. Stay Beautiful 
9. Should've Said No 
10. Mary's Song 
11. Our Song
12. I'm Only Me When I'm With You 
13. Invisible 
14. A Perfectly Good Heart 
15.Teardrops on My Guitar


Album Fearless (Rilis 11 November 2008)

Album Fearless mengusung tema tentang dongeng percintaan yang sering di khayalkan oleh anak-anak perempuan. Contohnya seperti didatangi pria tampan bak seorang pangeran dan sebagainya. Lirik-lirik tentang dongeng tersebut ter-gambar jelas lewat lagu Love Story yang inspirasinya didasarkan pada dongeng romeo dan juliet. 

Album Fearless memenangkan album terbaik atau Album of the Year di acara penghargaan Country Music Association Awards dan acara Academy of Country Music Awards pada tahun 2009. Pada Grammy Awards 2010, Album Fearless juga mendapatkan penghargaan pada kategori album terbaik atau Album of the Year dan Best Country Album. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Fearless (2008);

1. Fearless
2. Fifteen
3. Love Story
4. Hey Stephen
5. White Horse
6. You Belong with Me
7. Breathe
8. Tell Me Why
9. You're Not Sorry
10. The Way I Loved You
11. Forever & Always 
12. The Best Day 
13. Change 


Album Speak Now (Rilis 25 Oktober 2010)

Album berjudul Speak Now mengusung tema tentang ungkapan-ungkapan atau unek-unek Taylor Swift selama ia menjalani hidup. Lewat Album ini Taylor Swift berusaha mengungkapkan apa yang tak seharusnya diungkapkan. Contoh ungkapan itu ada dalam lagu Dear Jhon, dimana dilagu ini Swift berusaha mengungkapkan perasaan pahitnya pada seseorang berinisial Jhon. Atau lagu Mean yang berisi ungkapan kekesalan Swift pada orang-orang jahat yang pernah mengkritiknya.

Speak Now menerima ulasan yang umumnya positif dari para kritikus, karena Album ini menunjukan kedewasaan Taylor Swift dalam menciptakan musik. Pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-54 pada 2012, Album Speak Now masuk nominasi Album Country Terbaik. Sementara lagu Mean yang merupakan lagu pamungkas di album ini, memenangkan Lagu Country Terbaik dan Penampilan Solo Country Terbaik. Album Speak Now juga berada dalam jajaran album-album terbaik didekade 2010-an, versi majalah Billboard dan Rolling Stone. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Speak Now (2010);

1. Mine
2. Sparks Fly
3. Back to December
4. Speak Now
5. Dear John
6. Mean
7. The Story of Us
8. Never Grow Up
9. Enchanted
10. Better Than Revenge
11. Innocent 
12. Haunted 
13. Last Kiss
14. Long Live 


Album Red (Rilis 22 Oktber 2012)

Album Red atau merah, dibuat judul oleh Taylor Swift karena hidupnya selalu diliputi oleh warna merah. Misalnya Swift begitu menyukai lipstik warna merah untuk memoles bibirnya. Namun jauh daripada itu, lewat warna merah Taylor Swift juga berusaha mengandaikan kalau kisah percintaanya selalu berakhir dengan tragis. Seperti yang kita tahu, disebagian tempat warna merah dianggap sebagai warna yang negatif. Warna merah identik dengan darah, yang merupakan simbol dari kepedihan dan rasa sakit. Warna merah juga identik dengan kobaran api, yang merupakan simbol kemarahan atau emosi. 

Album red menghasilkan lagu-lagu pamungkas dalam perjalanan karir Taylor Swift. Lagu-lagu seperti We Are Never Ever Getting Back Together, Begin Again I Knew You Were Trouble dan lagu red, berhasil memuncaki tangga lagu di berbagai negara. Seperti memuncaki tangga lagu Amerika (US Billboard Hot 100), memuncaki tangga lagu di negara Australia, Canada, New Zealand dan Inggris.
Album red juga dinominasikan kedalam album terbaik didekade 2000-an. Misalnya saja, album ini masuk diperingkat 99 album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone (500 Greatest Albums of All Time). Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Red (2012);

1. State of Grace 
2. Red 
3. Treacherous 
4. I Knew You Were Trouble
5. All Too Well 
6. 22 
7. I Almost Do 
8. We Are Never Ever Getting Back Together 
9. Stay Stay Stay 
10. The Last Time (Ft. Gary Lightbody) 
11. Holy Ground 
12. Sad Beautiful Tragic 
13. The Lucky One 
14. Everything Has Changed (Ft. Ed Sheeran) 
15. Starlight
16. Begin Again 
17. The Moment I Knew 
18. Come Back... Be Here 
19. Girl at Ho


Album 1989 (Rilis 27 Oktober 2014)

Judul album ini, diambil dari tahun kelahiran Swift dimana Swift dilahirkan pada tahun 1989. Saat album 1989 ini dirilis tahun 2014, Swift berusia 25 tahun, dimana pada usia seperti itu, cara pikir Swift tentang kehidupan menjadi sedikit lebih dewasa. Kedewasaan tersebut juga tergambar lewat lirik-lirik lagunya yang sudah ta mengulas cerita-cerita tentang remaja lagi. Jadi jelaslah tema album 1989 adalah tentang kehidupan Taylor Swift yang sudah beranjak dewasa.

Album 1989 adalah pintu masuk Taylor Swift yang mengubah genre musiknya, dari musik country ke musik pop. 1989 adalah satu-satunya album di tahun 2014 yang terjual lebih dari satu juta kopi dalam minggu pertama perilisannya, dan menghabiskan lima minggu berturut-turut di posisi ke  #1, di berbagai tangga musik dunia. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album 1989 (2014);

1. Welcome to New York
2. Blank Space
3. Style 
4. Out Of The Woods
5. All You Had to Do Was Stay
6. Shake It Off
7. I Wish You Would
8. Bad Blood
9. Wildest Dreams
10. How You Get the Girl
11. This Love
12. I Know Places 
13. Clean


Album Reputation (Rilis 10 November 2017)

Setelah fakum dari dunia musik selama 3 tahun, Taylor Swift kemudian merilis album Reputation. Album ini, menitik beratkan pada kisah pertengaran Taylor Swift dengan Kanye West. Pertengkaran itu, membuat reputasi Taylor Swift menjadi jelek dimata publik, karena Kanye West selalu memfitnah Swift. Oleh sebab itulah album ini dinamakan Reputation karena Swift lewat lagu-lagu didalam albumnya, ingin mengembalikan reputasinya sebagai seorang aktris yang tak berkelakuan negatif didepan publik.  Beberapa lagu di album ini juga mengulas tentang kisah percintaan antara Taylor Swift dan Joe Alwyn yang dipacari Swift hingga sekarang (2022).

Pada hari pertama saja, album ini terjual lebih dari 700.000 kopi. Album ini juga bertengger diposisi #1 tanggal lagu album Billboard 200 Album char., telah menjual lebih banyak eksemplar minggu itu daripada gabungan 199 album terdaftar lainnya. Album ini juga dinobatkan sebagai album terbaik tahun 2018 versi majalah Billboard. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Reputation (2017);

1. Ready for It? 
2. End Game (Ft. Ed Sheeran & Future)
3. I Did Something Bad
4. Don't Blame Me
5. Delicate
6. Look What You Made Me Do
7. So It Goes
8. Gorgeous
9. Getaway Car
10. King Of My Heart
11. Dancing with Our Hands Tied 
12. Dress
13. This Is Why We Can’t Have Nice Things
14. Call It What You Want
15. New Year's Day 


Album Lover (Rilis 23 Agustus 2019)

Tema di album Lover berkutat pada pertengkaran antara Taylor Swift dan pasangan suami istri Kim Kardashian & Kanye West.  Kim dan Kaye seolah menjadi sosok paling jahat dikehidupan Swift karena mereka terus-terusan menyerang kepriadian Swift khususnya lewat medsos twitter. Bahkan Kim sempat menyebut Swift sebagai ular berbisa. Oleh sebab itulah, banyak lagu-lagu diambum ini yang menuliskan kata "ular" sebagai sindiran Swift pada pasangan suami istri tersebut. Lagu-lagu sindiran Swift pada Kim Kardashian & Kanye West diantaranya adalah lagu You Need To Calm Down.

Meski begitu, karena judul albumnya Lover, lagu-lagu dialbum ini juga bercerita tentang hubungan romantis antara Taylor Swift dan Joe Alwyn yang sedang dimabuk cinta. Swift menggambarkan hubungan manisnya diantaranya lewat lagu Cornelia Street. Hanya satu hari setelah perilisannya, Album Lover menjadi album 2019 terlaris di Amerika Serikat, dan terjual lebih dari 450.000 kopi. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Lover (2019);

1. I Forgot That You Existed 
2. Cruel Summer 
3. Lover 
4. The Man
5. The Archer
6. I Think He Knows 
7. Miss Americana & The Heartbreak Prince
8. Paper Rings
9. Cornelia Street
10. Death by a Thousand Cuts
11. London Boy
12. Soon You'll Get Better (Ft. The Chicks)
13. False God
14. You Need To Calm Down 
15. Afterglow
16. ME! (Ft. Brendon Urie)
17. It's Nice to Have a Friend 
18. Daylight


Album Folklore (Rilis pada 24 Juli 2020)

Folkre artinya adalah cerita rakyat, sehingga tema di dalam album ini berfokus pada cerita orang lain. Album ini begitu unik, karena biasanya lagu-lagu Taylor Swift befokus pada cerita dikehidupan pribadinya, namun didalam album ini, Taylor seolah berperan sebagai orang lain atau menceritakan tentang kisah orang lain. Salah satu contoh cerita rakyat di dalam album ini, tertuang di dalam lirik lagu Betty, dimana Taylor Swift mengaku bahwa lagu ini terinspirasi oleh cerita rakyat yang berjudul “Teenage Love Triangle” dimana cerita tersebut, mengulas tentang cinta segitiga para remaja berusia 17 tahun. 

Dalam waktu tiga bulan, album ini terjual satu juta kopi, menjadikannya album pertama dan satu-satunya yang mengumpulkan penjualan sebanyak itu di AS pada tahun 2020. Album ini kemudian memenangkan kategori Album of the Year di penghargaan Grammy Awards 2021. Penghargaan itu kemudian menjadikan Swift sebagai wanita pertama yang memenangkan  kategori Album of the Year selama 3 kali, di Grammy Awards. Walau banyak orang mengkritisi kualistas musiknya yang datar, nyatanya lirik-lirik dalam album ini punya cerita dan pengandaian-pengandaian yang sempurna sebagai sebuah sajak. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Folklore (2020);

​1. the 1 
2. ​cardigan
3. ​the last great american dynasty
4. ​exile (Ft. Bon Iver) 
5. ​my tears ricochet
​6. mirrorball 
​7. seven 
​8. august 
9. ​this is me trying
10. illicit affairs 
​11. invisible string 
​12. mad woman 
13. ​epiphany 
​14. betty 
​15. peace 
​16. hoax 

Album Evermore (Rilis pada 11 Desember 2021)

Hanya dalam waktu 5 bulan setelah perilisan album Folklore, Taylor Swift mengejutkan para pendengarnya dengan merilis album Evermore. Perilisan album ini, dikatakan oleh Swift sebagai perayaan usianya yang sudah menginjak usia 31 tahun, dimana angka 31 adalah angka keberuntungan bagi Taylor Swift secara pribadi. Disamping itu, situasi COVID yang melanda dunia pada tahun 2021, membuat Swift jadi banyak menulis lagu, jadi dalam rentang 5 bulan Swift sudah menghadirkan 2 album sekaligus. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Evermore (2021);

1. ​willow 
​3. gold rush 
​4. 'tis the damn season 
​5. tolerate it 
​6. no body, no crime (Ft. HAIM) 
​7. happiness 
​8. dorothea 
​9. coney island (Ft. The National) 
10. ​ivy 
​11. cowboy like me 
​12. l​ong story short 
​13. marjorie 
​14. closure 
​15. evermore (Ft. Bon Iver)

Album Midnights (Rencananya akan rilis pada 21 Oktober 2022)

Taylor Swift pertama kali mengumumkan recana pembuatan album midnights pada tanggal 29 Agustus dalam postingan instagram pribadinya. Dalam postingan tersebut Swift mengatakan "Midnights, cerita 13 malam tanpa tidur yang tersebar sepanjang hidupku, akan keluar 21 Oktober. Temui aku di tengah malam"

Album midnights akan menyuguhkan 13 lagu baru, seperti yang kita tahu angka 13 adalah angka kesukaan Taylor Swift. Swift mengumumkan judul lagunya melalui akun resmi TiTok miliknya. Berikut merupakan daftar keseluruhan lagu Taylor Swift dalam album Midnights (2022);

2. Maroon
4. Snow On The Beach (Ft. Lana Del Rey) 
5. You’re On Your Own, Kid
6. Midnight Rain 
7. Question...?
8. Vigilante Shit 
9. Bejeweled 
10. Labyrinth
11. Karma
12. Sweet Nothing
13. Mastermind 

0 Response to "Taylor Swift | Profil Penyanyi, Daftar album dan Daftar Lagu"

Posting Komentar